iklan iwb

Web banner 460X110px

motorcycle___cartoon_21Bro dan sis sekalian….sampeyan pasti bertanya-tanya kenapa dealer cenderung lebih menyukai konsumen membeli kredit ketimbang cash. Apapun produknya…entah roda empat atau roda dua pasti mereka sebisa mungkin mengarahkan pembeli boyong dengan sistem cicil. Bisa dengan iming-iming DP murah serta embel-embel mendapatkan unit secara cepat….ujung-ujungnya cash dianak tirikan. Pertanyaannya…..apakah mereka hanya mengejar komisi dari leasing??. Ternyata tidak sesimpel itu mzbro. Wah…..opo kuwi??…..

460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Tanpa sengaja…IWB menemukan fakta menarik betapa iming-iming leasing memang luar biasa kepada dealer rekanan mereka. Hal ini IWB temui pada salah satu dealer mobkas disekitar kediaman IWB. Kenapa mereka lebih menyukai konsumen membeli secara kredit dibanding cash. Dan ternyata tidak melulu soal komisi sebab ada iming-iming lebih dari itu. Berikut informasi salah satu owner dari dealer yang IWB kenal….

Kalau beli kredit kita berani kasih harga sedikit miring karena ada komisi dan poin yang kita peroleh dari leasing. Poin ini akumulatif dan nantinya bisa ditukarkan? dengan hadiah. Bisa berupa TV LCD, home theater dan bahkan pergi umroh. Makanya kita lebih prioritaskan konsumen membeli secara kredit ketimbang cash…“serunya bikin IWB ngowoh. Ealahhhh…ngono to rahasianya jebule 😯 . Sebagai informasi…..mereka memang bekerja sama dengan leasing kondang yang banyak digunakan oleh para dealer besar. Hhhmm….pantes wae ya bro…..

Dari sana IWB akhirnya sadar…..bisnis memang harus saling mendukung. Iming-iming leasing dengan gimmick hadiah jelas bakal memberikan extra spirit bagi para garda terdepan termasuk owner dealer itu sendiri untuk menbantu leasing. Kalau sudah begini tentu sebagai konsumen kita tidak bisa apa-apa. Toh pilihan ada ditangan kita to. Btw….dealer yang IWB sambangi masih termasuk baik karena mereka hanya ngutak-ngatik formula harga produk bekasnya. Yang ngeselin ki kalau mempersulit untuk beli produk anyar. Mau beli secara kredit unit bisa turun cepat….tapi kalau cash maka unit bisa 3-4 bulan. Nahhh….model begini nih yang pengen mancal bathuke bikin sirah cekot-cekot. Ya nggak bro…..

Last…..leasingpun memiliki trick jitu agar dealer sudi membantu mereka. Dan percaya atau tidak….ranah kerjasama seperti ini biasanya sudah merambah pada pemilik dealer walau tidak semua. Tentu tidak ada yang salah dengan mereka karena tidak ada yang dirugikan dalam kerjasama tersebut. Toh hanya penyemangat. Hanya saja sayang dalam praktek dilapangan karena sudah kadung keblinger iming-iming komisi ataupun poin…..kadangkala praktek kebablasan. Utamanya…untuk produk yang laris manis namun jumlah unit terbatas dan jadi rebutan. Mau sampeyan nenteng tas kresek isinya segepok uang cash….pasti sampeyan tetap disuruh beli kredit. Wisss…..sobek tenan kalau sudah begitu. Nah….punya pengalaman pahit beli cash dipersulit mzbro??…..(iwb)

138 COMMENTS

    • Semua merek mobil motor sama zaza dealernya ngegiring kredit.

      Khususnya motor cuma pabrik suling zaza yang sering diblow up mslah kredit/cash. padahal beli cash motor AHM0CIN juga dipersulit, apalagi perekonomian fBH yang miskin mau kaga mau harus kredit embit.

      Akakakakakak

  1. alhamdulillah beli cash vario150 lancar lancar saja kang… cuma diskonnya kecil 200rb hehee plus asuransi urus sendiri… 🙂

  2. Pernah mas iwan,dulu temen saya beli yamaha vixion keluaran pertama kalo ga salah tahun 2006 inden sampe 3 bulan…!!! Alesannya warn yg diminta belum ada,dulu minta warna merah. Padahal yg kreditan udah berkeliaran di jalanan dengan warna merah. Dia juga kejar untung bulanan mas alias dari cicilan. Kalo cash untungnya kan kecil mas iwan. Paling cuma 4 juta per unit.

  3. Biasalah… Leasing lebih suka narik motor daripada jual motor kali ya… Lumayan kali dp dapet,cicilan dapet motor juga pulang hahahaha

  4. well nanggepin bonus dari leasing ituh dah jadi rahasia umum sih, tapi ada embel” hadiah umroh apa umrohnya kgk ada manfaat.
    sorry to say yah sales yg nawarin sistem kredit sama aja ngebantu bisnis riba (kredit) berkahnya dari mana kalo umroh?
    ane kalo beli apa apa kalo gk ada duit gk bakal beli kalo ada duit pasti bli cash. tapi kalo emang orang mau beli kendaraan secara kredit ane saranin jangan ambil dari leasing deh. tau kan bunga leasing ituh gak kira kira. ane saranin ambil kredit dari bank misal ksm bc*, dll. bukan promosi tapi ituh cuman cerita dari temen aja yg cukup puas.
    just sharing.

  5. Alhamdulillah gw gak pernah tuh Lek.. Gw bli motor Honda 2 kali di dealer di bogor.. Dua2nya cash..nt langsung di anterin hari itu juga.. Hehee.. Ini bukan promosi yak.. Gw yakin praktek leasing kyk gini di semua merek ada.. Hanya aja bukan di dealer tempat gw beli..

  6. itu pasti kelakuan sales sales yaMaho kang.. katae motor inden dlu. padahal motore numpuk di gudang Bantar Gebang7.. contoh Rhoembeng15 RRRRRRRijekan India y Hora Phayu itu. skrng di preteli jadi AmpAzz dkasih nama Maho Tulen15 bhantet MelaZs pisan. cuman knalpotnya aja item dekil puanjang macem Mercon Bumbung di kampung… Bhret bhret Dhuor… dor.
    Wkwkwkwkwkwwkwkwkwkwk

    • Bhret bret dhuor lambemu iku bruud……komen ra tau mutu..isix njelek2in produk laen…..ati bosokkkk koen iku

  7. Kmren ad y tnya dealer yaMaho motor Maho Tulen15.. katae salesnya harus inden dlu.. tunggu nanti di Pretelno dlu dari Rhoembeng15 RRRRRRRijekan India y Hora Phayu itu kang… nah kl gt kan namae motor sisa AmpaZZZZZ bekas itu kang. Maklum Maho Tulen15 Emang Pretelan dari Rhoembeng15 RRijekan india sh…
    Wkwkwwkwkwkwkwkw

  8. Ya karena ada bonus & bunganya tinggi. Maka itu hondongo berani jual motor DP 0%. Wong dicicil sampe kiamat. Hwehwehwe.

    Beli motor 14jt, cicilan sampe lunas jatohnya 20jtan, sewaktu dijual kembali harganya tinggal 8-9jtan. Total rugi 11-12jtan. Hwehwehwe. Selamat deh buat FBH yang masih mau digoblokin sama ngahaem.

  9. Yup, gw beli motor honda clara motor dewi sartika begitu bilang mau ambil cash dibilang unitnya dah sold, ok gw ngalah akhirnya pake kredit, ksm gitu deh bukan leasing rekanan dealer, soale bunganya mayan lbh murah.. gw minta ke ksm unit yg di dewi sartika akhirnya bisa tuh diboyong.. cm salesnya manyun kali yak gak pake leasing rekanan dealer, hehe.. Just sharing om bukan nyales ?

  10. jdi inget khas kan thn 2013 mau beli cash moped Yamaha,,masuk ke dealer A,temasuk dealer besar,motor gk bisa beli cash hrs kredit barang nya pun indent,padahal saya cari motor yg boleh di bilang sepi peminat.,lnjut ke dealer B dealer,motor ada stok boleh beli cash,,,ada discount lgi.
    Semua tergantung kebijakan Dealer .

  11. klo cash katanya motor sering ilang dan gak ada ganti rugi, klo kredit meski ilang ada asuransi.

    • 70% dari harga motor bekas kita yang berlaku sekarang.

      Tapi harus di waspadai juga, terutama masalah berkas legalitas-nya, apakah kita di daftarkan atau tidak. Karena banyak kasus juga yang dana asuransinya di (makan) dan tidak di daftarkan.

  12. Alhamdulilah thn lalu beli motor cash d dealer r***** Tulungagung jos bgt langsung dianter sore nya

  13. Wkwkwkwk dealer gw rame aja tuh ah.

    Ingat Down Payment minim lebih menggoda kok.
    Tp memang belum merata kebijakan yg pny dealer.
    Ngeri kalo meong M3 dp cuma 300 ewu apalagi dp 0.
    Akakaakakk silaken simpulkan sendiri!!!

    • byahahahahaha…

      honxxx kerjaan ente tuh…

      jagonya nipu konsumen

      byahahahahaha….

      akakakak…

      sales aje ngaku pemilik dealer.. byahahahaha…

      ngoahahahahaha…

      • Nipu konsumen dimana nya mas Bajol?

        Mio M3 sekarang diminati, Spare Part Murah, Kwalitas Bahan Baku Bagus, Kubikasi Isi Silinder besar (125cc) tapi tetap Effisien. Dan itu cukup untuk sekelas Motor Matic Komuter seharga 13jt.

      • Karepmu ngono!!

        Apalagi ente jol ngaku konsumen jelekin honda eh dimari di kolom komen lu jilat iler sendiri.

        Memalukan.

  14. Yamaha kang! Hahhaa ane pengen R15 pas pertama kali keluar gak boleh cash. Yaudah akhirnya ane beli NVL… Hahahaha

  15. Wes nyang-nyangan, wes deal regane, jare unit lsg dikirim mengko sore..
    Pas disodori tunai, lsg berubah omongannya..
    Klo cash, unitnya kosong, baru ada minggu depan..
    Lha sing dipajang apa bukan barang dagangan…
    Mules, PakDh?…

  16. tuh baca cecunguk”,, jgn suuzon ma orang yg kredit,,,

    lu lu juga pasti punya kreditan kan,,
    jgn suka mencela jdi orang mah,,intropeksi diri jdi orang,,

  17. Ditolak cash 3?…
    2? dealer yamaha, 1? dealer honda… Mobil juga sama mo ambil er3 kredit 1 bulan unit datang, kalo cash 3 bulan… Emang sales KURAP…

  18. Lha saya kok pas beli indian motorcycle cash langsung ada barang ya mas bro. Istri saya beli bmw juga cash langsung ada barang tuh.

  19. tulung agung masih aman lek.. cash kredit tergantung konsumen … merk h** tpi !!

    gk tau kalo y** gak minat ma motornya.. motor lemotttt bin bosok… semorot nya sedotwc… malu ma bebek…

    byahahahaha…
    ekekekekek…

  20. rdy . sohc superlemot . machine wasir .seancuuookkk.. klotok , fby mimpi 150 dohc..

    kmana ya???!

    byahahahahaha…

    akakakak… … ni ad artikel buat kalian… hahahahaha…

  21. Insentive untuk Sales/ Credit Marketing Officer memang menggiurkan dari Pihak pembiayaan (leasing) untuk sistem pembelian Credit.

    Belum lagi jika Konsumen yang belum mengerti (Subsidi/ Cash Back Program) dari DP, ya jadi jatah Sales/ Credit Marketing Officer-nya.

    Untuk pihak dealer sendiri menguntungkan karena dengan sistem kredit barang lebih mudah laku, karena peminat untuk kredit lebih banyak dari peminat/ kemampuan daya beli Cash. Belum lagi Bonus untuk dealer dari pihak Pembiayaan (leasing).

    • kang udin

      kawasan ente ya???

      banyak peminat beli kredit???

      oooooallllllahhhhhhh… ngunu
      byahahahahaha…

      • Kalau masalah kawasan saya engga tahu mas bajol, tapi saya yakin pembeli dengan sistem kredit banyak peminatnya (karena berbagai alasan) walaupun menurut ilmu agama islam itu salah.

        Saya tau sedikit masalah kredit karena dulu sebelum saya pindah kerja ke tempat kerja lain, saya pernah jadi juru masak di salah satu bank BUMN Terbesar di Indonesia melalui jalur (PPS). Dan oleh sebab itu saya sedikit Faham perihal Kebutuhan Kredit Konsumsi masyarakat yang di landasi 5C Serta hitungan RPC ( Repayment Capacity ).

  22. Kalo cicilan mobil-motor itu skemanya jelas…. Tiap bulannya berapa…
    Jd ini bisa dibilang bukan riba, kan yg diusahakan bukan pinjam uang…

    Yg riba itu adalah kpr Bank….
    Terutama yg cicilan mengambang…

    Coba belajar lagi tentang riba….

    Maaf sekedar meluruskan….

    • Nb:
      meminjamkan uang macam KTA itu juga jelas ribanya…..
      Minjemin uang 10000 kembali 10500, meskipun sedikit, itu riba.

      Beli barang dengan mencicil itu beda, kalo dijelaskan disini bisa panjang…. Googling aja mbah….

      Makanya bank syariah tidak pernah ada ceritanya minjemin uang ala KTA.

        • Di syariah dendanya diitung kayak infaq. Dan ga ada konsep bunga berbunga.

          Kpr di bank syariah juga modelnya sistem jual beli. Elu pengen rumah A, dah sepakat sama yg jual harga 400jt. Nah karena elu ga ada duit cash, bank beliin buat elu. Gantinya bank jual sama elu tapi harganya ditambah keuntungan, misal 600jt. Nah 600jt itu dibagi masa angsuran elu. Misal 10th. Ya sudah.. 600jt dibagi 120bulan. Ketemu angsurannya per bulan flatt.. Ga pake deg2an nunggu SBI naek atau turun.

          • Penjelasan yg TOP BGT Mas-Bero,,
            Mau rumah, motor ato mobil sistem pembayaran syariah mirip seperti apa yg anda sampaikan,,,

  23. byahahahaha… suuueeppiiiii.. gara2 sales e kecucuk irunge..!! seng komen ng kne akeh sales e tempone…

    akakakakak….

    ngahh ngahhh ngahhh

  24. ya itu kembali ke konsumen yg pgn pny barang secara instan dg penghasilan pas2-n maka siap2 aj jd sapi perahan

Comments are closed.