iklan iwb
iklan iwb

Web banner 460X110px

turing HBD 2015 (5)

Bro dan sis sekalian….lengkap sudah acara turing dari Solo-Pacitan dalam rangka HBD 2015. Berangkat dari main dealer dikota Solo…IWB diawal start mendapatkan jatah CBR150R disaat teman lain nunggang CB150R. Namun asyiknya….pada pertengahan turing, IWB juga sempet mencicipi new CB150R sebelum balik ke CBR150R. Satu kata….impressinya kali ini lengkap tenan. Maksude??….
460x110 IWB



Y P 440

Menjelajah Solo-Pacitan dengan jarak kisaran 150 km, awalnya kita cukup rapi dan anteng. Patwal didepan kombinasi roda dua dan empat…diikuti mobil pengiring…kemudian CBR150R alias IWB baru dibelakangnya new CB150R, Sonic150 dan terakhir Vario 150. Briefing memang mengharuskan rombongan tertib mzbro. Pecicilan?. Sampluk sandal swallow sama pak Polisi sing ono :mrgreen: . Terus gimana feel riding experienced CBR150R K45 saat digunakan melaju jarak jauh??….

Seperti lazimnya sport fairing…..kita lama-lama merasakan  pressure pada bagian telapak tangan serta leher. Sak enak-enake motor fairing….kalau jarak jauh memang lumayan menguras tenaga. Tapi yang membuat IWB cukup asyik melaju diatas CBR150R adalah joknya yang tergolong empuk. Selain itu handling juga anteng…..ketika melibas jalanan bergelombang…reaksi suspensi mampu meredam goncangan dengan sangat baik. Hanya saja ketika trek naik turun ekstrim IWB harus bekerja keras untuk ngimbangi CB150R mzbro. Lah…koq iso??….

Inilah kedigdayaan mesin near square terbaru new CB. Motor ini ngibrit tenan seperti tidak ngoyo. IWB harus sering main gigi berusaha gantung pada high RPM jika ingin nempel. Lah-lah….munggah mudun jebule CBR150R kroso tenan yak buat ngimbangi CB150R (naik turun ternyata cukup terasa yak). Makin cekot-cekot saat pertengahan perjalanan…..seluruh rider mulai panas saling sundul. Disini untuk jabanin CB150R serta Sonic…IWB harus sering main selip kopling. Kalau nggak saat keluar tikungan kedodoran pakde….

Tiba diWonogiri….IWB-pun sepakat berganti tunggangan dengan Vandra MMblog. “Van…gantian ya..“seru IWB. “Siapp mzzz..“serunya. Ganti posisi…melaju dan….beighhh…emang beda feelnya. Torsi new CB terasa meledak-ledak sejak awal. Hhmm….aneh benar yak. Padahal dulu perasaan saat jajal CBR150R K45 torsi sudah jempolan. Dilalah pasca dikomparasi dengan new CB langsung baru terasa superiornya sang Cibi. Alhasil…IWB melek merem tenan. Naik tanjakan curam hanya tinggal colek gas dikit dan mesin secara spontan memberikan gaya dorong tanpa ngoyo. Sedang Vandra?….

turing HBD 2015 (1)

Dari belakang doi hanya geleng-geleng kepala. Doi sepertinya gantian cekot-cekot sirahe (kepalanya) mzbro :mrgreen: . “Wah…habis pakai CB150R, CBR150R seperti tanpa tenaga mz. Dipuntir larinya ntar…“serunya terkekeh. Yup….apa yang dikatakan Vandra memang benar adanya. Dengan mesin spek overbore, RPM kudu dipancing melewati 7000 baru tenaga meledak keluar. Sedang lewat near square engine…..new CB150R tidak perlu membuka gas dalam sebab power sudah keluar sejak bawah. Dan pada praktek dijalanan…..spek tersebut terasa lebih pas karena tenaga seperti sambung menyambung tidak ada habisnya. Jiannn ancen encer tenan ki engineering yang ngracik…wis dikalkukasi semua pakde. Akhirnya…..IWB pun kembali menggunakan CBR dan menyerahkan sang Cibi pada Vandra….

Kedua motor memang memiliki karakter yang sangat berbeda. Ketika CBR150R memiliki nafas panjang namun bawah kurang nampol. Sebaliknya….rancangan near square menjadikan power terasa terus menyambung tanpa jedah. Sementara soal handling…..dimata IWB CB150 sedikit lebih lincah dibanding CBR khususnya melibas jalanan twisty yang sempit. Namun untuk kestabilan handling….CBR150R kudu berbangga karena ketika cornering IWB merasa motor ini lebih antep yang membuat ban depan terasa nancep diaspal….

Last……turing HBD 2015 Solo-Pacitan seperti memberikan bukti….bahwa apapun motornya…..masing-masing memiliki plus minus dan tinggal kita yang memilih mau kemana. Satu yang menjadi poin penting dan seperti ingin dibuktikan oleh Honda adalah….motor mereka nyaman digunakan turing jarak jauh kendati fairing sekalipun. Dan IMHO…..usaha mereka cukup berhasil karena tiba dilokasi IWB tidak merasakan capek berlebih. Juozzzz wis. Berikut beberapa jepretan saat turing singkat diiringi ulah mbah Bon yang usil ngerjain kita semua. Jian ngakak tenan kangbro :mrgreen: …....(iwb)

 turing HBD 2015 (2)   turing HBD 2015 (4)turing HBD 2015 (6)turing HBD 2015 (3)

Bonus….ulah mbah Bons bikin ngakak

turing HBD 2015 (7)

Advertisements