iklan iwb

Web banner 460X110px

Sentul 1997

Bro dan sis sekalian…..progress Sentul terus berjalan untuk menyongsong balap Motogp 2017. Dari beberapa informasi yang masuk….dipastikan Sentul akan dirombak serta diperanjang dari sebelumnya hanya 3,9 km menjadi 4,4 km. Konfirmasi ini sekaligus mengiringi berita bahwa konsep Sentul kedepan merupakan “Street circuit”. Maksude opo??…..
460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Sentul akan diracik layaknya Monaco dimana kiri kanan dibangun hotel sehingga penonton yang ingin mencari sensasi berbeda bisa nonton dari atas hotel kamarnya. Konsep ini digagas oleh Tinton Suprapto..”Sentul akan menjadi “street circuit”yang akan melewati perumahan serta area komersil. Sebuah hotel akan dibangun disamping sirkuit jadi tamu bisa menonton dari kamarnya seperti diMonaco..”ujarnya….

Tahap awal untuk mewujud cita-cita tersebut Sentul diserahkan pada desainer sirkuit kondang Herman Tilke. Herman sendiri sudah pernah menyarankan untuk memperpanjang sirkuit dari 3,9 km menjadi 4,4 km. Begitu juga lebar aspal yang dianggap terlalu sempit. Untuk era modern idealnya paling tidak 15 meter dan itupun disanggupi oleh otoritas Sentul. Sebagai informasi…..Sentul kedepan memiliki 14 tikungan dengan revisi pada T6 dan 7….

Yup…berdasarakan bocoran lay out, lintasan dibuat lebih menjorok kedepan sebelum ditutup chicane. Beberapa tikungan juga dibuat agar pembalap bisa melakukan passing. Tribun penonton ditambah hingga total 13 buah. Dan yang paling penting adalah panjang trek dari sebelumnya 3,9 menjadi 4,4 km. Itulah rencana yang dicanangkan Sentul. Seluruh pengerjaan diserahkan kepada perusahaan Jerman dengan aktor desainer ternama Tilke…sosok yang sukses meracik sirkuit kondang seperti Shanghai, Texas ataupun Sepang….

Last….Herman Tilke akan memulai pengerjaan bulan depan dengan estimasi Maret 2016 sudah berjalan penuh. Dengan LOI (Letter of intention) sudah kelar ditanda tangani Menpora Imam N, maka kita berharap seluruh mimpi menjadi kenyataan. Semoga kali ini benar-benar gol mzbro sebab akan menjadi sejarah tak terlupakan bagi negara ini setelah nyaris hampir 18 tahun lamanya Motogp datang keIndonesia di era Orba dan setelah itu menguap tak berbekas. Kita tunggu saja……(iwb)

image

image

67 COMMENTS

Comments are closed.