iklan iwb

Web banner 460X110px

Yamaha-R3-turbo-1

Bro dan sis sekalian…sampeyan pasti tahu Yamaha R-3 to?. Nah…..dibekali mesin 321cc dengan power 42ps ternyata tidak membuat Nicola Bragagno puas. Yup….biker asal Eropa ini akhirnya mencari segala cara agar tidak perlu memperbesar kubikasi supaya power meningkat. Dan hasilnya sukses sebab tunggangan kesayangannya tersebut kini diklaim tembus 60PS. Lah-lah…edian po piye??…
460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Tenang kang…aman ora ono sing edan :mrgreen: . Kabeh waras seger buger pokoke. Secara standart….Yamaha R3 sebenarnya sudah mampu memuntahkan tenaga hingga 42ps@10,750 rpm dengan torsi 29.6Nm@9,000RPM. Wis lumayan njengat kangbro. Namun hal itu tidak serta merta membuat sang owner yakni Nicola Bragagnolo puas. Seperti dilansir Motociclismo.it berbekal ilmu dan fasilitas yang dimiliki….doi akhirnya mencari cara agar tunggangannya mampu tembus power diatas 50ps tanpa menambah kubikasi. Dan solusinya adalah….

Menambah turbo charger. Yup…ide gila ini mungkin terdengar mustahil. Namun dengan keahliannya….Nicolo menjejali turbo charger IHI RGB31. Yup…tipe ini memang masuk kategori turbocharger terkecil didunia. Dan dengan setingan serta konstruksi yang pas….perangkat tersebut cukup aman dicangkokkan pada mesin 125-600cc. Hasilnya?….

Yamaha-R3-turbo-5

Mencengangkan. Menurut Motociclismo, Yamaha R3 tunggangan Nicolo tembus 60ps@10,000RPM dan inipun masih dilimit. Kalau nggak bisa lebih ngibrit lagi. Namun karena toleransi material dan safety….muntahan power distop hanya pada angka 60 ps. Hhhmm….hebat juga ya material nggak ada yang protol dipaksa berkitir hingga 60ps. Sayang Nicolo tidak menyebut gamblang apakah material asli diganti semua. Yang jelas…..secara biaya, langkah ini memang tidak murah….

Yup…kalau sampeyan dengar angkanya dijamin mules pakde. Kenapa?. Cost-nya nggilani tenan. Menurut informasinya Nicolo menghabiskan biaya hingga 9,900 Euro atau jika dikonversi kerupiah maka jatuhnya kisaran 145 jutaan. Coba….garuk-garuk ora sampeyan?. Bagi kita mungkin berpikiran, mending beli moge sekalian….lha nyapo ngubek-ngubek motor 300cc buat cari kencang. Eiitt…tunggu dulu. Moge kenceng udah biasa. Tapi kalau YZF R3 ngacirrr….kuwi sing istimewa. Iyo ora?. Jawabane pancet wegahhh :mrgreen: ….(iwb)

84 COMMENTS

  1. TURBO CHARGER cakk … Tak perlu super charger akakaka orang sono mah ojo di takoni cak … Wes wuedane puuuuoooollll

  2. kang. . . .
    Ketaway bagi2 donk.
    Yg koment bener2 bikin LAMBE NDOWER kang.
    Sambit sandal bapiak. .lucunE uwerammmmmmmmmm.

  3. Kalau motor cap sayap tak perlu turbo charger, cukup pasangin kompor.
    Semakin panas, maka semakin kencang.
    Teknologi dungu yg kekal abadi ngiekekekek

  4. 145 juta? Dibengkel saya pasang turbo + piggyback/ecu standalone + setting + dynotest cuma 60 jutaan maks untuk mobil 4 silinder.
    Skarang saya rencana riset untuk motor 2 silinder..

  5. Biker Eropa enek ling rodok kere babak e, ketimbang ngono nek aku luwung tuku R1 wae sisan ling power e kisaran 200ps.

Comments are closed.