iklan iwb

Web banner 460X110px

Yamaha New Vixion facelift

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu, AHM sukses menggeser penjualan Vixion bulan Oktober 2015. Mengandalkan all new CB150R….grup Astra berhasil menjual 39.184 unit dengan CB menyumbang 27.050 unit. Sebenarnya ada apa dan kenapa penjualan sport Yamaha turun??….
460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Dari catatan yang dishare pak Maskur, Yamaha Vixion bulan Oktober memang mengalami penurunan dibanding September. Jika September terjual 34.070 unit maka dibulan Oktober hanya kisaran 18.309 unit. Kondisi tersebut kontras dengan rival yang malah naik dari sebelumnya 25.985 unit menjadi 27.050 unit (hanya CB150R saja). Menurut pria ramah ini, penurunan dipicu bencana asap diberbagai daerah serta kondisi ekonomi yang memang sedang lesu…

Namanya jualan biasa naik atau turun. Kalau ditanya kenapa turun, ya karena banyak faktor. Kalau faktor alam itu kayak kabut asap berpengaruh besar karena diler tak melakukan aktivitas penjualan. Lalu kita semua tahu kondisi pasar automotif belum stabil. Biasanya setiap akhir tahun, kami juga menjaga asupan ke diler jangan sampai berlebih. Pembeli ingin motornya hadir dengan tahun berikutnya, jadi memang cenderung turun”...serunya seperti dilansir okezone….

Yup…itulah alasan kenapa penjualan sport Yamaha turun mzbro. Secara umum YIMM meng-klaim memang menahan asupan unit kedealer karena konsumen biasanya cenderung memilih belanja motor tahun depan. Herannya hal ini tidak terjadi pada Honda. So….akan lebih baik kita pantengin saja polanya hingga beberapa bulan kedepan. Jika posisi tetap konsisten….tentu warning buat Yamaha. Sebaliknya jika ternyata Vixion kembali naik diangka konstan 30 ribuan….berarti pertempuran masih akan berlanjut. Nah…punya opini sendiri tentang data diatas mzbro??….(iwb)

266 COMMENTS

    • Yup?itulah alasan kenapa penjualan sport Yamaha turun mzbro. Secara umum YIMM meng-klaim memang menahan asupan unit kedealer karena konsumen biasanya cenderung memilih belanja motor tahun depan. Herannya hal ini tidak terjadi pada Honda. So?.akan lebih baik kita pantengin saja polanya hingga beberapa bulan kedepan.

      ===========

      Kalau pintar mencerna jadi kesimpulan:

      Yamaha YIMM nahan unit distribusi ke dealer.

      H0NDA AHM keluarkan unit distribusi sebanyak-banyaknya ke dealer jadilah over stock , unit numpuk digudang dealer, biar kelihatan laku.

      Itulah MS AISI perhitungan penjualan berdasar kesepakatan data distribusi unit dari pabrik ke dealer dan belum real data POLREG atau dari penjualan dealer ke konsumen.

      • Di Malang Jatim di 3 Dealer Besar stok NCB pada habis, katanya harus inden dari pusat.

        Akhirnya ada dealer kecil pinggiran yg masih ada stok, itu pun stok terakhir.

        Gimana tuh?

        Menurut saya data AISI itu adalah data rekaman penjualan seluruh dealer ke konsumen, bukan cuma distribusi ke dealer saja.

        Karena terbukti susahnya cari unit NCB yg Ready stok di dealer.

        • Wajar sih kalo penjualan NVA mulai turun…
          Kalah di segala aspek dan fitur soalnya…

          Waktunya NVA facelift lagi tuh…

          Tapi…
          Bukannya baru beberapa bulan kmrn NVA baru facelift??

          Uupss..

          😀

      • Market share itu diperoleh dari data polreg (police registration) – artinya unit yg riil terjual, bukan unit produksi atau unit stock yang idle di dealer.
        Kalau memahami definisi saja bingung bagaimana bisa nyambung.
        Salam Damai.
        Fhi. Mks.

    • Yup?itulah alasan kenapa penjualan sport Yamaha turun mzbro. Secara umum YIMM meng-klaim memang menahan unit kedealer karena konsumen biasanya cenderung memilih belanja motor tahun depan. Herannya hal ini tidak terjadi pada Honda. So?.akan lebih baik kita pantengin saja polanya hingga beberapa bulan kedepan.

      ===========

      Kalau pintar mencerna jadi kesimpulan:

      Yamaha YIMM nahan unit distribusi ke dealer.

      H0NDA AHM keluarkan unit distribusi sebanyak-banyaknya ke dealer jadilah over stock , unit numpuk digudang dealer, biar kelihatan laku.

      Itulah MS AISI perhitungan penjualan berdasar kesepakatan data distribusi unit dari pabrik ke dealer dan belum real data POLREG atau dari penjualan dealer ke konsumen.

    • Edisi mabuk coca cola and kekenyangan onde onde

      Gak usah bertele – tele pasar semprot tetep di pegang vixion

      Semprot 250 cc = ninja 250
      Semprot 150 cc = vixion
      Semprot piring 150 cc = R15

      Ngahampret cuman bakulan mbit goreng ngah ngah ngah nguuuuk

      Endi bocahe darmo, urung muncul, opo perlu tak bakarne menyan ben mawujud nang kene

  1. Itu kan penyaluran pabrik wan ke dealer.

    Dari dealer ke konsumen mana datanya??

    Kan kata rekan alex kalo komen itu mesti sesuai data.
    Maka dari itu datanya mana?

    Sok jelaskeun!!

  2. Santaii. Old cebong jg kyk gitu kmren.

    Berapa bulan berkuasa terus turun karena keliatan kelemahannya dr recall ampe nickname saya.

    Ngiahaaha

    • loh recall kok dibilang kelemahan? justru ituh tanggung jawab pabrikan terhadap produknya yg kurang sempurna.
      ente pikir 20 ribuan motor ituh gk ada yg salah produksi tah? di mobil recall ituh biasa kok dan orang dengan senang hati datang ke dealer buat klaim. lah di motor kok dibilang kelemahan recall? R3 pun yg produknya di ekspor luar negeri kena recall kan? gimana yang masih lokal? (ane gk bilang yg lokal lebih jelek yah)
      ayok ubah mindset mindset bodoh di dunia roda dua mulai dari motor ituh honda, makin panas makin joss, recall = kelemahan, sport = dohc, matik = buat cewek, dan lain lain
      Jangan mau terima aja klo produk cacat. Kita konsumen jangan mau ditipu sama pabrikan.

      • Bknnya R3 R25 produk lokal yg sdh diakui negara luar.

        Ohh gitu toh. Trus kalu kerusakannya menyebabkan korban jiwa baru pabrikan mengumumkan recall?
        Apakah itu biasa? Atau keuntungan bknnya kelemahan.

        Bagaimana

          • Sipp.

            Kelemahan berartikan.

            Produk recall mah di pake konsumen dulu. Trus konsumennya kecelakaan di bawa kebengkel baru pabrikan mengumumkan semua produk tersebut.
            Kayak prolink . Ane yakin ada kons yg pake trus amblas kecelakaan. Trus ke bengkel di kasih vocer buat tutup mulut. Ngiahahah

        • Kalo recall ampe ada yg nelen korban jelas kelemahan. Dan ituh hal yang sangat tidak biasa (rata” recall mobil cuman printilan aja karena kecolongan pas QC)
          Dimana mana namanya recall ituh ya memperbaiki kelemahan. Nah kelemahannya ituh di sini (indonesia) rata” baru diketaui pas terjadi bukan sebelumnya.
          Coba kita liat badan pengawas macem di amerika yang dikenal sangat sangat ketat. Ingetkan kasus HD di recall CUMAN GARA GARA INDIKATOR BENSIN NGACO, atau kasus TDI Volkswagen yang kebongkar setelah bertahun tahun baru ketauan. (Cukup pinter ngelabuin lewat ecu saat tes emisi)
          Nah balik ke indo, kenapa tangki bocor gl seri kgk ada recall? Knapa mesin vixion yg boros oli (temen ane ada yg alamin tapi ada yg enggak) kgk ada recall?
          Ituh karena orang indo kurang kritis dalam beli produk. Orang indo jarang yg nuntut pabrikan soal cacat produksi di roda dua.
          Dulu aja nissan march yg dikalim bisa 24km/l dituntut karena penipuan (walau cuman mobilnya diganti dengan harga bekas). Lah cb 150 yg di iklan bisa 151 km mang ada yg mau nuntut tentang penipuan? Kgk ada kan.
          Tuh bukti orang indo pada males urusan beginian. Pabrikan mah seneng aja soalnya produk klo recall biayanya gede banget

          • Gear starter rompal dulu swing arm prothol mana cung dulu di update doang kan bahasa halusnya.??

            Inget kagak luh??
            Nick aja pemadam kebakaran

          • Karena di sini pabrikan adalah dewa gan

            Dan badan pengawasnya menyembah dewa uang

            Semoga dipahami

            Si pemadam itu komennya kalau menurut ane dah berimbang om ahonx, maksudnya marilah kita merubah mindset kita sekarang ini, jadi fansboy boleh tapi kalau ada produk yang kurang bagus di terima konsumen maka sebagai konsumen dan fansboy yg baik kita harus komplain ke pabrikan, bukan malah di bela habis habisan

            Mari kita kembalikan istilah yang berbunyi ” konsumen adalah raja ” dan buang istilah ” konsumen adalah ternak pabrikan “

          • @ahonx
            Gua inget kok kata kata “update”. Kan gua cuman kasih contoh kasus aja.
            Lu tau juga kan alasan knapa pake kata kata “update”? Ituh karena orang indo parno ama yg namanya recall. Jadi diganti pake kata “update” bahasa marketing aja ituh mah.
            Dah mayan masih kena recall diganti partnya.
            @juraganmerchon
            Nah ituh juga, pemerintah disogok sana sini mulu ama pabrikan jepun. Liat aja mobil listrik buatan anak negeri, kagak dapet izin alasannya bikin ngakak aja.
            Bikin tol aja kenceng. Giliran bikin transportasi masal ogah ogahan

  3. Mau tau alasannya??..

    Stock vixion menumpuk di penjual mokas.. ditambah lg populasinya yang banyak menjadikan motor inj gak berasa ekslusif lagi..

    Terlalu mainstream,, karakter pembeli motor sport bukan menjadikan motor hanya sebagai kebutuhan.., tapi sebagai gaya hidup dan cerminan kemapanan penggunanya..

    Ini juga berlaku pd semua motor,, gak cuma satu merk

    • betul. orang bosen karena vixion facelift, sementara cb full model change.
      bisa juga pasarnya kemakan nmax dimana orang metropolitan dah males naek sport dan beralih ke matik.

  4. Apalagi yang juara motoGP si farhas Abbat versi Spanyol dengan cara menelikung brand ambassador all product yamaha, ngalamat perjuangan divisi sales yamaha makin berat saja

  5. Wakakaka, alesane ora nyambung karo ilmune… ibaratnya alesan ‘Pak nelayan kok tangkapannya berkurang? Karena sungai banjir…

    Khas fby, ngeyel

  6. Ekekekek.

    Ora usah kakean nyuocott.

    Next sport Yamama siap nguampleng DOHC jadi jadian ahaem.

    Catat!!!!!.

    • honx next yg mana??

      jangan jauh2 tu ad data depan mata.. ekekek..

      tabiat bencooss fby labil gk bisa terima kyataan.

      hrap dimaklumi.. dari pd mewek trussss

      ekekekek…

    • Yg mw beli MT15 uangnya dah keburu dibelikan NCB bro…akakakaa…
      Asal ente tahu…NCB yg baru ini masih “telanjang” belom disentuh apa2…
      Jangan kaget kl nanti MT15 keluar ada NCB SE buat njegal juga…
      Eling bro…Pabrikan yg dicari “Laba Penjualan” jd sebisa mungkin saling jegal sm yg lain…tau artinya??? Yg keluar belakangan sedikit diunggulkan…karena memberi sesuatu yg lebih drpd yg duluan…
      Jadi sales yg smart bro…jgn sampai buta apalagi menutup mata…
      Catettt….jleb….

  7. Tiada hari tanpa kobongan, coba yg punya warung nasihati, damaikan, biar para boy yg selalu cakar-cakaran pada sadar

  8. untuk kali ini ane harap vixion kgk laku…….
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    biar mesinnya di upgrade jadi vva aja lah minimal.

  9. nah ..yamaha nahan suplai.. honda gelontor suplai…pertinyi inyi…barangnya sudah pindah ke konsumen atau masih tidur di gudang dealer…

    • Yup?itulah alasan kenapa penjualan sport Yamaha turun mzbro. Secara umum YIMM meng-klaim memang menahan unit kedealer karena konsumen biasanya cenderung memilih belanja motor tahun depan. Herannya hal ini tidak terjadi pada Honda. So?.akan lebih baik kita pantengin saja polanya hingga beberapa bulan kedepan.

      ===========

      Kalau pintar mencerna jadi kesimpulan:

      Yamaha YIMM nahan unit distribusi ke dealer.

      Honda AHM keluarkan unit distribusi sebanyak-banyaknya ke dealer jadilah over stock , unit numpuk digudang dealer, biar kelihatan laku.

      Itulah MS AISI perhitungan penjualan berdasar kesepakatan data distribusi unit dari pabrik ke dealer dan belum real data POLREG atau dari penjualan dealer ke konsumen

  10. kalau alasan nya cuma karena asaP???
    emang nya asap nyerang nya milih milih ke yamaho doang ?
    dikira honda nggak ngadepin asap?
    tp kenyataan nya honda msh lbh unggul tuh

  11. ayo tetap berikan yg terbaik,durability yg terbaik,model yg up to date,jgn cuma jualan doang lu (pabrikan) pada.

  12. Tiada hari tanpa kobongan, coba yg punya warung nasihati, damaikan, biar para fan boy yg selalu cakar-cakaran pada sadar

  13. Kuat-kuatan modal kang.siapa yg berani ngasih velue yg lebih pada konsumen.ya dia yg jadi pemenang. Kalo cm gonta-ganti casing doang.ya tunggu gulung tikar aja bro.jadilah konsumen cerdas.jgn fnatik merk.

    • Biar gak kalah tekhnologi, masak dr jaman batu sampai jaman modern gini mesin tetep pakai mesin ompong gigi ganjil,

    • Sip komen membangun gini yang harusnya semakin di “BC” (dalam tujuan yang bagus)
      Pabrikan kasih kelebihan toh yang nikmatin juga konsumen

  14. tdi obrolan rngan ama yg krj di pabrika sebelah..
    NCB SE .brohol nunggh mt 15 dulu..
    trus ane kasih masukan..klo SE jangan cumaaen cat doank..kasih nilai pluslah..
    misal USD + deltabox..
    dia bilang “tunggu aja “

  15. orang banyak nahan beli motor karena tahun depan banyak yg baru… MT15… TVS Apace 200… satria Fi… mini bike Z… big scooter.. so kita pantengin aja tahun depan… ada kemungkinan akan menyusul all new vixion…

    • MT 15 = mungkin iya mungkin tidak, pasar MT 15 cukup segmented melihat desainnya cenderung minor figter beda dari nva yg sport naked konvensional
      Apache 200 = orang indo masih ragu dengan produk india walau fitur melimpah (mindset) jadi gk terlalu signifikan
      Satria FI = beda segmen satu buat anak muda nvl buat semua umur tapi bisa juga mempengaruhi
      Baby z serie = harganya bakal 25jt ++ dan ini motor segmented jadi kgk ada pengaruh signifikan
      Big scooter = nah ini pengaruh buat sport indo, liat aja n max dah kek beat ada dimana mana kek kacang goreng. Apa lagi nanti ada x max 250 bisa kacau dunia permotoran indo
      Ituh aja komen ane

      • Oke ane setuju ame statement ente saat ini tp di atas ente mojokin NVL ingat yah NVL karena di NVA gak ada kelemahan di NVL ente gak inget gear starter CB Current rompal??
        Knp gak ente sebutin bray??swing arm protol gak ente sebutin jg okelah kalo ente netral mungkin bs di ingat jg masalh yg mendera Current CB

        • Salah reply disini tapi gpp.Ane kan cuman kasih contoh produk yg belom ditanggapi “cacatnya”.
          Produk honda yg blom direspon cacatnya juga ada Dan malah lebih banyak. (Seperti yg ente sebut) blom dari mega pro, tiger (inih lagi), supra x (harga overprice body murahan), vario (upgrade).
          Maap jika dirasa ane mojokin nvl karena ane merasa cuman ituh aja problem nvl yg kgk direspon yamaha (konsumen harus repot repot belah mesin ganti seal apa yak? Lupa ane). Yimm terkesan lari dari tuntutan melihat statement nya pak abidin dulu.
          Saran ane terima. Nah kalo diskusi gini kan enak dari pada bc sana sini. Baaahh

  16. Sesekali turun tak apalah biar ngerasain dibawah dulu sebelum naik lebih pesat..gak enak sama tetangga 7 tahun sudah yamaha berkipas2 di segmen sport..kasih deh 2 bulan nafas buat AHM, awal tahun siap2 digebuk sampe mencr*t2

  17. loh recall kok dibilang kelemahan? justru ituh tanggung jawab pabrikan terhadap produknya yg kurang sempurna.
    ente pikir 20 ribuan motor ituh gk ada yg salah produksi tah? di mobil recall ituh biasa kok dan orang dengan senang hati datang ke dealer buat klaim. lah di motor kok dibilang kelemahan recall? R3 pun yg produknya di ekspor luar negeri kena recall kan? gimana yang masih lokal? (ane gk bilang yg lokal lebih jelek yah)
    ayok ubah mindset mindset bodoh di dunia roda dua mulai dari motor ituh honda, makin panas makin joss, recall = kelemahan, sport = dohc, matik = buat cewek, dan lain lain

  18. point yang menarik adalah “Menurut pria ramah ini, penurunan dipicu bencana asap diberbagai daerah serta kondisi ekonomi yang memang sedang lesu?”
    ngakak asli sumpah, mungkin yg dimaksud petinggi YIMM itu akibat bencana asap(baca:pigson ngebul) wakakakakak
    DARMO ZLUUUUUUUB

    • Apa kowe jol??
      Nyamber”.
      Jiahahahaa tk tonggoni kwe jol sekaline metu nggo klonengan.

      Cuihhh.
      Buencoss kon jol

      • honx lungguh sndeng pingson ngongkloh kyo wong pekok kowe to honx??

        pantesan… ente pekokcurut..

        nguabahahahaha..

        • Jol nek inyong puekok lah sg luwih pekok kowe jol.

          Ngapa nyong nyebut kwe luwih pekok jol kyeh nek adu argumen nggo nick asli sih ngapa kwe??

          Aja nggo nick liyone jol bajol.
          H2H we jol.!

  19. harus ada permak dibagian engine dan desain lagi keliatannya! kalo enggak bisa bebek belur nih! kalo kabut asap semua diler pasti kena dampak!

  20. Hah…?? Dari 34-ribuan jatuh ke 18-ribuan? Itu sangat tidak wajar pak bos. Warning buat yamaha vixion. Soalnya disaat yg sama si cb150 melesat di angka 27-ribuan, bahaya buat yamaha…

Comments are closed.