iklan iwb
iklan iwb

Web banner 460X110px

valentinorossi_2

Bro dan sis sekalian…..hasil juara dunia Motogp 2015 masih menjadi perbincangan hangat baik ditanah air hingga global. Kasak kusuk keterlibatan Marquez menjadi aktor mulusnya Lorenzo sabet juara dunia hingga bos besar HRC yang membantah keras tuduhan rider mereka membantu Lorenzo membuat isu liar makin kental. Namun dari beberapa pendapat kiri kanan…..mereka ternyata cukup yakin dan memiliki opini lain bahwa logis jika Honda berperan besar atas kegagalan Rossi menjadi juara dunia. Lho…..piye maksude?

iklan iwb

460x110 IWB

Y P 440

Jika sampeyan mengikuti Motogp sejak era 1990an pasti tahu siapa Valentino Rossi. Sepak terjangnya sering memberikan kejutan dengan kecepatannya dilintasan membuat nama Rossi langsung melambung. Beberapa nama pembalap papan kelas atas dieranya diobrak-abrik tercatat Max Biaggi, Sete Gibernau, Kenny Robert, Alex Barros, Garry McCoy, Carlos Checa Alex Criville dan pembalap Jepang fenomenal seperti Norick Abe adalah para rider yang pernah merasakan ketajaman Valentino Rossi bertarung diatas mesin 2 tak 500cc. Semua semakin lengkap karena Rossi selalu melakukan selebrasi-selebrasi aneh namun orisinil. Dan sejak saat itulah idola dunia bergeser….

Yup…..dari Mick Doohan, mata tertuju pada pemuda Tavulia Italia. Aksi Rossi diatas mesin 500cc 2 stroke yang kala itu nyemplak Honda NSR500 menjadi cikal bakal lahirnya legenda baru. Tidak heran HRC meminta bantuan Vale untuk mengembangkan generasi pertama RCV hingga lahir RC211V. Jangan ditanya soal bertarung diatas lintasan. Pernah membalap diSentul tahun 1997….Rossi adalah pembalap fighter yang agresif dan senang duel head to head. Ciri tersebut menjadi kekuatannya dimana rider rata-rata cukup kesulitan membendung kemampuannya hingga masuk garis finish. Satu yang menjadi catatan…The Doctor bukanlah karakter cengeng yang suka merengek protes saat fight…..

Bahkan jika diperlukan, rider Italia ini tidak sungkan senggolan badan selama dilakukan dalam racing line yang benar. Dominasi Rossi tercatat sejak 2001 hingga 2009. Pada periode itu doi hanya kalah pada tahun 2006-2007 dari Hayden serta Stoner. Dan yang membuat fans makin keranjingan….seluruh rekam jejak yang diukir selama nyaris 18 tahun bersih dari kontroversi. Hingga tahun ini kita semua dibikin terhenyak atas pernyataan Rossi yang menuduh adanya konspirasi antara Marc serta Lorenzo. Banyak yang menganggap…pernyataan Rossi hanya karangan belaka karena sulitnya pembuktian. Bahkan Lorenzo-pun merespon tuduhan team mate-nya tersebut sebagai bentuk rasa frustasi karena Jorge unggul disegala sisi….

Rossi biaggi

Pasti membuatnya sedikit frustasi karena dia tidak memiliki kecepatan buat dia juara. Jadi aku rasa juara dunia tidak hanya pantas untuk raja Spanyol, namun jelas titel ini pantas untukku sebab dari statistik…aku kalahkan dia (Vale) dari segala sisi…..baik kemenangan, pole position, fast lap, torehan waktu saat race…..latihan bebas….semuanya !‘ tegas Lorenzo. Sementara dari sisi Rossi, doi tidak menampik Lorenzo kencang namun tidak dengan cara konspirasi seperti keyakinannya. “Aku sudah siap kehilangan potensi gelar juara dari Jorge yang mana dia selalu kencang. Namun cara ini tidak adil buatku.  Posisi Honda sangat aneh. Aku tidak tahu bagaimana sebuah pabrikan menyetujui salah salah satu rider Yamaha menang dan hanya mencoba untuk bertarung melawan team-mate (Pedrosa). Ini sangat aneh. Tapi jujur aku tidak mengerti…“tutup Rossi seperti dilansir Crash. Apakah Rossi terlalu berlebihan??….

Menilik rekam jejak masa lalu…The Doctor bukanlah tipe cengeng yang gampang mencari alasan ketika kalah. Kita coba bahas dari sisi kecepatan duo Honda yang ternyata saat diteliti memiliki potensi mengalahkan M1 diValencia. Marc serta Lorenzo banyak bermain diangka 1 menit 31 detik. Beberapa kali Lorenzo unggul koma dibelakang namun seringkali pula Marq lebih kencang. Yang mengejutkan….secara kasat mata jiwa fighter Marc seperti tidak nongol diValencia. Sosok rider yang IWB tahu selama dua tahun terakhir….merupakan pembalap yang rela dlosor sekalipun untuk meraih juara 1 tidak hadir. Dan yang lebih mengejutkan…ketika Dani Pedrosa dengan kecepatannya berhasil menempel ketat dan hanya tinggal melakukan ekskusi malah direspon agresif oleh Marc yang membuat usaha Dani kandas ditengah jalan (lap-lap akhir Lorenzo sudah ngedrop bermain dikisaran 1 menit 32..sedang Dani mampu 1 menit 31). So….harapan Rossi dibantu duo Honda menguap tak berbekas. Kenapa?…

rossi NSR500

Honda disinyalir memang tidak menginginkan mzbro. Opini ini lahir dari analisa marketing yang jelas tidak akan menguntungkan bagi Honda secara global jika Valentino Rossi yang juara dunia. Yup, bagaimanapun sosok Rossi dipandang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi dibanding Jorge. “Logis sih jika Honda berperan besar menggagalkan kans Valentino Rossi menjadi juara dunia 2015…..efek Rossi ngeri bro buat market Yamaha secara Global..”ungkap salah satu marketing yang enggan disebut jati dirinya. Mungkin opininya terkesan asal njeplak. Namun jika kita sudi membuka lembaran masa lalu…market Yamaha diIndonesia memang sempat meroket ketika Rossi berjaya diera Motogp kisaran 2008-2009. Hal ini pernah diakui internal YIMM yang ngobrol dengan IWB bahwa Rossi memang memberi peran besar pada kesuksesan Yamaha Indonesia secara produk termasuk Jupiter MX 135…..

Last….apa yang IWB sodorkan diatas hanyalah sekedar opini. IMHO….pendapat tersebut cukup logis serta masuk akal. Apapun kondisinya…..Vale memang sulit untuk dikalahkan secara nama. Karena untuk menjadi pembalap idola….rider tidak hanya bisa mengandalkan kencang. Namun bagaimana mereka memiliki karakter kuat, humble, good attitude, original, attractive, sporty serta gentle. Dan niscaya jika hal itu ditinggalkan akan sulit bagi seorang rider disukai oleh berbagai lapisan. Yang apes kini Yamaha mzbro. Terpasung dalam kondisi dilema karena disisi lain Lorenzo adalah sang juara dunia namun dengan berbagai kontroversi. Dan ketika memaksa menggunakan Lorenzo sebagai icon, IWB nggak yakin memberi impact positif untuk produk itu sendiri. Sebaliknya jika Vale yang dipilih…..tentu juga tidak etis karena Lorenzo-lah yang berhak mendapatkan posisi tertinggi dalam sebuah brand ambassador. Opo ora mumet kuwi jal…...(iwb)

valentino-rossi-honda-rc211v-motogp

iklan iwb
Previous articleYamaha MT-15 kembali tebar pesona dijalanan…..njengat tenan cakkk!
Next articleMotogp : Test ban Michelin…banyak rider berjatuhan. Duo Honda terkencang !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!