iklan iwb

Web banner 460X110px

NVA vs new CB150R (8)NVA vs new CB150R (11)

Bro dan sis sekalian…setelah sekian lama menggodok artikel ini, njengking mlumah murep dlosor gulung koming….akhirnya kelar juga godok artikel adu komparasi head to head antara Yamaha New Vixion advance vs Honda new CB150R. Seluruh aspek IWB angkat meliputi handling, engine, finishing hingga riding quality. Bahkan dari sisi engine….IWB sampai mengadu keduanya dilapangan. Yup…..adu drag head to head, siapa yang paling unggul diantara keduanya?. Monggo lanjutkan bacanya sampai usai…….eh, ojo lali kopi wedang susu jahe buat nemenin baca kangbro, tiwas biar makin gayeng :mrgreen: …..
460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Untuk merealisasikan komparasi….IWB sampai ngubek-ngubek pembaca yang memiliki New Vixion Advance. Pilihan pada versi Advance karena inilah versi terbaru dari Vixion. Sedang new CB150R adalah milik Wahana Artha (suwun buat kang Sakti)…..yang IWB gunakan wira-wiri selama satu minggu lamanya. Singkat cerita…..gayung bersambut dari bro Kurnia yang ngontak FB IWB. Doi mengaku sangat penasaran dan bersedia bertemu IWB disebuah pom bensin kawasan Depok. Ditemani bro Irwan sebagai punggawa Road ride (editor video)….kami bertiga langsung ngacir keSerpong agar proses testing berlangsung lancar. Hampir satu setengah jam kami menyusuri jalanan Sawangan yang super semrawut, akhirnya kita tiba dilokasi. Komparasipun dimulai….

Ergonomi

ergonomi new cb150r vs NVA

Ergonomi versi terbaru dari sport Honda berlabel new CB150R lebih sporty dibanding sebelumnya. Hal ini IWB rasakan saat nongkrong diatasnya. Feel stang sedikit jauh dan memaksa badan kita rada nunduk. Impressi pertama membuat sensasi mantap ketika menggenggam handle bar. Apalagi desain tanki lebih gambot dengan kontur menipis dibagian jepitan paha. Rasanya memang pas. Apalagi mata dimanjakan dengan speedometer futuristik yang disebut mengadopsi desain kokpit pesawat. Begitu juga New Vixion Advance (NVA)…..

Walau secara umum hampir mirip…sport Yamaha termasuk lebih rileks untuk jangkauan tangan. Hal ini dikarenakan lengkungan sudut stang yang sedikit tinggi dibanding New CB150R (NCB). Bagian tanki juga tidak kalah gagah. Sayang ketika mata menyapu bagian speedometer…..panel terkesan old style. Jarum RPM analog menjadikannya kalah dari sisi visual. Walaupun secara fungsi justru lebih gampang dilihat. Btw…secara umum, tinggi jok keduanya tidak banyak perbedaan. Pokoke cocok untuk umume wong Indonesia mzbro. Terus piye saat digunakan jarak jauh??…..

Nyaris tidak ada yang menonjol karena pressure keduanya mirip yakni berada ditelapak tangan. Jadi kalau sampeyan bermacet ria….telapak tangan bagian dalam jempol rada ngilu. Ini kalau berkendara dikemacetan berjam-jam. Jika untuk jalanan normal speed konstan jarak jauh….NVA sedikit unggul pada bagian….(maaf) bok*ng yang lebih adem. Kalau IWB analisa bisa jadi karena busa sport Yamaha yang cenderung lebih empuk. Namun secara umum….keduanya nyaris seimbang untuk ergonomi….

Handling

NVA vs new CB150R (1)

Nahh….ini mzbro yang cukup menarik. NVA dibekali dengan sasis deltabox sementara NCB adalah truss frame aka teralis. Gimana saat digunakan dilapangan?. Pada generasi sport terbaru AHM….respon motor saat digunakan high ataupun low speed patut IWB acungi jempol. Disini IWB tidak banyak merasakan perbedaan kemampuan baik cornering ataupun melaju kencang kendati frame keduanya tidak sama. Bahkan IWB merasa…..dibeberapa sektor, NCB lebih unggul khususnya ketika motor digeber dengan kecepatan diatas speed 120 km/jam. Stir terasa lebih antep dan tenang. Lha koq iso??….

Kalau IWB analisa…spek ban lebih besar satu tingkat memberikan daya cengkram ekstra (NCB 100 dan NVA 90). Otomatis diameter tapak karet bundar yang bersentuhan diaspal lebih besar. Hal ini ternyata juga diakui oleh bro Kurnia selaku pemilik NVA. “Iya mz…..terasa lebih tenang stir nggak terlalu ringan jadi motor stabil saat kecepatan tinggi..”serunya ke IWB. Wah…berarti klop dengan yang IWB rasakan….

Engine

NVA vs new CB150R (3)

Ini dia yang paling bikin penasaran. Seperti yang kita tahu para media sudah mengumbar seluruh data diatas mesin dyno. Sebagai orang umum tentu data tersebut sahih dan bisa dijadikan pegangan. Tapi sebagai biker….rasanya kurang afdol jika kita tidak tes dilapangan. Dilalah kang Kurnia pemilik NVA juga semangat. “Boleh-boleh mz….hayoooo..“serunya antusias. Sebagai informasi, bro Kurnia memiliki bobot rentang 78-79 kg. Sementara IWB kisaran 81-82 kg (jumbo cak….ojo guyu sampluk swallow). Soal skill jangan ditanya….pemilik NVA merah ini masuk kategori mantap….

IWB sendiri sudah menyiapkan 3 kamera (2 Gropro dan 1 ion) untuk mengabadikan jalannya tes drag (suwun buat kang Irwan Road ride). Dua kamera ditaruh pada bagian dada (IWB dan bro Kurnia)…sementara kamera ION memiliki dudukan mounting cengkeram pada stang atau pipa. Karena kita ingin tahu pergerakan motor…dan NVA tidak memiliki behel belakang….maka ION pun dipasang pada NCB. Setelah setingan kelar, singkat cerita….testingpun dimulai….

Mengejutkan, tes awal menunjukkan…NCB langsung melesat. Ditangan bro Kurnia….motor baru Honda ini unggul sejal awal. Wah….rumus SOHC menang tarikan awal langsung musnah oleh spek near square ki. Namun sekonyong-konyong……NVA sempat imbang dibelakang hingga kembali lunglai saat masuk gear 5. Weleh…..mosok sih?. IWB masih berpikiran…..bobot pengendara beda 3 kg, ngaruhlah. Karena masih penasaran….drag kembali kita lakukan…..

Sesi kedua IWB sempat melakukan start secara sempurna (kalau nggak dibilang nyolong). Unggul hingga gigi 3….masuk keempat NCB dengan mudah menyusul. Behhh…..kudu diet ki koyone. Usai?. belum. Pancet penasaran. Sesi tiga IWB masih diatas NVA. Betot hingga gas mentok……mengejutkan sebab kali ini IWB mampu mengimbangi bro Kurnia. Baik dari gear dua hingga 5 nempel terus. Puas tenan ki IWB soale dari tadi susah bener. Dan kali ini jarak hanya satu ban…walau dalam posisi masih berada dibelakang. Akhirnya joki tukeran. Biar adil cak….jangan-jangan Vixy susah menang gara-gara bobot IWB kabotan ki :mrgreen: . Dan running-pun dimulai. Hasilnya??….

Video adu drag Honda new CB150R vs Yamaha Vixion Advance

HP klik disini

Walahhh….malah kalah mzbro 😯 . NVA hanya mampu ngimbangi hanya sampai gear 3. Masuk zona gear 4……bro Kurnia yang nunggang motor sendiri IWB salip dengan mudah. Karena penasaran….kita sepakat melakukan drag lagi. Pada tes kedua cukup hebat…..ditangan bro Kurnia, NVA sempat berhasil unggul sejak gear pertama. Tapi keunggulan tidak berlangsung lama karena ketika motor melewati kecepatan 100 km/jam….kembali NVA dipaksa mundur oleh NCB. Mau dicoba kayak apa hasilnya sama. “Tenaganya rata mz….ngisi segala rentang RPM. Saya akui mz…“celoteh bro Kurnia tentang NCB…

Dengan kondisi diatas, soal performa NCB unggul dibanding NVA…setidaknya dari tes pribadi. Mau tidak mau Yamaha harus bergerak jika ingin jabanin NCB dengan spek DOHC near square engine-nya. Mapping ulang menjadikan laju motor ini memang seperti tidak pernah kehabisan tenaga. Kemudian untuk vibrasi engine….NCB juga banyak berubah dibanding 1st gen. Alus ki pakde….baik ditanki ataupun foo step. Padahal yang sebelumnya…IWB masih menjumpai getaran diarea tanki yang dijepit paha. Tapi sekarang sudah jauh berkurang. Gleserrr….

Finishing dan material

NVA vs new CB150R (10)NVA vs new CB150R (5)

Nahhh….disini Yamaha boleh bertepuk dada bangga. Walau tidak siginifikan….soal material dan finishing dari pandangan IWB, Honda masih dibawah pabrikan garputala. Baik ketebalan casing ataupun solid tidaknya kuncian panel perpanel. IMHO….inilah keunggulan rival dekat AHM. Yah…memang tidak ada produk yang sempurna. Ketika fitur sudah melimpah (hadirnya LED, Full digital, ban gambot dan new facelift desain) sementara pabrikan kudu putar otak agar banderol tetap terjangkau…..pasti ada beberapa poin yang kudu dikorbankan. Lha mau apik kabeh….pertanyane, wani pirooo?? :mrgreen: …..

Kesimpulan

Hadir sebagai penyempurna versi sebelumnya membuat NCB mampu mengungguli dua “core” penting sebuah motorsport yakni handling serta performa engine. Motor lebih anteng dan mesin makin kuat…..plus BBM cukup irit (kisaran 42 km/liter) membuatnya melompat dari generasi sebelumnya. Sementara Vixion….tidak banyak ubahan dari generasi pertama era 2007 membuat sport andalan YIMM ini harus mendapatkan setuhan serius. Kalau desain…IWB nggak akan banyak berkomentar dan biarlah sampeyan yang menentukan sendiri. Lawong selera masing-masing…..iyo ora kang?

Last……Itulah hasil komparasi NVA vs NCB. IWB haturkan terima kasih tak terhingga kepada kang Kurnia dan bro Irwan yang sudi membantu IWB hingga adu drag bisa terlaksana dengan baik. Sebagai informasi….tes ini tidak berlaku mutlak. Artinya bagi yang mungkin merasa belum puas atau kurang percaya….monggo dijajal sendiri untuk membuktikan. Salam juozzz gandozz dan IWB mau ngibrit ke Yogyakarta sik. Kita ketemu dikota gudeg…ocreeeee !!! :mrgreen:.(iwb)

NVA vs new CB150R (7)

428 COMMENTS

    • siip……
      wah Ncb bagaikan star kayak lorenzo, bisa nyalip kayak markes, kenceng kayak ianone…..
      tp gak MEWEK KAYA ROSSI…..

    • kang iwan.. head to head dong komparasi sales honda ama sales yamaha.. sekalian jumlah penjualan produk masing2 di bulan oktober ini… thanks kang..

    • ekekekekek

      jangan bertele_tele hasilnya tetep ini ?

      champions sale motor sport 2015

      250cc = ninja 250 r by KAWASAKI
      150cc = vixion series by YAMAHA

      110cc = mbittt bletakk by HODONGO

      akakakakakakak

      zlub.

    • Tiga blogger I*B T*C dan K*Y ini maksudnya apa yak?
      Ketiganya kompak banget komparasi motor unit pinjaman pabrikan dengan unit milik konsumen.

      ngga fair kang. mosok Yamaha NVA unit knsmen diadu sama MAH0NDA NCB unit pinjaman diler/pabrikan.
      Test yg kayak gini masih nekat dilakukan iwebe wadohh, yang NCB pinjaman pabrikan harus disetting khusus lah.
      Kalau mau fair semuanya unit knsmen.
      Gw mo nyindir lo wan.
      Itu yang NCB unit pinjaman diler/pabrikan bagaimanapun harus unggul. Ngga enak dong kalau sampai kalah.
      Kalau NVL unit knsmen biar aja mau menang mau kalah ngga ada rasa ngga enak sama diler/pabrikan.
      Blogger besar kyk I*B harusnya lebih hati-hati biar ngga dibilang pembodohan informasi.
      Samanya kyk T*C yang komparasi New Beat pinjaman pabrikan vs Mio M3 punya konsumen tetangganya.
      Juga si K*Y lebih parah. Honda unit pinjaman diler/pabrikan diadu sama NVL lawas punya knsmen, pakai box pula NVL lawasnya. Hadoohh
      Bener bener pembodohan informasi!

      Pinter si I*B video test NCB unit pinjaman pabrikan vs NVA punya konsumen ini kan jauh sebelum I*B tayang di tivi jadi komentator motoGP live Trans7 yg disponsorin YIMM. Sengaja ditunda sampai kemarin I*B tampil di tivi baru deh dikeluarin artikelnya.
      wkwkwwk I*B jelas melakukan poligami nih.
      Istri tua AHM dan istri muda YIMM.

      Gw mah udah kaga percaya sama hasil test/review blogger model gini.
      Kemarin ke istri muda belain Rossi diserang FBH. sekarang ke istri tua siap diserang FBY. wkkkkk komen dimari enak buat rusuh doang wkkkk yg penting hits nambah yak Lek.

      Dollar ngalir dari kanan kiri wkwkkk

      • Cup…cup…
        .jangan mewek. Kalah emang menyakitkan.
        Coba yamaha brani kasih pinjaman unit yang akan diperkosa bloger?
        Jawabnya gak berani takut kualitas mocin nya ketahuan

        • Wkkkk

          Yamaha udah lama duluan yg kasih pinjaman unit ke Blogger. Honda yg belakangan ngikutin cung.
          Yamaha skrg udah ngga mau kasih pinjam lagi krn banyak blogger poligami.
          wkkkkk FBH dangkal ngga bisa mikir!
          Kemarin lu pada nyerang iwebe krn iwebe fans Rossi bela krn disponsorin YIMM. sekarang FBH jilat ludah berjamaah sambil jilatin iwebe wkkwkk mental kacung ketahuan bingit.

      • Hmmmm….. ini karena sesembahan u keokC ama sebelah….!!! Coba sesembahan u yg menang…. pasti langsung mingkem tuh bacot…..

      • Wkkkk

        Yamaha udah lama duluan yg kasih pinjaman unit ke Blogger. Honda yg belakangan ngikutin cung.
        Yamaha skrg udah ngga mau kasih pinjam lagi krn banyak blogger poligami.
        wkkkkk FBH dangkal ngga bisa mikir!
        Kemarin lu pada nyerang iwebe krn iwebe fans Rossi bela krn disponsorin YIMM. sekarang FBH jilat ludah berjamaah sambil jilatin iwebe wkkwkk mental kacung ketahuan bingit!

      • Tiga blogger I*B T*C dan K*Y ini maksudnya apa yak?
        Ketiganya kompak banget komparasi motor unit pinjaman pabrikan dengan unit milik konsumen.

        Sangat ngga fair kang. mosok Yamaha NVA unit knsmen diadu sama MAH0NDA NCB unit pinjaman diler/pabrikan.
        Test yg kayak gini masih nekat dilakukan I*B wadohh, yang NCB pinjaman pabrikan harus disetting khusus lah.
        Kalau mau fair semuanya unit knsmen.

        Gw mo nyindir lo wan, real aja yak!
        Itu yang NCB unit pinjaman diler/pabrikan bagaimanapun harus unggul. Ngga enak dong kalau sampai kalah.
        Kalau NVL unit knsmen biar aja mau menang mau kalah ngga ada rasa ngga enak sama diler/pabrikan.
        Blogger besar kyk I*B harusnya lebih hati-hati biar ngga dibilang pembodohan informasi.
        Samanya kyk T*C yang komparasi New Beat pinjaman pabrikan vs Mio M3 punya konsumen tetangganya.
        Juga si K*Y lebih parah. Honda unit pinjaman diler/pabrikan diadu sama NVL lawas punya knsmen, pakai box pula NVL lawasnya. Hadoohh
        Bener bener pembodohan informasi!

        Pinter si I*B video test NCB unit pinjaman pabrikan vs NVA punya konsumen ini kan jauh sebelum I*B tayang di tivi jadi komentator motoGP live Trans7 yg disponsorin YIMM. Sengaja ditunda sampai kemarin I*B tampil di tivi baru deh dikeluarin artikelnya.
        wkwkwwk I*B jelas melakukan poligami nih.
        Istri tua AHM dan istri muda YIMM.
        wkwkwkwk

        Gw mah udah kaga percaya sama hasil test/review blogger model gini.
        Kemarin ke istri muda belain Rossi diserang FBH. sekarang ke istri tua siap diserang FBY. wkkkkk komen dimari enak buat rusuh doang wkkkk yg penting hits nambah yak.

        Yamaha udah lama duluan yg kasih pinjaman unit ke Blogger. Honda yg belakangan ngikutin.
        Yamaha skrg udah ngga mau kasih pinjam lagi krn banyak blogger poligami.
        wkkkkk

        FBH dangkal ngga bisa mikir!
        Gw komen begini berdasar apa kata FBH kemarin yang nyerang I*B.
        Kemarin pada nyerang I*B krn katanya I*B fans Rossi bela krn disponsorin YIMM. dan waktu kemarin diartikel motoGP bahas tentang Rossi, banyak FBH yang nanyain ke I*B tentang Video hasil test drag NCB unit pinjaman pabrikan vs NVA punya knsmen, malah banyak FBH juga yang duluan nyindir I*B dikomentar katanya sengaja I*B ngga jadi bikin artikel hasil Video itu karena I*B ngga enak sama YIMM sbg sponsor siaran live motoGP Trans7 yang mana I*B ditunjuk sebagai komentator acara itu. Dan juga banyak FBH yang membenturkan adu domba I*B dengan T*C. Banyak FBH yg nyindir I*B diblognya T*C.
        Namun setelah hasil Video NCB vs NVA dirilis I*B malah sekarang FBH jilat ludah berjamaah sambil jilatin I*B wkkwkk mental kacung ketahuan bingit. Politik penjajah Belanda dipakai!
        Wkwkwkkkk

    • Apa?????
      Vixi lebih ringan. Ban lebij cungkring..
      Masalah kalah new cb yg lebih berat dan ban lebih besar??
      Dasar motor ngebul…
      Ngoahahahha

        • I msh ingat waktu para kampreters menggunakan kata2 ini untuk membanding-bandingkan dgn old sebelah………dan itu hanya sebuah opini kelas “sampah” untuk menutupi sesembahannya yg benar2 sampah plus ronsokan !!!!! Padahal menurut I ,,, old sebelah lebih oke dr pd new nya dalam hal top speed….ha aha ha

    • Ada lagi
      Body Plastik aqua gelas,
      Catnya pake Cat air, keujanan kepanasan luntur
      Fitur lainnya :
      shock pro-thol,swing arm-brol

      • Hahai, kalah adu drag SALES LAPER larinya ke BC…..

        GA NGARUH djoy……

        #SABAR YE CUNG….

        • Menurut legenda dalam sebuah al-kisah
          Dijelaskan bahwa, yang tidak terima kritikan sesuatu hal apapun itu.
          Diceritakan bahwa dia adalah bagian dari yang disebut kan (dalam kurung : yang dikritik)

          Dan menurut mitos
          Memiliki sebuah kata-kata mutiara
          “Maling teriak maling”
          Berarti..
          Orang yang suka menuduh
          Di indikasikan bahwa ia pelaku sebenarnya

          Akakkakakakakaak…

          Celeng” di artikel
          Sukanya pembodohan
          Datang komentar Fakta
          Crooottt..
          Lalu di BCrooottt..

          **(nyanyikan dgn lagu Cicak”didinding)

          • ontowircuk..

            se7

            biasa lh maling teriak maling..

            kya tmn u ahonx.. biasa teriak sales lah cocot bosok lh..

            berarti dia sendiri.. yg

            sales n cocot buosokkk.. ya??

            ekekekek..

          • Ekekekek.
            Baru nongol ni bajol.
            Baru nyambung wifi nya ye jol.apa wes njalok kuota meng bojomu ye.

            Bajol cuangkir.
            Ngoahaha.
            Plungg

          • Maklum honx
            Sibajol tanggal muda
            Baru gajian bininya jd. Baru dibeliin kuota

            Bener tho jol..!!
            Akakakakak

  1. lempar molotov satu truk, besok rame kih fb anu pada ayan berjamaah….

    selamat berrtempur, hidup mati kalian cuma untuk merk anu.
    belain terus ya nak sampe titik darah penghabisan, cuma itulah cara kita bisa disebut pahlawan sejati.

    ngoahahahahahaaAa

  2. klo aku nunggu komen fby,
    ni motor jiplak piksen……..
    SELAMAT BERJUANG FBY…
    jangan lupa minta wejangan boss momok saza..

  3. Si vixi yang di banggakan oleh fby ternyata keok lawan si cebong…
    Vixion unggul di penjualan tapi tak berkutik melawan ncb di jalanan….
    Saatnya Yamaha segera mengeluarkan mt-15 dengan mesin DOHC 6 Speed…

  4. sebelum ni artikel kluar gw dh nyobain ncb temen ane d lintasan sertim kota serang…, gw sndiri pengguna vixi old, n emang nih ncb powerband rata dr bawah mpe atas…, akselerasi imbang…, pas putaran atas vixi gw selalu ksalip ma ncb…
    + so analisa gw konfigurasi overstroke n kerapatan gear 1,2,3 ncb pengaruh buat akselerasi, sedang putaran atas ncb menang krn unggul jumlah gear…

    emang sharuzny mesin vixi d buat lebih

    klo soal handling revisi ncb bner” rasa yamaha…

  5. Kalau IWB analisa?spek ban lebih besar satu tingkat memberikan daya cengkram ekstra (NCB 100 dan NVA 90). Otomatis diameter tapak karet bundar yang bersentuhan diaspal lebih besar.

    diameter ?

  6. Yamaha keren.. Berlebihan. Itu justru yg bikin sy g suka yamaha.. Kalian pernah nonton kamen rider. Atw power ranger di masing2 film pasti punya motor.. Kas yg dipake para jagoanya sperti itu bayangan q sama motor yamaha. Motor mainan.. Motor yamaha bagus disain ky robot.. Hiu. Atw robot banteng.. Bukan ky motor.. Tp ky mainan bocah.

    • Kamen Rider era showa pakai Suzuki.. Kamen Rider Heisei pakainya Honda… Kecuali 1 Yamaha V-Max dipakai Kuuga.. 😀

  7. Awas warunge keno petisi fby

    Ben ra keno petisi siapkan makanan dan minuman selera fby, onde onde dan coca cola ekekeke

  8. Karakterisitik mesin yamaha:
    LEMAH di putaran atas…..
    Pantes yamaha m1 selalu kedodoran tak berkutik lawan ducati atau honda di trek lurus di ajang moto gepeh…

    • Motor jadul tepatnya cuy, jagan lupa bawa hpnya nokia 3310 jangan yg android ya terus lo nongkrong sama kang mus dah bahahaa

Comments are closed.