iklan iwb

banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

      • sudah tepat jikalau rossi kasih hadiah tungkak kepada si anak celleng ….

        ciaaattt brakkk….!!!

        zlub tenan.

        • Sbnrnya Rossi sdh melakukan penyelidikan sendiri saat kualifikasi. Dia sengaja disaat PF tdk ngotot mencari setingan terbaik tp melihat sampe dimn kcptn rata2 Marc dan JL. Ini utk menguatkan kecurigaannya bhw disaat balap nanti kedua rider tsb bermain kotor. Dan ternyt terbukti. Dan pd saat balap ternyt Marc semakin menjadi. Habislah kesabaran Rossi …..

          • Your comment is awaiting moderation.jadi inget waktu duel rossi vs stoner di laguna seca dulu,waktu itu rossi sengaja ngerem sampai stoner nyusruk& ngambek.karma berbalik, skarang rossi dipermainkan bocah ingusan dan ngambek.its just game?.go vale go marc? kalianentertainer moto gp sejati

          • pertanyaannya, knp seorang rossi dgn mudahnya dipermainkan anak kecil?

            knp ga bisa over take marquez dan langsung kabur utk menghindari head to head dgn marquez?

            knp harus emosi?

            harusnya kan langsung kabur aja spt hohe dan pedrosa

          • ane rasa memperlambat ritme balapan adalah hal yg sah, selama dilakukan dgn bersih tidak menjatuhkan, menabrak, memjegal, atau menendang lawan.

            sedangkan reaksi dgn menendang lawan itu jelas hal yg ilegal.

            klo rossi memang mampu ga usah ladenin marquez, langsung aja overtake dan kabur menjauh.

            tapi knp rossi dgn mudahnya buat bulan2an marquez..??

            seolah2 balapan kemaren marquez yg atur…

            klo seorang kandidat juara dunia aja gampang jadi bulan2an spt itu.., apakah pantes menyandang gelar juara dunia???

          • klo gitu justru dia yg bodoh, udh tau marquez bakal kayak gitu kok masih kepancing.
            bljr mikir lbh dlm lg tong.

          • Secara telemetry gak bisa gitu bro. Sorry gue gak bela rossi, marquez, lorenzo, atau pedrosa. Tp omongan “kalo gitu langsung overtake dan tinggalin sejauh2nya” itu susah bro.

            Kenapa? Udah rahasia umum yamaha M1 hampir kalah di semua sektor dibanding rc213v. Kalo emg M1 lbh baik pasti pedrosa jg dengan mudahnya disalip lorenzo atau minimal kekejar. Tp ternyata gak juga kan?

            Selain itu faktor ergonomi bermain disini. Inget Rossi termasuk bongsor u/ ukuran rider motogp. Semakin bongsor agility rider semakin susah. Aerodinamika jg semakin terkoreksi. Beda dgn marquez yg memiliki postur ideal (165 – 173) buat seorang rider.

            Gitu aja sih menurut gue bro.

          • coba liat video super motion nya. rossi ga salah loh. gak sengaja nyentuh stang. ya karena sengaja mepet sih. resiko rossi juga. tapi ga sengaja. bukti video berbicara.

          • masiwwan coba buka deh video supermotion nya. yang angle dari samping juga gak apa. keliatan dengkul rossi ditubruk marquez. saya jamin itu alasan kuat rossi menolak sanksi 3 poin. cukup 2 poin (bikin poin pembalap hilang, dan sengaja mengancam dengab kotor) jadi pasal ga menghormati pembalap ga masuk.

          • emang ada aturannya seorang pembalap ga boleh menutup racing lain?

            emang ada aturan klo pembalap ga boleh memperlambat ritme balapan?

            mang ada aturannya ya klo balapan ga boleh saling overtake?

            yg ada itu aturan klo pembalap ga boleh menendang pembalap lain.

            jgn sampai menyalahkan aksi legal untuk membenarkan aksi ilegal.

            apakah marquez ga boleh overtake rossi kemaren?

            klo marquez sengaja ngalah, apa itu disebut sportif?

            ane lihat artikel ini seolah2 menyalahkan aksi legal utk membenarkan aksi ilegal

            klo kata pak ustadz, MENGHARAMKAN YG HALAL DAN MENGHALALKAN YG HARAM..

            mohon maaf ya…

            coba sedikit wise kank….

          • Wktu kejar kejaran motor rossi nga selaju marc..jdi dia nga bsa lari tinggalin marc..n dblikx marc bsa tggalin rossi cma marc nga mau..dia sengaja nempel rossi trus br rossi nga bsa kembangkan gaya balapx unntuk kjar Lorenso.

        • Tidak ada regulasi yang melarang seorang pembalap menghambat pembalap lainnya selama itu secara legal.
          Tapi coba tanyakan hatimu kawan… Anda juga manusia bukan?

          • moga2 rossi dpt bantuan dri arwah Super SIC Marco Simonceli.
            doa ane moga jolor n marc dlosor di valencia wkwk

      • champions 2015

        TEAM = YAMAHA
        KONSTRUKTOR = YAMAHA
        PEMBALAP = YAMAHA

        cari AKIK = HONBUL

        akakakakakak

        zlub.

        • @naga bonar

          Valencia 2013? Lorenzo memperlambat?

          Itu bukan urusan bro. Disini gue membahas ketidakmampuan yamaha M1 meladeni RCV. Jadi sulit buat rossi nandingin marquez. Sementara marquez lbh sedikit mudah nyalip rossi. Tp kenapa marquez melakukan hal tersebut?

          Gak ngebahas masalah siapa dan siapa yg memperlambat. Tp statement gampangan kaya “knp rossi gak overtake trs kabur aja” itu harus dipikir baik2 Karena kemampuan kedua motor ini sedikit jomplang.

      • bagaimanapun juga…..

        .
        …MM adalah generasi VR terbaik…

        dan

        ….IWB ialah generasi Bung Joni lono…

        wah…… liat 1 atau 2 taun kedepan.

          • msh inget race valencia tahun 2013?

            coba buka lagi buku harian race valencia 2013.

            waktu itu terjadi perebutan jelar juara dunia antara hohe dan marq marquez.

            disitu jelas2 rossi dan tim satelite yamaha diinstruksikan buat membantu hohe dan menghambat marq marquez, hohe pun sengaja memperlambat ritme balapan?, DAN ITU SAH?!!!

            bedanya waktu itu marq ga kepancing dan ga memakai cara ilegal spt yg dicontohkan rossi kemaren?

            yg msh blm inget, coba buka buku primbonnya lagi..

            malah yg punya warung ini sendiri memuji strategi hohe yg memperlambat ritme balapan spt yg hohe lakukan waktu itu. yg punya warung ini sempet nanya sama Hohe, KENAPA STRATEGI SPT ITU TIDAK DILAKUKAN SEJAK AWAL MUSIM????

            Masih inget MBAH??

            Apakah konspirasi yg dilakukan yamaha waktu itu salah…???

            hehe??

    • Jadi ingat film animasi super hero: incredible
      Saat pengidola dilecehkan superhero…dan endingnya jadi musuh sang super hero..
      Kesimpulannya jangan melecehkan sang pengidola
      Wkwkwk

  1. Vale bawa m1 kelamaan jadi ky fby dongonya.. .siapa suruh bawa motor lemot.. Bawa motor lemot seng sabar jng kaya fby bawa mio j lngsng marah2 disalip mbit

    • Betul… Coba M1-nya (baca : skill) kenceng, pasti bisa lepas dari gangguan Marquez..

      Harusnya udah tau lemot, udah tau emosinya meluap, ya ngalah aja.. Toh masih ada seri terakhir

      • Jelas motor sama kencengnya bahkan trek lurus lebih kenceng rcv!
        Mm aja niat harusnya mm juga ngimbangi jorge!

      • Seandanya markes dilepas sma rossi pun aku jamin markes tdk akan melesat begitu sja….krn target dia itu mengganggu race line rossi bukan menyalip dia!!!

      • Ente orang paling guokblokk fifaucuiihh.. Itu artinya markewer punya motor kenceng.. Klu dia profesional tentu akan bersaing didepan berebut podium satu bukannya ngerecokin pembalap yg lemottt dibelakang…. Guoblokkk

        • Sebagai penonton, ga ada saling overtake ga rame, ngantuk jadinya
          Klo mau balapan sendiri” turing atau dragrace aja, ga usah ada disirkuit

          • bnr tuh..kyk d lorenzi bangsat itu…pecundang..klo lg bgs, ngilang d dpn gk ke kejar..dasar lorenzo goblok…bikin motogp gk menarik..n skg maen kotor,.kongkanglikong sm marquez..marquezny mau aj lg..

  2. Vale yg di awal musim semangat latihan fisik di ranchnya dan memberi beberapa kali hiburan yang luar biasa di hampir setiap seri di musim ini serta siap menatap championnya yg kesepuluh didepan mata dicederai harapannya sama fans palsunya sendiri, #forzavale46

    • pasti blum liat videonya ni.
      gw yg skali liat aj dh tau marqes dluan yg nyenggol kakinya rossi pas marqes jatuh bru kakinya rossi ngangkat.jdi faktanya ad konspirasi org spanyol ni.apalagi race akhir di spanyol kan malu2in klo org italia yg juara.

  3. Katanya dewa MotoGP… Skill nomer satu, jurdun 9x.. Diajak duel malah main pepet, main kaki…

    Memalukan!!!

  4. kang iwan,, menurutku kalo pingin lorenzo lebih dari sekedar juara dan regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment.

    kalo aku jadi lorenzo besok di valencia, dilambatkan aja motor lorenzo buat nunggu rossi di start blkang, kalo sudah satu line baru fight fight an ampek finish,,, kalo lorenzo berani kaya gtu, aku pindah ngefans lorenzo,,, pasti lorenzo juga dianggep rider sejati,, menang gak hanya dapet dari durian runtuh

    • Ga guna kayaknya walaupun start sama2 paling belakang om. Paling menguntungkan tuh rebutan podium karena perbedaan posisi beda nya 5 poin. Kalo dri belakang ujung2nya paling jg terpangkas kurang dari 7 poin, alhasil rossi pasti masih bisa juara, lorenzo dirugikan.

      Paling enak wis rossi melu qualifikasi, marquez kudu ngaku kalo dia ganggu rossi karena suatu hal dan rela ga race. Inget, kalo mau disebut nation order kayaknya lorenzo dan marc gak akur juga. Inget taun lalu marc dan lorenzo sering bersenggolan? Apalagi kalo ga salah marc abis dri pit langsung motong line nya lorenzo di philips island taun lalu. Kyknya ga mungkin kalo ada nego diantara mereka. Kayaknya ini murni dendam marc ke rossi karena musim ini sering dirugiin rossi.

      • msh inget race valencia tahun 2013?

        coba buka lagi buku harian race valencia 2013.

        waktu itu terjadi perebutan jelar juara dunia antara hohe dan marq marquez.

        disitu jelas2 rossi dan tim satelite yamaha diinstruksikan buat membantu hohe dan menghambat marq marquez, hohe pun sengaja memperlambat ritme balapan?, DAN ITU SAH?!!!

        bedanya waktu itu marq ga kepancing dan ga memakai cara ilegal spt yg dicontohkan rossi kemaren?

        yg msh blm inget, coba buka buku primbonnya lagi..

        malah yg punya warung ini sendiri memuji strategi hohe yg memperlambat ritme balapan spt yg hohe lakukan waktu itu. yg punya warung ini sempet nanya sama Hohe, KENAPA STRATEGI SPT ITU TIDAK DILAKUKAN SEJAK AWAL MUSIM????

        Masih inget khan??

        hehe??

        • Disinyalir udah pada lupa kang… kalau yamaha yg melakukan semua pada pura2 amnesia tapi kalau honda yg melakukan diinget sampai akherat… hahahaaa pendukung buta… piss aah 😀

  5. Kl emang terjadi konspirasi antara marques dan lorenzo,,semoga pada race valencia,Lorenzo tidak dapat point .

  6. yuppp.. sepakat..
    akan sangat mengharukan jika rider di papan bawah memberikan jalan untuk #46 bertarung di barisan depan valencia..

  7. Emang marc mau nantangin si rossi duel sampai ke finish, tapi eh tetapi si rossi harus pakai jurus kaki untuk mengalahkan anak kecil..

    #Licik

  8. Nation order mulai tercium,lorenzo gembira saat rossi melakukan aksi duel vs marquez di 2 seri terakhir,apalagi rossi memakan umpan si marquez di sepang malaysia. Kalau sudah jelas ada kerja sama duo spanyol ini sebaiknya lorenzo,marquez dan rossi sama2 start dari barisan belakang biar adil. Moto gp kian tercemar akibat kerja sama konyol lorenzo dan marquez demi menumbangkan dominasi rossi musim ini. Semangat vale semoga keajaiban terjadi di valencia,semoga lorenzo dan marquez terjatuh du valencia amiiiiiin.

  9. kang iwan,,

    kalo aku jadi lorenzo besok di valencia, dilambatkan aja motor lorenzo buat nunggu rossi di start blkang, kalo sudah satu line baru fight fight an ampek finish,,, kalo lorenzo berani kaya gtu, aku pindah ngefans lorenzo,,, pasti lorenzo juga dianggep rider sejati,, menang gak hanya dapet dari durian runtuh n yamaha bisa bangga n fair banget

    • Koq repsol bgt pake cara nungguin, vroh…jl kan tggl mangkir kualifikasi, so startnya bontot ataw start dr pit..

  10. marc pura2 terlihat baik2 saja sejak jatuh di argentina.. ternyata dendamnya luar biasa.. ternyata aktingnya mulai terbongkar di australia.. mungkin wajah & perilaku saat diwawancara terlihat baik2 saja seraya berkata ‘mengidolakan dan menjadikan rossi sbg panutan’.. tapi data laptime race di australia & malaysia dapat membongkar semua kepura2an marc.. benar2 kecewa sama pembalap satu ini.. parah..

      • Halah, munapik loe. Coba aja loe yg ngalamin ndiri di resehin wkt d jalan umum, brani jamin loe g maen kaki?
        Brani jamin g emosi?
        Komen mbokya dipikir pake otak, kecuali loe g punya ya gw maklum sama loe.

  11. Hei kalian lupa…rossi pun denikian dari dulu. Sy sering memperlbat ritme untuk membuat pmbalap menumpuk! Dan mudah diserang, dan harus diingat, serangan kotor rossi selalu bebas dr hukuman! Jd jgn sok bijak dgn bilang tidak sportip! Sy lbih suka komentar pedrosa!

  12. waktu marc jatoh eh dia biasa aja , ciba liat cuplikan pasdia jatoh yg dlu2 ama yg kemarin beda banget , klo yg dlu sepeti kesal banget eh kemarin pas di jatohin biasa aja

    • Mungkin awalnya Marc berusaha utk bisa “bersenang2” dgn beradu skill melawan maestro balap sekelas Vale, tanpa berfikir sedikitpun menerima balasan berupa hilangnya kendali emosi dari seorang yg sudah dipanuti dan diidolakannya. Bisa dipahami tentunya, sisi psikis Marc terguncang dan seperti tak bisa mempercayai atas kejadian yg telah menimpanya. Hal ini biasanya utk orang dgn tipikal tertentu tdk menunjukkan reaksi yg berlebihan, bahkan cenderung datar, namun jauh di lubuk hatinya dia berontak. Mungkin bisa saja sebenarnya sambil berteriak “Aa Oci kejaaaaam….tega banget sih sampe segitunya sama guee….” hehe

  13. itulah susahnya balap ama baby atawa bayi…
    pikirannya masih seenaknya…
    sayangnya dari sisi FIM tidak menindaklanjuti hal ini karena tindakan unsportivitas ini dilakukan dengan cantik apalagi gak ada hitam di atas putih pada panduan punishment…
    yah sikap nasionalist ” BAYI ” yang kelewat tinggi sehingga merugikan pihak lain…
    mungkin link dibawah sedikit bisa support moral buat Vale walau gak ada ngaruh apa apa…

    http://www.change.org/p/motogp-race-director-mike-webb-remove-the-penalty-from-valentino-rossi-and-bring-back-integrity-to-the-championship-2?recruiter=false&utm_source=share_petition&utm_medium=whatsapp

  14. Tanpa perhitungan dan data di atas secara penglihatan orang awam sudah ketauan bgt, ini cuma pendapat saya dan analisa saya yg saya liat pada balapan di sepang kemarin, cuma sayang sang legend vale terpancing emosinya, tpi wajarlah sifat alamiah manusia seandainya kita yg mengalami, apa yg di lakukan?? Jwbnnya ada pada imaginasi dewek2, sambil ngebayangin kita balap.. Hahahahaha.. Di bwa ngupi dlu biar ngga migren.. Sopo nandur bakal ngunduh.. Yo ora kang iwan

  15. kalau yg lagi rebutan gelar juara rosi vs markoes,,mungkin rosi ga semarah itu kali yah,event nya kurang tepat mungkin.

  16. peluang juara tertutup
    peluang tim sudah gak mungkin
    konstruktor gak mungkin
    kenapa gak lorenzo aja yang juara sekalian melampiaskan dendam..
    dasar licik

Comments are closed.