iklan iwb

banner-460x110(1)

marc-marquez-sentul-7
“Marc Marquez tunjukkan kondisi aspal Sentul pasca digunakan burn out…”

Bro dan sis sekalian……dirilisnya surat Dorna Sport yang menyatakan Indonesia resmi ditunjuk sebagai penyelenggara Motogp sontak membuat kita semua melonjak kegirangan. Jumlah audiences tanah air yang memang masih menjadi penyumbang terbesar pagelaran balap Motogp ini didunia mampu menghipnotis Dorna sport. Namun untuk merealisasikannya tidak gampang. Selain sirkuit….berikut tantangan pemerintah agar Motogp sukses digelar diSentul Bogor…..

muffler

iklan iwb

Saat ini kita banyak terpaku dengan sirkuit. Padahal selama dana tersedia dan ada niat……niscaya renovasi sirkuit mudah dilakukan. Justru yang paling penting sangat krusial adalah komponen pendukung. Contohnya SDM yang mendukung jalannya balapan seperti marshal, paramedis harus dipikirkan sejak sekarang. Apalagi dari beberapa referensi yang IWB dapatkan…rumah sakit terdekat yang notabene menjadi bagian dari Sentul itu sendiri belum mampu menunjukkan kualitas mereka. Nah….apa saja tantangan yang akan dihadapi pemerintah kedepan?. Berikut beberapa hal yang harus dipikirkan dari sekarang…..

1. Bagian imigrasi
Dalam tim Motogp sekali event berlangsung…..mereka akan datang kesuatu negara dengan kisaran jumlah mencapai seribuan terdiri dari tim engineering serta pendukung lain dari kelas Moto3, Moto2 hingga Motogp. Mereka datang setelah peti kemas berisi peralatan Motogp yang dikirim dari luar negeri keIndonesia. Peti kemas tersebut nantinya secara serentak dibawa sirkuit. Dari sini sudah melibatkan dua unsur department yakni imigrasi, petugas kepolisian serta Dishub. Artinya harus ada koordinasi langsung melibatkan ketiganya dalam memuluskan proses distribusi serta kemudahan crew Motogp masuk ketanah air….

2. Akses jalan
Posisi Sentul sangat berbeda dengan beberapa sirkuit yang pernah IWB sambangi seperti Motegi Jepang ataupun Sepang Malaysia. DiMotegi sendiri sirkuit berada diatas bukit yang jauh dari pemukiman penduduk. Populasi juga sangat jarang. Jadi jika ada aktifitas keatas bukit….ya memang tujuannya adalah keMotegi. Begitu juga Sepang. Sirkuit Malaysia ini berada ditengah hutan sawit….yang memiliki akses jalan cukup bagus. Posisi juga jauh dari perumahan penduduk. Bahkan menurut rekan IWB jurnalis Malaysia bernama Firdaus….saking besar dan mulusnya akses…..kita bisa menggeber moge hingga 300 km/jam disana. Monggo bisa dibayangin to. Sekarang bandingkan dengan Sentul….

“Akses kesirkuit Motegi Jepang…saat racepun teratur”

Posisi Sentul berada diperumahan penduduk yang cukup padat populaisnya. Selain itu….akses yang dimiliki untuk kesana hanya tol Jagorawi….sebuah tol utama yang selalu padat ketika jam kantor usai. Titik simpul kemacetan karena seluruh penduduk yang berdomisi disekitar Depok, Cibubur serta Bogor menggunakan akses ini. So….IWB bisa bayangkan, ketika balapan kedepan masih mengandalkan akses ini…..kemacetan bisa mencapai 50 km. Jika dulu saat GP A1 dari Cibubur sudah tak bergerak….IWB sangat yakin simpul kemacetan bisa sampai diJakarta. So….perkara ini seluruh unsur termasuk pemerintah harus memikirkan sejak dini….

3. Peningkatan skill Marshal dan petugas medis lapangan
Kalau sampeyan perhatikan dengan jujur……kualitas dari petugas marshal serta medis diajang balap tanah air masih jauh dari kata memadai. Bagaimana mereka bergerak serta merespon tiap ada kejadian kecelakaan kudu ditingkatkan. Kebingungan bertindak dan koordinasi yang lemah menjadi PR yang tidak bisa dibantah. Namun seiring dengan progress ini IWB yakin para pihak yang berkompeten sudah menyiapkan segalanya

4. Paramedis atau hospital
Saat ini rumah sakit yang paling dekat dengan Sentul tentu ada disekitar Sentul itu sendiri. Namun jika kita membicarakan level standart Motogp…banyak yang setuju bahwa tim ahli disana belum cukup memadai. So…..dibutuhkan tim dokter mumpuni ketika perhelatan akbar ini benar-benar berlangsung. Opsi kedua wajib hukumnya ambulan helikopter untuk membawa pembalap kerumah sakit terbaik. Lemah soal ini…..konswenskinya preseden buruk bagi Indonesia….

“Suasana sirkuit Sepang Malaysia yang dikelola secara profesional..”

5. Fasilitas serta komponen utama
Sebuah balapan tentu tidak lepas dari Sirkuit itu sendiri. Dan Sentul kabarnya akan dirombak total dengan beberapa ubahan lay out termasuk S kecil. Soal ini…..kita tunggu saja tindak lanjut dari pemerintah.

Last….itulah beberapa tantangan yang akan dihadapi pemerintah untuk memuluskan niat menggelar Motogp kedepan. Disini terlihat banyak pihak dilibatkan sehingga IMHO menpora harus mampu merangkul dan berkoodinasi dengan seluruh department yang terlibat nantinya. Dana dan sirkuit pasti. Namun jika beberapa hal diatas khususnya akses jalan luput dari perhatian sejak dini….IWB yakin semua akan berantakan. Nah….btw piye menurut sampeyan sendiri??. Ada opini tambahan brosis??……(iwb)


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

137 COMMENTS

  1. saya cuma ngeri di tol nya mas. macettttttt. sekelas a1 jaman dahulu saja sudah seperti itu gimana klo motogp? secara saya sangat yakin sentul bakalan penuh banget. wah klo sdh begini mending dari free practice ga usah plg lagi mas. tidur di sirkuit aja dari pada pas hari H ga bisa nonton

    otomags.com/index.php/2015/10/22/cbr-500r-vs-cb-500x/

  2. Jgn di indonesia

    Ntar klo margondes menang ngepretin lorencuuk bakal di bilang konspirasi dorna ..
    Ato disebuut DORNA dollariah kata si emon

    Ngossosaaaaasasaaa

  3. kalo disentul emg top speed motogp bisa dapet?
    Harus renov total tuh, aspalnya aja gampang somplak seperti yg ditunjuk marquez…

  4. Semoga 2017 moto gp d indonesia terlaksana dgn sukses,nice info lek..ntr jd komentator trans7 diobrolin biar hot lek,234dulu..

  5. Semoga saja dalam 2 tahun semua infrastruktur untuk kepentingan motogp bisa terealisasi, masa stadion bola mulu yg diurus padahal olahraga sirkuit juga banyak penggemarnya.

  6. Gw usul malah di daerah timur.
    NTT atau Irian….
    Biar gw bisa jalan2 kesana, ga cuman denger cerita aja.
    Pengalaman gw, kawan2 dari daerah sana cenderung lebih ramah n bertanggung jawab dalam tugas.
    #defaultoff

  7. ?ndo kebanyakan fbh sih
    Makanya dungu2..
    Kalo mau indo maju..
    Hapus fbh dari muka bumi..
    Pasti indo lebh maju..
    Lhat tuh motor apa yg jalanx pelan biar irit..sebangsa mbit at supra to..
    Motor2 it cma jd polusi pemandangan

  8. Kalo rumah sakit lagi dibangun atau udah rapung nggak update, rs pertamedika punya pertamina ktnya grade internasional. Yang lain? Biarlah dengan ciri khas masing2. Asal nggak chaos dan sukses.

    • Betul bro itu RS salah satu yang terbaik dan terlengkap fasilitasnya untuk saat ini di Bogor. Saya pikir sdh memenuhi standart untuk gelaran motogp.

  9. Sbaikny sch bkin baru,survey dlu daerah luar Jawa…bnyk kok tmpat2 strategis utk sirkuit kyk Jepang ato Malay. Jd daerah lain bs brkembang,ga brpusat dsitu2 aja. Klo Sumatra udh ada Jakabaring,mungkin bs lirik pulau2 besar bagian tengah n timur. Indo kan ga Jawa n Bali aja

  10. kalo di motegi atau di spang WC umum nya bayar gak kang IWB ?

    apa kayak di sentul, mau kencing bayar air nya mati pulak, hadeh gak banget..!!!

  11. 6.harus bekerja sama dgn satpol pp tuk menjaring sales2 yamaho yg nyebarin brosur n jualan akik diluar sirkuit

    ekekekek

  12. Indonesia belum siap menggelar event olahraga balap kelas dunia macam motoGP. Nggak usah dipaksain, ntar malah malu sendiri.

  13. 7. bagian konsumsi
    dikawatirkan jongos jongos yamaho antri di luar sirkuit bawa batok minta sumbangan n bisa mengganggu penonton yg mau masuk sirkuit

    makanya harus ad seksi konsumsi bila ad jongos2 yamaho langsung disuruh ngumpul tuk pembagian nasi bungkus ..
    biar tk mengganggu penonton

    ngoahahahahahaha

    ekekekek

  14. jangan Bali pret, nama Indo aja masi kala ama Bali
    coba tanya ke bule” yang kaga pernah ke Indo dan pernah ke Bali
    pasti taunya Bali doank dan g tau Indonya

  15. 8.motor motor lelet ngeden oblak n ngebul

    dilarang memasuki kawasan sirkuit karena merusak pemandangan n menyebabkan polusi asap

    akajakakakak..

    ngoookkk

  16. harusnya Umbrella girls cuma pakai sempak dan kutang doang …
    ambil gadis yg mulus2 putih dan montok
    pasti ngeriii ….

    ekkekekkek
    zlub .

      • ekekekekekek..

        bajol kaceren moco gadis muluss dan montok …
        yo maklum bojomu di eksport ke negeri seberang ….

        nguuuuukkk

        zlub.

        • ekekekek..

          di sini berjimbun mo.. yg mulus2 anak kilang banyak

          ekekek..

          beda nasib klo ma tukang ojek.. ngelihatnya ibu2 manula berkemben
          makanya lihat sudew az lu on
          akakakak …

          mo mo muka tembok blondrean kef37

          ekekek oj mewek ya mo
          dah nasibmu

          ngoahahaha

  17. mending jgn di circuit sentul, tp di sentul city aja sekalian… akses nya malah lebih gampang,,, joss

  18. Kok AHM sma YIMM yg jualan motor 3 juta per tahun diem aja ?
    Mau gk mereka dukung, mana peduli ? Mending gw sponsorin tim moto gp dri pada nyumbang buat dukung moto gp indonesia..
    Toch, ada moto gp di indo, juga jualan motor tetap segitu2 aja..

    • setuju harusnya pabrikan yg jual produk disini … urunan buat bangun sirkuit ….
      kalo tidak mau suruh plg zaza ke jepon !!!

      nah …

      zlub .

  19. 1.bagian imigrasi: gampang,,, itu bs d atur

    2.akses jalan: kmaren KAA aj bisa

    3.Peningkatan skill Marshal dan petugas medis lapangan: 2th waktu bwat latihan ckup dahh,,,

    4 Paramedis atau hospital: tenanggg,,, bnyak dukun sakti, dukun pijat, dukun suwuk, sangkal putung seambreg kog dsni,, kl prlu yg di jamin langsung bsa berdiri uga berjimbun dsini,,

    5. Fasilitas serta komponen utama: g usah kuwatir itu,,, indonesia kan negara kaya (kaya koruptor maksudnya)

    heheheee,,,

  20. bikin jalan layang langsung ke sirkuit mungkin solusi terbaik…sambil ini jalan mungkin bisa cari daerah lain diluar jawa untuk bikin sirkuit yg bnr bnr baru yg jauh dr pemukiman dgn layout pegunungan ato daerah pantai….malysia aja selain sepang ada shah alam..jepang ada sugo autopolis suzuka…eropa apalagi satu negara sirkuitnya bejibun

  21. Pesimis kang, liat dr aspal trek aja udh byk d korupsi..jika pemerintah baik dan bersih rakyat juga ngikut,hukum negeri ini udah kacau

  22. lucu yaa…
    penduduknya aja pada nggak yakinn.
    gue juga nggak yakinn.. hahaahaa..
    ini bisa jadi lhan korupsi baruu.HAMBALANG contohnya.
    tu kasusnya hilang d tlan bumi.

  23. Lebih stuju area baru daerah cengkareng masz..

    Dekat akses bandara dan imigrasi…

    Buat sircuit baru juga lebih gampang dari pada modifikasi. Efect yg tidak baik dr sircuit sentul bisa jadi boomerang pada saaat perhelatan moto gp. Kan memalukan itu nantinya.

  24. Kalau masalah keamanan serahin ke kang mus sama kang komar
    Kalau umbrela giris serahin ke mbah darmo soale sekarang mbah darmo lagi punya ternak’an gadis

  25. matursuwun pak jokowi lan mentrine…
    lanjut truz dukung lek…aspale d beneri ben kinyis…batlax ra sleding.
    puluhan taun ditunggu akhire nongol jg…pecinta gp itu jfn disamakan dgn bola…tntg fasilitas negara pasti mampu sediakan maximal.

  26. siji neh kang. faktor FPI (Front Pembela Islam). kan FPI benci karo sesuatu seng gak sesuai syariat hukum Islam. Weroh bar/kafe dodolan miras/bir wae di-sweeping, opo meneh nek weruh umbrella girl. mesti demo karo ngomong Allahu Akbar…! Singkirkan umbrella girl…! Ganti umbrella girl dengan anggota FPI dan wanita muslimah…! mesti ngono kui kang nek ra diantisipasi, hehehe 😀

  27. akses jalan sepertinya sulit terealisasi, lah wong hari libur biasa aja udah macet dijalan tol menuju bogor apalagi event besar seperti motoGP…pasti pada menyerbu untuk melihat/menonton langsung di sirkuit. Sepertinya kalo tidak gagal yaa berhasil dengan kesemrawutan. Begitu adanya.

  28. Memang betul kang, pemerintah kita harus bisa merangkul seluruh instansi yg bersangkutan untuk bekerja sama, demi untuk menunjang kelancaran acara motogp Indonesia, dan semoga semuanya berjalan dengan baik tanpa ada hambatan, amiiin . . .

  29. Mungkin yg khusus ke sentul di sediakan bus khusus dari jakarta, bogor, bekasi dll. Dilarang bawa mobil pribadi ke sirkuit.harus pake angkutan umum.

  30. klo masalah ngurus izin imigrasi pasti rada telat di mari,lha wong di sini birokrasinya ribet harus sogok sana sogok sini,di perkiraken untuk ngadain satu event race ngurus izin imigrasinya bisa setaun …hehe

Comments are closed.