iklan iwb

banner-460x110(1)

marc-marquez-sentul-7
“Marc Marquez tunjukkan kondisi aspal Sentul pasca digunakan burn out…”

Bro dan sis sekalian……dirilisnya surat Dorna Sport yang menyatakan Indonesia resmi ditunjuk sebagai penyelenggara Motogp sontak membuat kita semua melonjak kegirangan. Jumlah audiences tanah air yang memang masih menjadi penyumbang terbesar pagelaran balap Motogp ini didunia mampu menghipnotis Dorna sport. Namun untuk merealisasikannya tidak gampang. Selain sirkuit….berikut tantangan pemerintah agar Motogp sukses digelar diSentul Bogor…..

muffler

iklan iwb

Saat ini kita banyak terpaku dengan sirkuit. Padahal selama dana tersedia dan ada niat……niscaya renovasi sirkuit mudah dilakukan. Justru yang paling penting sangat krusial adalah komponen pendukung. Contohnya SDM yang mendukung jalannya balapan seperti marshal, paramedis harus dipikirkan sejak sekarang. Apalagi dari beberapa referensi yang IWB dapatkan…rumah sakit terdekat yang notabene menjadi bagian dari Sentul itu sendiri belum mampu menunjukkan kualitas mereka. Nah….apa saja tantangan yang akan dihadapi pemerintah kedepan?. Berikut beberapa hal yang harus dipikirkan dari sekarang…..

1. Bagian imigrasi
Dalam tim Motogp sekali event berlangsung…..mereka akan datang kesuatu negara dengan kisaran jumlah mencapai seribuan terdiri dari tim engineering serta pendukung lain dari kelas Moto3, Moto2 hingga Motogp. Mereka datang setelah peti kemas berisi peralatan Motogp yang dikirim dari luar negeri keIndonesia. Peti kemas tersebut nantinya secara serentak dibawa sirkuit. Dari sini sudah melibatkan dua unsur department yakni imigrasi, petugas kepolisian serta Dishub. Artinya harus ada koordinasi langsung melibatkan ketiganya dalam memuluskan proses distribusi serta kemudahan crew Motogp masuk ketanah air….

2. Akses jalan
Posisi Sentul sangat berbeda dengan beberapa sirkuit yang pernah IWB sambangi seperti Motegi Jepang ataupun Sepang Malaysia. DiMotegi sendiri sirkuit berada diatas bukit yang jauh dari pemukiman penduduk. Populasi juga sangat jarang. Jadi jika ada aktifitas keatas bukit….ya memang tujuannya adalah keMotegi. Begitu juga Sepang. Sirkuit Malaysia ini berada ditengah hutan sawit….yang memiliki akses jalan cukup bagus. Posisi juga jauh dari perumahan penduduk. Bahkan menurut rekan IWB jurnalis Malaysia bernama Firdaus….saking besar dan mulusnya akses…..kita bisa menggeber moge hingga 300 km/jam disana. Monggo bisa dibayangin to. Sekarang bandingkan dengan Sentul….

“Akses kesirkuit Motegi Jepang…saat racepun teratur”

Posisi Sentul berada diperumahan penduduk yang cukup padat populaisnya. Selain itu….akses yang dimiliki untuk kesana hanya tol Jagorawi….sebuah tol utama yang selalu padat ketika jam kantor usai. Titik simpul kemacetan karena seluruh penduduk yang berdomisi disekitar Depok, Cibubur serta Bogor menggunakan akses ini. So….IWB bisa bayangkan, ketika balapan kedepan masih mengandalkan akses ini…..kemacetan bisa mencapai 50 km. Jika dulu saat GP A1 dari Cibubur sudah tak bergerak….IWB sangat yakin simpul kemacetan bisa sampai diJakarta. So….perkara ini seluruh unsur termasuk pemerintah harus memikirkan sejak dini….

3. Peningkatan skill Marshal dan petugas medis lapangan
Kalau sampeyan perhatikan dengan jujur……kualitas dari petugas marshal serta medis diajang balap tanah air masih jauh dari kata memadai. Bagaimana mereka bergerak serta merespon tiap ada kejadian kecelakaan kudu ditingkatkan. Kebingungan bertindak dan koordinasi yang lemah menjadi PR yang tidak bisa dibantah. Namun seiring dengan progress ini IWB yakin para pihak yang berkompeten sudah menyiapkan segalanya

4. Paramedis atau hospital
Saat ini rumah sakit yang paling dekat dengan Sentul tentu ada disekitar Sentul itu sendiri. Namun jika kita membicarakan level standart Motogp…banyak yang setuju bahwa tim ahli disana belum cukup memadai. So…..dibutuhkan tim dokter mumpuni ketika perhelatan akbar ini benar-benar berlangsung. Opsi kedua wajib hukumnya ambulan helikopter untuk membawa pembalap kerumah sakit terbaik. Lemah soal ini…..konswenskinya preseden buruk bagi Indonesia….

“Suasana sirkuit Sepang Malaysia yang dikelola secara profesional..”

5. Fasilitas serta komponen utama
Sebuah balapan tentu tidak lepas dari Sirkuit itu sendiri. Dan Sentul kabarnya akan dirombak total dengan beberapa ubahan lay out termasuk S kecil. Soal ini…..kita tunggu saja tindak lanjut dari pemerintah.

Last….itulah beberapa tantangan yang akan dihadapi pemerintah untuk memuluskan niat menggelar Motogp kedepan. Disini terlihat banyak pihak dilibatkan sehingga IMHO menpora harus mampu merangkul dan berkoodinasi dengan seluruh department yang terlibat nantinya. Dana dan sirkuit pasti. Namun jika beberapa hal diatas khususnya akses jalan luput dari perhatian sejak dini….IWB yakin semua akan berantakan. Nah….btw piye menurut sampeyan sendiri??. Ada opini tambahan brosis??……(iwb)


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

137 COMMENTS

        • Menurut opini saya , tantangan penting lainnya yg gak kalah penting tentunya sektor kebersihan juga kesehatan . Cntoh nyata asap dr sumatera yg msh satu pulau dan indonesia serta sbagian kalimantan yg terbakar krn hutan sengaja dibakar oleh oknum oknum onde-onde nggak bertanggungjawab saja asap nya bisa sampai malaysia / singapura , mlah bila parah asap bisa mengganggu jalannya motogp malaysia . Nah ini saja negara kita msh kesulitan dlm menangani asap , bgaimana nnti kalau ada perlombaan motogp tingkat dunia . Pdhal dengar dengar yg mmbakar itu disuruh oleh bos malaysia sndiri (tentu oknum onde-onde) utk membuka perkebunan sawit .
          Dlm sektor kebersihan tentu tantangan pemerintah jg dlm sektor MCK / mandi cuci kakus , yg mana jumlah pmbalap,tim,personil,wrtawan yg meliput,penonton akan diperkirakan berjumlah banyak , mungkin ribuan orang , yg mana perlombaan motogp akan brlangsung 2 hari + kualifikasi , maka dg orang sebanyak itu pemerintah hrus memikirkan urusan buang hajat / berak . Tantangan pmerintah yaitu menangani pembuangan hajat / berak orang sebanyak itu selama 2hari .
          Solusi nya ya menambah jumlah jamban / kakus sebanyak mungkin utk ribuan / bhkan jutaan orang pnonton , nah tantangan yg timbul adlah sepitenk yg ada kurang memedai utk jmlh sebanyak itu , maka di buat saja sepitank raksasa

    • jgn lupa yang ke..

      7. Umbrella girls
      harus diseleksi sejak dinini , harus gadis perawan yang mulus ,montok, bohei dari bember depan sampe belakang ..
      dan jauhkan dari unsur cabe_cabean kimcil_kimcil dan pitek kampus …

      saya yakin para sembalap nyaman dipayungin dan pasti njengatt burungnya ..

      ekekekekek
      zlub.

    • harusnya aspalnya diganti keramik lantai pasti alus bener …
      dan tidak membuat ban cepet habis …

      zlub.

  1. Pesimis orang indonesia bisa melakukan segalanya secara profesional. Selamat datang di indonesia,jangan kaget kalo semuanya bakal riweuh….

  2. Klo ga ya bikin sirkuit baru aja yg dekat dg pelabuhan ataupun bandara?… klo ga bikin sirkuitnya di pulau seribu…..

  3. mungkin waktunya masyarakat dan para blogger saling bahu membahu membantu pemerintah dalam memberi masukan dansolusi terbaik agar moto gp indonesia tetap terlaksana 2017 kita jangan hanya berpangku tangan pada pemerintah, ini negara kita harga diri kita

  4. Menurut saya lebih baik sekalian aja bangun sirkuit baru di kalimantan, jangan di jawa. Biar pembangunan lebih merata

    • Setuju banget,cuma amasalahnya kita bertarung dengan waktu dan biaya yang dikeluarkan bakalan jauh lebih besar dari yang sekarang dikeluarkan buat renovasi sentul,sekarang sentul menghabiskan 200 milyar,membangun sirkuit baru+infrastruktur semua bisa sampai 20 triliun dan itu belum termasuk ganti rugi lahan,belum lagi fasilitas medis yang jauh dari sirkuit makin membebani

  5. Saya rasa indonesia harus ngebangun semuanya dari sekatang,mulai dari disiplin,profesionalitas dan sarana prasarana pendukung. Jangan sampe ada pembalap yg crash malah dibawa ke rumah sakit singapura hahahaha. 30 tahun lagi lah bau bisa gelar moto gp,biikin jalan tol langsung dari pelabuhan dan bandara ke sirkuit… Baru….. Ada moto gp.

  6. Tingkat pengamanan perlu diperketat lek, jangan sampai terjadi kericuhan kayak nonton konser, saat pagelaran moto GP berlangsung..di Indonesia tingkat kedisiplinanya masih di bawah malaysia

  7. nah ini SDM…

    selalu saja menunjuk muka malaysia sebagai kejelekan, muka kita sendiri gimana????

    makanya BERCERMINLAH NAK…. setelah itu berbenahlah.

  8. Pihak keamanan juga kang iwb harus ditingkatkan, kalo sampai ada fb fb yg bikin rusuh akan sangat memalukan, bgaimana tidak? di medsos sj saat ada yg menang kalah rusuh

    • yak jangan samain fans bola sama fans balap lah.
      fans balap lebih liat ke skill pembalap. kalo fans bola alay lebih ke rusuhnya.
      ada gituh rossi kalah fansnya rossi ngejar marquez buat digebukin?
      oh iya jangan bandingin juga sama para fansboy tukang rusuh dimari. otaknya emang mentok segituh, otaknya perlu dibore up biar pinter.

  9. Bere mancet om iwn,,,ben karo pembalape terlihat ramai indo ki…piye pomo…wong ape lihat GP nganti koyok ngene akehe…siiip to…hehe…guyon/…

    • Pekok ente…
      Emg negara ini kl ente yg mimpin bakalan langsung lebih lebik…???
      Masih untung pemerintah skrg nyambung kepikiran moto gp, pemerintah dulu2 kmn aja…

      Mulut asal bacot aja…

  10. yak menurut ane mending jangan sentul dah.
    akses kesana dari pelabuhan jauh, dari bandara juga jauh + macet.
    Menurut ane mending pemerintah buat baru saja sirkuit. memang sulit buat baru tapi lihat kemasa depan, pasti event skala internasional bakal banyak di indonesia.
    indonesia bukannya cuman disekitaran jakarta bung. masih banyak lokasi yg bagus buat dijadikan tempat penyelenggaraan seperti ini
    Mending buat di sumatera, selain tanahnya luas sangat juga akses bisa dijangkau oleh orang dari pulau jawa/sumatera. cuman curhatan aja

  11. pantengin saja blog ini kalo mau liat SDM indonesia yg sebenarnya…

    amburadul…
    ngoahahahahahaha….

    OTAKnya dibawah titik beku…
    EMOSInya diatas titih didih…

    malas berfikir, banyak bacotnya.
    ngoahahahahaha………

  12. ente kalo komen jujur banget.
    sedih ane liat komen yg nyindir tapi kenyataannya bener begitu adanya.
    padahal merek jepang yg dulu jajah indonesia tapi disembah aje, dapet duit kgk

  13. mestinya jangan langsung bidik motogp. balap tingkat asia dulu, sambil buat latihan para marshal, dll. saya inget waktu balap a1 dulu, lalu lintas sekitar macet totototal. nyelenggarakan balap di luar tingkat nasional aja jarang banget, tau2 langsung motogp……NGERIIIII

  14. Bangga skali jk nanti menjadi tuan rmh motogp, tp Terlalu mendadak jk gelaran motogp dilaksanakan th 2017 jika 5 poin itu blm siap. Benar, jikapun memaksa harus siap sedari skrng, atau indonesia siap menanggung malu jk 5 poin itu gagal.

  15. saya sendiri mending bikin sirkuit baru..ya bali ato kalimantan lah..walau ane sendiri tinggal di jawa..sekalian akses jalan dan fasilitasnya.kao pun tidak ya cari yang terdekat lah dengan rumah sakit atau pelabuhan dan bandara..tinggakl sekarang pemerintahnya udah di goll in ama dorna tuh..kalo cuman mo memperkaya diri sendiri dengan markup pembangunan/renovasi sirkuit ya sudah…siap2 malu luar biasa di dunia internasional dunia roda dua kita..apa kita gak bercermin masalah pssi kemarin..semoga berguna..cuman opini ngawur saya..:D

  16. tp DORNA sebelum menunjuk suatu tempat, pasti sudah dengan pertimbangan yang kang iwan urai kan tentu nya.. maka nya mereka juga berani menunjuk indonesia.. IMHO

  17. Perlu juga dipikirken kemungkinan munculnya perilaku sales penyebar brosur yang tentunya membahayaken jalannya res.

  18. kang, tambah orang di cibinong dan citeureup juga menggunakan tol jagorawi sebagai akses utama lho…
    kalau rumah sakit kan ada rumah sakit yg cukup besar di sentul selatan di jalan masuk perumahan elite Bukit Sentul.. klo ga salah punya pertamina juga deh…
    dan, memang nya sudah pasti 100% di sentul ya kang?
    ngenes deh kang klo liat tembok2 pembatas sirkuit dan tetumbuhannya,, kaya bukan sirkuit elit…. 🙁
    Sirkuit kebanggan tapi kog (menurut opini ane) agak kurang bagus gtu…..

  19. eh pas motogp tahun 1997 dulu gimana situasinya ya? ada yang bisa gambarin? akses jalan, macet, rumah sakit dsb nya kayak yg dijabarkan diatas…?

  20. yang saya kuatirkan ada sales merk anu (tak enak kl saya bilang sales honda) sebar brosur disirkuit saat balapan berlangsung, krn bs membahayakan pebalapnya.

  21. apakah dengan waktu setahun semua itu bisa dikejar, infrastruktur sirkuit saya yakin bisa, tapi fasilitas pendukungnya masih meragukan,
    mudah2an sih pemerintahnya nggak Omdo seperti basanya.
    paling contigencynya :
    .Paramedis dan sebagian marshall sewa dari luar, karena dengan kondisi sirkuit yang pasti direnov besar2an pastinya nggak mungkin ada acara balap berskala internasional di sana

Comments are closed.