iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110(1)

USD fork

Bro dan sis sekalian……..sebagai Blogger sekaligus biker, IWB cukup penasaran dengan hadirnya perangkat up side down (USD) pada suspensi depan new Yamaha MT15. Motor bertampang street fighter ini rencananya memang akan dibekali garpu bak moge. Hanya satu kenapa tidak ada pergerakan vendor lokal untuk meracik perangkat tersebut?. Apakah ini artinya sosok suspensi hanya hadir saat test jalanan dan tidak akan nongol pada versi masspro?. Atau ada opsi lain?. Mencoba membedah asal-usul komponen, berikut beberapa fakta dan analisa yang IWB dapatkan…..

iklan iwb

muffler

Secara line up vendor suspensi….Showa saat ini sangat setia pada Honda, Suzuki ataupun Kawasaki. Sementara Yamaha memilih jalur sendiri mengggunakan Kayaba. Oleh karena itu…kita coret Showa dan mencoba fokus pada Kayaba (toh Showa juga negatif soale). Dilalah….ketika IWB telusuri sampai kedalam……entah kenapa IWB tidak menemukan mesin ataupun aktifitas untuk menggarap garpu depan MT15 ataupun BG7 disana….

Aktifitas yang mencolok malah pada suspensi belakang BG7 yang diduga sudah masuk tahap N1000 sejak beberapa minggu lalu. Perbedaan perangkat ini hanya pada warna spring shock dibanding NVA ataupun R15. Lha…terus piye dengan USD BG7??. Apakah YIMM batal menggunakannya?. Padahal nyaris seluruh vendor sudah jalan menggarap project tersebut?. Jawabannya simpel dan sudah bisa diduga….

USD tetap akan menjadi perangkat yang dicangkokkan pada MT15. Namun project gelombang pertama……YIMM kemungkinan masih akan import dari luar. Itulah bisikan yang mampir keIWB. Tapi hal itu juga tidak berlangsung lama sebab kasak-kusuk yang mampir kekuping IWB….Kayaba disinyalir sudah memesan mesin-mesin atau jig untuk memproduksi suspensi USD…..diharapkan pertengahan tahun 2016 mesin sudah siap. Sepertinya mereka tahu client setia-nya yakni YIMM bakal brojolin produk dengan suspensi tersebut sebagai standart motor 150cc….

Yup….tidak menutup kemungkinan jika masspro MT15 sukses, USD bisa digunakan kevarian sport lain diluar MT15. Bisa saja generasi new YZF R15 atau malah YZF R25 misalnya Kenapa?. Sebab Yamaha sudah mengendus bahwa Honda akan merilis K64A alias CBR250RR dengan suspensi upside down. So….mereka bersama vendor setianya kudu bersiap dari sekarang. Jangan sampai rival brojol maka mereka baru bergerak…pasti ketompyangan mzbro….

Last….mesin baru tidaklah murah. Tapi jika ada jaminan dari client untuk memesan dalam jumlah besar pasti Kayaba-pun sudi melakukannya. Cost besar berbanding lurus dengan project yang didapatkan. Dari sisi mindset serta image jelas….USD memiliki kekuatan lebih dibanding teleskopik. Tidak heran para modifikator sampai rela merogoh kocek dalam untuk berburu USD limbah moge. Pabrikan sadar betul akan hal itu. So…jangan kaget jika kedepan terjadi pergeseran ditanah air dimana pabrikan besar Jepang sudah tidak enggan lagi untuk menjejali produk sportnya dengan suspensi depan model upside down. Dan untuk Yamaha….MT15 hanyalah produk pembuka sebelum lainnya mengikuti :mrgreen: . Btw….semua hanya rumor dan analisa. Kebenarannya….biarlah waktu yang berbicara….(iwb)

Jpeg
Jpeg
iklan iwb
Previous articleOfficial….Honda perkenalkan new CBR500R versi 2016. Berubah makin agresif…..berikut gambar detilnya !!!….
Next articleLatihan bebas 1-2 Phillips Island 2015 : Marquez dan Lorenzo menguasai….Rossi kembali terseok-seok !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!