iklan iwb

banner-460x110(1)

USD fork

Bro dan sis sekalian……..sebagai Blogger sekaligus biker, IWB cukup penasaran dengan hadirnya perangkat up side down (USD) pada suspensi depan new Yamaha MT15. Motor bertampang street fighter ini rencananya memang akan dibekali garpu bak moge. Hanya satu kenapa tidak ada pergerakan vendor lokal untuk meracik perangkat tersebut?. Apakah ini artinya sosok suspensi hanya hadir saat test jalanan dan tidak akan nongol pada versi masspro?. Atau ada opsi lain?. Mencoba membedah asal-usul komponen, berikut beberapa fakta dan analisa yang IWB dapatkan…..

iklan iwb

muffler

Secara line up vendor suspensi….Showa saat ini sangat setia pada Honda, Suzuki ataupun Kawasaki. Sementara Yamaha memilih jalur sendiri mengggunakan Kayaba. Oleh karena itu…kita coret Showa dan mencoba fokus pada Kayaba (toh Showa juga negatif soale). Dilalah….ketika IWB telusuri sampai kedalam……entah kenapa IWB tidak menemukan mesin ataupun aktifitas untuk menggarap garpu depan MT15 ataupun BG7 disana….

Aktifitas yang mencolok malah pada suspensi belakang BG7 yang diduga sudah masuk tahap N1000 sejak beberapa minggu lalu. Perbedaan perangkat ini hanya pada warna spring shock dibanding NVA ataupun R15. Lha…terus piye dengan USD BG7??. Apakah YIMM batal menggunakannya?. Padahal nyaris seluruh vendor sudah jalan menggarap project tersebut?. Jawabannya simpel dan sudah bisa diduga….

USD tetap akan menjadi perangkat yang dicangkokkan pada MT15. Namun project gelombang pertama……YIMM kemungkinan masih akan import dari luar. Itulah bisikan yang mampir keIWB. Tapi hal itu juga tidak berlangsung lama sebab kasak-kusuk yang mampir kekuping IWB….Kayaba disinyalir sudah memesan mesin-mesin atau jig untuk memproduksi suspensi USD…..diharapkan pertengahan tahun 2016 mesin sudah siap. Sepertinya mereka tahu client setia-nya yakni YIMM bakal brojolin produk dengan suspensi tersebut sebagai standart motor 150cc….

Yup….tidak menutup kemungkinan jika masspro MT15 sukses, USD bisa digunakan kevarian sport lain diluar MT15. Bisa saja generasi new YZF R15 atau malah YZF R25 misalnya Kenapa?. Sebab Yamaha sudah mengendus bahwa Honda akan merilis K64A alias CBR250RR dengan suspensi upside down. So….mereka bersama vendor setianya kudu bersiap dari sekarang. Jangan sampai rival brojol maka mereka baru bergerak…pasti ketompyangan mzbro….

Last….mesin baru tidaklah murah. Tapi jika ada jaminan dari client untuk memesan dalam jumlah besar pasti Kayaba-pun sudi melakukannya. Cost besar berbanding lurus dengan project yang didapatkan. Dari sisi mindset serta image jelas….USD memiliki kekuatan lebih dibanding teleskopik. Tidak heran para modifikator sampai rela merogoh kocek dalam untuk berburu USD limbah moge. Pabrikan sadar betul akan hal itu. So…jangan kaget jika kedepan terjadi pergeseran ditanah air dimana pabrikan besar Jepang sudah tidak enggan lagi untuk menjejali produk sportnya dengan suspensi depan model upside down. Dan untuk Yamaha….MT15 hanyalah produk pembuka sebelum lainnya mengikuti :mrgreen: . Btw….semua hanya rumor dan analisa. Kebenarannya….biarlah waktu yang berbicara….(iwb)

Jpeg
Jpeg

174 COMMENTS

  1. Modiar tenan kowe FBH
    Pabrikan sesembahanmu masih sanggup bikin shock biting yang kecil dan gampang penyok itu.

  2. Suzuki pake showa sedjak jaman smash, sebelumnya setia dengan kayaba, kalo kawasaki bebek sedjak kaze sudah pake showa, tp generasi sport 4tak 250 nya (mono) malah pake merk India hasilnya bocor bocor mulu oli sok-nya

  3. Kalo usd nya mbak Mince serasa ngambang.. Secara tampilan sih oke, tp dari segi fungsional model teleskopik sudah bagus kok, malah jaman GL pro/max sudah pake sok depan teleskopik with airsuspension

  4. Showa saat ini sangat setia pada Honda, Suzuki ataupun Kawasaki. Sementara Yamaha memilih jalur sendiri.
    Knpa showa gak suplai jg ke yamaha ? Apa showa gak mau ikutin maunya yamaha yg shock gede tp kualitas jelek krn ini menyangkut nama baik showa, jadinya yamaha cari vendor lain yg mau ikutin kemauan yamaha yaitu kliatan gede/kekar kualitas gak penting.
    #analisa orang awam

        • Hahahahaha…
          FBh emang vekok2…
          Mulai dari :
          ECU pirelli
          Sperempat silinder
          DOHC itu dual silinder
          Velg Showa
          Sampai yg terakhir kata si gethuk, Repsol bikin parts Racing plus Movistar katanya bikin Film…
          Wes jan vekok n gak layak koment dimari…team Sweaty nyari personel kok ngasal…
          Kadang sampe males nanggepi, la yg di tanggepi Aikyu nya tiarap…

    • Ga semua produk Kayaba jelek,,,
      Ga semua produk Showa bagus,,,
      Tergantung client mau jenis shock seperti apa,,,
      Masih banyak merk shock terkenal diluar 2 brand itu,,,

      -IMHO-

  5. Hmm…
    USD kan durabilitynya ga sekuat teleskopik
    Di Indonesia, khususnya kota2 besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dsb
    Kondisi jalanannya tidak sebagus di luar negri sana.
    Jalanan yg bumpy, banyak bolong2, dsb..
    Bukannya itu malah bikin USD cepet rusak ya ?

    Menurut gw kurang berguna aja di motor sport kecil.

    Beda sama moge diatas 250cc, ya pake usd jga ga masalah, wong ga dipake tiap hari juga kan ?
    Paling juga cuma keliling komplek atau kopdar ke 1 tempat.
    Jarang(BACA : JARANG) dipake untuk pergi kerja pulang kerumah..
    *Kecuali holang kayah*

    Cuma opini aja, kalau ada yang mau koreksi silahkan hehehe 😀

    • Jalanan yg bumpy, banyak bolong2, dsb..Bukannya itu malah bikin USD cepet rusak ya ?

      ———————————————
      sotoy lu son
      usd kx 85 punya ane aja ga napa napa kok padahal jg sering ikut grasstrack

      😀

    • Bukan nya enduro ama trail justru pake usd, bukan cuma jalan lobang mah, malah dipake buet jumpalitan. 🙂

  6. Cerdasan Ir Honda g ciptain motor luemot bin ngebhul
    M1 Mencret wan

    Shokk empuk layaknya mercedes itu Motor Honda.
    Sebelah pkai shok buatan menlen
    Jlub jlub

  7. Klo shock usd itu seal nya gampang bocor apa ga ya kang? Trus pipe nya itu nanti gampang gores apa ga y? Apa lg misalkan udah masuk musim penghujan dmn dgn posisi pipe d bawah pasti gampang bnget kena cipratan tanah yg nanti nya pasti bergesekan secara langsung dengan seal shock nya.. Maaf pertanyaan orang awam

    • Hooh um.. Cuma ga tau sering ganti seal apa ga..maklum blm pernah punya, trus bbrapa pngalaman seal bocor n shock baret d motor bebek pnyebab nya rata2 karena pasir yg nempel d pipe shock deket seal.. Klo emg ga masalah beli ahh buat d baby.. 😀

  8. UUD FBY

    PASAL 1> MOTOR BAGUS ITU YAMAHA
    PASAL 3>KALO ADA YANG LAIN BAGUS ITU PASTI NIRU YAMAHA
    TITIK GA BISA DI GANGGU GUGAT.

  9. honda itu motor ga safety, terlalu nyaman bikin ngantuk, liat dong yamaha, bikin mata melek terus, karna bikin pegel pinggang, ga ngantuk karna harus sering berhenti, pokoknya insinyur YAMAHA JOSS,,

  10. lah bukannya kawasaki ud pake usd di klx n d tracker, emang kawasaki import atau gmna kang iwan? jadi pembuka sebenarnya kawasaki, yg kain ngekor.

  11. Cebong500 2016 masa kalah sama MT15 yang udah USD dan Alumiunium banana Arm…cuiiih CBR dongograde kah

  12. karena perjanjian jual beli kayaba dan yamaha bisa memenuhi minimal order,

    maka kayaba berani mesin perakit baru,

    kalu tdk yach ngak bisa lah,

    jadi mungkin ini jumlah unitnya u/ eksfor juga

  13. Woouww.. tim sewoat agency mulai bermunculan…
    Blm juga diproduksi sdh ayan berjemaah…
    Pada Takut new cebong nganggur digudang..

    Cekacekacekakakajaaja

  14. Bukan bc ya tp mtor yamoped mayoritas suspensinya emang keras nvl ane klo lewat jlan rusak gluk-gluk tp buat ngebut track lurus maknyus lbih mantap dr honded punya

  15. Klo gak salah yamaha dulu pnya saham di showa & pemakai showa jg, tetapi krn showa ‘main mata’ dg honda mknya yamaha gk pke showa lagi.
    Smg usd nya bgs karena jln di indonesia banyak jalan bolong2. Klo buat motor SE jelas partnya beda

Comments are closed.