iklan iwb

banner-460x110(1)

sonic150R (4)

Bro dan sis sekalian…tuntas sudah IWB membedah kelemahan dan kelebihan gen ayago terbaru AHM. Mengusung engine DOHC 150cc 4 katup…Honda menyebut varian ini sebagai sporty, stylist serta powerful. Untuk membuktikannya….IWB sudah membedah secara detil plus minus sang kuda besi. Dan menggunakan untuk harian kisaran jarak 100 km….tidak heran Suzuki dibuat gerah oleh sang ayago Sonic. Lho…emange kenapa??….
Indonesia-road-racing-championship

iklan iwb

muffler

Sebelumnya IWB sudah share test ride singkat yang diadakan oleh tim HC3. Impressi pertama telah IWB jabarkan dengan gamblang. Namun rasanya kurang afdol jika motor tidak digunakan untuk tes ride harian. Lha feeling nunggang sak incrit….pasti beda to kang dengan long ride. Dan suwun buat Main Dealer motor Honda wilayah DKI Jakarta dan Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati atas bantuannya. Demi menjawab rasa penasaran para pembaca…..sebuah Sonic150R dikirim kenewsroom IWB sehingga artikel kupas tuntas sang ayago sukses ditelurkan….

Sebagai informasi….Sonic yang IWB gunakan dalam kondisi standart stock engine. Saat dikirim…..odometer berada dikisaran 82 km. Untuk memberikan referensi akurat, IWB juga melibatkan pihak ketiga yakni bro Irwan serta Sawal (pemilik FU) guna jajal sekilas ayago racikan Honda tersebut. Dari sana pula IWB akhirnya mengumpulkan…..mengkombinasikan dengan apa yang IWB rasakan. Jarak tempuh total menggunakan Sonic 150R untuk harian sekitar 79km….merupakan kombinasi jarak pendek seperti mengantarkan buah hati kesekolah, belanja kepasar, turing jarak jauh Jakarta-Depok ataupun hanya sekedar membeli Pulsa. Dan berikut total impressi yang IWB rasakan….

Ergonomi dan kualitas riding

sonic150R

Seperti yang pernah IWB jabarkan sebelumnya..?Sonic memang mungil banget bagi IWB. Tinggi 170 dan berat sekitar 82 kg membuat segalanya terasa mainan. Apalagi Honda mendesain Sonic dengan mengedepankan konsep slim serta stylish plus bobot cukup ringan (118kg). Set height hanya 762 mm membuat kaki IWB menapak sempurna bahkan lutut cenderung menekuk. Yah?.memang kita harus tahu diri??target market yang dibidik Sonic150R adalah para kawula muda yang demen tampil sporty. Terus gimana feeling saat digunakan jarak jauh??….

Penguasaan handling begitu menyatu. Kita berani bermanuver tanpa takut menyenggol kendaraan lain. Hal ini dikarenakan body Sonic yang slim serta desain stang yang pendek….bahkan cenderung terlalu pendek mungkin (at least bagi IWB). Untuk jarak jauh, posisi Sonic 150R juga rileks. Yang IWB sukai adalah respon suspensi….weleh, jempolan kangbro. Menghantam lubang….rebound shock termasuk cepat sehingga kendaraan langsung diam tenang. Tidak ada gejala ngayun limbung.? Begitu pula getaran dari roda diredam dengan baik membuat rider diatasnya anteng. Sayang….

Satu hal yang menodai feeling riding adalah kekerasan jok yang masuk kategori “hard”. Memang…menjadi motor ayago tidak membutuhkan jok yang nyaman karena memang didedikasikan sebagai motor agresif dan sporty (jok mirip Kawasaki Athlete). Hanya saja ada baiknya pabrikan memberikan kualitas busa yang sedikit lebih lunak. Kenapa?. Untuk menempuh jarak 50 km PP….IWB kudu menggeser bolak-balik…maaf “bokong” guna mengurangi serangan panas. Selain busa diperlunak…..ketebalan jok depan juga bisa lebih ditipisin agar posisi badan bisa sedikit tegak tidak terlalu nunduk. Emboh mergo IWB wis masuk kategori tuwo kali ya…..pikiran yang diusung cari nyaman tok cak. Tapi memang itulah yang IWB rasakan…..

Engine

sonic150A

Nahhh?.ini yang menarik mzbro. Sonic 150R menggunakan common engine CB150R. Dengan kubikasi murni 149,16 cc DOHC 4 katup?..siayago mampu memuntahkan tenaga hingga 16 [email protected] torsi 13,[email protected] Dari cooling system?Sonic juga lengkap. Dibekali liquid cooled with auto fan?dipastikan sampeyan nggak perlu was-was saat jalanan macet sekalipun. Bobot kosong 116 kg membuat kalkulasi PWR Sonic 150R juga termasuk sangar. Pertanyaanne?gimana saat dilapangan???

Banyak yang teriak-teriak kenapa mesin DOHC harus near square dan hilang ciri khas overbore. Herannya….IWB malah merasakan kepuasan dengan engine baru ini. Yup…..tenaga tersalur sempurna….ngisi pada tiap rentang RPM. Percayalah….untuk menyalip kendaraan lain, sampeyan tinggal buka gas dikit dan motor langsung ngibrit. Passing ability meningkat karena torsi melimpah ruah baik dari low hingga high RPM. Yang menjadi nilai plus lain adalah respon engine saat dipakai boncengan….

Mbonceng Irwan yang memilliki bobot 11 : 12 dengan IWB….power Sonic 150R tidak ditemui gejala ngedrop. Rileksnya mesin cukup mengejutkan apalagi jika ditotal….bobot berdua mencapai 160-an kg….kelas heavy weight euy :mrgreen: . Bahkan menurut Irwan….jambakan torsi ketika IWB menyalip kendaraan didepan masih dirasakan dibelakang. “Gile euy Sonic….jambakannya mantap juga nih..”serunya. Sebagai informasi…Irwan adalah pemilik moge KTM serta CBR600RR. So….pengalaman dan jam terbangnya tidak diragukan lagi. Dengan kontruksi baru ini….praktis motor akan dengan mudah mengail top speed lebih baik. Kenapa??….

Daya dorongnya mzbro. Boleh saja kita mengagungkan spesifikasi overbore. Tapi jika secara paket tidak mendukung….yang ada sampeyan disuguhin RPM susah naik. Ujung-ujungnya top speed tidak optimal. Lha piye….gear 6 ngempos overdrive hanya mentok dikisaran 8000 RPM…sementara dengan near square beserta paketnya…..daya dorong yang diberikan malah lebih superior. Praktis gear 6 jadi jauh lebih powerful dan mampu merangsek hingga 10,000RPM. Efeknya…..potensi maksimal bisa diraih, sementara yang overbore hanya bisa ngaplo disalip. Kecuali orientasi kendaraan sampeyan gunakan turing jarak jauh ke Pantura…..nah, kuwi baru lain cerita…

So….secara pribadi, performa Sonic dengan near square-nya cukup memuaskan. Tidak heran Suzuki gerah dengan kehadiran motor Honda ini. Tapi tidak ada gading yang tak retak mzbro. Walau masih dalam batas toleransi….IMHO vibrasi mesin yang menyerang area stang perlu diperbaiki. Jika kehalusannya bisa ditingkatkan….Sonic akan mendapatkan nilai almost perfect. Smooth, powerful, irit dan efisien. Kelemahan lain adalah karakter mesin Sonic yang sangat sensitif membuat motor ini susah dibuat langsam melaju pelan. Jadi ketika sampeyan panteng pada speed rendah gear 1-2…..biasanya gas minta dikoreksi. Gejala ini persis seperti yang IWB rasakan pada Yamaha NMax. Hhmm…karakter apa setingannya ya??. Belum mudeng…..

Handling

sonic150R (1)

Ayago pasti beda dibanding bebek khususnya soal handling pada high speed. Dan ini terbukti pada new Sonic. Saat IWB gunakan melaju pada kecepatan 133 km/jam?gerak motor masih anteng walau ban termasuk mungil. Karakter suspensi Sonic masuk kategori intermediate alias tidak terlalu stiff namun juga nggak soft. Piye kalau dipakai boncengan?. Apakah masih tangguh?. Untuk menjawab hal itu… IWB menggelandang Irwan sebagai boncenger….

Bonceng Irwan dari Depok keSerpong….handling Sonic ternyata tetap terukur dan gampang dikendalikan. Jujur cukup mengejutkan bagi IWB sebab biasanya dengan beban bertambah….kinerja suspensi akan turun dan ujung-ujungnya manuver kedodoran. Lha iki….ora blas. Bukti bahwa frame Sonic memang rigid. Ditopang lengan ayun kotak berukuran cukup besar membuat ayago Honda mampu melayani pressure bobot penumpang yang mencapai 160-an kg. Secara umum…..Sonic mampu membuktikan kekuatan handling baik sendirian walau boncengan….

Yup….itulah beberapa poin yang IWB rasakan terhadap new Sonic. Jika ada yang belum tertuang disini atau keingin tahuan sampeyan belum terjawab….monggo curahkan dikolom komentar agar bisa IWB masukkan sebagai bahan materi diartikel depan. Kesimpulan sementara……Sonic mampu membuktikan sebagai motor anak muda yang agresif. Dengan segala kekuatan engine dan handling yang disodorkan pabrikan…..Sonic 150R memang menyenangkan dipakai menaklukkan padatnya jalanan kota. Kedepan…IWB akan adu motor racikan Honda melawan rival dekatnya yakni Suzuki Satria FU 150 versi black predator Euro 2. Sang owner motor juga IWB libatkan langsung agar semua berjalan secara transparan tidak ada rekayasa. So…new Sonic??. Suka atau tidak…..mesin standarte ancen ngibrit tenan kang. Ora percoyo??. Jajalen dewe kanggggg :mrgreen: …….(iwb)

sonic150R (3)

sonic150R (2)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!