iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

HRC Tapian Medan (2)

Bro dan sis sekalian…masih ingat pemenang road race Banjarbaru kelas 150cc 4 tak ? (klik disini bagi yang belum baca). Nah….Sonic 150R sang juara adalah milik PnP Performance yang digawangi bro Tranggono ternyata memiliki power hingga 20,20 HP. Ediannn….seriusan ??. Pasti sudah dioprek-oprek kuwi??. Tenang kangbro….sebagai pemenang doi ternyata tidak pelit untuk membagikan tips dan resepnya khusus untuk pembaca setia IWB. Bro Tranggono tanpa sungkan membongkar semuanya dan dipastikan…..komponen dapur pacu masih standart dari pabrikan. Berikut detil ubahan yang dilakukan….!
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

iklan iwb

muffler

Sebelum melakukan ubahan….bro Tranggono menggelandang Sonic standart diatas dyno. Digeber diatas mesin statis…..diperoleh power 14,32 [email protected] RPM dan torsi 12,86 [email protected] RPM. Itu on wheels kangbro…bukan crank ya. Untuk turun balap road race tentu power segitu tidak cukup. Kemudian dibantu main dealer Honda Trio Motor…doi akhirnya pinjam ECU Aracer serta knalpot WRX bawaan CBR150R Thailand. Responnya ternyata cukup positif. Terbukti pada saat video digeber diatas mesin dyno dalam video (klik disini)….nafas jadi panjang dan ringan. Power juga terdongkrak hingga tembus 15,2HP (video terlampir). Power segitu dalam posisi filter udara pabrikan masih terpasang. Dirasa sukses….akhirnya bro Tranggono membeli ECU tersebut siap untuk melakukan ubahan serius…!

Video power on dyno hanya penggantian ECU dan knalpot

HP klik disini

Ada 3 komponen yang menjadi konsen PnP Perfomance yakni ECU, knalpot serta velocity stack. ECU gunanya supaya tuner bebas maju mundurin RPM. Sedang Velocity stack untuk mengatur asupan udara didepan TB (Throttle body) sehingga udara makin deras dan padat. Kelar dari sana….dapur pacu hanya diberi sentuhan porting dan polish sama papas head 0.5 mm membuat kompresi naik menjadi 11.6 (sebelumnya 11,3). “Nggak berani ekstrim mz. Bahkan kampas kopling masih bawaan pabrikan. Kubikasi standart karena memang belum banyak spare part untuk Sonic. Dengan penggantian 3 part ini…..saya juga kaget sebab power terdongkrak signifikan hingga 20,20 DK (daya kuda). Torsinya juga gendeng hampir 15Nm. Dyno chart yang ini perbandingan langsung before dan afternya bisa dilihat sebelum dan sesudah setting powerbandnya beda jauh. Padahal part standaran…”serunya keIWB. Beighh…iki oprekan termasuk paling murah untuk turun balap ki 🙄 ….

Last….3 komponen diatas mampu mendongkrak horse power standart Sonic dari 14.32 [email protected] rpm torsi 12.86 [email protected] 6.780 rpm menjadi 20.20 [email protected] rpm torsi 14.84 [email protected] rpm. Dari bekal itulah mereka berani turun diKejurda sport 4 tak 150cc? Banjarbaru dan langsung meraih juara mengalahkan rival mereka yang mayoritas menggunakan Satria FU. Seluruh ubahan dijabarkan disertai bukti lab sehingga bisa dijadiakan acuan dan bayangan jika kita ingin melakukan langkah serupa. So…..suwun buat bro Tranggono dari PnP Performance Banjarmasin serta Trio Motor yang tanpa pelit ilmu sudi share ubahan senjata mereka. Ingin membuat kencang Sonic??. Koq kayaknya gampang bener ya kang…edian juga euy ! (iwb)

Data dyno standart

?sonic 150 Pnp Perfomance (2)sonic 150 Pnp Perfomance (7)

Data dyno setelah penggantian 3 komponen

?sonic 150 Pnp Perfomance (1)sonic 150 Pnp Perfomance (9)

Tiga komponen kunci (WRX GP6, ECU Aracer & Velocity Stack)

sonic 150 Pnp Perfomance (6)sonic 150 Pnp Perfomance (4)sonic 150 Pnp Perfomance (10)

sonic 150r PnP performance (4)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!