iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

yamaha winglet

Bro dan sis sekalian…pemandangan menarik datang dari Yamaha yang mencangkokkan winglet aerodynamic seperti yang dilakukan oleh Ducati. Perangkat seperti sayap tambahan pada fairing ini masih dalam tahap evaluasi dan Misano menjadi test debut pertamanya. Menurut informasi yang IWB kumpulkan…..perangkat tersebut sementara hanya dipasang pada M1 Jorge Lorenzo. Dan hasilnya ternyata cukup menjanjikan…..
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

iklan iwb

muffler460X160

Lorenzo pecahkan record mengungguli Marc Marquez. Tidak ada keterangan apapun dari kubu Yamaha soal fungsi winglet. Tapi prediksi IWB….sayap tersebut untuk menambah downforce pada high speed serta mencegah motor wheelie ketika berakselerasi keluar tikungan. Efeknya tentu akan membuat rider lebih pede membuka gas ketika “out of the corner”. Sejauh ini winglet hanya dicangkokkan pada motor Lorenzo dan Rossi belum menggunakannya. Nampaknya The Doctor masih wait and see….

Tapi menilik hasil lap time yang begitu tajam bukan tidak mungkin besuk Vale juga akan mencoba komponen anyar tersebut. Pertanyaannya….kenapa Yamaha harus mengaplikasi komponen yang kita anggap cukup aneh?. Dan kenapa Honda masih pede serta tetap kencang walau tanpa dijejali winglet?. HRC disinyalir juga mengamati. Jika positif bukan tidak bukan Honda akan melakukan langkah serupa. Kalau prediksi IWB….engineering Iwata sepertinya mendapatkan ide dari langkah Ducati. Dari sana diam-diam mereka melakukan uji coba pada wind tunnel lab. Dan mungkin hasil cukup menjanjikan. Makanya komponen dijajal langsung disirkuit….

Last…menurut Tech director Motogp Danny Aldridge seperti yang IWB kutip dari Motomatter, winglet ini legal selama posisi menyempit tidak menjorok keluar lebih dari 600mm. Tapi bukannya tanpa resiko. Ketika terjadi kecelakaan maka ditakutkan akan membentuk pecahan tajam sehingga berbahaya bagi jalannya race. Hanya saja ketika Ducati diijinkan….maka Yamaha mengikuti, dan IWB pikir sah-sah saja Honda pun kedepan melakukannya. Karena kenapa?. Secara aerodinamika….winglet pipih layaknya sayap ini dianalisa memang akan menambah downforce motor pada kecepatan tinggi serta membantu daya cengkram frond end ketika keluar tikungan. Makane bakal menarik mengikut perkembangannya mzbro. Berikut tampang M1 setelah ditempelin winglet. Hhmm…jadi rada aneh yo kang 🙄 ….(iwb)

  winglet (2)winglet (1)winglet (3)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!