iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

Jorge-Lorenzo-SIlverstone-2015

Bro dan sis sekalian…..sugeng enjing selamat pagi. Wis Subuhan opo durung?. Hayo Subuhan sik sing Muslim. habis itu nongkrong dimeja sambil ditemani teh sama baca warung….wissss juoz ngowoz tenan :mrgreen: . Kali ini kembali IWB angkat perkara kang Jorge brosis. Banyak yang masih penasaran dengan kondisi kaca helm Jorge Saat dilintasan Silverstone. Walau sudah gamblang…rasanya kurang puas kalau tidak ada bukti foto. Jangan-jangan hanya alasan yang dibuat-buat atau memang doi pantas kesal atas jalannya balapan. Dirilis oleh Scott Jones dengan clear image…..berikut komparasi visor Lorenzo vs Petrucci !!..

iklan iwb

IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

yamalube super matic460X160

Ditiga lap terakhir…..hujan Silverstone kembali deras. Disini terlihat Lorenzo berjuang mengejar Dovi dan Petrucci. Lupakan Valentino Rossi sebab doi sudah terlalu jauh. Namun hasil akhir Lorenzo hanya bisa finish diposisi 4. Masuk kepaddock….dengan kesal Jorge menunjuk kaca helm yang ngembun parah. Awalnya kita berpikir…semua hanyalah alasan belaka. Lek kalah yo kalah wae. Tapi setelah dilakukan penyelidikan…..ternyata memang ada beberapa dugaan yang mengatakan…..tim Lorenzo lupa tidak menggunakan breath deflector…..

Komparasi foto dari Scott Jones diSilverstone terlampir menjawab semuanya. Dua fakta yang bisa dikatakan akurat. Yang pertama…..visor helm HJC Lorenzo mengembun parah……itu betul. Bisa sampeyan pelototin betapa buramnya kaca Jorge dibanding Danillo Petrucci yang begitu bening. Jelas Lorenzo kudu berjuang keras untuk melihat obyek didepan. Seluruh kalkulasi titik braking ataupun cornering disinyalir buyar karena vision samar dari visor. Fakta kedua adalah….doi tidak menggunakan breath deflector…….dan itu benar juga….

Kembali bisa dibandingkan foto dibawah. Wajah Petrucci secara gamblang nongol masker yang menutupi hidung. Itulah yang dinamakan breath deflector. Komponen ini wajib digunakan untuk membuang hangat nafas kebawah leher agar uap tidak menabrak visor. Maklum mzbro…ketika suhu luar lebih dingin dibanding luar dalam, maka tiap nafas kita akan memperparah timbulnya fog visor dalam. Dan disini terlihat….Jorge tidak menggunakannya. Artinya apa….

Jorge-Lorenzo-fogged-visor-Silverstone-2015
“Bandingkan dengan visor Petrucci yang bening tanpa embun..”

Jika IWB analisa…..baik HJC serta tim Lorenzo teledor. Preparation seharusnya lebih matang karena balap Motogp tidak boleh ada kesalahan……no room for mistake. Kewajiban HJC adalah mengontrol helm yang digunakan ridernya apakah sudah cocok dengan spek kondisi saat itu. Sedang tim Lorenzo juga tidak boleh menyerahkan sepenuhnya pada sponsor alias EGP. Proses double check sudah seharusnya dilakukan. Tidak terkecuali Jorge. Sebagai pembalap senior…..mungkin Lorenzo kudu lebih sensitif dan perduli dengan hal-hal kecil perangkat yang akan digunakan doi…

Hal ini beda dengan Rossi. The Doctor sering terlibat langsung melakukan pengecekan perangkat Motogp yang digunakannya termasuk helm. Doi begitu perhatian dan inilah yang membuat Rossi tetap pada kondisi top level walau usia sudah tidak lagi muda. Hal-hal kecil yang mungkin sepele namun pada prakteknya sangat membantu semuanya berjalan sempurna. Bonding pada seluruh unsur dan pada kondisi tricky biasanya akan banyak membantu result akhir……….

Last…..apapun merk-nya jika digunakan tidak sesuai spek pasti hasilnya akan beda. Dan inilah yang seharusnya menjadi konsen utama Jorge dan tim. Apakah artinya HJC memang separah yang dibayangkan?. IMHO nggak juga. HJC bagus dan mampu menjalankan fungsinya ketika terjadi crash pada high speed. Hanya saja koordinasi serta double check tim perlu ditingkatkan. Piye menurut sampeyan….punya opini lain soal ini????…..(iwb)

rossi take care his helmet by himself

iklan iwb
Previous articleKapan Honda akan melahirkan new Tiger reborn ????……..
Next articleVideo Honda Racing Championship Medan 2015…..monggo intip aksi Sonic 150R dan CBR150R !!…!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!