iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

test ride Honda new CB150R (2)

Bro dan sis sekalian…akhirnya setelah melalui proses panjang artikel test ride new Honda CB150R facelift kelar juga. Mengusung mesin dengan platform baru…perombakan mounting sasis….desain baru…..dan kaki-kaki baru…..new CB150R memang menjelma menjadi sosok yang berbeda. Walau tidak bisa kita pungkiri…dari seluruh kelebihan tentu ada kekurangan yang sudah lumrah dari sebuah produk. Nah….seperti apa impresi test ride sang kuda besi??. Berikut detilnya…..
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

iklan iwb

GAIKINDO 460X100460X160

Ergonomi

Honda new CB150R facelift (1)

Secara umum….IWB tidak merasakan perubahan pada sisi ergonomi new CB dibandingkan versi old. Hanya saja entah kenapa IWB merasa jangkauan stang sedikit jauh dibanding old CB. Memang cukup sulit untuk memastikan secara akurat sebab semua hanya mengandalkan feeling. Tapi jangan kuatir…beda dengan fairing bike yang menganut posisi riding pure racy….tentu new CB150R tidak…

Stang fat bar yang dipadukan dengan raiser dibekali mounting peredam getaran memberikan feel mantap. Posisi tidak terlalu tegak…namun juga tidak bungkuk. Bisa IWB katakan masuk kategori intermediate. Yang beda adalah feel saat diatasnya…..lebih mantap mzbro. Hal ini dikarenakan bentuk tanki bagian atas yang melebar namun bagian paha menyempit. Dibanding old CB…new CB mampu memberikan kesan antep. Semua ditopang dengan seat height yang cukup bersahabat. Dari analisa pribadi…motor ini aman untuk biker bertinggi badan 163 cm sekalipun…

Engine

Honda new CB150R facelift (19)

Eksplorasi mesin dimulai. Hidupkan stop kontak dan sampeyan akan disodorin pemandangan futuristik speedometer full digital dengan back light biru. Hhmm….keren kangbro. Pencet tuas power…..mesin DOHC 150cc 4 katup menyala. Kuping dan tangan IWB berusaha memperhatikan. Satunya untuk suara exhaust…dan indera yang lain vibrasi. Weleh….lebih halus kang. Terjadi peningkatan dari dua sisi tersebut. Sepertinya polusi suara CB ditekan. Secara umum tingkat vibrasi mesin juga minim…..

Masuk gear satu dan “klik”……empuk tur smooth. Tuas kopling mulai IWB buka diiringi puntiran gas…..wah, lho koq enteng?. Percaya atau tidak…..ban 130 belakang dan 100 depan seperti tidak berasa mzbro. Dengan ukuran ruang bakar terbaru dan piston yang lebih ringan plus teknologi Roller Rocker Arm, Offset Cylinder serta dinding piston bertekstur…..IWB merasakan tarikan new CB lebih agresif dibanding CBR150R K45. Nyendal tenan 🙄 . Masuk jalan raya bersama para rombongan….IWB mulai mencoba merasakan power pergigi. Ora pakai acara sabar-sabaran. Ada celah jalan lowong langsung gazzzzzzz !!!…..

Engine meraung hingga limiter (kisaran 11,000RPM). Loncatan RPM termasuk cepat untuk motor sekelasnya. Yang menyenangkan….mesin tidak ngoyo ketika masuk zona 9000 keatas (cek video terlampir). Dan yang paling penting adalah…IWB tidak merasakan stress engine berlebih saat nabrak limiter sekalipun. Minim vibrasi baik pada tanki ataupun stang. Hhhmm….bagus juga ki peredamannya. Memberikan engine mounting baru dikombinasikan raiser stang memberikan dampak positif soal vibrasi…..

Video test akselerasi New CB150R

Youtube klik disini

Yup, sejak lahir era K45….IWB memang melihat perbaikan yang lumayan signifikan dari Honda soal getaran. Kemudian proses shifting gear juga empuk dan bekerja baik. Sayang jalan raya cukup padat sehingga test ride tidak berani mengumbar top speed. IWB hanya berhasil mengembangkan kecepatan pada kisaran 110 km/jam on speedo. Untuk mencapai kecepatan segitu cukup mudah dan powerband saat shifting tidak ngedrop pada seluruh rentang RPM. Dibanding old CB….terlihat AHM berusaha memperbaiki akselerasi. Tidak heran walau ban makin besar….tarikan eces wae mzbro. Sayang karena testing cukup singkat….kita tidak bisa mengukur komsumsi BBM….

Handling

test ride Honda new CB150R (2)

Nahhhh…..ini yang meningkat cukup signifikan. Dengan berubahnya ukuran ban menjadi 100 dan 130, IWB merasakan handling jauh lebih anteng dibanding old CB. Perbedaan cukup terasa saat motor digunakan menjelajah pada kecepatan diatas 90 km/jam….stabil kangbro. Logis…..dengan ban gambot, diameter kompon banyak menempel pada permukaan aspal sehingga menambah daya cengkram. Praktis melakukan manuver lebih pede karena secara feeling….gejala goyang jauh berkurang. Untuk menembus kepadatan lalu lintas juga mumpuni. Coba zig zag mengambil manuver celah sempit sasis bekerja sangat baik. Anteng tanpa ada gejala limbung mzbro. Gimana dibanding New Vixion??….

Video on board new CB150R

Youtube disini

Tidak diragukan…..Honda sudah berhasil mengejar superioritas handling Vixion. Namun Yamaha masih boleh berbangga sebab ketajaman Vixion saat digunakan untuk melibas tikungan (corner) pada high speed IMHO sedikit unggul dibanding new CB. Mungkin itulah ciri khas Yamaha akibat suspensi yang rada stiff. Sedang new CB….secara umum memberikan feel smooth. Bisa jadi karena suspensi depan new CB150R lebih lembut dibanding rivalnya. So…tergantung karakter tiap individu, mana yang disukai. Tapi apapun itu….terjadi peningkatan handling yang cukup signifikan dibanding old gen…..

Pengereman

Percayalah…IWB nggak ada keluhan tentang ini. Seluruh proses braking bekerja dengan baik. Dibekali piringan cakram cukup lebar……kaliper dua piston dan single piston belakang plus ban gambot…..reaksi perangkat responsif khususnya saat tuas ditarik. Sasis juga mampu menunaikan tugasnya secara brilian dimana tidak ditemui limbung atau kedodoran saat hard braking….

Material dan finishing

Honda new CB150R facelift (27)

Nahh….ini yang sering sampeyan tanyakan ke IWB tentang new CB150R. Soal finishing…..K15G tidak banyak berbeda dibanding gen sebelumnya. Painting mengkilap dengan las-lasan seperti pada umumnya motor Jepang. Semuanya lumayan apik disuguhkan oleh AHM. Hanya saja untuk material…IWB masih menemui beberapa bagian cukup tipis khususnya side cover dan inner layer pada shroud. Yah…lebih kurang grade-nya mirip dengan K15A serta K45. Uniknya walau tidak terlalu tebal…..dari pengalaman kekuatannya cukup bisa diandalkan. Jarang pecah mzbro. Kecuali sampeyan kecelakaan hingga motor nabrak object keras…tentu beda cerita (amit-amit #sambil ngetuk meja)….

Speedometer

Honda new CB150R facelift (15)

AHM membekali new CB dengan speedometer kompak serta futuristik. Iluminasi yang dihasilkan memancarkan warna biru. Seluruh panel indikator ditunjukkan secara digital baik RPM, speed, odometer, komsumsi BBM serta jam (absen indikator suhu). Ukuran yang cukup mungil memang membuat kita kudu beradaptasi beberapa saat. Tapi setelah nongkrong diatasnya….ternyata seluruh inidikator terbaca jelas. Kita tidak kesulitan melihat setiap bar display dan angka walau dipanas terik matahari sekalipun. Selain itu…loncatan bar RPM tidak ditemui lagging sehingga respon real on time. Sorry to say…IWB pernah jajal motor dengan RPM digital yang ada jedah ketika gas dipuntir. Jadi sinyal RPM naiknya telat…..

Video speedometer new CB150R

Youtube disini

Fitur dan desain

Honda new CB150R facelift (31)Honda new CB150R facelift (5)Honda new CB150R facelift (11)

Menganut desain ala street fighter bike……New CB150R dibekali tutup bensin baru model flat dengan tuas seperti pada Ninja ataupun sport Yamaha lain. Hal ini cukup positif mengingat CBR series model release atau lepas. Selain itu new CB dicangkokin LED pada seluruh panel lampu seperti headlamp, sein dan stoplamp. Dengan teknologi terbaru tersebut maka akan jauh lebih adem sebab LED tidak menyebarkan panas, hemat energy dan supreme durability. Kekuatan inilah yang sulit dijabanin rival saat ini. Sayang karena pengetesan siang hari IWB tidak bisa jajal kekuatan lampu sang kuda besi….

Kesimpulan

Suka atau tidak…harus kita akui AHM berhasil membenahi nyaris semua sektor pada new CB150R. Respon engine, handling, vibrasi mesin…hingga desain membuatnya menjadi sosok baru yang sulit untuk ditolak. Walau terjadi peningkatan banderol….namun apa yang ditawarkan Honda memang cukup signifikan mzbro. Mungkin ada beberapa poin yang hilang yakni tuas engine kill, pass switch serta indikator suhu. Tapi Honda sudah memberikan kompensasi fitur lain yang jauh lebih outstanding lewat all new design, engine serta revisi sasis. Kalau sudah begini…..pasar yang akan menjawabnya nanti. Apakah seluruh extra effort yang diberikan AHM bakal direspon positif??. Hanya waktu yang bisa menjawabnya kelak. New CB150R??. Gocekan kursi tenan rek-rekkkkk….ambrol celengan ! :mrgreen: ……(iwb)

new cb headlamp

Spesifikasi all new Honda CB150R StreetFire 2015 facelift

Panjang X lebar X tinggi : 2.019 x 719 x 1.039 (mm)
Jarak Sumbu Roda : 1.293 mm
Jarak terendah ke tanah : 169 mm
Tinggi jok : 797 mm
Berat kosong :136 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran ban depan :  100/80 – 17 (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 130/70-17 (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah : 149,16 cc
Perbandingan Kompresi : 11,3:1
Daya Maksimum : 12,5 kW (16,7 HP)/9.000 rpm
Torsi Maksimum : 14,0 Nm/7.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : –
Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Pedal & Elektrik
Busi : –
Sistem Pengapian : Full Transistorized
Lampu : Full LED (headlight, stoplamp, winker)

iklan iwb
Previous articleJelang balap Silverstone….73 % audiences jagokan Valentino Rossi ketimbang Jorge Lorenzo !
Next articleSosok new Honda Sonic150R saat ditelanjangi…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!