iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

657xauto-pesepeda-ini-cegat-konvoi-moge-ingatkan-agar-tak-terobos-lampu-merah-150815d

Bro dan sis sekalian…baru-baru ini kita dihebohkan oleh aksi berani dari pesepeda bernama Elanto Wijoyono. Pria berumur 32 tahun ini protes karena konvoi moge melenggang bebas ketika lampu merah menyala. Pada saat itu polisi sedang fokus sibuk mengatur lalu lintas agar rombongan bisa melaju lancar. MJrasa tidak digubris….doi nekad melintangkan sepedanya menyuruh konvoi berhenti mengikuti rambu lintas. Disinilah kekacauan mulai terjadi….
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION
glove

iklan iwb

460X160

Konvoi berjumlah ratusan langsung terpotong. Polisi yang siaga dibeberapa ruas jalan terlihat bingung dan buyar konsentrasinya. Bahkan Elanto menyuruh kendaraan dari sisi lain berjalan karena lampu hijau menyala. Sementara doi menahan rombongan moge yang tergabung dalam Jogja Bike Rendezvous 2015 yang digelar oleh Harley Davidson Club Yogyakarta dengan sepedanya. Tindakan tersebut dilakukan sebanyak 3 kali stop hingga salah satu pemilik moge ada yang merasa jengkel. Namun akhirnya mereka ngalah juga. “Lampu Merah…berhenti. Ayo…yang disana jalan” teriaknya berusaha mengatur lalu lintas. Petugas hanya bisa bengong dan diam. Mereka sepertinya cukup terkejut dengan tindakan tersebut….

Menanggapi polemik yang terjadi di perempatan Condong Catur Depok, Sleman tersebut….Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pudjiastuti menjelaskan bahwa panitia Jogja Bike Rendezvous 2015 sudah menginformasikan dan mengajukan permohonan kepada kepolisian Yogyakarta untuk membantu pengaman konvoi dari Sleman ke Prambanan. Karena berjumlah ratusan maka demi ketertiban lalu lintas, mereka menyiapkan voorijder yang sudah dikoordinasikan petugas lapangan khususnya tiap perempatan. Hal ini juga untuk mencegah agar tidak terjadi kesemrawutan rute yang dilewati….

hadang moge

?Oleh sebab itu ada voorijder paling depan untuk mengawal. Tujuannya supaya konvoi lancar. Berdasarkan peraturan, ikatan konvi memang tak boleh putus sekalipun oleh lampu merah. Itu dispensasi yang sudah tertuang dalam aturan. Mengatur lalu lintas itu kewenangan petugas kami. Acuannya tetap menaati aturan lalu lintas. kami setuju, tak ada diskriminasi aturan. Jika pengendara menerobos lampu merah, itu salah. Tapi dalam konvoi, itu bukan kondisi normal,? ujarnya seperti dilansir CNN….

Selain itu, via akun FB divisi humas mabes polri juga coba memberikan pencerahan berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk pengguna Jalan yang memperoleh Hak Utama yang harus didahulukan berdasarkan Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Berikut urutan :

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. Iring-iringan pengantar jenazah;
g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaan pengawalan, Polisi juga memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan diskresi Kepolisian. Apa itu Diskresi Kepolisian ?. Menurut Pasal 18 ayat (1) UU RI No 2 Th 2002 tentang Kepolisian RI ?Untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri?.

Artinya walaupun lampu lalu lintas menyala merah, Polisi dapat tetap memberikan kesempatan kepada peserta konvoi moge untuk tetap jalan. Hal ini dinamakan Pengaturan Lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu, sebagaimana terdapat dalam Pasal 1 angka 10 Perkap Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pengaturan Lalu Lintas dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan Selain Untuk Kegiatan Lalu Lintas.

?Pengaturan Lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu adalah tindakan petugas dalam hal mengatur lalu lintas di jalan dengan menggunakan gerakan tangan, isyarat bunyi, isyarat cahaya dan alat bantu lainnya dalam keadaan tertentu?.

Sumber Divisi Humas Mabes Polri

Yup…itulah pedoman undang-undang yang dipegang oleh polantas saat menjalankan tugasnya menyoroti tidakan Elanto mzbro. Klarifikasi diatas seakan ingin menjawab polemik yang hingga sekarang terus terjadi….

Last….atas aksi tersebut banyak yang memuji Elanto. Keberaniannya untuk menegakkan aturan yang seharusnya diikuti oleh setiap pengguna jalan tak terkecuali pengguna moge. Namun tidak sedikit juga yang menyayangkan tindakannya karena dinilai kurang paham undang-undang….cuma mencari sensasi dan sangat membahayakan jiwa serta malah memecahkan konsentrasi polantas dalam menjalankan tugasnya. Bagaimanapun aparat pasti sudah menyiapkan segalanya demi kelancaran lalu lintas. Hanya saja ketika blokade jalan terjadi…maka disaat itulah rasa keadilan dan kedisiplinan tercederai. Kalau menurut sampeyan sendiri gimana mzbro…..?. Apakah yang dilakukan Elanto sudah benar?. Monggo berikan opininya….(iwb)

Video aksi Elanto nyegat konvoi moge

Youtube langsung klik disini

189 COMMENTS

  1. nais artikel kang, dadi tambah ilmune, untung aja belum aku ga banyak komen disana dimari

  2. Kang, gue nemu mobil yamaha fake taxi di Jogja!

    Hahaa 😀 nyari penumpang fby bawa brosur iklan sabun. Seat belakangnya sempit, tobat Kaang :V

    • Wew,

      Bukan-nya mas Victor yah pemeran John UK di fake taxi indonesia? Hayo ngaku…hehehehe.

      Kan Victor bahasa pelesetan-nya = Vikiran Kotor (ngeres).

      # hahahahahahaha, pisssss…(sesama downloader fake taxi jangan saling mendahului).

  3. gile mas, arogan bgt pengendaranya. kita yg saatnya kebagian jatah nyebrang e nylonong sampe mw nabrakin padahal kita masih d pinggir.

  4. saya dukung penuh mas elanto,saya warga jogja juga,biker pada umumnya juga merasa sangat terganggu dengan sikap biker HD,saya tidak memakai kata oknum karena bukan cuma 1 atau beberapa,seperti kejadian kemarin biker HD yg nabrak pedagang siomay dan mobil terus marah2 dan menganiaya warga yg kebetulan teman saya hingga harus dirawat di rumah sakit,,,, kronologi saya lampirkan m.facebook.com/groups/485182588162698?view=permalink&id=1186429218038028&refid=28&_ft_=qid.6183513723089804960%3Amf_story_key.2238141509779233362%3AeligibleForSeeFirstBumping. ,,,beginikah kalian bertamu di tempat kami??? #jogajrabutuhMOtorGEmblung

  5. Yang Jelas,, Rakyat umum pengguna jalan yang di utamakan diatas kepentingan kelompok ataupun Golongan apapun namanya.

  6. MAKANYA BELI HARLEY!!!

    hahaha….
    beli satu ahk….

    enak bisa melanggar lampu merah…
    enak jadi prioritas dijalanan…
    enak ga dirazia…
    enak bisa blarr blarr blarrr….

    salam susah netral

  7. Pegendara MOGE diatas seperti rombongan orang yg sedang sakit maka wajib didahulukan . Tapi bukan sakit spt masyarakat umum melainkan lbh ke “SAKIT JIWA” !!!
    Sing Waras ngalah Sing Edan ben Lewat Dhisit..

  8. Kalo apa yg dilakukan mas elanto…saya sangat setuju.. walaupun itu ad didalam undang2 peraturan lalu lintas.. dan mungkin aturan lalu lintas tersebut harus dirubah.. supaya tidak ad kecemburuan sosial dimasyarakat

  9. Lagi juga itu ketua HDCI nya adalah salah satu mantan petinggi di jajaran POLRI.. jadi ya bisa dipikirkan saja sendiri.. mau itu salah atau benar juga dibener2in.

  10. caranya ijin dikawal pak polisi gt gimana ya?
    gratis atau mbayar?
    siapa tau besok besok butuh pas berangkat sekolah biar boleh nerabas lamer.
    dududududu

  11. pernah berangkat kerja hari minggu ketemu rombongan anak2 piagio sama pulsar,mereka pakai pengawalan polisi juga
    bareng dari lampu merah ragunan sampai lamer pondok indah lalu ane ambil kanan arah pondok indah dan di setiap lampu merah mereka berhenti tuh
    yang pasti jumblah mereka di atas 20 motor tapi tertib tuh

  12. kalau dari hukum yang ada, sesuai dr yang kang iwb jabarkan diatas,sesuai poin g dari pasal tsb memang dibenarkan bahwa boleh menerobos lampu merah. tapi yang dikawal itu kan banyak yg kelengkapan surat” kendaraannya tidak lengkap alias bodong,itu bagaimana kejelasannya? coba ditanyakan ke FB divisi humas mabes polri..xixxixi.

    • Yang dimaksud dengan ?kepentingan tertentu? adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara
      lain, Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, Kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam.

  13. Bruakakakakak

    Sok ngebela wong cilik tapi kaga ngerti aturan

  14. Rider HD memang arogan & sok jadi orang penting..rombongan RI 1 aja yg jelas orang penting nggak gitu2 amat..

  15. Bruakakakakak

    Itukan settingan drama
    Pesepeda yg jegat anggota HDCI sendiri buat mencari kesimpulan dari opini masyarakat banyak hahahahaha mau aja kalian semua dibodohi

  16. Hahahahaha

    Kalau fBHomo konvoi republik BeAT nerobos lampu merah bisa dipentung ditempat sama Satpol PP Densus anti waria

  17. tambah lagi semua nggak pake plat nomor depan..!!!!!!!!!

    AYO MOTORNYA D LEPAS SEMUA PLAT DEPANYA …. ora opo2

  18. ada asap tentu ada api…akumulasi kekesalan pada bikeer moge khususue spesies hd di wakile ma mas erlanto..siip,lanjutkeun kalo perlu sambil bwa glok..dh rahasia umum biker hd kebal hukum..contohnya artikel mbah dukun satar,terkesan arogan dan sinis ulasanya bkin eneg….

  19. Niatnya si baguus tapi mending bacaa deh tuuh UUDnya duluu daripada maluuu HAHA prihatin pak elentoo kaloo pemoge nya tau UUD itu mah ente malah udh jadi rempeyek dilindes konvoi tuuh

  20. Kalo masalah kelengkapan dll itu maah urusan polisi, kan yg ngasih ijin polisii, kalo ga dikasih ijin mah kga ada acara kaya gituu

  21. Atas dasar undang2 yg berlaku di republik ini, barangkali tindakan Mr. Elanto tidak benar. Hanya saja ketika blokade jalan dilakukan memang mengusik rasa keadilan. Seakan2 fasilitas negara yg dibiayai dari pajak oleh keringat rakyat kebanyakan hanya dinikmati oleh mereka yg berduit. Dan rakyat kecil cuma bisa melongo. Bukankah undang2 di republik ini bisa dibeli, apalagi lembaga kepolisian yg korup itu??? Dan Elanto tidak sendiri. Masih banyak2 Elanto2 lain yg siap beraksi. Inilah hanyalah gambaran kecil dari rakyat kebanyakan yg terluka atas keadilan negeri ini.

  22. pesepeda vs moge
    kaya di film jepang lupa judul nya
    over all saya suka 😀

  23. Itulah yg membuat negara sebesar RI yg KATANYA udah merdeka 70 Th lalu, seperti d kebiri oleh peraturan yg diskriminasi. Dan selama itulah rakyat tidak percaya kepada KePoliSian. Dan kenapa rakyat bnyk yg tdk suka? karena ulah mereka sendiri dan Indonesia terlalu bnyk “oknum”

  24. kalo yg pnya komunitas moge, sbg Bikers apa yg ingin anda tunjukkan kepada pengendara lain ketika anda konvoi beriringan dgn patwal dan melanggar lalu lintas dan ingin di dahulukan? maaf saya jg bikers, saya juga komunitas, saat di jalan, kami ingin menunjukkan ke pengendara lain bagaimana harus tertib berlalu lintas di jalan, bukan euforia konvoi yg arogan,.. apa coba manfaat nya buat pengendara lain? matur suwun

  25. yg ngomong ,,, mentok 150 cc ,,, bawa moge lu ke jawa timur … gua bakar satu rombongan loee ……….. nggak satu 2 biji aja

    • Bruakakakakakak

      Pepek mamakmu sini ku tojoss

      Salam mentok 150 cc ye cung

  26. saya rasa kita semua tahu bagaimana tingkat kesadaran masyarakat jogja, biarlah jogja menjadi indonesia asli yg menjunjung tinggi norma2 yg ada.. tapi kan ada undang2? mungkin itu cerminan bahwa masyarakat sudah sangat kecewa dgn praktek penegakanya. #respect

  27. Perkap Nomor 10 Tahun 2012 Pasal 1 angka 11. “Keadaan tertentu adalah suatu keadaan sistem lalu lintas yang tidak berfungsi untuk kelancaran lalu lintas yang disebabkan adanya perubahan lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, tidak berfungsinya alat pemberi isyarat lalu lintas, pengguna jalan yang diprioritaskan, pekerjaan jalan, bencana alam, kecelakaan lalu lintas dan/atau penyebab lainnya.”

  28. Huruf g.
    Yang di maksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera,a.l :
    Kendaraan untuk penanganan ancaman bom,kendaraan pengangkut pasukan,kendaraan untuk penanganan huru hara,dan kendaraan untuk penanganan bencana alam.( copas dari grup sebelah bang bro)
    Salam aspal gronjal.

  29. Klo ditanya, sopo sing salah ???
    sek sek. . mikir sek. . wong yo ra tau enek sosialisasi UU Peraturan lalu lintas. .
    opo yo mungkin gek an ??? ning sekolah yo ra tau dibahas (sing sekolah) Wk wk wk. .
    malah mumet nggagas ngeneiki…

    Trus kudu piye ???

    Mendingan ngopi sek kang iwan. . Kro update next postingane. .
    Salam buat kang iwan. . .
    Marai edan postingane.. h h h h
    juos gandoss.. . top markotopppp

  30. Yang berwenang mengatur adalah polisi.

    Warga sipil kalau mau tertib ikuti pengaturan polisi.

    Polisi mau buka atau tutup jalan itu wewenang polisi.

    Ada polisi persilahkan lewat satu mobil apakah kita akan tanya siapa yang ada didalam mobil tersebut? Tidak. Lagian itu tidak tiap hari.

    Menurut saya pesepeda itu kurang kerjaan aja. Mending nyebrang kalau mau nyebrang atau berhenti kalau mau nonton. Tertib.

    Lagian apakah pesepeda sudah tertib sempurna thp peraturan? Enggak.

    Dalam kasus ini kalau polisi suruh jalan dia malah suruh berhenti memang wewenangnya lebih tinggi dari polisi? Lagipula memang lampu merah tsb polisi sedang rekayasa lalulintas karena ada polisi di tengah jalan MENGATUR.

    YANG NGATUR SATU SAJA. POLISI BUKAN WARGA SIPIL.

    kalau setiap pengaturan polisi dipertanyakan lalu buka undang undang, kapan mau tertib.

    Intinya taati saja yang berwenang. dalam hal ini POLISI.

    • Yang jadi pedoman bukan polisi bro. Tapi undang undang. Polisi tugasnya menegakkan undang -undang. Kan di Undang2nya sudah dijelaskan, kalau untuk kepentingan tertentu dlm hal ini konvoy diperbolehkan menerobos lampu merah. Yg jadi masalah kerja polisi selama ini benar engga? Sebenarnya tindakan si Elanto ini salah, tapi dia mewakili masyarakat kebanyakan yg ngga percaya dgn aparat kepolisian..

  31. Yahh, udah ga aneh lah, pak pol di sodorin duit ya mingkem, nurut ae,,
    emg pak pol di negara kita tuh berfungsi baik?
    lampu meah deket rumah gw itu kcau nya bukan main krn org2 yang ga tertib lampu merah, padahal jaraknya cuma skitar 2km ada markas besar pak pol, tapi mana yg nertibin? GAG ADA!!!
    bullsh*t semua…
    Yang naik moge n masih berperilaku kaya gitu, ya wajar aja klo d bilang arogan, gag di kasih masuk tol, dll, wong songong nya ga ktulungan! emang mau kemana buru2?? taat in peraturan yang berlaku klo ga mau d bilang arogan!

  32. Salut buat mas bro yang dengan gagah berani berdiri layaknya gatot kaca, hahaha , tapi kullo salutvyeng panjenengan mas. Terlepas Polemiknya ini pemblajaran buat kita juga yang suka touring,

  33. itu kan sebagian besar motor bodong jd emang gak bisa berhenti di lampu merah, klo berhenti malu ma mocil, masak mocil aj bayar pajak moge enggak

  34. Tentu saja konvoi hd bukan kondisi normal. Mereka bayar pajak bukan ke negara tapi ke polisi. Terus genk hd ini juga ketuanya polisi. Memang bukan orang normal kok. Orang sakit jiwa. Megalomania.

  35. Betul, yang berwenang polisi. Yang berwenang melanggar peraturan polisi.Yang berwenang pakai motor bodong juga polisi.

  36. Kalo menurut saya, di bilang salah tidak, tapi kurang baik di lakukan, karna kan sudah ada yg mengatur, emang kalo menuruti rasa kesal semua orang juga bakal bisa berbuat seperti itu, tapi semoga hal seperti ini bisa menambah wawasan untuk semua orang .

Comments are closed.