iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

657xauto-pesepeda-ini-cegat-konvoi-moge-ingatkan-agar-tak-terobos-lampu-merah-150815d

Bro dan sis sekalian…baru-baru ini kita dihebohkan oleh aksi berani dari pesepeda bernama Elanto Wijoyono. Pria berumur 32 tahun ini protes karena konvoi moge melenggang bebas ketika lampu merah menyala. Pada saat itu polisi sedang fokus sibuk mengatur lalu lintas agar rombongan bisa melaju lancar. MJrasa tidak digubris….doi nekad melintangkan sepedanya menyuruh konvoi berhenti mengikuti rambu lintas. Disinilah kekacauan mulai terjadi….
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION
glove

iklan iwb
iklan iwb

460X160

Konvoi berjumlah ratusan langsung terpotong. Polisi yang siaga dibeberapa ruas jalan terlihat bingung dan buyar konsentrasinya. Bahkan Elanto menyuruh kendaraan dari sisi lain berjalan karena lampu hijau menyala. Sementara doi menahan rombongan moge yang tergabung dalam Jogja Bike Rendezvous 2015 yang digelar oleh Harley Davidson Club Yogyakarta dengan sepedanya. Tindakan tersebut dilakukan sebanyak 3 kali stop hingga salah satu pemilik moge ada yang merasa jengkel. Namun akhirnya mereka ngalah juga. “Lampu Merah…berhenti. Ayo…yang disana jalan” teriaknya berusaha mengatur lalu lintas. Petugas hanya bisa bengong dan diam. Mereka sepertinya cukup terkejut dengan tindakan tersebut….

Menanggapi polemik yang terjadi di perempatan Condong Catur Depok, Sleman tersebut….Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pudjiastuti menjelaskan bahwa panitia Jogja Bike Rendezvous 2015 sudah menginformasikan dan mengajukan permohonan kepada kepolisian Yogyakarta untuk membantu pengaman konvoi dari Sleman ke Prambanan. Karena berjumlah ratusan maka demi ketertiban lalu lintas, mereka menyiapkan voorijder yang sudah dikoordinasikan petugas lapangan khususnya tiap perempatan. Hal ini juga untuk mencegah agar tidak terjadi kesemrawutan rute yang dilewati….

hadang moge

Oleh sebab itu ada voorijder paling depan untuk mengawal. Tujuannya supaya konvoi lancar. Berdasarkan peraturan, ikatan konvi memang tak boleh putus sekalipun oleh lampu merah. Itu dispensasi yang sudah tertuang dalam aturan. Mengatur lalu lintas itu kewenangan petugas kami. Acuannya tetap menaati aturan lalu lintas. kami setuju, tak ada diskriminasi aturan. Jika pengendara menerobos lampu merah, itu salah. Tapi dalam konvoi, itu bukan kondisi normal,” ujarnya seperti dilansir CNN….

Selain itu, via akun FB divisi humas mabes polri juga coba memberikan pencerahan berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk pengguna Jalan yang memperoleh Hak Utama yang harus didahulukan berdasarkan Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Berikut urutan :

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. Iring-iringan pengantar jenazah;
g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaan pengawalan, Polisi juga memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan diskresi Kepolisian. Apa itu Diskresi Kepolisian ?. Menurut Pasal 18 ayat (1) UU RI No 2 Th 2002 tentang Kepolisian RI “Untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri”.

Artinya walaupun lampu lalu lintas menyala merah, Polisi dapat tetap memberikan kesempatan kepada peserta konvoi moge untuk tetap jalan. Hal ini dinamakan Pengaturan Lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu, sebagaimana terdapat dalam Pasal 1 angka 10 Perkap Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pengaturan Lalu Lintas dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan Selain Untuk Kegiatan Lalu Lintas.

“Pengaturan Lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu adalah tindakan petugas dalam hal mengatur lalu lintas di jalan dengan menggunakan gerakan tangan, isyarat bunyi, isyarat cahaya dan alat bantu lainnya dalam keadaan tertentu”.

Sumber Divisi Humas Mabes Polri

Yup…itulah pedoman undang-undang yang dipegang oleh polantas saat menjalankan tugasnya menyoroti tidakan Elanto mzbro. Klarifikasi diatas seakan ingin menjawab polemik yang hingga sekarang terus terjadi….

Last….atas aksi tersebut banyak yang memuji Elanto. Keberaniannya untuk menegakkan aturan yang seharusnya diikuti oleh setiap pengguna jalan tak terkecuali pengguna moge. Namun tidak sedikit juga yang menyayangkan tindakannya karena dinilai kurang paham undang-undang….cuma mencari sensasi dan sangat membahayakan jiwa serta malah memecahkan konsentrasi polantas dalam menjalankan tugasnya. Bagaimanapun aparat pasti sudah menyiapkan segalanya demi kelancaran lalu lintas. Hanya saja ketika blokade jalan terjadi…maka disaat itulah rasa keadilan dan kedisiplinan tercederai. Kalau menurut sampeyan sendiri gimana mzbro…..?. Apakah yang dilakukan Elanto sudah benar?. Monggo berikan opininya….(iwb)

Video aksi Elanto nyegat konvoi moge

https://www.youtube.com/watch?v=xfphpxJ-4SQ&feature=youtu.be

Youtube langsung klik disini

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

189 COMMENTS

    • Itu yg naek sepeda nyegat rombongan karena banyak yg gak pake plat nomor. Kang iwan, boleh gak polisi ngawal motor yg gak pake plat nomor?

    • Padahal pasal 134 tsb, point G diperjelas lg. Yg dimaksud ‘kepentingam tertentu’ itu khusus kendaraan penanganan ancaman bom, kendaraan pengangkutan pasukan, kendaraan penanganan huru hara dan kendaraan penanganan bencana alam. Mohon dikoreksi kang iwan jika sy salah. Dan buatkan artikel counternya biar netral.

  1. INI JALAN PENGUASA, INI JALAN KITA!!

    apa yg naek2 moge mau bayarin pajak kita, kayak lu lu doang yg bayar pajak!!

  2. saya silent reader mas , tapi saya salut sama keberanian sang penghadang . moge terutama harley emang terkenal arogan . bahkan di bali gubernur pun dilawan . seharusnya polisi pengawal itu malu diingatkan oleh seorang pengendara sepeda yang gerah dengan ulah pengendara moge yang ugal ugalan di jalan . bahkan sampai mengambil habis jalur berlawanan .

    semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua , klo masyarakat mulai gerah dengan ulah pengendara harley . sebagai orang yang pernah tinggal di jogja jelas saya tau karakter orang disana yang mengutamakan kesopanan , bukan masyarakat yang suka cari perhatian atau cari masalah .

  3. dalam kovoi / touring di club kami tidak di benarkan aturan untuk melanggar rambu” lalulintas

    copas
    S.O.P ( Standard Operating Procedur ) Safety
    Convoy dan Touring, itu adalah prosedur dasar
    bagi para pengendara motor, baik itu club maupun
    komunitas motor. Prosedur ini gampang2 susah di
    terapkan.. tapi demi keamanan dan keselamatan..
    prosedur ini harus dipegang teguh dan dijalankan..
    prosedur ini berlaku bagi rombongan di atas 10
    motor.. dan memiliki petugas2 yang diberikan
    tanggung jawab untuk pelaksanaannya.. Petugas2
    tersebut antara lain..
    Kapten adalah pengendara sepeda motor yang
    memimpin perjalanan touring.
    Voorrijder adalah pengendara sepeda motor
    yang memimpin barisan konvoi.
    Safety Officer adalah peserta touring yang
    ditunjuk oleh kapten untuk mengamankan jalur
    atau jalan yang akan dilalui oleh peserta konvoi
    Sweaper adalah peserta touring yang ditunjuk,
    untuk mengawasi dan mengamankan posisi
    peserta touring selama perjalanan.
    Technical Officer adalah peserta touring yang
    ditunjuk oleh kapten sebagai petugas yang
    mengkoordinir bantuan teknis terhadap
    kerusakan teknis kendaraan peserta touring.
    Formasi adalah bentuk susunan pengendara
    sepeda motor dalam barisan selama perjalanan
    touring.
    Setiap pelaksanaan touring harus dipimpin oleh
    seorang Kapten dan setidak- tidaknya dibantu
    oleh 1 (satu) orang Voorrijder, 2 (dua) orang
    Safety Officer, 2 orang Sweaper, 1 orang
    Technical Officer . Jangan lupa.. Kapten adalah
    Pimpinan tertinggi dalam satu group pengendara
    sepeda motor yang melaksanakan touring. Setiap
    perserta Touring.. harus mematuhi peraturan2 yang
    diberlakukan oleh para petugas, Seperti…
    Datang dan berangkat tepat pada waktu yang
    telah ditentukan.
    Mematuhi peraturan lalu lintas (dilarang keras
    menerobos lampu merah, berhenti sembarangan,
    dll.)
    Dilarang keras mengintimidasi pengguna jalan
    lain (memukul, menendang, melukai, meludahi,
    atau bentuk2 arogansi lainnya)
    Tidak saling mendahului atau berebut jalan.
    Tidak melakukan manuver2 atau atraksi2
    berbahaya saat touring berlangsung ( lepas
    tangan, angkat ban, zig –zag, memainkan
    kenalpot berlebihan, dan aksi2 yang lainnya
    yang bisa membahayakan pengguna jalan lain
    dan peserta Touring)
    Memberikan kesempatan kepada pengendara
    lain yang secara terpaksa karena kondisi lalu
    lintas, harus masuk dalam barisan konvoi.
    Tidak menggunakan Sirine dan Klakson secara
    berlebihan terutama pada saat kondisi macet,
    kecuali untuk kondisi Emergency. ( Sirine boleh
    di gunakan, jika menggunakan pengawalan
    Kepolisian, Surat Kepolisian, Menyalip Truck dan
    sejenisnya, Memberikan isyarat Touring dimulai
    atau memang dalam keadaan darurat.)
    Memberikan salam penghormatan dangan
    mengancungkan ibu jari kanan atau kiri atau
    membunyikan klakson 1 kali kepada polisi yang
    berugas di jalanan.
    Kecepatan berkendara disesuaikan dengan
    kondisi jalan ( batas maksimal 80 Kpj, untuk luar
    kota, dalam kota 60 Kpj.)
    Konvoi selalu diusahakan berada di jalur Kiri.
    ( Dalam kondisi – kondisi tertentu, boleh
    menggunakan jalur kanan, dengan
    memperhatikan kondisi sekitarnya )
    Memberikan isyarat Sopan saat meminta jalan
    kepada pengguna jalan lainnya, dan
    mengucapkan terima kasih dengan
    mengacungkan Ibu jari kanan atau kiri.
    Waspada dan tetap konsentrasi selama
    berkendara.
    Tidak Egois, pemaaf dan empaty ( mengalah )
    terhadap pengendara lain ( pengguna jalan )
    Selalu menerapkan tata cara berkendara yang
    aman dan benar.
    Dapat mempertahankan suasana hati yang
    Positif
    Selalu tenang dan tidak terpengaruh atas
    Provokasi dari pengendara lain.
    Dapat mengontrol Emosi yang berubah ubah.

  4. sekali kali fbyek harus ikutan konvoi pakai moge mio 5 silinder buocor dg fitur tembakan knalpot.
    biar gerombolan harley pada tau diri!!! ngoahaha

  5. Setubuh..eh setuju,walaupun itu konvoi dg pengawalan tapi bukan buat kepentingan DARURAT cuma buat aksi aja..ya mesti ikut aturan lalu lintas..pokoknya buat bro yg naek sepeda, lu ga salah, kita dukung moril aja..nyali ane ga sebesar lu..top dah

  6. Kok yg berhentiin moge
    Seperti kasus triatmono yg berusaha menjegal blogger blogger kek iwb sampe di teriakin bloger dolariah

    Padahal cuma ngiri aja

    Ngoahahhaha

  7. Di poin g, ada aturan soal konvoi atau kendaraan kepentingan tertentu yang diizinkan menembus lampu merah. Apa maksudnya? Dalam pasal 104 ayat 1 UU LLAJ ada penjelasan soal istilah keadaan tertentu. Bunyinya sebagai berikut:Dalam keadaan tertentu untuk Ketertiban danKelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat melakukan tindakan:a. memberhentikan arus Lalu Lintas dan/atau Pengguna Jalan;b. memerintahkan Pengguna Jalan untuk jalan terus;c. mempercepat arus Lalu Lintas;d. memperlambat arus Lalu Lintas; dan/ataue. mengalihkan arah arus Lalu Lintas.Di penjelasannya, keadaan tertentu itu disebabkan oleh:a. perubahan Lalu Lintas secara tiba-tiba atau situasional;b. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas tidak berfungsi;c. adanya Pengguna Jalan yang diprioritaskan;d. adanya pekerjaan jalan;e. adanya bencana alam; dan/atauf. adanya Kecelakaan Lalu Lintas

  8. Tidak pernah baca aturan, sok tahu, dan melangkahi kewenangan yg berwajib

    Three strike untuk mas2 bersepeda sok paling bener…

  9. Mungkin besok2 mas2 bersepeda ini saat di rumah sakit akan mengatur2 juga siapa yg harus mendapat penanganan duluan sesuai nomor antrian, gak peduli dengan akibat lain yg akan ditimbulkan

    Pokoknya semua harus ngikut ‘aturan’ yg dia anggap benar

  10. itu pesepeda nya cuman cari sensasi doang biar banyak dipuji ama si pahlawan kesiangan

    baca undang2 nya ada pasal berkondisi khusus

    ntar begitu ditabrak trus mamfuss baru tau luh

    ngoahahahha

  11. gimana kalo dari arah yg berlawanan ada ambulance atau pemadam kebakaran,yg mana yg didahulukan,konvoi,ambulance atau c pemadam kebakaran,silahkan dipilih.artinya kalo menurut saya yg konvoi konvoian ga harus di prioritaskan,toh juga ga ada yg dikejar kejar koq,kalo ga mau dibilang arogan ya maaf berarti gaya gayaan.

  12. Polisi ma mesti bener…kapan salahe ??? Kuwi do nyalain Rotator ko ra ditilang….!!!!
    Pendapat e sempeyan piye Lek…
    #jogja berbudaya ra butuh MoGe (Motor Gendeng)

  13. dijual otak driver hd arogan.
    gk da tgl kadaluarsa krn udh kepenuhan formalin.
    beli 1 dpt 10
    beli 10 dpt plat nomor, pajak resmi + denda tahunan + tisu basah utk ngilangin malu cukup utk pemakaian 50thn

  14. udah pokoknya u penegakkan hukum kasih aja sama aparat yg berwajib!

    perkara ada ina inu nya itu lebih baik dari pada sok2an jadi pahlawan kemalaman

    pesepeda itu contohnya cuman cari sensasi doang

    sama kek si momok senengnya cari sensasi doang, cetek ilmu, gk berimbang dan juga penyortir komen khusus maho yg bisa lolos

    ngoahahaha

  15. salut sama yang naik sepeda ontel walaupun konvoi seharusnya patuh lalin bukan hanya duit akeh pakek harley konvoi di kawal lampu merah di terabas, sini kalau berani gua hajar yang pakek harley gua ajarin lalin !!!!

  16. masalahnya sedemikian istimewakah pengendara moge….yg pasti arogansinya itu loch..kasian pengendara moge yg lain….ribet gara2 oknum pengendara harle*..catet rata2 yg arogan itu Harle*

  17. Kalo semua dilakukan sesuai dg prosedur mgkn tdk akan terjadi insiden spt itu, atau jika sudah sesuai prosedur barangkali kronologi dia berani nyegat konvoi moge krn sebelumnya sdh ada pelanggaran2 lalin yg dilakukan oleh “oknum” pengendara moge di luar konvoi resmi, pasti ada sebab akibat dibalik keberanian seorang pengendara sepeda tsb.

  18. Mungkin moge rem nya buang gas dlu kyk tronton makanya males stop nyelonong aja .

    Sama kyk motor honda variyem, ada pantat seksi R15 ywdah sodok aja.

    Ngiahahahaha

  19. Loh yang td malem nyrempet mobil malah ngamuk ngamuk ya ada lo mas..sempet ketemu di jalan muak juga liat kelakuan orang kaya.orang kaya kok gitu ya?ga ada bedanya sama anak alay

  20. Ya kayak momok si penggiring opini

    Kl yg suka hondha nggk bisa komen , kl yg suka yamaho br. Bisa komen

    Ngoaahahahaha

  21. SEKALIAN AJA KERETA API PUN HARUS MENGALAH/MENGEREM KLO ADA KONVOI MOGE YANG LEWAT DI PERLINTASAN KA. KLO TIDAK MASINISNYA BISA DPERKARAKAN APABILA TERJADI KECELAKAAN.!
    PUAS TO SAMPEYAN SANG PENGUASA JALANAN !!!

  22. Mas iwan coba liat di bagian penjelasan undang undang..disebutkan sbb:

    Yang dimaksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara
    lain, Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, Kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam.

  23. Mas Elanto sudah sangat bener cak…. Mau mobil/motornya mahal selangit kalau memang waktunya merah ya berhenti, kalau pas macet juga mesti antri. Kalau pakai voorijder..??? Memang orang pakai keluar duit buat voorijdernya?…. Yang bener saja kalau bilang tidak. Jangan munafik pak/bu…!!!

  24. Kang, gue nemu mobil yamaha fake taxi di Jogja!

    Hahaa 😀 nyari penumpang fby bawa brosur iklan sabun. Seat belakangnya sempit, tobat Kaang :V

    • Wew,

      Bukan-nya mas Victor yah pemeran John UK di fake taxi indonesia? Hayo ngaku…hehehehe.

      Kan Victor bahasa pelesetan-nya = Vikiran Kotor (ngeres).

      # hahahahahahaha, pisssss…(sesama downloader fake taxi jangan saling mendahului).

  25. gile mas, arogan bgt pengendaranya. kita yg saatnya kebagian jatah nyebrang e nylonong sampe mw nabrakin padahal kita masih d pinggir.

  26. saya dukung penuh mas elanto,saya warga jogja juga,biker pada umumnya juga merasa sangat terganggu dengan sikap biker HD,saya tidak memakai kata oknum karena bukan cuma 1 atau beberapa,seperti kejadian kemarin biker HD yg nabrak pedagang siomay dan mobil terus marah2 dan menganiaya warga yg kebetulan teman saya hingga harus dirawat di rumah sakit,,,, kronologi saya lampirkan m.facebook.com/groups/485182588162698?view=permalink&id=1186429218038028&refid=28&_ft_=qid.6183513723089804960%3Amf_story_key.2238141509779233362%3AeligibleForSeeFirstBumping. ,,,beginikah kalian bertamu di tempat kami??? #jogajrabutuhMOtorGEmblung

  27. Yang Jelas,, Rakyat umum pengguna jalan yang di utamakan diatas kepentingan kelompok ataupun Golongan apapun namanya.

  28. MAKANYA BELI HARLEY!!!

    hahaha….
    beli satu ahk….

    enak bisa melanggar lampu merah…
    enak jadi prioritas dijalanan…
    enak ga dirazia…
    enak bisa blarr blarr blarrr….

    salam susah netral

  29. Pegendara MOGE diatas seperti rombongan orang yg sedang sakit maka wajib didahulukan . Tapi bukan sakit spt masyarakat umum melainkan lbh ke “SAKIT JIWA” !!!
    Sing Waras ngalah Sing Edan ben Lewat Dhisit..

  30. Kalo apa yg dilakukan mas elanto…saya sangat setuju.. walaupun itu ad didalam undang2 peraturan lalu lintas.. dan mungkin aturan lalu lintas tersebut harus dirubah.. supaya tidak ad kecemburuan sosial dimasyarakat

  31. Lagi juga itu ketua HDCI nya adalah salah satu mantan petinggi di jajaran POLRI.. jadi ya bisa dipikirkan saja sendiri.. mau itu salah atau benar juga dibener2in.

  32. caranya ijin dikawal pak polisi gt gimana ya?
    gratis atau mbayar?
    siapa tau besok besok butuh pas berangkat sekolah biar boleh nerabas lamer.
    dududududu

  33. pernah berangkat kerja hari minggu ketemu rombongan anak2 piagio sama pulsar,mereka pakai pengawalan polisi juga
    bareng dari lampu merah ragunan sampai lamer pondok indah lalu ane ambil kanan arah pondok indah dan di setiap lampu merah mereka berhenti tuh
    yang pasti jumblah mereka di atas 20 motor tapi tertib tuh

  34. kalau dari hukum yang ada, sesuai dr yang kang iwb jabarkan diatas,sesuai poin g dari pasal tsb memang dibenarkan bahwa boleh menerobos lampu merah. tapi yang dikawal itu kan banyak yg kelengkapan surat” kendaraannya tidak lengkap alias bodong,itu bagaimana kejelasannya? coba ditanyakan ke FB divisi humas mabes polri..xixxixi.

    • Yang dimaksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara
      lain, Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, Kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam.

  35. Bruakakakakak

    Sok ngebela wong cilik tapi kaga ngerti aturan

  36. Rider HD memang arogan & sok jadi orang penting..rombongan RI 1 aja yg jelas orang penting nggak gitu2 amat..

  37. Bruakakakakak

    Itukan settingan drama
    Pesepeda yg jegat anggota HDCI sendiri buat mencari kesimpulan dari opini masyarakat banyak hahahahaha mau aja kalian semua dibodohi

  38. Hahahahaha

    Kalau fBHomo konvoi republik BeAT nerobos lampu merah bisa dipentung ditempat sama Satpol PP Densus anti waria

  39. ada asap tentu ada api…akumulasi kekesalan pada bikeer moge khususue spesies hd di wakile ma mas erlanto..siip,lanjutkeun kalo perlu sambil bwa glok..dh rahasia umum biker hd kebal hukum..contohnya artikel mbah dukun satar,terkesan arogan dan sinis ulasanya bkin eneg….

  40. Niatnya si baguus tapi mending bacaa deh tuuh UUDnya duluu daripada maluuu HAHA prihatin pak elentoo kaloo pemoge nya tau UUD itu mah ente malah udh jadi rempeyek dilindes konvoi tuuh

  41. Kalo masalah kelengkapan dll itu maah urusan polisi, kan yg ngasih ijin polisii, kalo ga dikasih ijin mah kga ada acara kaya gituu

  42. Atas dasar undang2 yg berlaku di republik ini, barangkali tindakan Mr. Elanto tidak benar. Hanya saja ketika blokade jalan dilakukan memang mengusik rasa keadilan. Seakan2 fasilitas negara yg dibiayai dari pajak oleh keringat rakyat kebanyakan hanya dinikmati oleh mereka yg berduit. Dan rakyat kecil cuma bisa melongo. Bukankah undang2 di republik ini bisa dibeli, apalagi lembaga kepolisian yg korup itu??? Dan Elanto tidak sendiri. Masih banyak2 Elanto2 lain yg siap beraksi. Inilah hanyalah gambaran kecil dari rakyat kebanyakan yg terluka atas keadilan negeri ini.

  43. Itulah yg membuat negara sebesar RI yg KATANYA udah merdeka 70 Th lalu, seperti d kebiri oleh peraturan yg diskriminasi. Dan selama itulah rakyat tidak percaya kepada KePoliSian. Dan kenapa rakyat bnyk yg tdk suka? karena ulah mereka sendiri dan Indonesia terlalu bnyk “oknum”

  44. kalo yg pnya komunitas moge, sbg Bikers apa yg ingin anda tunjukkan kepada pengendara lain ketika anda konvoi beriringan dgn patwal dan melanggar lalu lintas dan ingin di dahulukan? maaf saya jg bikers, saya juga komunitas, saat di jalan, kami ingin menunjukkan ke pengendara lain bagaimana harus tertib berlalu lintas di jalan, bukan euforia konvoi yg arogan,.. apa coba manfaat nya buat pengendara lain? matur suwun

  45. yg ngomong ,,, mentok 150 cc ,,, bawa moge lu ke jawa timur … gua bakar satu rombongan loee ……….. nggak satu 2 biji aja

    • Bruakakakakakak

      Pepek mamakmu sini ku tojoss

      Salam mentok 150 cc ye cung

  46. saya rasa kita semua tahu bagaimana tingkat kesadaran masyarakat jogja, biarlah jogja menjadi indonesia asli yg menjunjung tinggi norma2 yg ada.. tapi kan ada undang2? mungkin itu cerminan bahwa masyarakat sudah sangat kecewa dgn praktek penegakanya. #respect

  47. Perkap Nomor 10 Tahun 2012 Pasal 1 angka 11. “Keadaan tertentu adalah suatu keadaan sistem lalu lintas yang tidak berfungsi untuk kelancaran lalu lintas yang disebabkan adanya perubahan lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, tidak berfungsinya alat pemberi isyarat lalu lintas, pengguna jalan yang diprioritaskan, pekerjaan jalan, bencana alam, kecelakaan lalu lintas dan/atau penyebab lainnya.”

  48. Huruf g.
    Yang di maksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera,a.l :
    Kendaraan untuk penanganan ancaman bom,kendaraan pengangkut pasukan,kendaraan untuk penanganan huru hara,dan kendaraan untuk penanganan bencana alam.( copas dari grup sebelah bang bro)
    Salam aspal gronjal.

  49. Klo ditanya, sopo sing salah ???
    sek sek. . mikir sek. . wong yo ra tau enek sosialisasi UU Peraturan lalu lintas. .
    opo yo mungkin gek an ??? ning sekolah yo ra tau dibahas (sing sekolah) Wk wk wk. .
    malah mumet nggagas ngeneiki…

    Trus kudu piye ???

    Mendingan ngopi sek kang iwan. . Kro update next postingane. .
    Salam buat kang iwan. . .
    Marai edan postingane.. h h h h
    juos gandoss.. . top markotopppp

  50. Yang berwenang mengatur adalah polisi.

    Warga sipil kalau mau tertib ikuti pengaturan polisi.

    Polisi mau buka atau tutup jalan itu wewenang polisi.

    Ada polisi persilahkan lewat satu mobil apakah kita akan tanya siapa yang ada didalam mobil tersebut? Tidak. Lagian itu tidak tiap hari.

    Menurut saya pesepeda itu kurang kerjaan aja. Mending nyebrang kalau mau nyebrang atau berhenti kalau mau nonton. Tertib.

    Lagian apakah pesepeda sudah tertib sempurna thp peraturan? Enggak.

    Dalam kasus ini kalau polisi suruh jalan dia malah suruh berhenti memang wewenangnya lebih tinggi dari polisi? Lagipula memang lampu merah tsb polisi sedang rekayasa lalulintas karena ada polisi di tengah jalan MENGATUR.

    YANG NGATUR SATU SAJA. POLISI BUKAN WARGA SIPIL.

    kalau setiap pengaturan polisi dipertanyakan lalu buka undang undang, kapan mau tertib.

    Intinya taati saja yang berwenang. dalam hal ini POLISI.

    • Yang jadi pedoman bukan polisi bro. Tapi undang undang. Polisi tugasnya menegakkan undang -undang. Kan di Undang2nya sudah dijelaskan, kalau untuk kepentingan tertentu dlm hal ini konvoy diperbolehkan menerobos lampu merah. Yg jadi masalah kerja polisi selama ini benar engga? Sebenarnya tindakan si Elanto ini salah, tapi dia mewakili masyarakat kebanyakan yg ngga percaya dgn aparat kepolisian..

  51. Yahh, udah ga aneh lah, pak pol di sodorin duit ya mingkem, nurut ae,,
    emg pak pol di negara kita tuh berfungsi baik?
    lampu meah deket rumah gw itu kcau nya bukan main krn org2 yang ga tertib lampu merah, padahal jaraknya cuma skitar 2km ada markas besar pak pol, tapi mana yg nertibin? GAG ADA!!!
    bullsh*t semua…
    Yang naik moge n masih berperilaku kaya gitu, ya wajar aja klo d bilang arogan, gag di kasih masuk tol, dll, wong songong nya ga ktulungan! emang mau kemana buru2?? taat in peraturan yang berlaku klo ga mau d bilang arogan!

  52. Salut buat mas bro yang dengan gagah berani berdiri layaknya gatot kaca, hahaha , tapi kullo salutvyeng panjenengan mas. Terlepas Polemiknya ini pemblajaran buat kita juga yang suka touring,

  53. itu kan sebagian besar motor bodong jd emang gak bisa berhenti di lampu merah, klo berhenti malu ma mocil, masak mocil aj bayar pajak moge enggak

  54. Tentu saja konvoi hd bukan kondisi normal. Mereka bayar pajak bukan ke negara tapi ke polisi. Terus genk hd ini juga ketuanya polisi. Memang bukan orang normal kok. Orang sakit jiwa. Megalomania.

  55. Betul, yang berwenang polisi. Yang berwenang melanggar peraturan polisi.Yang berwenang pakai motor bodong juga polisi.

  56. Kalo menurut saya, di bilang salah tidak, tapi kurang baik di lakukan, karna kan sudah ada yg mengatur, emang kalo menuruti rasa kesal semua orang juga bakal bisa berbuat seperti itu, tapi semoga hal seperti ini bisa menambah wawasan untuk semua orang .

  57. menurut saya pengendara sepeda itu benar. dia g mungkin berani kalo ga tau aturan. konvoy itu bukan kejar2an. tp mengajari pengendara lain untuk tertib dan savety buat lalu lintas. kalo lampu merah diterobos buat pengendara konvoy itu namanya arogan. kecuali lampu itu hanya nyala lampu kuning seperti di malam hari. terimakasih tuk pesepeda yg sudah membuka mata kita semua tentang aturan lalu lintas yg kurang baik penerapanya…

  58. susah ngomong sama ORANG yang suka buat RESE orang lain… coba kalo ANDA lagi DARURAT mau kerumah sakit ketemu konvoi HarliDepotson , mana yang mau duluan ? touring apa nunggu yang sekarat?

    • Colekan buat para club motor di tanah air biar lebih taat berlalulintas dan selalu kontrol emosi di jalan pokoke tetep tenang..

  59. yo wes dah..kembali ke laptop,… semulia mulianya tuh HD,.. masih mulialaahhh motor bebek,… lah wong HD indo kebanyakan mtr bodong dripada yg resmi.. napa? mereka cuman berani club2an klo mau jalan termasuk turing ato ngumpul, mana ada HD jalan sendiri, ga da pemilik HD kerja pake HD ke kantor .. lah mtr bebek adalah ciri warga indonesia yg mau bayar pajak,… terima kasih wassssalaamm…

  60. gimana kalo moge boleh masuk TOL. Dulu aja JANJI kalo pengguna MOGE khusus nya HaDe gak Ugal ugalan… ehh nyata nya begini…
    emang dasar nya mental cabe…

  61. menurut pendapat pribadi saya yg dilakukan pesepeda tersebut justru salah dan mengacaukan lalu lintas (pendapat saya lho ya) walaupun saya bukan polisi ataupun orang yang punya moge, akan tetapi saya menghormati apa yg dilakukan moge dan polisi karena semua itu sudah ada aturannya, dan bisa memajukan pariwisata kota tersebut. Mereka melakukannya sudah dengan aturan yang jelas, dan mereka dikawal polisi, tidak sembarangan, tidak se enaknya sendiri. Sudah banyak dijabarkan di detikcom atau web lainnya bahwa penrndara moge yang menerobos itu diperholehkan karna perubahan situasional secara mendadak dan sekali lagi mereka dikawal polisi. Perlu diketahui saja bahwa moge itu ccnya besar, motornya berat dan mesinnya cepat panas, jadi maklum kalau mereka ngebut. Bila kita punya moge mungkin kita juga berperilaku yang sama dengan mereka. Moge itu pajaknya jauh lebih besar dari motor lainnya. Cara pandang kita yang harus diubah, tidak pandang sebelah mata, sesama pengguna jalan saling menghormati lah. Mereka juga berhak dan tidak setiap hari juga. kita harus instropeksi diri, kita yang naik motor kecil sering seenaknya sendiri saat macet, masuk ke sela sela mobil, tidak sedikit yang menyebabkan bodi mobil lecet, apakah pengendara mobil merasa marah? Apakah menghadang kita? Merasa seperti yang punya jalan? Mereka tetap sabar dan tau keadaan 🙂 jadi jangan merasa hebat sendiri ya 🙂 kurangin kecemburuan sosial, ingat kecemburuan sosial itu dampaknya jelek, nnt nggak dikasih rezeki lebih sama sang pencipta. Ya nggak bro iwan? 😀

    • Coba pikir ente sekarat lg di dalam ambulance kena macet gara2 di lampu merah ada Pak polisi lg ngatur lalu lintas buat moge lewat.. Karena klamaan ngatur nya akhir nya ente yg Lewat duluan..

  62. Walaupun ada undang undangnya tetep aja nggak bener..lha wong konvoi punya tujuan tempat yg sama.apa bedanya sama rombongan pengguna jalan lainnya yg malah mereka punya tujuan tempat yg berbeda.ada yg berangkat kerja.ada yg mau pulang kerumah d tunggu anaknya,keluarganya( bayangin pentingan mana sama konvoi ) harus berhenti melototin orang konvoi lewat di lampu merah…ahh Payah Motornya doang yg Gede..

  63. Poin G dalam UU sudah dijelaskan dg jelas maksudnya tp kurang sosialisasi kpd masyarakat.. klik scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xpt1/v/t1.0-9/11889581_10205428630931042_6545837432137964637_n.jpg?oh=982677bf8e017f056892f0e225babac7&oe=567FF0D5 tidak untuk konvoi Moge atau konvoi kpentingan Pribadi

  64. Moge emang arogan.. sok sokan..
    Yg bilang moge dpt privillege cuman pak polisi sing ngawal sama sing duwe moge.. Lah masyarakat umum wis gerah dg aksinya.

  65. INTINYA >>>> BANGSA INI MILIK ORANG KAYA …..

    “HUKUM di indonesia mudah di rubah ”

    intinya UUD (Ujung Ujungnya Duit)

  66. Untuk Pengendara MOGE yg Arogan siap2 aj klo ada peghadangan/ pelemparan tak terduga dr Masyarakat yg dirugikan, Klo Sampeyan sok jagoan di wilayah orang lain. Skr Masyarakat semakin berani & terinspirasi setelah lihat aksi mas Elanto bahkan bnyk yg mendukung.! Bisa jd ada aksi lainnya dr Masyarakat yg msh geram. Track Record konvoi Moge sdh mjd Catatan Buruk bagi masyarakat
    ANDA SOPAN KAMI SEGAN !
    CATET !!!

  67. bagus, perlu revisi undang2 karena volume kendaraan di kota sudah overload. Sangat disayangkan jika blokade jalan hanya untuk kepentingan kesenangan semata.

  68. klo konvoi utk tujuan yg urgent .spt konvoi bntuan kmanusian ane stuju tu undang-undang dpakai lha ini konvoi utk seneng2 kok dkasih keistimewaan

  69. Damn…!!!, udah 70 tahun Indonesia Merdeka masih aja ngebelain konvoi moge picek (picek : buta/lampu merah jalan terus)

  70. efek orang2 kere nie,,,tau ada petugas sok2an jadi petugas….dengki apa iri?untung ga di amankan karena sikap rusuh!

    • coba jajal hadang konvoi mau ngubur orang mati ..berani ???… ngga ada tuh aturan lalu lintas yg diikutin dikonvoi orang mati…

  71. g. konvoi dan/ atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Penjelasan

    Pasal 134
    Huruf a Cukup jelas.
    Huruf b Cukup jelas.
    Huruf c Cukup jelas.
    Huruf d Cukup jelas.
    Huruf e Cukup jelas.
    Huruf f Cukup jelas.
    Huruf g Yang dimaksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara lain, Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, Kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam.

  72. itu iringan-ringan moge pengantar jenajah kali yah… seperti pada point f (cukup jelas point f.) menurut pak polisi … entah siapa yang mati mesti dikawal seperti itu… atau … udah ah nanti kena pasal penghinaan…

  73. Mas iwan..
    Iki orang (elanto) belum pernah botak sariawan koprlo njengking mlumrahh…

    Aksi oknum (elanto) disebut sebut olh pihak media sebagai aksi heroik lah, aksi berani lah,dll..

    Kalo emang mas elanto niatnya hanya ingin “menasehati/mengingatkn” para pemoge agar tertib lalin dan tidak menerobos lampu lalu lintas yang aktif.. Bisa kan mas elanto mengajak duduk bersama di lokasi event kek, di kantor ditlantas jogja kek, sambil ngopi2 nyantai di warkop kek..dimana aja ajak dulu lah pihak2 tersebut..ada mas elanto, ada perwakilan rombongan konvoi pemoge, ada prwakilan panitia event dan ada juga prwakilan dr pihak kepolisian ditlantas jogja.

    Kan katanya(sesuai statment bersangkutan di media media) hanya mau menasehati/mengingatkn jangan menerobos lampu merah. Bisa kan di ajak duduk ngobrol bersama lalu apabila telah sepaham dan sepemikiran dan terlebih pendapat mas elanto sudah didengar dan disampaikn diterima dgn baik olh para pihak, maka tidak perlu adanya aksi tersebut.

    Krn apa? Anda (mas elanto) adalah bukan petugas satlantas.. Anda adalah warga negara (sipil), tidak bisa seenak nya bertindak,tau aturan tau prosedur (kan udh umur 34 yg menurut uu sudah dianggap dewasa) dan maap yah aksi tersebut adalah tidak tepat sesuai kondisi dan waktunya dan juga lebih condong ke unsur kesengajaan berencana (sudah mempersiapkn juru fotolah, perekam video lah, lalu menggunakan sepeda agr dianggap pengguna jalan (pesepeda) yg menurut aturan lebih harus diutamakan keselamatan dlm hal berlalu lintas dr para pengendaraan bermotor roda dua/ roda empat, lalu menggunakan atribut keselamatan bersepeda lengkap mulai dr helm sepeda,rem ada,lampu stop rem ada, lampu depan ada, alat bunyi (klakson) ada, lalu sampai dalam memposisikan diri berdiri tepat di zebracross saat menghadang pemoge). Semua telah disusun dg perencanaan lebih dulu (maaf bukan su’uzon), berbicara perencanaan berarti adanya NIAT, niat ini adalah ITIKAD, nah itikad inilah yg sebenarnya tidak sesuai pada kondisi dan waktunya. Jika saja (Andaikan) saat itu ada pemoge= pengendara bermotor yang menabrak mas elanto, bisa saja nanti dalil yg anda gunakan adalah pengguna jalan bukan bermotor (pejalan kaki/pesepeda) yg lbh di utamakan keselamatannya dr para pengendara bermotor, lalu memposisikan tepat di zebracros pada saat lampu merah NYALA/AKTIF. padahal jelas-jelas ada petugas “resmi” penegak hukum POLRI dr satlantas (PATWAL/Foreder) juga ada mobil dinas Polisi Militer (PM) yang menjaga & mengikuti iring iringan (konvoi), ditambah ada petugas satlantas di beberapa titik tertentu di persimpangan yang mengatur arus lalu lintas. Lalu mas elanto menghadang dan menyetopkan (bukan petugas) dan bilang ini merah ini merah lampunya. Lah kan jelas2 sudah ada petugas satlantas resmi berseragam jadi sudah ada Managemen dan rekayasa lalu lintas yg di laksanakan, selama petugas mengatur itupun menjadi rambu yang harus ditaati dan dipatuhi.

    Lalu banyak netizen yang meluas dari topik yang sebenarnya mas elanto sampaikan hanya sebatas patuhi rambu, dimana netizen/masy.luas lebih mengusik tentang aturan UU Lalu lintas dan Angkutan jalan Nomor 22/2009 dlm pasal 134 huruf G dan juga dlm penjelasan pasal 134 huruf G tsb. isi generalnya adalh penggunaan patwal/foreder utk konvoi kepentingan tertentu dan dlm penjelasannya memang tdk ada disebutkn secara terminologi utk motor ber cc besar/mobil supercar/ kalangan artis/kepentingan ormas dan lain2. Walaupun di UU tdk dijelaskan secara jelas kan ada aturan dibawahnya yg mengatur melalui Peraturan pemerintah (PP) no.74/2014 tentang angkutan jalan;
    Peraturan pemerintah (PP) no.43/1993 tentang prasarana dan lalu lintas jalan; dan pastinya JUKLAK-JUKNIS detail penggunaan patwal/foreder di pahami betul oleh direktorat lalu lintas. Yang pasti ada penilaian2 dr ditlantas yang memperbolehkan penggunaan fasilitas negara tsb, kalau SUDAH IJIN MELAPORKAN dan MENDATA (Ijin lapor jumlah kendaraan yang melintas, ijin rute yang dilewati, jam/waktu melintas, kegiatan yang dituju dalam pengawalan, Data kelengkapan surat mengemudi kendaraan dan kelengkapan bermotor).

    Saling mengingatkan bagus mas elanto tp Cara dan Waktu kondisi nya Tidak Tepat. kalo mau ya cukup Laporkan donk temuan2 dilapangan dg pembuktian yang memenuhi syarat sahnya alat bukti ke ditlantas setempat. Dan tinggal tunggu respon dari ditlantas, kalo kurang puas ya bisa naik lagi aduan laporan tersebut ke Kanit Bagian Humas/ Bagian Laporan Masyarakat di Ditlantas. Kurang puas belum ada tanggapan/ respon yahh.. Adukan lagi ke Direktorat Lalu lintas Pusat/ Humas Polri dan bisa di angkat ke media cetak. Jadi ada tahap tahapnya mas elanto, bukan ujug2 kesel krn ga di respon ditlantas atas laporan aduan yg kata mas elanto sudah sering di sampaikan sejak thn 2014 hingga sekarang, lalu bertindak dengan cara sendiri (sama seperti pengemudi mobil Ichiro) atas ketidak senangan pelaksana penyelenggaran berlalu lintas.

    Sangat disayangkan dan disesalkan mungkin niatnya mas elanto baik tp tidak pada situasi kondisi dan waktu yang tepat.

    Perihal adanya para pengguna jalan (pengendara bermotor dimaksud pemoge dan pengendara mobil bukan mobil dinas kepolisian) tidak memenuhi kelengkapan bermotor seperti penggunaan Strobo/ lampu rotator Biru, pengguna sirine, pemoge yang tidak menyalakan lampu utama pd siang hari, memakai helm tidak sesuai SNI, tanpa plat nomor polisi di posisi Depan, knalpot tidak sesuai standar pabirkan,dll patut di kenakan prosedur tilang krn sifatnya pelanggaran (ringan-sedang).

    Jadi sama sama memiliki hak pengguna jalan, sama sama membayar pajak sbg warga negara yang taat pajak, ya sama sama pahami dan patuhi aturan yang berlaku di NKRI.

    Nb; pemasukan negara besar loh dr PPnbm (moge dan supercar), kalo pemiliknya benar-benar mendaftarkan dan membayarkan pajak kendaraanya.

  74. masalah simple, akumulasi image “makan jalan sendiri ” yang dari dulu dipelihara pengendara moge, membuat pengendara lain sumpek, pengendara lain itu cuma tidak mau moge2 ini dspesialkan, dikawal, makan jalan, yang lain dsuruh minggir, jadi saya kira ga ad kaitannya dengan kesenjangan si miskin dan si kaya ato semacamnya, coba saja buktikan,,,,,,moge2 itu jalan MEMBAUR dengan yang lain, JANGAN ADA LAGI PENGAWALAN, DIUTAMAKAN, APA ADANYA SPERTI PENGENDARA LAIN, dan kalo nanti masih ada oknum2 pencegatan, protes ato semacamnya dari pengendara lain, baru itu mungkin ada masalah lain disitu,,,,,,

  75. mungkin alasan lawas
    moge CCnya besar kalo pelan mesinnya panas dan bisa overheating…wkwkwkwk……suruh aja pake oli federal spesialis dingin

  76. spesifikasi Harley yg berat (bobot kurang lebih 400kg), memiliki daya dan torsi besar (800, 1200, 1600 dan 1700cc) dan seluruh motor harley (kecuali type V-Rod) tdk memiliki pendingin mesin / radiator. Ketika anda mengendarai mobil avanza atau xenia misalnya dan mesin mobil itu akan panas ketika dikendarai dlm bbrp kilometer. Bisa dibayangkan mesin tersebut ada di antara paha dan betis anda? Sangat panas dan tidak nyaman. Itulah harley. Satu2nya pendingin mesin harley menggunakan sistem air colled. Itu kenapa ketika harley dipacu dgn speed yg cukup tinggi mesin tdk akan panas, namun ketika dlm posisi lalu lintas macet, sungguh, rasanya sangat sangat memnacing emosi dan tentu tenaga. Jadi kami mengendarai motor dgn berada di jalur cepat bkn karena bergaya, “yak-yakan” atau sok ekslusif.

  77. 126. wedhus – August 17, 2015
    spesifikasi Harley yg berat (bobot kurang lebih 400kg), memiliki daya dan torsi besar (800, 1200, 1600 dan 1700cc) dan seluruh motor harley (kecuali type V-Rod) tdk memiliki pendingin mesin / radiator. Ketika anda mengendarai mobil avanza atau xenia misalnya dan mesin mobil itu akan panas ketika dikendarai dlm bbrp kilometer. Bisa dibayangkan mesin tersebut ada di antara paha dan betis anda? Sangat panas dan tidak nyaman. Itulah harley. Satu2nya pendingin mesin harley menggunakan sistem air colled. Itu kenapa ketika harley dipacu dgn speed yg cukup tinggi mesin tdk akan panas, namun ketika dlm posisi lalu lintas macet, sungguh, rasanya sangat sangat memnacing emosi dan tentu tenaga. Jadi kami mengendarai motor dgn berada di jalur cepat bkn karena bergaya, “yak-yakan” atau sok ekslusif.
    ============

    makanya naik mio aja bang… dijamin adem,, jgn lupa lipstik nya ya

  78. Hari jumatnya sudah ada insiden di kartosuro,HD nabrak avanza,hari sabtu nya ane papasan di daerah klaten,xenia silver posisi di lajur kiri,diintimidasi trs dipepet suruh minggir lagi kluar dari aspal sambil menuding2 yg didalam xenia. Bgmn jika didalm mobil tsb ada anak kecil bisa trauma tuh anak dlm tumbuh kembangnya. Tuh yg didepan motornya putih ky PATW*L,tp tdk pake seragam dinas. AROGAN!!

  79. 122. ZAI – August 17, 2015
    Mas iwan..
    Iki orang (elanto) belum pernah botak sariawan koprlo njengking mlumrahh…

    Aksi oknum (elanto) disebut sebut olh pihak media sebagai aksi heroik lah, aksi berani lah,dll..

    Kalo emang mas elanto niatnya hanya ingin “menasehati/mengingatkn” para pemoge agar tertib lalin dan tidak menerobos lampu lalu lintas yang aktif.. Bisa kan mas elanto mengajak duduk bersama di lokasi event kek, di kantor ditlantas jogja kek, sambil ngopi2 nyantai di warkop kek..dimana aja ajak dulu lah pihak2 tersebut..ada mas elanto, ada perwakilan rombongan konvoi pemoge, ada prwakilan panitia event dan ada juga prwakilan dr pihak kepolisian ditlantas jogja.

    Kan katanya(sesuai statment bersangkutan di media media) hanya mau menasehati/mengingatkn jangan menerobos lampu merah. Bisa kan di ajak duduk ngobrol bersama lalu apabila telah sepaham dan sepemikiran dan terlebih pendapat mas elanto sudah didengar dan disampaikn diterima dgn baik olh para pihak, maka tidak perlu adanya aksi tersebut.

    Krn apa? Anda (mas elanto) adalah bukan petugas satlantas.. Anda adalah warga negara (sipil), tidak bisa seenak nya bertindak,tau aturan tau prosedur (kan udh umur 34 yg menurut uu sudah dianggap dewasa) dan maap yah aksi tersebut adalah tidak tepat sesuai kondisi dan waktunya dan juga lebih condong ke unsur kesengajaan berencana (sudah mempersiapkn juru fotolah, perekam video lah, lalu menggunakan sepeda agr dianggap pengguna jalan (pesepeda) yg menurut aturan lebih harus diutamakan keselamatan dlm hal berlalu lintas dr para pengendaraan bermotor roda dua/ roda empat, lalu menggunakan atribut keselamatan bersepeda lengkap mulai dr helm sepeda,rem ada,lampu stop rem ada, lampu depan ada, alat bunyi (klakson) ada, lalu sampai dalam memposisikan diri berdiri tepat di zebracross saat menghadang pemoge). Semua telah disusun dg perencanaan lebih dulu (maaf bukan su’uzon), berbicara perencanaan berarti adanya NIAT, niat ini adalah ITIKAD, nah itikad inilah yg sebenarnya tidak sesuai pada kondisi dan waktunya. Jika saja (Andaikan) saat itu ada pemoge= pengendara bermotor yang menabrak mas elanto, bisa saja nanti dalil yg anda gunakan adalah pengguna jalan bukan bermotor (pejalan kaki/pesepeda) yg lbh di utamakan keselamatannya dr para pengendara bermotor, lalu memposisikan tepat di zebracros pada saat lampu merah NYALA/AKTIF. padahal jelas-jelas ada petugas “resmi” penegak hukum POLRI dr satlantas (PATWAL/Foreder) juga ada mobil dinas Polisi Militer (PM) yang menjaga & mengikuti iring iringan (konvoi), ditambah ada petugas satlantas di beberapa titik tertentu di persimpangan yang mengatur arus lalu lintas. Lalu mas elanto menghadang dan menyetopkan (bukan petugas) dan bilang ini merah ini merah lampunya. Lah kan jelas2 sudah ada petugas satlantas resmi berseragam jadi sudah ada Managemen dan rekayasa lalu lintas yg di laksanakan, selama petugas mengatur itupun menjadi rambu yang harus ditaati dan dipatuhi.

    Lalu banyak netizen yang meluas dari topik yang sebenarnya mas elanto sampaikan hanya sebatas patuhi rambu, dimana netizen/masy.luas lebih mengusik tentang aturan UU Lalu lintas dan Angkutan jalan Nomor 22/2009 dlm pasal 134 huruf G dan juga dlm penjelasan pasal 134 huruf G tsb. isi generalnya adalh penggunaan patwal/foreder utk konvoi kepentingan tertentu dan dlm penjelasannya memang tdk ada disebutkn secara terminologi utk motor ber cc besar/mobil supercar/ kalangan artis/kepentingan ormas dan lain2. Walaupun di UU tdk dijelaskan secara jelas kan ada aturan dibawahnya yg mengatur melalui Peraturan pemerintah (PP) no.74/2014 tentang angkutan jalan;
    Peraturan pemerintah (PP) no.43/1993 tentang prasarana dan lalu lintas jalan; dan pastinya JUKLAK-JUKNIS detail penggunaan patwal/foreder di pahami betul oleh direktorat lalu lintas. Yang pasti ada penilaian2 dr ditlantas yang memperbolehkan penggunaan fasilitas negara tsb, kalau SUDAH IJIN MELAPORKAN dan MENDATA (Ijin lapor jumlah kendaraan yang melintas, ijin rute yang dilewati, jam/waktu melintas, kegiatan yang dituju dalam pengawalan, Data kelengkapan surat mengemudi kendaraan dan kelengkapan bermotor).

    Saling mengingatkan bagus mas elanto tp Cara dan Waktu kondisi nya Tidak Tepat. kalo mau ya cukup Laporkan donk temuan2 dilapangan dg pembuktian yang memenuhi syarat sahnya alat bukti ke ditlantas setempat. Dan tinggal tunggu respon dari ditlantas, kalo kurang puas ya bisa naik lagi aduan laporan tersebut ke Kanit Bagian Humas/ Bagian Laporan Masyarakat di Ditlantas. Kurang puas belum ada tanggapan/ respon yahh.. Adukan lagi ke Direktorat Lalu lintas Pusat/ Humas Polri dan bisa di angkat ke media cetak. Jadi ada tahap tahapnya mas elanto, bukan ujug2 kesel krn ga di respon ditlantas atas laporan aduan yg kata mas elanto sudah sering di sampaikan sejak thn 2014 hingga sekarang, lalu bertindak dengan cara sendiri (sama seperti pengemudi mobil Ichiro) atas ketidak senangan pelaksana penyelenggaran berlalu lintas.

    Sangat disayangkan dan disesalkan mungkin niatnya mas elanto baik tp tidak pada situasi kondisi dan waktu yang tepat.

    Perihal adanya para pengguna jalan (pengendara bermotor dimaksud pemoge dan pengendara mobil bukan mobil dinas kepolisian) tidak memenuhi kelengkapan bermotor seperti penggunaan Strobo/ lampu rotator Biru, pengguna sirine, pemoge yang tidak menyalakan lampu utama pd siang hari, memakai helm tidak sesuai SNI, tanpa plat nomor polisi di posisi Depan, knalpot tidak sesuai standar pabirkan,dll patut di kenakan prosedur tilang krn sifatnya pelanggaran (ringan-sedang).

    Jadi sama sama memiliki hak pengguna jalan, sama sama membayar pajak sbg warga negara yang taat pajak, ya sama sama pahami dan patuhi aturan yang berlaku di NKRI.

    Nb; pemasukan negara besar loh dr PPnbm (moge dan supercar), kalo pemiliknya benar-benar mendaftarkan dan membayarkan pajak kendaraanya.
    ================

    bener mas..

    agak jijik juga dgn mas elanto..
    seolah olah mau show up, kalo dia berartibut lengkap.
    bawa2 kameraman segala…

    its planned

    • Kalau yg laporanya cuma 1 orang sampe botak sariawan juga ga bakalan di gubris bro…kaya ga tau aja..? Semua sudah teroganisir dg baik dan sudah mendarah daging…… cukup tau aja.

  80. HANYA IWB yg punya pendapat OBYEKTIF dibanding blog lain,FAIR dan menurut UULAJ yg berlaku.SALUT BANGET DENGAN IWB.

    yg komen diatas sepertinya tidak pernah mencermati kesalahan motor kecil,motor desa,bus malam,pengendara motor dibawah umur.
    maka jadilah opini sepihak,kebetulan banyak teman dan didasari IRI.klop lah sudah.

  81. Kalau baca UU nya jelas yg selalu di untungkan oleh undang – undang adalah para pejabat aparat sedangkan rakyat selalu jadi korban dari UU nah yg jadi pertanyaan yg timbul di hati? TERUS PERSAMAAN HAK DALAM HUKUM YG TERCANTUM DALAM UUD DI LETAKAN DIMANA?…kalau ambulans, kereta api dan damkar atau presiden yg lewat silahkan trobos lampu merah nah rombongan gaya”an di atas moge yg belum jelas maksud dan tujuanya apa di tambah bayar pajak apa ga. Sudah seolah-olah jalan milik pribadi…….

  82. Aksi yang bagus supaya semua mata tertuju pada niat Elanto yang tulus.

    BAGAIMANA JIKA dari arah lain nun jauh di belakang sedang antri ibu yg mau melahirkan/ org sakit parah/ korban keceakaan, dll. APALAGI org tersebut adalah keluarga anda.

    KENAPA “kepentingan tertentu” ini gak pergi masing-masing aja ke tempat tujuan??

  83. Emang Polisi udah jadi jongos aka murahan bisa di beli jadi kacung kacung pemilik moge aka Motor Bodong Indonesia.. Masyarakat No 1000000…. y penting ada uang itu y di layani.. wkwkwkwkw memalukan. pake bilang keterttiban lalin segala… nah y laen di stop itu mksdnya apa. justru karena dstop jadi gk tertib lalinnya. jalan jadi macet.. petugas goblok…..

  84. Eleh-eleh akang-akang kasep en bageur pisan Harley Davidson Club,knp tdk tour and riding di Lembang dan Bandung.Disini byk pengagum setiamu.Mampir kang ntar budak2 Lembang nan geulis siap menyajikan perkedel jande dan bandrek susu yg tersohor diseluruh dunia.Susunyapun susu segar yg diperas perawan Lembang dimalam gulita.Ah….akang yg suka ngontel,jgn suka nyabot ya.Perawan Lembang yg hobi goes-goes naik turun bukit jg tdk suka nyabot,peace gituh…
    Nah utk menjaga keamanan dan kenyamanan HDC Indonesia berkendara saat Tour and Riding,Ikatan Perawan Lembang Asri siap mendukung dan mengawal Tour anda.Jadi vooridjer juka Oke…

  85. kalau memang polisi jelek dan dianggap kacung mending Polisi ditiadakan saja! Jadi kalau besok anda mau dibunuh, anak anda diperkosa, saudara anda dimutilasi jangan lapor ke polisi!! Atasi masalah anda sendiri!! Mikir pake otak woy jangan cuma ngedepanin IRI dan DENGKI aja. Lihat dari sisi yang lain. Masih banyak sisi baik daripada sisi buruknya. Yang sekolah polisi siapa yang sok pinter siapa. Kayak anda bisa aja masuk ke sekolah polisi. Realitas ajalah bro!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here