iklan iwb

banner-460x110460x110(2)

new CB150R red

Bro dan sis sekalian….artikel ini merupakan penjelasan berseri tentang Honda new CB150R. Kode project K15G yang ternyata menjadi sosok berbeda nyaris berubah dari gen lawas. Edannnya…..tidak hanya tampilan fisik, namun dapur pacupun nyaris berubah tidak sama dengan versi lawas. Seperti apa?…….
IWB-TMC-NAKEDVOLUTION
sukamart-april2

iklan iwb

460x110

AHM menyebutnya all new. Jadi dalam presentasi pak Endro (AHM Teknis division) sudah tidak menyebutnya lagi similar-unsimilar part. “Biasanya presentasi menggunakan similar-unsilimilar part. Tapi kali ini tidak sebab hampir semua komponen berubah. Yang ada bahan bisa banyak banget…” serunya tersenyum. Nah…untuk new engine sport 150cc beberapa poin yang dijadikan acuan revisi yakni…..karakteristik output fleksibel, meningkatkan efisiensi bahan bakar, level kenyamanan tinggi, tampilan desain dengan fungsi keindahan serta perawatan mudah. Bisa dijabarkan sebagai berikut….

Karakteristik output fleksibel

revisi engine CB150R

Pada poin ini….ada 3 yang menjadi konsen utama yakni meningkatkan tenaga mesin (merevisi struktur valve, ruang bakar, sistem pendingin)…..menaikkan torsi diputaran rendah dan menengah ( dengan merombak mesin mendekati square)…..dan memperbaiki sistem aliran udara intake dan exhaust (saringan udara, PGM FI + O2 sensor, sudut kemiringan mesin, exhaust muffler)

1. Meningkatkan tenaga mesin

rveisi engine cb150R 2

Honda Berusaha meningkatkan tenaga mesin dengan merevisi struktur ruang bakar, valve serta sistem pendingin. Untuk struktur valve mereka melakukan sentuhan dengan merubah sudut kemiringan valve dari sebelumnya 16 derajat menjadi 14 derajat. Hal ini untuk memastikan aliran udara dan bahan bakar mengalir maksimal….

Yang kedua adalah Valve steam dan valve diameter. Honda memperkecil diamater valve dari sebelumnya “In” 24mm menjadi 22mm serta “Ex” dari 21 mm menjadi 19mm. Selain itu…dudukan valve steam juga diperkecil. Supaya campuran bahan bakar tetap optimal…..injektor dibuat dengan 8 lubang (dari sebelumnya 6 lubang). Jadi injektor-pun beda mzbro. Dan terakhir….diameter throttle body versi baru berukuran 30 mm. Keuntungannya untuk meningkatkan output dengan memperbaiki efisiensi aliran udara disaluran In…

?revisi engine CB150R 3 (2)revisi engine CB150R 3 (1) revisi engine CB150R 3 (3) revisi engine CB150R 3 (4)

IMG_2026 IMG_2028

Pada ruang bakar….Honda meningkatkan kompresi agar pembakaran makin efisien serta sempurna (11,3 : 1), ruang bakar tipe model pent roof chamber….menyesuaikan bore yaitu 57,3 mm (model sebelumnya 63,5mm). Hal ini untuk meraih tujuan meningkatkan power mesin serta mengurangi efek panas berlebih diruang bakar. Untuk melengkapi semuanya….pabrikan memperingan dan memperkuat komponen dengan piston lebih enteng 18 gr, pin piston lighter 10 gr dan con. rod 4 gr lighter…

Dan yang terakhir adalah….perombakan sistem pendingin. Pada mesin generasi baru….insinyur Honda merombak dengan cooling system yang disebut built in structure inside engine. Jangan kaget jika hose (slang) pada mesin baru hilang karena aliran pendingin sekarang masuk kedalam dinding mesin sehingga lebih efisien, kompak serta efektif. Dari sini terlihat….walau menggunakan basis engine sama….struktur dalam juga diobrak-abrik mzbro…..

2. Menaikkan torsi diputaran rendah dan menengah

menaikkan torsi CB150R (1)

Pada CB150R lawas…..konfigurasi mesin masuk kategori overbore 63,5 x 47,2 yang memiliki karakteristik power tinggi namun torsi sedikit rendah. Karena melihat kebutuhan….maka Honda merevisi mendekati square (dimana bore dan stroke sama). Maka spesifikasi terbaru bore x stroke 57,3 mm x 57,8mm. Keunggulan konfigurasi mesin ini adalah torsi putaran rendah dan menengah meningkat…..bahan bakar lebih efisien (karena kita tidak perlu membuka gas dalam untuk mengatrol power bawah) sehingga motor akan cocok digunakan stop and go yang menguras akselerasi. Tidak heran mau ban gambot 130 dan 110….tarikan malah nendang tenan….

3. Penyempurnaan sistem udara dan exhaust

Wisss….sampeyan intip wae detilnya dibawah ini….

menaikkan torsi CB150R (5) menaikkan torsi CB150R (4) menaikkan torsi CB150R (3) menaikkan torsi CB150R (2)

4. Meningkatkan efiensi bahan bakar

Menggaris bawahi dua poin yakni teknologi minim gesekan…

– Offset silinder

teknologi minim gesekan CB150R (3)

– Spiny sleeves

teknologi minim gesekan CB150R (4)

– Valve train

teknologi minim gesekan CB150R (5)

– Meningkatkan efisiensi generator

teknologi minim gesekan CB150R (1)

5. Level kenyamanan tinggi

– Uniaxial primary balance

level kenyaman new CB150R (2)

– Noisy reduction technology

level kenyaman new CB150R (3)

– Bentuk cover silinder dan silinder head

level kenyaman new CB150R (4)

CB150 old vs CB150R anyar

Yup….itulah perombakan new CB150R diluar sisi visual. Nyaris seluruh komponen berbeda mzbro. Bahkan untuk dudukan tanki hingga behel belakangpun tidak sama. So…bagi pengguna old CB jangan berharap ada komponen berat new CB bisa dicangkokkan pada old CB. Baik lampu LED ataupun speedometer. Sebab kelistrikanpun berpengaruh penting. Lawong sensor speed wae pindah mzbro. Mungkin kampas rem baru kembar :mrgreen: . Pada next artikel IWB akan membuat artikel dari pertanyaan sampeyan semua. Honda new CB150R??. Serasa melihat gen anyar kang…….berubah blasss ! (iwb)

301 COMMENTS

      • Yoii vrooohh..

        Lha pie.. ? Sebelah hedlamp wae njiplak kawak mono.. ekekekekekekk

        Opo maneh mesine … ba.bison misalke.. SURAAMMMMMM…

        EKEEEKEKEKEEKE!

        • Biarpun headlamp jiplak kawak 250SL yg penting yamaha punya fitur unggulan yaitu mesin ngebul, oli rembes, velg kaleng kerupuk, shok mleyot, dsb

          Fitur ini yg susah dicari pd kompetitor dan sudah dipatenkan yamaha

          Hahaha

    • Pergi berlayar naik kapal
      beli korma ke madinah
      Si cebong giginya rompal
      Ga cuma satu tapi berjamaah

      ekekekekek

    • Ne pasti gara fb jelek2in ovestroke makanya nyari istilah laen…. konfigurasi sama persis ama verza yg overstroke…
      Nearly square aslinya overstroke persis verza..

        • Hubungannya ama dohc overstroke apa masvro..?
          Kalo di verza ga malu2 disebut overstroke..
          Yg ne nyari istilah marketing laen . Gara2 fb terlanjur bully overstroke..

          • Tp kox. D kejurnas ip 150. Brsn d sentul..Old cb mborong juara … Lwn ny nvl, mx king, r15. Fu. Ale liat d blog sbelah

          • Wkekke diputer2.. s.o.p gini kali yaa… tuh old cibi dohc overbore.. para fb terlanjur bully overstroke.. makanya pas bikin dohc overstroke cari istilah baru.. xixi

  1. Ekeke. . . NVA gak ada yg baru . . Headlamp’nya ada kantong sperma di bawah sperti kondom . . Ekekekekek

  2. mana ni artikel test ride ny ?
    p jangan jangan lebih lemot dr pd cb yg lama…maka ny g di publish

    p d kejutan yg lain ni

    • Apanya yang mantap bro,lha wong motor banyak penyakitnya gitu kok.
      Cocoknya buat tangkringan ayam

      • Yg Ente maksud vixion ya bro??

        Itu sih udah jadi rahasia umum

        Mesin ngebul, oli rembes, velg kaleng kerupuk, shok mleyot, deltabox keropos, komstir oblag, dsb

        Mungkin yamaha punya ambisi utk memecahkan rekor dgn membuat motor paling banyak penyakitnya di dunia

        Makanya ga heran Klo pabrikan tutup mata dgn banyaknya keluhan

        Beda banget dgn Honda

        Setiap ada keluhan langsung diatasi dan beres

        Sekarang pernah ketemu motor honda yg klotok2?? Ga akan pernah ada

        Masih ada motor honda yg tangki ya bocor?? Ga akan ketemu

        Klo yamaha??

        Mesin ngebul, oli rembes, velg gampang ambyar, monoshok ambles, deltabox keropos dari dulu sampai sekarang ya tetep seperti itu, yg disalahin konsumennya yg geber di atas 8000 rpm, dsb

        Jyaaann….

        • kalo rekor 300K unit per semester baru bida di bilang..Cb jdi raja baru..klo cuman 21k per semestet lku kejual..msih jdi anak bawang

  3. Catet ya Hampir semua baru.

    Artine sing lawas bosok kabeh. Wkwkwkwkkw…. n sing anyar tmbe uji coba. Urung teruji lho

    • yg bikn ganjal neh? Bgusan pake sim2’an kaya cbr150,old cb150r,dan satria…atau pake roller rocker arm macm ini? Pusing vrohh..mana motor blum lunas cb150r ane,udah ada yg bru? Kalo fisiknya aja yg beda gak sbrapa mikir….ini luar dalam beda???? Bikn pusing!

      Itu konfigurasi mesin square,,,disinyalir buat ngimbangin pikson yg superior di tarikan awal…..scara dia kan overstroke. Kalo old cb150 karakter hmpir sma kaya cbr150,satria…! Agak berat ditrek awal….tpi bru keliatan di rpm atas….yah mumet’mumet….

  4. heboh bgt bahas cb facelift, beda dg bahas nva singkat gk ada yg heboh….

    aku rapopo wes

    • Ya iya lah . . NVA cuma potong daun pisang, ganti lampu doank . . WOWnya di mana ? Mikir…!! Ekekekek

  5. Klo di jejerin sebenernya nyawa cb old nya masih ada yah. Beda bgt sama vixion old vs new yang total berubah. dan walaupun ini saya akui keren modelnya. Tpi sejujurnya klo di lihat desain vixion lebih terlihat modern. Walaupun belum sepenuhnya karna lampu belum led. Yg membuat vixion kurang bagus menurutku bagian mesin terlihat kecil dan kurus. Beda dg cb yg terlihat padat.

        • Kalo bhas rangka……! Ente mestinya liat rangka flagship merek sesembahan ente….yamaha….R25 dan MT25! apa do’i pake delta box???????? Sama aja kan sma cb150/newcbr150…cbr250? Mau bilang apapun…ente gak bisa ngeyel….

  6. Soal selera itu relatif…kalo saya lebih suka garis desain area tangki smpe shroud pnya old CB dripada New CB…

  7. yg punya cb lama nangis bombay,di kibulin ngahaem terang”an, mau di pake terus takut rompal,mau di jual, harga jatoh, nasib jadi fbh tulul

    • Jangan beli cb bang kalo kata fby penyakitan contonya nih mesin nya rompal . klotok klotok .dohc abal abal . cungkring.body bapa bapa bgt . plat ga di jidat.las lasan pating pecotot ..dan yg paling kronis bisa ngasapin VIXION SOHC SUPERIOR DNA MOTO GP ampe 21 detik lho ?.. Bahaya bang ?

      Udah ambil yg teruji aja bang dri 2007 tu mesin kaga diganti kata fby si dah mentok bagusnya makanya dipertahanin ?.

      Lagian kalo abang beli vixion dapet semua bang . gen cb1000 nya ada . honda hornet nempel juga .kawasaki z250sl ikut .mesin SOHC SUPERIOR DNA MOTO GP lagi .plus harga terjangkau pula .. Ya kalo masalah oli cepet abis mah wajar bang DNA MOTOGP gitu loh ?? Ini SOHC SUPERIOR LHO !!!!!!!

      #MODE on bantuin FBY E

  8. Material and part Kruk-As, gear box buatan PT Musashi Autopart Indonesia yg ad di Cikarang and Karawang, sbgi group astra Pabrikan ini jg selain suplai ke AHM buat all produknya jg buat Suzuki Indonesia, KMI, dan beberapa pabrikan mobil ADM, TMIIN, KTB(Mitsubishi), Suzuki Mobil, dll,
    Kalo Yamaha punya plant group Yamaha yg menyupali part yg sama dngan PT Musashi yaitu PT.YPMI(Yamaha Part Manufacturing Indonesia) yg ad di Karawang, selain itu YPMI jg suplay Rims(velg) buat all product YIMM, velg AHM tetep masih Dari Enkei,

    • Kalo buat Mobil Honda(HPM) disuppali oleh perusahaan HPPM(Honda Precession Part Manufacturing) selain supplai ke HPM sendiri HPPM jg menjual Automatic Transmission’nya ke Pabrikan lain,
      #HPM bukan anggota Group-Astra,,

      #Nanti dilanjut lagi retorika saya, tentang kebijakan2 Managemen perusahaan,,

      Eeekekkekekekeekkee

      • Kok kualitasnya menyedihkan banget ya bro??

        Kesenggol matik dikit aja pada ambyar

        Apa materialnya lain dari yg dipake Honda??

        • Gag enak saya ngomongnya,

          #Mungkin teknologi, SDM and Financial jg mempengaruhi produk yg dihasilkan,
          #Tapi tetep setiap Pabrikan vendor kudu mematuhi standard kualitas Dan keamanan produk yg dihasilkan,

          #You know I mean kan,_??

  9. krna mungkin NVA perubahanya hanya sedikit kang, jd artikelnya tntang NVA cepet abis, beda dgn all new cb pekgo yg perlu bnyk utk di ketahui semua perubahanya .. 😀

  10. Kemaren saya beli cilok, eh buset gerobaknya aja dah pake lampu LED buat penerangan. Bahkan si mali ama tarmiji satpamnya muhidin senternya aja LED broh..

    #josss

    • Ekeekkeekekkekkk…

      Aku pethuk tukang golek bekicot n kodok lampune osram 5 watt vroohh….

      Ekekekekeekkkkekekkk.. miripp…. ah sudahlah

    • Percuma juga headlamp LED jika mika masih gampang meleleh dan boros aki

      Cebong cocoknya buat tangkringan ayam

      • Hadeuh ni orang ngomongnya ga pake OTAK…
        LED itu lebih kecil wattnya, tahan lama dan ga bikin meleleh. Emang masih jaman lampu bohlam ya?

      • Yooi brooh… fby lek ngomong kie fitneh kabeh..

        Apalagi Muntung25 cocoke gawe kandang B@b!

  11. Setelah ahm ngluarin allnew cb150 buat nandingin nva, yakin yimm bakal ngluarin produk all new lg di 150cc. Begitu seterusnya

  12. InsyaAllah…….thn depan ane minta sama orang tua buat nemenin Old cb (diberi kebapak)

    #Maklum msih Abg,sukanya yg fresh

    • Jangan beli cb bang kalo kata fby penyakitan contonya nih mesin nya rompal . klotok klotok .dohc abal abal . cungkring.body bapa bapa bgt . plat ga di jidat.las lasan pating pecotot ..dan yg paling kronis bisa ngasapin VIXION SOHC SUPERIOR DNA MOTO GP ampe 21 detik lho ….. Bahaya bang …

      Udah ambil yg teruji aja bang dri 2007 tu mesin kaga diganti kata fby si dah mentok bagusnya makanya dipertahanin ….

      Lagian kalo abang beli vixion dapet semua bang . gen cb1000 nya ada . honda hornet nempel juga .kawasaki z250sl ikut .mesin SOHC SUPERIOR DNA MOTO GP lagi .plus harga terjangkau pula .. Ya kalo masalah oli cepet abis mah wajar bang DNA MOTOGP gitu loh …… Ini SOHC SUPERIOR LHO !!!!!!!

      #MODE on bantuin FBY E

  13. Saya yakin yamaho gak akan tinggal diam, semua fitur diatas pasti akan diaplikasikan ke new pigsen,, dengan embel embel SMART pastinya..

    Ngoahahaah jlebh…

  14. mungkin krn gen lama gak akan disuntik mati, dan ini satu varian baru.
    mengingat dr sisi harga jg berselisih jauh.
    dan bisa dibilang all new cb150r ini bukan utk menggantikan sang street fire.!!!
    (IMHO)

  15. Klo dari samping kelihatan lebih proporsional old cb…..yang baru kelihatan bantet…ekornya pendek dan bannya yang kelihatan kegedean….tapi detailnya memang lebih ciamik….pertanyaannya apakah materialnya masih sama dengan yang old……yang old dari jauh kelihatan ganteng juga…..setelah didekati dan diteliti……ternyata eh ternyata…….. 🙂

  16. bang iwan…motor kan secara fisik didistribusiin sonic duluan..walau secara rilis bersamaan..ya toh masa lebih banyakan kupas jeroanya new Cb mulu..sonic lah dikupas lebih didalam..jgn cb mulu..lah

    • Iya Vroh,,
      Tergantung deal,
      itu yg gw tau,
      Soalnya baru HPPM yg bisa bikin A/T terkini dengan V matic, kalo yg lain baru sebatas pake A/T gear konvensional,
      #Cek ajj perbedaan A/T Avansa velos vs A/T Honda Freed,,

      ,,,eeeekkkkeeeekkeee

  17. manteb bgt emang lek
    kalo pun ditengah jalan ada yg salah dengan motor ini pasti nanti ada recall
    secara motor flagship buat ngelawan saingannya gitu :mrgreen:
    tidak ada salahnya coba beli ini motor

  18. Belum lagi suara mufflernya……katanya lebih lembut….mosok badan kekar suaranya lembut….klo diganti after market suaranya aja yang kenceng….bensin tambah boros….performa bisa jadi malah ngedrop klo nggak cocok…..

  19. mantap ilmunya kang iwan. pagi2 udah nambah ilmu mesin. beruntung secangkir kopi bisa meredam panasnya otakku. jozzzz

  20. Lutung Lutung Yamaha Bilang New CB Itu Modelnya Selera Bapak Bapak, Tapi Di Satu Sisi Lutung Bilang New CB Modelnya Mirip Bgt New Pigson

    Ini Berati Mongtor New Pigson Juga Modelnya Selera bapak Bapak

    Jleebbb

    Lutung Lutung Yamaha Bilang New CB 150 Desainnya Jelek, Disisi Lain Lutung Yamaha Bilang New CB Desainnya Jiplak Pigson

    Ini Artinya Desain New Pigson Juga Uelelelleeekkkk

    Lutuuung Lutuuuung Sini Makan Dedak Dulu

    Ngooahahahahahaha

    Jleebb

  21. All new system. All new design. All new price. All out banget deh AHM… 😀

    Sebelah cuma ganti topeng sm motong buntut, harga naek. Ky gitu doang mah modif kelas pinggir jalan jg bisa. Dagelan 😀

  22. Kata cocod fby kui kabeh lek nyontek piigsons sohc keleperrr….!!

    Bruakakakakaaaakkaakkkk

  23. Iki buru ADVANCEDDDDD….

    Yahomo congor wae advance ganti stiker wis kakehen bacod..

    Ekekkkekekeekeekekekkkkk

  24. lengkuap…lek… apakah ndak takut di contek kompetitor2 lain lek… hanya bermodalkan kata2..mungkin porgetpiston, cooled system, apa yang lainlah…heee

  25. Insinyuur honda lulusan ternama itb misalke.

    Bedo karo sebelah.. grade STM ekekekekkekk
    buktine des?ner pigsonss nyewo aka bayaran..

    Opo maneh babisonn.. wakaak kaka.k.. SURAM!!!

  26. Clandestine yahomo giring ngarepan palsu MT15….

    Mueeesakee.. bar njebul modele koyok MunTung25.. !!!

    Huahahahaha… SUREMMMM…

Comments are closed.