iklan iwb
iklan iwb

460x110-460x110(2)

test ride Yamaha Byson FI (2)

Bro dan sis sekalian…mohon maaf jika artikel sedikit lambat karena baru sekarang IWB bisa nggodok artikel tentang impressi tes ride Yamaha Byson FI. Motor yang dibekali dengan tekhnologi terbaru yakni pengabut bahan bakar injeksi meninggalkan karbu…membuat kita cukup penasaran, apakah secara performa motor ini lebih inferior dibandingkan dengan gen sebelumnya mengingat kubikasi yang turun dari 153 cc menjadi 149,3 cc. Sebagai mantan penunggang Byson karbu….tentu IWB sangat hafal dengan karakter sang kuda besi. So…dalam artikel ini IWB akan kupas impressi tes ride yang masuk kategori diluar dugaan. Loh…emang kenapa…??Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB(1)
pos jaga parts

iklan iwb

460x160idul fitri

Ergonomi

Secara ergonomi, IWB nyaris tidak menemukan perbedaan dibandingkan versi karbu. Posisi badan rileks dengan handle bar cukup lebar (727 mm), paha menjepit kokoh di tanki ditunjang dengan foot peg yang terasa begitu pas saat kaki menginjak komponen tersebut. So…secara umum bagi sampeyan yang biasa nunggang Byson karbu tidak akan menemukan perbedaan berarti…

test ride Yamaha Byson FI (7)

Yup….walau Yamaha meningkatkan ground clearence hingga 10 mm, IWB tidak merasakan perbedaan apapun. Hal ini dikarenakan tingkat ketebalan jok juga diatur supaya feel riding masih tetap nyaman. So…untuk tinggi badan 170 kebawah, Byson FI sangat bersahabat. Jujur masalah ergonomi….rangking Byson masuk kategori cukup tinggi bagi IWB. Rileks, menyatu serta cukup istimewa untuk ukuran motor touring…

Fitur

test ride Yamaha Byson FI (1)

Pada versi injeksi Yamaha membekali spedometer full digital model terbaru. Disana kita menemui ada eco indikator yang dihubungkan dengan ECU dimana lampu akan menyala ketika kita berkendara pada kisaran speed 20 – 70 km/jam. Dan saat IWB tes…..secara pintar fitur ini bekerja dengan baik. Sensor membaca speed serta throttle position yang kan mengontrol kedua komponen agar efisiensi bisa terjaga. Fitur ini sangat mirip dengan skutik blue core series yang sudah dirilis oleh Yamaha. Selebihnya memang tidak ada tambahan lain mzbro. Padahal kita berharap Yamaha sudi menambah kunci magnet serta disk brake belakang agar new Byson sempurna. Sayang hal itu tidak terkabul. Mungkin alasan pricing mzbro….

Engine

Yamaha Byson FI_2015 (12)

Mesin Byson terbaru telah dibekali pengabut bahan bakar yang memiliki 8 sensor grup dengan 28 mm throttle body. Komponen ini akan mengontrol crankshaft position, oil temperatur, O2 sensor, learn angle sensor, injektor, fuel pump dan masih banyak lagi lainnya. Secara specifikasi….versi injeksi memiliki power yang lebih inferior dibandingkan dengan versi karbu dimana muntahan power versi FI mencapai 9,61 kw (13,06ps)/8000 rpm. Bandingkan dengan gen lawas yang tembus 10,1 kw (13,73ps)/7500 rpm. Begitu pula torsi 12,98 nm/6000 rpm vs 13,6 nm/6000 rpm. Terus gimana saat dijajal dilapangan..??

IWB cukup terkejut karena feel akselerasi lebih njambak dibandingkan versi karbu. Terutama power middle up yang terasa lebih ngisi. Hal ini membuat IWB mengerutkan dahi. Sebagai biker yang tahu betul karakter Byson…tidak diragukan gen anyar memang lebih superior dari segi akselerasi. Jujur hal ini lumayan mengejutkan karena spefikasi resmi mengatakan sebaliknya. Emboh….piye kuwi ngitunge. Dari analisa IWB….kemungkinan akibat penurunan bobot dari sebelumnya 137 menjadi 133 kg menyumbang signifikan dari sisi akselerasi. Hanya itu??. Kayaknya nggak mzbro….

Kunci lain adalah adanya penyempurnaan durasi katup serta pembakaran dimana Yamaha menyebutnya optimal valve duration serta hemispherical combustion chamber. Sayang…..testing hanya melaju pada speed dibawah 60 km/jam. Jadi IWB tidak bisa mencicipi kekuatan power atas. Dari segala kelebihan tersebut satu yang cukup mengganggu IWB adalah….keputusan Yamaha merombak design spedometer menjadi lebih mungil. Kenapa..??. Mungkin secara visual jauh lebih cakep. Hanya saja pada versi injeksi……angka sedikit sulit terbaca dibandingkan sebelumnya (terlalu mungil). Blunder lain adalah pemilihan back light dari warna oranye terang menjadi orange gelap cenderung merah. Weleh…..jiaan brebes mili mzbro bacanya saat malam hari. Opo mripat IWB nggak nggak beres ya…..

Handling

test ride Yamaha Byson FI (3)

No doubt mzbro…..secara cemerlang Yamaha mampu mempertahankan kekuatan handling Byson. Motor ini gampang ditekuk, ringan tapi stabil dan nurut. Semua semakin lengkap karena strenght poin Byson yang memiliki engine halus tetap dipertahankan. Bahkan saat IWB coba melakukan aksi rebah….ban belakang lebih terkontrol. Sepertinya manuver Yamaha memperbesar ban cukup berhasil. Yup…..pada generasi injeksi ukuran ban belakang ditingkatkan satu ukuran dari 120 ke 130. Penyumbang handling juga akibat perubahan konstruksi frame. Walau sama-sama menganut tipe diamond…..Yamaha mengatakan sasis versi terbaru lebih rigid 12 %. Efeknya??….ancen stabil euy…..

Braking

Yamaha Byson FI_2015 (16) Yamaha Byson FI_2015 (15)

Untuk pengereman…..ciri khas Yamaha tetap dipertahankan. Pakem dan empuk. Sayang motor ini sedikit kesulitan saat IWB coba melakukan hard braking. Masalahnya adalah seluruh titik pengeraman mengandalkan disk depan karena komponen belakang kurang memberikan konstribusi signifikan. Disinilah kelemahan tromol yang memang tidak sekuat disk brake. Namun secara umum untuk menghentikan laju Byson….kombinasi rem tersebut sudah cukup mumpuni…..

Material dan finishing

Jika dibandingkan dengan versi karbu tidak banyak perbedaan material serta finishing dari Byson FI. Secara umum cukup bagus walau tidak bisa juga dikatakan istimewa. Namun entah kenapa……IWB tetap menyukai finishing Byson generasi awal yang di lebur cat powder coat pada crankcase engine. Sekarang lebih cenderung menggunakan cat model mengkilap sehingga terkesan “cheap” ……

Kesimpulan

Design adalah selera. Tapi percaya atau tidak…….secara performa New Byson FI cukup megejutkan IWB. Dengan power diatas kertas lebih rendah, motor ini memiliki karakter tendangan lebih ngisi dibandingkan versi karbu. Unbeliveable…!!!. Sampeyan pasti tidak percaya, begitu pula IWB. Bolak balik melakukan running tes…awalnya IWB masih mengingkari feeling yang IWB rasakan. Namun setelah memastikan dengan sungguh – sungguh….diartikel ini IWB berani pastikan klaim standing acceleration 0 – 400 m lebih cepat 1 detik dari karbu bukanlah omong kosong…..

Power lebih ngisi serta padat khususnya pada low dan middle rpm. Kelemahan Byson karbu yang kurang bertenaga diputaran atas pun sedikit diperbaiki. So…kesimpulan terakhir dari sisi performa, New Byson FI memang lebih baik dibanding versi karbu. Ora percoyo…??? monggo buktikan sendiri mzbro. Klaim power dan torsi turun plus ban belakang gambot…dikompensasi bobot kendaraan yang lebih ringan 4 kg plus penyempurnaan sisi pembakaran membuat semuanya berbeda saat dilapangan…..

Last…setiap generasi baru selalu mendapatkan perbaikan begitu pula Byson FI. Walau beberapa revisi juga malah membuatnya blunder khususnya konsole spedometer yang sulit terbaca dimalam hari. Terlepas dari semua…..Byson memang cocok bagi Bikers yang menginginkan kenyamanan dan hadling maksimal tanpa takut rasa capek mendera pengendara diatasnya. Mesin halus, ergonomi rileks, handling ringan menjadi nilai lebih yang sulit diingkari. Namun jika sampeyan adalah tipe rider yang berangasan suka performa nampol….Byson bukanlah motor yang cocok. Power delivery-nya sangat smooth dan tidak mengintimidasi. Hanya saja jika sampeyan nanya….apakah Byson FI lebih lemot dari karbu. Jawabannya…tidak mzbro !!. Unbelieveable-kan?!. So…..Welldone Yamaha !!….(iwb)

 test ride Yamaha Byson FI (8)

iklan iwb
Previous articleKetika Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengucapkan selamat Idul Fitri…..
Next articleSelamat tinggal Kawasaki Ninja 150 SKIPS engine……
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!