iklan iwb
iklan iwb

460x110GDN-460x110

ASTRA MOTOR - Mudik

Bro dan sis sekalian…sopo sing ora was-was jika motor dikandangin dikontrakan atau dikos-kosan ketika kita tinggal pulang kampung. Selain aki soak…..ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian. Kira-kira apa saja?. Nah…mumpung ketemu dengan ahlinya yakni bro Michael Gerald Gozal dari Safety Riding Analyst Astra Motor…..doi memberikan tips jitu supaya motor tetap aman dan prima….
Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB(1)
pos jaga parts

iklan iwb

460x160idul fitri

Jika kita mudik menggunakan angkutan umum dan meninggalkan sepeda motor kesayangan di rumah…ada baiknya sampeyan ikutin tips dari bro Michael Gerald berikut ini supaya motor tetap fit dan bisa digunakan seperti biasa. Apalagi IWB tahu……periode penyimpanan bisa lebih dari 1 minggu. Penasaran??. Berikut tips yang IWB peroleh dari doi…

1. Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

2. Isi bensin dalam kondisi penuh (fulltank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

3. Cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.

4. Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan.

5. Berdirikan motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.

6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung yang sudah didesain untuk motor.

7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki…

Yup……itulah 7 poin yang digaris bawahi doi dan mungkin bisa menjadi masukan untuk sampeyan yang siap-siap mau mudik meninggalkan motor dirumah. btw…tips ini juga bisa diaplikasi bagi sampeyan yang merantau hingga 1 bulan misalnya. Semoga berguna dan salam jouzzz gandozzzz :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements

50 COMMENTS

  1. Kang.. kalo yg di tinggal lama itu motor yg ga ada kick staternya gimana? Seperti ninja .Langsung pakai elektrik stater atau ada tips lain.

  2. haha..thx mas iwan tips nya..saya punya dua motor cs1 dan cbr 150 fi dua2 nya sering ditinggalin berbulan2..tpi sya gak pernah nyabut aki. itu gak apa2 ya? tpi sma orang rumah sering dipanasin 3 atau 4 hari sekali. ini gak apa2 mas iwan?. tpi uda berkali2 sya lakuin dr taun 2013 silam kedua mtr ini pas saya pake lgi gak ada masalah. enak2 aja..starter lancar, display speedo gak redup. apa ini gak apa2 mas

  3. trus sing penting maneh,,usahakan duwe kampung halaman n duwe motor dewe sak durunge budal. mosok gk duwe kampung n sepeda repot ngurusi sepedae tonggo… wekawekawekakakakak

  4. Lek kalo mobil Mobil FBH gimana lek kan ada LCGC brio sedan City sama jazz CRV HRV dan CRZ

    apa juga harus Di nyalain pake kick stater juga

    ekekekekekekekek

  5. Jangan lupa ye cung cakram nya di gembok sayang kan mbit Angsuran se umur hidup

    ekekekek

  6. Sy kalo pulkam 1,5 bulan kang, ada tips ga kang agar mudah menghidupkan motornya setelah di tinggal hampir 2 bulan?
    Soalnya pengalaman yg dulu2 yg paling susah yg hidupin motor itu.

  7. Kalau produk AHM yang ditinggal mudik,dijamin tidak akan ada yang mencuri. Lha wong kualitasnya saja amburadul,misal rompal,tanki bocor,rantai berisik,cat bunglon dan body tipis.

  8. 1. Pastikan Anda memiliki Sepeda Motor
    2. Pastikan Anda Tidak membawa motor saat anda mudik tidak dengan sepeda motor.
    3. Pastikan Motor Anda Honda Prima bukan Honda Spacy apalagi Beat, supaya pas pulang dari mudik motor anda tetap Prima.

  9. Matur suwun infone lek berguna bagetz, saolnya Jaranku neng kampung Jarang di enggo.. Paling di Panasi tok,,

  10. Hati2 dijalan lek,
    Dan buat para pemudik yg lain juga, doa dan safety riding pastinya..
    Dan yg terpenting “pastikan anda punya kampung halaman” hehehe
    Peace… šŸ˜€

  11. Ygg ai punya! cabut aki, kosongin tanki besin, motor cuci bersih, dimasukin ke kotak kayu! dikasih lampu 50 watt! biar ga lembab! tertutup rapat!! plg mudik lsg ganti oli! aman dech!

  12. Byson aman2 lik tak tinggal selama 3 bln maklum kerja diluar jawa,jadi kepakai tiap cuti itupun hanya 2minggu..itu jg tanpa dipanasin sama sekali,disitu q salut sama aki yuasa yg dipakai yamaha,tiap kali plg cuti distater langsung mau nyala engine,tanpa ada batray drop dan kondisi batray tdk dilepas dan mode lampu kontak on langsung nya..

  13. terlalu ribet itu Brooo… mending motor di titipkan di Kantor Pegadaian aja.. terhindar dari rasa was was… mengatasi masalah tanpa masalah. beres to Brooo

  14. @24..
    Akinya dilepas kutub2nya brooo..
    seperti saran no.3

    Tapi kang IWB.. klo aki dilepas, kira2 ngaruh ke settingan ECU ga? Ni kasusnya motor injeksi yak..

  15. Satu lagi mas Iwan, Busi jangan lupa di cabut & di simpan di tempat yang aman.
    Ini berguna juga untuk menghindari maling yang reseh karna tertarik dengan motor yang di tinggal mudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here