460x110GDN-460x110

ASTRA MOTOR - Mudik

Bro dan sis sekalian…sopo sing ora was-was jika motor dikandangin dikontrakan atau dikos-kosan ketika kita tinggal pulang kampung. Selain aki soak…..ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian. Kira-kira apa saja?. Nah…mumpung ketemu dengan ahlinya yakni bro Michael Gerald Gozal dari Safety Riding Analyst Astra Motor…..doi memberikan tips jitu supaya motor tetap aman dan prima….
Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB(1)
pos jaga parts

460x160idul fitri

Jika kita mudik menggunakan angkutan umum dan meninggalkan sepeda motor kesayangan di rumah…ada baiknya sampeyan ikutin tips dari bro Michael Gerald berikut ini supaya motor tetap fit dan bisa digunakan seperti biasa. Apalagi IWB tahu……periode penyimpanan bisa lebih dari 1 minggu. Penasaran??. Berikut tips yang IWB peroleh dari doi…

1. Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

2. Isi bensin dalam kondisi penuh (fulltank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

3. Cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.

4. Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan.

5. Berdirikan motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.

6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung yang sudah didesain untuk motor.

7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki…

Yup……itulah 7 poin yang digaris bawahi doi dan mungkin bisa menjadi masukan untuk sampeyan yang siap-siap mau mudik meninggalkan motor dirumah. btw…tips ini juga bisa diaplikasi bagi sampeyan yang merantau hingga 1 bulan misalnya. Semoga berguna dan salam jouzzz gandozzzz :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements