iklan iwb
iklan iwb

AHM2015-Banner-460x110px460x110_rev(1)

Sonic 150 (4)

Sugeng enjing selamat pagi brosis. Wisss sahur to?. Alhamdulilah kalau sudah. Kalau IWB tinggal ngantuke ki rekkk susah ilang. Maklum….awak makin meroket bobote mangkane bawaan kudu dlosor wae (haiyahh :mrgreen: ). Btw….kalau sampeyan mantengi warung ini secara rutin pasti tahu bahwa AHM disinyalir akan memecah K56 jadi 2 varian yakni ayago serta bebek super. Secara viusal pasti beda dan IWB tidak akan membahasnya. Namun kali ini IWB akan mencoba membongkar dari sisi engine….apa sih sebenarnya yang beda diantara keduanya??. Nah…penasaran to??. Monggo lanjutken bacanya……
Banner-Nmax-OnlineBooking_TMC_IWB_460x110px
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

AHM disinyalir memecah kode K56 menjadi 2 varian yakni ayago (K56A) dan bebek super (K56F). Soal desain sudah pasti perbedaan mendasar kita lihat pada garpu depan dimana siayago menggunakan front fork model full seperti sport bike sedang sibebek super layaknya moped tipe dengan braket dibawah. Selebihnya hanya tinggal detil desain yang tidak akan kita kupas diartikel ini. Tapi nantiiiiii….sik suwe perkara itu. Hanya saja, IWB akan coba bongkar dari sisi engine hasil penerawangan dari para telik sandi, dukungan pembaca serta analisa beberapa puzzle. Dan inilah hasilnya….

Tebakan kita bahwa engine keduanya dibedakan tidak terbukti. Dari bocoran yang masuk…..AHM mentah-mentah mencangkokkan engine DOHC 150cc bertransmisi 6 speed pada K56A serta K56F. So….akan menjadi nilai plus bagi sang moped sebab musuh yang dihadapi yakni MX King hanya dibekali 5 speed. Secara teknis mungkin tidak banyak berpengaruh mengingat engineering sudah menghitung secara teliti total balance sang kuda besi. Akan tetapi mindset dipasar bisa beda mzbro dimana biasanya biker lebih demen transmisi 6 speed dibanding 5 speed…..

Bocoran kedua dan cukup menarik adalah…..revisi pada engine K15G yang kini dikatakan lebih mirip dengan K56A khususnya cam, transmisi serta kick starter. So…..facelift K15A dengan kode K15G (CB150R) ternyata tidak hanya facelift fisik. Namun sedikit ada penyempurnaan jerohan mesin agar motor lebih efisien, high torque dan good perform. Nah….kembali soal K56A vs K56F. Rasanya memang tidak fair ketika K56F (super moped) yang notabene memiliki kasta dibawah K56A (ayago) memiliki engine identik. Apalagi dari sisi banderol K56F nanti berada dibawah K56A. Tapi setelah IWB gali lebih dalam….ternyata ada sedikit perbedaan mzbro….

Sonic 150 (6)

Karena harga lebih murah dari K56A dan K15G…..maka proses peracikan komponen K56F khususnya pada transmisi 3,5 dan 6 hanya melalui press rolling bukan shaving. Hal ini dilakukan untuk menekan cost agar harga K56F nanti bisa dipepetin melawan MX King. So…AHM disinyalir betul-betul akan membenturkan bebek super mereka melawan produk Yamaha. Emange opo efek proses press rolling vs shaving??. Apakah akan membuat K56F lebih inferior dibanding K56A??….

Tidak juga. Secara kekuatan material atau reliability sama. Namun perbedaannya hanya pada feel perpindahan gigi dimana komponen yang melalui proses shaving terasa lebih smooth atau halus saat shifting dibanding hanya press rolling. Selain itu biasanya suara mesin lebih halus pada putaran tinggi. So…serupa tapi tak sama brosis. Selebihnya sami mawon….

Yup…itulah sekilas perbedaan engine K56A vs K56F. Jadi bisa dibayangin ketika mesin DOHC 150cc 6 speed dicangkokkan pada sasis underbone moped….iso njengat-njengat sampeyan. Body enteng….mesin gambot, ngibrit wis. Dengan seluruh bocoran ini….artinya kedepan AHM bakal memiliki 4 varian sekaligus untuk mesin yang sama yakni K45 (CBR150), K15 (CB150R), K56A (Sonic ayago) serta K56F (bebek super). So…K56A dan K56F??. Sekali rilis dua pabrikan kena tepuk tuh. Horaaaa umum ki AHM :mrgreen: , edian tenannn!. ….(iwb)

iklan iwb
Previous articleYamaha NMAX150 suspensi belakang terlalu keras?. Nih dia solusinya…..
Next articleLima perbedaan Suzuki Satria FU 150-S vs Satria FU 150-R……
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!