iklan iwb

banner-460x110-CB-500F460x110_ok

Byson injeksi

Sahurr sahurrrrr…..tangi oiiii :mrgreen: . Wis sahur durung?. Alhamdulilah kalau sudah brosis. Nah…disela nunggu Subuh….IWB akan coba temani dengan artikel komparasi sikebo karbu vs injeksi. Jika kita gali lebih dalam, ternyata Yamaha tidak hanya merubah tampilan fisik serta pengabut bahan bakar untuk Byson FI. Ada beberapa poin yang bisa dikatakan merupakan pembaharuan sehingga new gen bisa dikatakan lebih baik dibanding versi karbu. Opo wae??. Berikut komparasinya….
Banner-Nmax-OnlineBooking_TMC_IWB_460x110px
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

Headlamp

Yamaha Byson FI (13)

Pada new Byson FI…Yamaha meromba bentuk shape menjadi makin agresif. Sisi ini menjadi kekuatan yang sulit dibantah sebab new gen jadi makin gahar mzbro….

Shroud

Yamaha Byson FI (12)

Untuk melengkapi revisi, Yamaha merombak bentuk shroud. Mereka menyebutnya sebagai the most aggressive fuel tank & air shroud. Untuk yang terakhir…pabrikan membekali dengan kisi-kisi udara seperti jaring dari kawat sehingga terkesan sporty….

Tail light

Yamaha Byson FI (11)

Konsep yang diusung adalah diamond crystal light. Makanya bentuknya seperti berlian. Menurut YIMM posisi stop lamp juga sedikit dinaikkan dibanding versi karbu yang terlalu kebawah…

Split seat

Yamaha Byson FI (10)

Jok berubah menjadi model split agar tampil lebih sporty. Untuk behel belakang yang baru menganut model tanduk….

Muffler

Yamaha Byson FI (9)

Knalpot Byson FI masih sama dengan gen sebelumnya yang dibekali chamber catcon bagian bawah. Tapi pada new gen…..cover casing dirombak sehingga tampil lebih sangar. IMHO sisi ini memang membuat new Byson cukup unik dan tampil futuristik….

Engine

Yamaha Byson FI (5) Yamaha Byson FI (7) Yamaha Byson FI (6) Yamaha Byson FI (8)

Untuk mesin….karena kebutuhan emisi gas buang standart Euro 3, Yamaha melakukan efisiensi dengan menurunkan kubikasi dari 153cc menjadi 149,3cc. Namun secara feel torsi….Byson FI lebih bertenaga dibanding karbu (akan kita bahas dalam sesi test ride) akibat pengurangan bobot hingga 3 kg yang disumbang sasis, AC magneto serta perangkat karbu. Selain itu pabrikan juga mengoptimalkan valve duration dan pembakaran. Tidak heran ketika test drag 0-400m…new Byson FI bisa lebih kencang 1 detik dibanding old gen…..

Fuel injection

Yamaha Byson FI (4)

Nahhh….ini nyawanya mzbro. Pada new Byson FI…hadir perangkat injeksi yang terbagi atas sensor grup seperti crankshaft position & generator sensor, oil temperatur sensor, o2 sensor, lean angle sensor, fuel pump (pressure 250 kpa), 6 hole injector, TPS, IAPS, IATS serta ECU 33 pin. Herannya…dengan teknologi yang dibenamkan Byson hanya naik 350 ribu. Juozzz wis

Speedometer

Yamaha Byson FI (3)

Kembali kita disodorin dengan fitur berguna yakni eco indicator. Diintegrasikan pada perangkat unit ECU….new Byson kini dibekali eco riding signal yang akan menyala jika kita berkendara pada rentang speed 20-70km/jam….

Sasis

Yamaha Byson FI (1)

Yamaha mengklaim bahwa frame terbaru lebih rigid 12 %. Selain itu……ground clearance juga dinaikkan hingga 10mm plus wheelbase lebih pendek 4mm agar motor makin aman dan lincah diajak melibas kondisi jalan apapun. Yang patut menjadi catatan walau GC naik….seat height ternyata tetap bersahabat yakni 790mm….

Ban

Yamaha Byson FI (2)

Komponen ban masih menggunakan tipe tubeless. Tapi pada generasi terbaru IWB cukup terkejut sebab ukuran ban belakang standart naik dari versi karbu. Jika old Byson 120/70-17….maka Byson FI 130/70’17. Yup….lebih gambot mzbro…..

Nah…….itulah beberapa perbedaan new Byson FI vs karbu. Jadi beberapa perombakan memang penyempurnaan dari gen lawas. Pertanyaannya….gimana dengan feel riding?. Apakah kubikasi turun dan ban lebih gambot akan membuatnya makin lemot?. Sampeyan akan terkejut nantinya. Tunggu ulasan IWB dalam sesi test ride new Byson FI. Godokkkk lageee :mrgreen: …….(iwb)

142 COMMENTS

    • keren?
      Boleh lah, lumayan!
      Irit?
      Bisa jadi.
      Kalo kencang???
      Mikir, , ,
      nie m0tor ma dorce aja d kepret. . .
      Ekekekeq

  1. Kayaknya yg baru semua di kasih tanduk jaga2 ada yg suka bokong maklum aja lagi trend cium bokong sexy(cbs)

  2. Uang 21jt percuma klo cmn dpt body kyk kebo bengkak plus mesin lemot kyk supra x. Lbh baik duit segitu beliin tuh pulsar ns200, terbukti ngacir mesin identik ktm duke 200
    Asli cmn menang merk nih motor cacat

    • Terbukti ngacir? Gak salah? Identik? Gak salah? Wkwkwk tapi napa dibunuh dalem2 dari berbagai sisi ya sama duke wkwkwk

      • mending beli z1 atw mamix king broh.
        Dah jelas nih m0ngs0r bab0n bkal d ludahin ma z1
        gk pantes nie mt0r d hargai sgtu,
        pantes_y skelas ma perja nih,
        malu lah sPort keker d kepRet ma bebek ringkiH.
        Hikhikh

      • Mesin p200ns itu satu basis sama duke mzbro, cuma beda di head ama pengabutan, NS pake karbu triplespark 4 klep sohc kalo duke injeksi 1 busi 4 klep dohc, duke juga dibuat sepabrik ama ns mzbro, kalo buat lari mah biasa biasa aja, ninggalin jarak 1 bus king/pio mah enteng 🙂 cmiiw

  3. Ukuran ban sing bener sing ndi ya kang? di foto 100/70 130/70.. tulisan 100/60. 130/60??

  4. Sepertinya memang di desain untuk touring, akan lebih baik jika sudah Liquid Cooled + RDB.

    Frame & Suspensi sudah Oke.

    Tinggal tunggu hasil tes ride, untuk performa mesin & Kenyamanan berkendara.

  5. ..
    mudah2an penyakit karbu mbrebet dan banjir pada old generation teratasi dengan FI, overall makin ganteng lek cuma RDB nya itu lho jgn didalam tromol jdi kliatan wagu. moso kalah sama bebek 125 cc he he
    ..

  6. yang bisa dibanggain cuman headlamp sama speedonya nih.

    sisanya mah ya byson lama diganti headlamp sama speedo mah cukup lah gak usah injeksi :v

  7. Kebanyakan model nih yamaha, bingung yg mau milih. Udah kayak HP china aja modelnya beragam dan kelihatannya bagus2 semua tp dalemannya dedel duwel gak jelas. Chasingnya aja yg menarik

    • Bukannya makin banyak model malah bagus masbro? Daripada modelnya sama semua dr 150cc – 500cc, kan sakit yg beli 500cc, udah beli mahal2 dikira motor 150cc modifan?
      Sama aja sakitnya kaya beli sam*ung note 4 eh dikira orang grand duos.
      Lagian yakin hp china skr jelek2? Tu xia*mi bisa diadu kualitasnya ma hp2 branded..

  8. Kang…katanya pusat r&d yamaha asia di indonesia…kok ini ngikutin india nehi2 mulu???

  9. Cover knalpot & spakbor blkg, buritan terlalu rame kang..ditambah…besi malang buat tromol nya…apalagi tanduk wifi nya?

  10. Kang untuk hasil dyno brbeda ga ya kang? Dari torsi sma Max Hp? Old gen vs New Fi?

  11. kang Iwan. bagian body / part mana saja dari New Byson ini yang bisa plug and play ke Old Byson ?

  12. tanduk yang di benci,tanduk yang di pakai . kebo tanduk e kok di belakang,,lah piye leh arep nyruduk? nyruduk karo mundur?

  13. hmmm…memang headlamp lebih menajam dan garang, bahkan lebih baik dari headlight MT-25 yang punya ‘alis’ LED dan terlalu mirip old Byson, kurang merefleksikan MT-Series. tapi cukup disayangkan memang, rem belakang masih tromol, kalah dengan MX King 150. juga…mazih air cooled, mbok ya dikasih oil cooled gitu biar koyok Satria FU150

  14. kang iwan kapan nyobain Mt 25 yah? ulasannya kang ditunggu…berita down grade r 25 kemarin yang katanya kelepnya ga bisa umur setahun penyebab r 25 gaa menang balap, bikin aku maju mundur nich mo ke dealer yamaha…..

  15. wew… bannya tmbh gede,body gede mesin cuma segitu lumayan juga,misal mesin pindah ke body motor yg ramping ban kecil bisa edan tuh larinya. saya tunggu test ride nya kang semoga memuaskan.

    • Cocok sepertinya mas kalau untuk luar kota, asal jangan matic saja untuk luar kota apalagi medan yang di lewati tidak 100% baik.

    • Ssssttt sebenarnya mas iwan mau tukar dgn dgn mt 09. tinggal tunggu waktunya aja ama artikel khusus terpisah

Comments are closed.