iklan iwb
iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

Pertamax (1)Bro dan sis sekalian…sudah sejak kemarin Pertamina menaikkan banderol Pertamax dari 8800 menjadi 9300 rupiah/liter. Harga ini tentu mengejutkan semua pihak mengingat Shell yang notabene perusahaan asing bisa menjual lebih kompetitif yakni 9100 rupiah/liter. Soal inipun….menteri ESDM angkat bicara…..
IWB-TMC-Banner (2)

viar 460x160

iklan iwb
iklan iwb

Seperti dilansir Satunusanews….menteri ESDM Sudirman Said menyayangkan pihak-pihak yang terlalu membesar-besarkan masalah ini. Pak menteri meminta agar masyarakat jangan mengeluh dan semua memang sudah keputusan badan usaha Pertamina sendiri…

Pertamax, pertalite, itu urusan badan usaha, biarkan mereka bersaing. Kalau Pertamina berani jual lebih tinggi dibandingkan perusahaan swasta, berarti pasarnya ada. Yang beli pertamax itu biasanya orang kaya. Jadi janganlah ikut merepotkan Pertamina dan negara. Kasihan,” ujar Sudirman di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (31/5/2015). Sebuah statement yang membuat IWB mengerutkan dahi….

Setengah bulan lalu Pertamina juga sempat membuat kontroversi melalui surat edaran kenaikan yang kemudian dianulir sendiri. Dan baru kemarin perusahaan minyak negara ini mengganti harga Pertamax dengan kenaikan yang cukup tinggi. Terdongkrak 500 rupiah/liter….harga bensin Oktan 92 lebih mahal 200 rupiah dibanding Shell Super yang dijual 9100 rupiah/liter. Selain Pertamax….Pertamaxplus juga naik menjadi 10.200 dari sebelumnya 10.050 rupiah/liter….

Last…..ketika minyak bumi sudah dianggap komoditi bisnis oleh sebuah perusahaan negara, akan sulit bagi siapapun berpikir secara dingin. Apalagi jika pertanyaan malah dipikir sebagai keluhan oleh para penguasa. Rasa penasaran rakyat tentu hal wajar mengingat discrepancy banderol cukup tinggi. 200 rupiah/liter…jika dikalikan ribuan barrel….berapa jatuhnya mzbro?. Mirisnya kompetitifnya pricing dipasang oleh Shell yang notabene adalah perusahaan minyak asing. Kalau begini…gimana mau cinta sama produk dalam negeri?. Entahlah….(iwb)

Kenaikan bensin Pertamina 30 Mei 2015 :

Pertamax RON 92 Rp 9.300/liter, naik Rp 500 dari sebelumnya Rp 8.800/liter
Pertamax Plus Rp 10.200/liter, naik Rp 150 dari sebelumhya Rp 10.050/liter
Pertamina Dex Rp 11.900/liter, harga tetap sama

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

185 COMMENTS

  1. pertamina lg nyari posisi buat pertalite, mkanya pertamax dinaekin segitu,
    ah..kampret, nambah lg biaya BBM 🙁

  2. di Bogor seminggu yg lalu harga Shell super sudah Rp 9150 disaat Pertamax 92 msih harga 8700,mngkin sebentar lgi Shell bakal ngekor Pertamina naikin harga si Ron 92.

  3. Klw punya bisnis AGNETA sih gak mikir mau harga berapa secara bonus cair tiap hari hehe….

    Pemerintah udah gak pro rakyat
    Menjelang Ramadhan harga2 juga udah mulai naik
    Pandai2 kita cari penghasilan tambahan

    Tetep semangat smua bro

  4. 17. piye_jal – May 31, 2015

    “yg beli pertamax biasanya orang kaya”, yg Kaya apanya pak???
    ——–
    yang punya vario bos, kata fbh engga punya vario = miskin
    ngoahahahahahaha

  5. njalok disampluk linggis…motor gw komprresi tinggi jee…masak gw suruh beli vixion biar bisa minum premium

  6. montor tua aj udah lama gak pake pertamak sejak dulu waktu masih menang murah dibanding shell super, apalagi sekarang lebih mahal…. :p

  7. Walaupun begitu, BBM non-subsidi di Indonesia masih salah satu yg paling murah di ASEAN.

    Coba saja bandingkan dengan Filipina, Vietnam, ataupun Thailand.

  8. Monopoli ya tidak takut pesaing, lha wong pesaing e ora onok. Semoga shell dan perusahaan asing lain diberi jalan dan kelancaran bisnis hilir migas agar pertamina kapok.

  9. Pemerintah gak kenall uud1945
    Segala yg menyangkut hajat orang banyak di atur negara demi kesejahteraan bersama.
    Kalo ini mah demi kesejahteraan pertamina dan pegawainya padahal kalo rugi ya rakyat yg bayar kerugiaanya lewat pajak

  10. Mentri ESDM Asshu… kabinet Jokowi Koplakkk
    Bisanya menyalahkan pemerintahan dulu tapi tidak becusss mengurus pemerintahan yang sekarang.. dan rakyat kecilah yang jadi korban… JOKOWI DAN Antek”nya ANJINGGG!!!

  11. pertamax naik disinyalir banyak pengguna ninin pindah premium.
    Kalo premium naik disinyalir banyak epbeha yg beli premium di eceran pinggir jalan.
    Ngoahoahoa

  12. nebeng….

    bukti bahwa sumber daya alam kita dikuasai asing…

    lha wong pertamina dpt bbm itu juga beli aka kulakan….

    disitu kadang saya merasa sedih….

    hatur nuhun…

  13. mungkin shell super bakal naik kang minggu depan. jd 9.400 (Jakarta). Entah lah. Makin ga jelas situasinya.

  14. sengaja itu… biar shell lebih laku… sudah ada hitam di atas putih…

    dulu ada mantan pejabat bilang, ESDM-perminyakan 95% bernuansa politis… jadi seperti ini kenyataannya

  15. Pemerintahan sekarang penuh kebohongan dan kemunafikan. Menutupi satu kebohongan dengan kebohongan lainnya dan begitu seterusnya. Mencabut semua subsidi rakyat yg dialihkan untuk pembangunan infrastruktur, tp kok malah ngutang lagi lebih banyak dan efeknya nilai rupiah ANJLOK. Sekarang diperparah banyak statement rezim Jokowi yg suka menyalahkan pemerintahan sebelumnya. Kalo merasa berat “ngapain nafsu banget pengen jadi presiden?” Ini semua berawal dari kecurangan/kepalsuan hasil PEMILU yg disebabkan oleh KOALISI INDONESIA HEBAT, kemudian dampaknya mjd INDONESIA MELARAT makin lama kalo dibiarkan akan menjadi negara INDONESIA SEKARAT dan akhirnya berujung ke INDONESIA KIAMAT.

  16. Biasa isi di shell lek. Soalnya perjalanan ke kantor kebanyakan shell dan lebih praktis lokasinya. #CemilinSendal

  17. alasan orang pilih BBM pertamina dibanding shell
    1.kurang mengenal shell
    2.stasiun pompa hanya berada dipusat kota/kota besar

    klo kepuasan jelas bagus shell

  18. Di UUD 1945 pasal 33 kan jelas Brow.. Bumi kekayaan di dalamnya dikelola oleh Negara Dan digunakan untuk kemakmuran rakyat, pertamina gag pro rakyat lagi nieh, tpi profit perusahaan doank yg dikejar,, kembalikan Pak Dahlan Iskan jdi menteri ESDM lagii,, Dan Ibu ****(lupa namanya) jdi dirut pertamina lagi,,, Faraaahhh,,,

  19. Mas Iwan knp bingung? Dr dulu juga lbh sering pertamina pasang hrg lbh tinggi dr shell. Kec spbu yg deket shell. Aku yg d sby sejak ga lagi ada shell g ada pilihan lain kec pertamax dg hrg 9400. Lagian kalo mmg mau spt rakyat jepang, hrsnya ttp bli pertamax brp pun hrgnya. Jgn menuntut murah terus.

  20. Kayaknya nggak elok kalo bumn pola fikirnya kayak swasta, negara kok berbisnis sama rakyatnya, ok pertamina untuk bbm dapet untung segede2nya tapi sektor2 yang lain gimana? Berfikir untung segede2 nya juga? Yang jadi korban siapa? Rakyat! Pembangunan infrastruktur? Emang itu jalan tol gratis? Kagak! Segala serba naek masa utang juga naek? Duitnya kemana?
    #bukanurusansaya #eniwey

  21. ati2 nek wis ngene….
    petral d bubarin….
    pertamina di jelekin jadi wedus ireng….ujug2 dijual…..hiksssss
    ingat indosat…. !!!
    lama2 habis aset nasional…..
    siap2 jadi pegawai swasta gak nasionalis babarblassss

  22. Beli motor puluhan juta aje nyantai

    Beli bbm dibawah 1 $ pada mewek wkkwkwkwkw

    Dah lanjut aje pa mentri …
    fby mah gitu orangnya

    Ngoahahahhaaaaaaa ketakutan kobaylebay

  23. Iya bner kang, gmn mo cinta produk indonesia klo keadaannya selalu seperti ini,klo SPBU SHELL Merata ada di tiap kabupaten,saya pastikan beli produk shell.

  24. Statement yang kurang bijak….tapi ya sudahlah….enak yang di kota besar bisa beli shell dgn harga yang bersaing…kasian yang di kota gak ada spbu shell…ambil positif nya aja uang nya masuk kas negara…semoga bisa dipakai dengan bijak, gak seperti statement nya….

  25. Mending shell buka aja di semua daerah biar penggun pertamax pindah haluan, sayang krui gak ada shell, klo ada mah udah males beli di pertamina

  26. Jare jony disaat yamaha dan ducati smakin baik mesinnya honda tambah remek sing medeni remme gak pakem makane vario nabrak r15

  27. jarang ada ceritanya Lek Shell lebih murah,,bentar lagi juga naik,,enteni wae

    shell itu “dipaksa” ngejual bbm-nya lebih mahal dr milik pertamana,,kalo shel gak mau,bisa dicabut itu izin-nya

    • pertalite pengganti premium subsidi? Gak
      salah bro? Menurut UUD BBM yg disubsidi
      itu premium bukan pertalite. Kenapa
      bukannya premium yg dinaikin aja oktannya
      jd 90 bukan malah gnti nama jd pertalite.
      xixixi

  28. Om iwan,,,ane punya temen om,,,dia sejak awal beli vixi pake pertamax..tp tetep ireng2 ngerak daleman mesinnya,,trus,,dibersihin tuch,,ganti pake shell v power…jauhhhh om bedanya… Masih kinclong,,,tp katanya dia,,buat yang lum ada radiatornya mending pake premium aja,,coz klo kena macet,,pendinginan jadi ga sempurna,,terus katanya lagi klo isi pertamax,,tangkinya cepet tipis dan gampang bocor,,tolong diklarifikasi ya bos iwan,,

  29. Saya pengguna pertamax. Selisih 200 rupiah tidak akan membuat saya berpaling ke Shell atau yg lain (apalah artinya Rp.200 di banding rasa nasionalisme). Selama ini pertamax adalah produk pertamina yg di jadikan bahan bancakan oleh mafia minyak dgn melakukan blending di luar negeri lalu di impor lagi ke dlm negeri menjadi premium. Dgn di bubarkannya mafia minyak (sejak orde baru sampai SBY) dan rencana penghapusan premium (ron 88) dan di ganti dgn pertalite (ron 90) yg lebih baik, tentu saja ada penyesuaian2 termasuk soal harga. Konsumsi nasional pertamax (ron 92) hanya 5%, kalopun di naikkan sedikit harganya juga nggak ngaruh, yg penting bbm subsidi pengganti premium (pertalite) tetap murah. IWB kritis ke menteri ESDM dan pemerintah, tapi waktu Mafia Minyak di bubarkan kok nggak bersuara ??

  30. Dengan dibubarkannya Mafia Minyak…secara logika harga Petrol di Indonesia harus bisa ditekan. Lho, ini malah lebih mahal? Kalo referensinya ke berita Detik.com dan gramedia group, sudah kita ketahui hasilnya pasti tidak pro rakyat.

  31. Kemaren suruh pakai pertamax sekarang pertamax buat orang mampu…dasar pejabat sekarang ngomong mancla mencle…inget diakhirat bakal ditanya kelakuan kalian didunia…boleh disini aman jangan harap di sana ada yg bantu…bisnis si bisnis tapi lihat rakyatnya seperti apa??? Melek pak melek….

  32. PESTA…PESTA…PESTA…!!!

    Makin Suka Sama Yamaha M1 Movistar…Master Class

    #Siapa Yang Mau Pesen Nasi Goreng…Daftar Dulu, Bakal Ngantri…

    • Kade kang ngke aya nu komen deui mewek detected.akakakak
      Ini gp coy bukan balapan dablongan kek marfuah.
      Ekekekekek

  33. modaro mahonda ndlosor kui rider e markuah93

    *yamaha dilawan ,ora iso.cooy

    ekekekekekekekekekekekekeke

  34. markuah ndlosor , cruutchlow ndlosor

    jebule insiden variyem mrembet ke RompalCeleng213Vekok

    ditunggu ndlosor selanjutnya

  35. Berpesatalah FBY
    Kata saya juga apa kmaren..
    Ceuk aink oge naon kamari
    Kondo ku ki opo wingi

    Wakakakakakakakaak

  36. iku ngono ben pertamina kalah bersaing… terus arep bangkrut njur didol nang asing, kan nyonto ibu suri… tukang ngedol aset. mengko metu kartu indonesia sabar..

  37. Pertamina terlalu banyak mafia, perusahaan monopoli tp kok ngakunya gak pernah untung, laporannya rugi terus…

  38. Walah, udh naik ya
    Td ane beli kgk liat harganyaa
    Ayo pertamina jgn mau lbh mahal dr shell
    Itu RON nya sama kan ya ??

    Pertamax naik gpp tp premium turun, biar gk smwa org bisa beli premium, dbikinin kartu kelas utk jatah premium per 3 bulan

  39. Statement jan*uk! *Yang beli pertamax orang 2 kaya.*
    Bukan masalah kaya atau gimana, tapi pertamax sudah jadi kebutuhan, mesin standar skrg kompresi tinggi2. Dikasih premium trus lama2 performa makin turun, nembak2, kerak hitam numpuk, dan mesin jadi cepet rusak. Bikin susah rakyat aja. Ga tau malu dihadapan 250 jt

  40. Ndlosor Ndlosor le le…

    Marpuah & Ncrutlow

    jiakakakakkakakakakakkapestaFBY&FBHsilahkanNgumpeet

    kang ojo lali ye nggawe artikel MS karo Sonic babon ben FBH nongol

  41. embekha pd ngumoet uyy ..

    dimana??

    di atas pohon uyy

    ekekekekekekekekekekekekeke

  42. babon2 FBH ngumpet nie di selokan

    jiakakakkakakakakakkaka

    secara margono & pedrosu gagal podium

    *Razia alasan

  43. gk di masspro gk di motojipi MAHONDA mlempem

    jiakakakkakakakakakkaka

    maklum mesin parut klapa

    *Razia alasan

  44. yamaha semakin didepan

    honda ndlosor blakangan

    *lirik markuah93

    ekekekekekekekekekeke

  45. konspirasi!!
    cara untuk menjatuhkan kredibilitas pertamina sebagai bagian dari rakyat indonesia! yang secara langsung meningkatkan daya saing kekuatan luar! kekuatan luar ingin menguasai BBM yang merupakan “JATAH HIDUP ORANG BANYAK” yang seharusnya dikuasai negara untuk kesejahteraan rakyat banyak!!

  46. Walaupun naik nya cuma 500 perak dan beda 200 perak sama shell, pemerintah kita yang notabene negaranya kaya minyak, ternyata nggak bisa memberikan harga yang kompetitif dibanding negara tetangga…
    Walhasil masih banyak OKNUM yang berusaha cari keuntungan… dari barang yang seharusnya merupakan HAJAT orang banyak….
    kayaknya banyak pejabat negeri ini LUPA UUD 45!

  47. Rezim koplak..!! Bisanya ngumpulin duit dari naekin pajak dan cabut subsidi.. Lebih koplak lagi yg tetep belain rezim walau sudah di php-in dan disengsarain berkali-kali… 🙁

  48. kang iwan,mohon segera artikel mugello di rilis..

    # sebelum celengers fbh masuk hutan lagi,ngoahahahah

  49. colek Ocol, Bernat, Menteri Perdagangan Motor, Slamet ahh

    barangkali nongol …

    jiakakakkakakakakkakaa

    *Razia alasan

  50. Bukan masalah nasionalisme,,tp jujur pertamina kualitasnya abal2,,ga bagus..malah ngrepotin kita,,minum shell akan lebih baik,,statementnya bajingan jangan didengerin,,skrg bilang kaya2,,dulu dianjurkan pakai pertamax,,makan tuch pertamax,,ane dah pake shell

  51. shell harug ngbuka banyak cabang supaya harga pertamax turun, kalo sekarang mau gmn lagi, perdagangan minyak di indonesia di monopoli pertamina, biar kata perusahaan milik negara tetep aja gk harus dibela sama rakyat, rakyat kudu membiasakan ngbuang rasa nasionalisme n ngbeli produk asing supaya produk lokal gk seenaknya masang harga

  52. pertalite pengganti premium subsidi? Gak salah bro? Menurut UUD BBM yg disubsidi itu premium bukan pertalite. Kenapa bukannya premium yg dinaikin aja oktannya jd 90 bukan malah gnti nama jd pertalite. xixixi

  53. Sabar smua rakyatku,,,klo aq jualnya segitu,,laahhh aq cuma untung dikit,,klo aq jual dg harga sekarang khan lumayan tuch dapat 200 per liter,,lha piye to,,aq juga kulakan sama shell je..mosok aq ora oleh untung..ngoahaahhahahahahaha

  54. meskipun badan usaha tidak seharusnya buat keputusan sak enak udele dewe ,, apa memang untungnya kurang banyak ?,, pasti tahu berapapun harga yg ditetapkan pasti dibeli rakyat sebagai konsumen ,,

  55. emang ngak punya otak tuk berfikir, Mikirnya pake dengkul, otak jongkok, menteri dan pejabat cuma cari balik modal, lo pikir indonesia itu Jakarta doank, lo pikir juga kami yang di daerah, naik Rp 500,- di daerah naiknya bisa sampai Rp. 1000 – 2000

    Dasar…..
    Tunggu aja azab dari sumpah serapah 250 jt rakyat
    mungkin kalian sekarang diatas, tapi kalian harus ingat Jabatan itu hanya titipan sementara, Nyata sudah Para Neolib di Indonesia ini

  56. yg beli pertamax itu biasanya org kaya…hahaha…attitude’a mentri gada ya jelas indonesia ada org kaya tp lbh banyak org miskin…tp knp hrs disinggung gt pak mentri emang gada tatabahasa yg lebih alus drpd ‘orang kaya’ jadin menteri itu harus punya otak pinter&lidah yg pinter…belajar bahasa indonesia lg pak biar bisa lebih sopan bertutur kata….

  57. jokowi bayar utang budi pada yg nyandang dana kampanye…salah satunya ya musthinya shell….biar shell laku ya petromak kudu naik. modar wis wong sak endonesia… ya salah sendiri orang endonesa goblok goblok pada milih presiden plonga plongo……..

  58. klo dulu ramalan joyoboyo dijajah wong cebol/sijepang pendek seumur jagung..skrg siap2 dijajah wong cebol jilid 2 seumur hidup..ada pertukaran 10 juta indonesia cina..nah lo..cino dadi rojo indonesia bakal dadi babu di negara sndri..saking pinter e milih presiden..ekekekek

  59. latihan ngramal……bookmark ya…….bertahta dua tahun jokowi sepertinya bakal ndlosor kek markues…

  60. maksud e 10juta orng indonesia dikirim nyang cino trus dipateni..bgtu jg sblikny tp wong cino nyang indonesia mateni wong indonesia…10 jt jiwa coy target smpe 2020..10 jt jiwa wes iso mendirikan negara sndri…ngerti dewe cino wes padat penduduk ga ada tmpat tujuan tepat yo nguasai indonesi…byuh

  61. Motor saya isi Ron 92, tapi mobil saya isi Ron 88. Jadi saya orang kaya sebagai biker dan orang miskin sebagai driver dong pa mentri?

  62. yah begitulah pemerintah skarang,rakyat yg disuruh mngerti.tp petinggi negeri ini gk mau mngerti kondisi rakyatnya.

  63. Sudah mulai ketemu titik terangnya lek, para pengurus rakyat (pemerintah2 boneka) itu rela mengurangi keuntungan BUMN dalam rangka memenuhi tuntutan tuan2 asing mereka,, pertama pencabutan subsidi BBM kemudian diserahkan ke harga pasar, ke dua peralihan premium ke pertalite agar mendekati harga pertamax, ke tiga harga pertamax dinaikkan melebihi harga jual SPBU asing. Sebentar apa lagi ya yg akan mereka lakukan biar kita pada beralih untuk melariskan dagangan asing ? BUMN rugi dan rakyat menjerit ga masalah buat mereka, yg penting liberalisasi dan imperialisme jalan terus.
    Luar biasa, pengeboran minyak di Indonesia 80% dikuasai asing, la sekarang sampai ngecer pun asing masih tergiur juga. Entar siap2 aja lah pajak akan dinaikkan dan banyak hal2 baru yg akan dijadikan obyek penarikan pajak. Padahal banyak barang tambang kita yg bisa dimanfaatkan eh malah diserahkan ke asing. Emas kita dicuri eh kita cuma bisa nyari batu akik, itu pun mau dikenakan pajak pula.
    #Indonesiakitaterancam Neoliberalisme dan Neoimperialisme.
    #saveIndonesia with syariat and Khilafah.

  64. Wah… artikele sukses mengumpulkan tawon2 mafia minyak melemparkan sumpah serapah dimari… Selamat Lek…

  65. Maklum,, belum balik modal yg buat kampanye waktu pilpres,, jadi cari untung dulu… Tetep biarpun petral di tutup, orang yg kerjanya di pindahkan ke pertamina ya sama aja bodong,, (bohong) ibarat cpu.. Casingnya di buang tapi isinya tetep ya ga bakalan bener, buktinya harga minyak mentah dunia stabil.. Pertamax naek, alesanya kita beli minyak ga langsung ke yg punya minyak tapi melalui perusahaan trading tertentu jadi harganya ga bisa murah katany, ibarat kata beli tiket via calo..tetep rakyat kismin yg sengsara mah…

  66. Asu omnge rego bbm munggah goro” mafia migas , jbule mung pencitraan, jancuk tenan ujung”e duit alias uud , rakyat e dewe dikorbanke terus .

  67. Komennya pada goblog semua. Emangnya Shell jualan ke seluruh Indonesia? Ke seluruh kecamatan Indonesia? Bayangkan Pertamina harus mendistribusi bbm ke SELURUH Indonesia! Emangnya gak butuh biaya?

    • Mantab naiknya,klo makin lama makin naik terus bbmnya,lht aj nantinya,pasti indonesia ribut lagi tntang knaika bbm kyak dlu,sma aj pemerintahan dlu dgn skarang,sami mawon,timbal balik k rakyat cm brp prosen,ya bs d blng 2:8

  68. alhamdulillah yaaa allaah…. sekarang sudah banyak rider rider yanh sadar juga….. klu di indonesia khususnya dunia umumnya….. banyak yang kejadian yang tidak terpikirkan sebelumnya……akan pernah terjadi…… bro n sis biar pun TERIAK SAMPAI PUTUS TUH PITA SUARA…. BIAR PUN MAKIAN KELUAR SEMUA DARI ISI HUTAN DAN KEBUN BINATANG…… BIARPUN DEMO KEPANASAN KEHUJANAN KEDINGINAN GAK HENTI HENTI…. tidak akan merubah TAKDIR…. akan bertambah susah dan bertambah menderita…. gak usah takot bro n sis ini baru PEMANASAN….. yang bisa dilakukan cuma 3 hal…
    1. kuatkan IMAN
    2. lebih khusus dalam BERDOA
    3. amar ma’ruf nahi munkar sekuat tenaga

  69. Orang ngga cuma ngeliat harga aja, tapi juga pelayanan dan value-added lainnya. Soal nasionalisme sama aja lah, toh itu minyak impor impor juga. Apalagi sekarang udah beda 200/liter. Biar aja lah pasar yang berbicara.

  70. nganu wak, katanya yg membuat beban di bbm kita itu petral. tapi setelah petral bubar koq malah lebih parah y.
    mending ke shell aja klo kyk gini

  71. ada lah mas, tafsirane tu demi kesejahteraan bersama (keluarga besar pertamina dan kroninya) harusnya diganti kesejahteraan seluruh rakyat indonesia

  72. masih enak shell coeg. udah isi bahan bakar kualitas terus dapet poin yg bisa di tuker sama diskon atau potongan harga. plua dapet asuransi kecelakan pula.

    bikin member gratis.

    mantab dah shell.
    ketimbang beli pertamax. hanya memperkaya mafia migas.

  73. klo gak mau rupiah anjlok kuncinya satu para penjual musti berani jual dengan harga rupiah semakin banyak permintaan rupiah maka rupiah akan menguat, lha nek mikire njaluk dollar terus yo rupiahe gak kajen, semaju apapun negara itu klo dia gak berani jual dengan mata uang sendiri yo nilai tukar mata uange bakalan anjlok

  74. masih enak isi di shell.

    udah isi bahan bakar kualitas dunia terus dapet poin yg bisa di tuker sama diskon atau potongan harga.

    plus dapet asuransi kecelakan pula.
    bikin member gratis.

  75. Rakyat disuruh pindah dari pemakaian bahan bakar subsidi premium ke pertamax…tp bahan bakar pertamax naik terus harganya…trus rakyat harus pake apa untuk bahan bakar kendaraannya….tolong solusinya..

  76. Gara2 Banyak Rakyat Tolol lahir Para Pemimpin TOLOL dengan Kebijakan TOLOL Mentri sama Presidenya sama kalo ngomong Nggak dipikir dulu dan nggak MUTU, kalo Ceplas Ceplos ala Gusdur tapi berisi nah ini Idddiiiwww
    Nasi dah jadi bubur kalo kata orang Betawi mah Makan tuh boleh pencarian luh

  77. Ini memang masuk mentri jajaran koplak kok selain menpora dan menkumham….sakarepenya sendiri klo dikritik marah2 klo g g trima dan kasih jawaban ngasal.

  78. wah pak mentri jarang ngisi ke pom langsung nih, nyuruh supirmya mulu nih bisanya. padahal kalo dilapangan justru kalo motor aja yang ngisi pertamax banyak juga yang bukan motor mahal atau bagus, hampir sering motor yang udah usang dan tua walaupun ga banyak. untuk di mobil justru banyak mobil mewah yang ngisi di nozzle kuning, jarang banget ane nemuin yang di ron 92, paling paling avanza xenia, jazz, civic, vios, fiesta yang ngisi ron 92. itu juga bukan di spbu pertamina, tapi di spbu shell

  79. Mentri teh ngomongna kaya anak kecil yg minta dikasihani. Amit-amit.
    Heueuh sarua we jeung mere jalan supaya Shell naekeun harga ari kitu mah. Pemerintah dan asing mengeroyok rakyat. Ampuuun. Podaran we atuh rayat teh sakalkian ! Kayanya dia dapat untung dari Shell.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here