iklan iwb
iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

Bro dan sis sekalian…..maksud hati ingin menolong temen nebeng, bro Arka (sebut saja demikian) hanya bisa menelan pil pahit kena tilang polisi. Gondok dan kesel menjadi satu. Lha piye mzbro…riding gear serta kelengkapan motor komplit ora ngaruh babar blas. Tanpa ampun petugas menilang doi hanya karena ulah boncenger. Lah….emang kenapa??…..
IWB-TMC-Banner(1)

iklan iwb
iklan iwb

viar 460x160

Kejadian ini dialami bro Arka disekitar lampu merah kawasan kebun Jeruk Jakarta Barat. Sebelumnya sudah was-was….dan terbukti, apes menghadang ditengah jalan hanya karena aksi boncenger yang takut rambutnya rusak. Berikut penuturannya……

Assalamualaikum kang iwan

Saya baru saja mengalami kejadian yang cukup tidak mengenakkan……ketilang di lampu merah Relasi, tepat’e Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Jadi gini ceritanya. Saya mau pulang dari Mall Puri setelah MeetUp dengan teman lama saya. Teman saya ini ngajak temennya juga (cewek)……

Singkat cerita ketika saya mau pulang, temannya ini mau ikut nebeng. Kebetulan rumahnya searah dengan saya. okelah saya “iya”in permintaannya. Kemudian ketika kita sampe parkiran, saya ke motor saya, dia ke motor teman lama saya itu untuk ngambil helm nya. Lalu jalan lah kita….

Sepanjang jalan helmnya ga dipake kang, ya alasannya panas lah, sempit lah, rambutnya nanti acak-acakan. Dalem hati wis gondok kang. Piye diajak biar selamet kok yo ngelawan. Singkat cerita ketika sampe di lampu merah relasi, dari jauh ora ono polisine kang. Tapi pas kita kena lampu merah, tiba-tiba ada polisi nyuruh minggir. Wahhhh apes ki dalam hati. Walaupun boncenger ini bawa helm, tapi nggak ada toleransi kang dari polisi. Tetep kena tilang dan ikut sidang di pengadilan😂

Last, saran dari ane kang, tolong kalau boncenger tidak bawa helm atau tidak mau menjaga keselamatan dia, jangan ridernya (sing nggawa mongtor) yang ditilang. Tapi boncenger itu yang kena hukuman. Contohnya tahan KTP dia, atau apalah yang setidaknya tidak memberatkan yang bawa motor. Mungkin itu uneg-uneg yang bisa saya sampaikan kang. Maaf kalo berantakan. Masih gondok ki gara-gara kejadian tadi….

Kaku weteng IWB…asli ono-ono wae bro Arka idenya :mrgreen: . Btw…saran diatas merupakan refleksi kekesalan doi dengan sosok cewek yang ikut nebeng. Herannya yang nebeng tuh…wis ditolongin malah bikin susah penolong. Sebenarnya posisi bro Arka memang dilema. IWB tahu banget…..doi hanya ingin menjaga perasaan karena nggak enak. Apalagi sudah diingatkan dilalah tetap ngotot. Mosok kudu diturunin ditengah jalan….

Namun sebagai rider memang….bro Arka harusnya tegas. Coba beri edukasi secara pelan akan resiko ketika terjadi kecelakaan tanpa helm. Bukan rambutnya saja yang acak-acakan lho. Justru hidung sama jidat bisa berubah posisi….opo ora serem kuwi. So…brosis, pesan moral dalam artikel ini….jangan sungkan kalau tujuannya positif untuk safety. Kalau perlu boncenger disuruh jalan kaki wae jika menggunakan helm hanya karena takut rambut acak-acakan. Pak polisi sudah menjalankan tugasnya dengan baik……dan memang seharusnya demikian. Nah…..punya pengalaman serupa dengan bro Arka diatas??……(iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

104 COMMENTS

    • Hahahaha….ane jg punya pengalaman hampir mirip kejadiannya kira2 7 tahun silam… ane bawa vespa pulang kursus, temen kursus pengen nebeng.. ane emang tau gak bawa helm dua, so ane tau doi gak pake helm… ee… baru keluar dikit dari t4 kursus ketemu lampu merah ada polisi nyetopin… ane dh siap kuda2 ‘damai’.. ee temen ane malah nyolot sama pak polisi n malah nantangin… pake bilang2 punya sodara polisi pangkat anulah… pake gaya2 telp ee…taunya boong doang…akhirnya tu polisi kadung gondok n gak mau damai… jadilah sim ditilang n harus nebus di polsek, gak sampe pengadilan sih… tp kan jadi repot kudu kekantor yg jauh dari t4 tinggal… sejak itu ane gak mau lg kasih tebengan buat doi…hehehehehehe

  1. pernah boncengin temen g pkk helm tapi masih baik tu polisi.. yg bonceng suruh turun g boleh nebeng kalok g bawa helm .. ya pinjem helm pak polisi dulu aqirnya karna polisi nya keset eh wellcome sma qta braniin pinjem.. ssdah sampe tujuan. harus balik lagi ke pos polisi tadi buat ngmbaliin helm.. dan dksh edukasi kslamatan berkendara.. posisi di jogja … tp kyknya g banyak polisi sperti ini … polisi nya bpak2 … pokok e joss tenan kui..

  2. Kancaku pernah ngalami iki, suwe² saiki belajar. Tiap mbonceng wong terutama cah wedok sing biasane sok² kemayu, aku wegah. Mergo sing ayu tenanan ki biasae nurut, bedo karo sing cuman sok².

    • Bukan masalah jebakan betmennya bro, walaupun gak ada polisi, raider ama boncenger tetep harus pakai helm, karena demi keamanan pribadi, kalaupun perlengkapan raider dan boncenger lengkap dan gak melanggar peraturan ngapain harus waspada sama polisi

      Kalau orang yg waspada sama polisi berarti tuh orang pasti kelengkapannya kurang dan ada yg dilanggar

  3. Semua bawaan di sepeda motor baik barang atau boncenger adalah tanggung jawab rider, so yang ditilang ya ridernya, kalau ga mau ditilang, ya jangan mau bawa boncenger yang pecicilan ga mau pake helm dengan alasan apapun. Ga enak hati???? ya sudah…. selamat menikmati tilang gara2 gak enak hati

    • Betul.. Setuju ma bro 1 ini..
      Pengemudi lah yang harus bertanggung jawab akan segala kejadian di perjalanan.

  4. ane juga punya pengalaman tanki ane bocorrr jiannnn ngowoh tenan bensin setanki entek kabeh untung ora ono seng nyulet rokok neng sebelah tanki biso entek motorku

  5. Wah…kalo ane sih blak2an aja lek. Gak mau pake helm, yowis gak usah ikut. Naik bus aja. Emang harus tegas, soalnya apes itu gak bisa ditebak. #CemilinSendal

      • Hahaha. Jangan di sambit sendal swallow lek.
        Maksud dari nick name itu slalu ngikut artikel lek iwan. Namanya aja sendal, kemana-mana ya ikut.

          • Hadir kanggg.. kapok kapokkkk, suwun bro sarane, bukannya gamau tegas/gamau memberi keselamatan, tapi perasaan ga enak dan perasaan bodo amat karena dia bukan siapa2 itu loh yg bikin males untuk maksa doi

      • Hahaha. Jangan di sambit sendal swallow lek.
        Maksud dari nick name itu slalu ngikut artikel iwb dong. Namanya aja sendal, kemana-mana ya ikut.

  6. Pengalaman beberapa th yg lalu, dr kebon jeruk mau ke kantor, ndilalah supir kantoe nebeng dan va bawa helm, sdh slintat slintut trs lewat jln tikus, aman….. pas belok lampu mrh pesing arah Jembatan dua, alamak… ada operasi Pol bnyk bgt…. di pinggirin deh… Pak pol minta surat2, tak ambilin Stnk yg dibwhnya kelihatan udah aq selipin warna ijo(20 rb an)… dia nglirik sambil nanya Sim… Sim pun tak jadiin satu sama stnk, lgsg di ambil dgn posisi tangan tengkurap dan selipan ijo lgsg masuk kantongnya, dg ramahnya Pak pol bilang “besok2 pake helm ya…. demi keselamatan… udah silakan jalan..”

  7. Pengalaman beberapa th yg lalu, dr kebon jeruk mau ke kantor, ndilalah supir kantoe nebeng dan ga bawa helm, sdh slintat slintut trs lewat jln tikus, aman….. pas belok lampu mrh pesing arah Jembatan dua, alamak… ada operasi Pol bnyk bgt…. di pinggirin deh… Pak pol minta surat2, tak ambilin Stnk yg dibwhnya kelihatan udah aq selipin warna ijo(20 rb an)… dia nglirik sambil nanya Sim… Sim pun tak jadiin satu sama stnk, lgsg di ambil dgn posisi tangan tengkurap dan selipan ijo lgsg masuk kantongnya, dg ramahnya Pak pol bilang “besok2 pake helm ya…. demi keselamatan… udah silakan jalan..”

  8. walah mas sm persis dng pnglmanku mas, sjak pnya mtor dah 8thn, dah 4kli ktlang krn boncnger g pke hlm. y itu td sruh pke alesany ada aja, klo d pksa mlah jd rbut

  9. Coba kalau Polisinya Bilang, “Mas, Bisa lihat surat2nya, Oh lengkap.Mba lain kali harus dipakai ya helmnya, itu juga untuk keselamatan Mba, bukan untuk orang lain, kalau saya lihat tidak pakai lagi, saya akan tilang.Silahkan lanjutkan perjalanan, Hati hati dijalan patuhi rambu rambu.”
    Saya acungi jempol ke Polisi tersebut, Tegas bukan hanya masalah tilang saja.

  10. kalo ane fernah dtawarin boncengan dr wrung bambu ke kosambi krn tmn ane fulang k ckamfek,ane sih cm samfe defan doang trus anek angkot soale tmen ane cma bw helm satu drfd kn tilang,rugi bandar drfada bayar gocaf mending bayar angkot…istilahnya ane tau diri yg mo boncengin cm bw helm satu mndingan nolak ae

  11. Hampir sama kang kejadian 14 th lalu di lampu merah tomang, cm ga ditilang. Temenku yg ane bonceng minta maaf sm pak polisi krn dia cm numpang. Akhirnya sm pak polisi dia disrh turun dan jalan kaki, ane disrh lanjut naik motor. Sejak itu temenku kalo numpang selalu bw helm.

  12. Kl y di bonceng model keMlete gtu ya mending kasihkan aja sama pk polisinya, suruh bawa aja sebagai jaminan… beres to

  13. ditilang gak apa apa

    yang penting sampe rumah harus diganti pake kue bolu basah.

    #mmm darmo mode on.

  14. cewek kbnyakan gitu.. mestinya pihak kepolisian mbuat sebuah iklan edukasi d sluruh tv yg rating nya bagus, tntang bahaya nya tidak mngunakan helm atau klngkapan lainya.. dan juga pemerintah lwat kmnterian terkait supaya mmbuat mata pelajaran tmbahan tentang sfty rding untuk anak TK dan sekolah dasar..

  15. wkwkwk… yg sabar bro.. nilai positipnya “yaa kali aja cewenya cakep ksh lampu ijo, tembak, jadian, kawinin”. ato ditengah jln udh di “refleksi” biar kaga tegang. hahaha. semangat om Arka.

  16. dasar oknum wanita tersebut rambut takut rusak gak mau pake helm. Klu seandainya gw yg bawak tuch mtor Lngsg ane wheelie. Biar dia tw rasanya rambut rontok karena aspal. Ngiahahahah

  17. Dasar cewe alay, kalo takut rambut rusak ya naik taksi, jangan nebeng motor. Udah nebeng, nyusahin lagi…

  18. Mau nebengg ??? pake topengg dulu dongg … biar gak kesambit peluit pak poll ekekeke .. cew jaman saiki mung alay kang … penampilan nomer 1 urusan keselametan nomer keri wkwkwk 😀

  19. jadi inget tahun 2010 boncengin pacar sekarang dah jadi istri, hehehe… naik ninja RR pacar ga pakai helm duh rasanya deg2an soalnya minta di anterin pulang… sepanjang jalan dr BUNDERAN HI sampai blok M semua polisi cuma brani liatin doang.. padahal lampu merah berhenti polisi ada didpn trus jalan ke arah motor ku .. lah lah kok cuma muterin motor aja ga mau sapa .. lampu hijau ya jalan .. aman.. dilalahnya +/- 10 lampu merah berhenti kok polisi ga ada yg sapa say hello… dlm hati apa karena motor RR dan baju kemeja warna HIJAU tentara ya… ..ALHAMDULILLAH.. tp ya jgn di tiru.. emang ga bagus jika ga pakai helm… taati peraturan dan keselamatan ..

  20. Ane juga pernah kang kejadian sekitar 5 tahun yang lalu boncengin temen, doi sudah pake helm semua lengkap tp cuman gara2 temen ane kepalanya gatel trus lepas helm bentar dan celakanya ada polisi usil langsung suruh minggir ane ditilang dan berakhir dipengadilan jiaaan rasane gondook bangeeet kang kalo inget masa cuman gara2 pala gatel lepas helm bentar ditilang rasane pengin tak balang baceman watu akik polisine

  21. Pengalaman teman berboncengan ketilang di jogja perempatan jln solo gejayan arah tugu….tmn dlm kondisi mabuk mnuman keras mnerobos lmpu merah, d kejar oknum pke moge FJR , di berentikan…singkat kata terjadilah perdamaian…krna kondisi mabuk si pngemudi tak terima alasan baru 3 detik…si nebenger sruh bayar ditempat aja sesuai kesepakatan damai….pngemudi pun mrah2 sma nebenger krna sejumlah uang didompet pindah tgn….si nebenger pun minta bergegas pergi dri lokasi secepat mungkin, sampe di kost nebenger tertawa2 , krna kunci motor oknum trsebut dia ambil dri motor saat terjadi transaksi damai.

    • aku hampir aja kena di perempatan galeria, dr arah ugm ada tanda gak boleh belok kanan, tp aku nyelonong aja.
      Terdengar suara peluit, akhirnya maju dikit, aku brenti di holland bakery, motor langsung parkir, tak lama berselang terliat dijalan polisi pake moge mengejar.
      Untung gak liat aku.
      Maap ya pak pol, aku skr dah insap, gak akan mengulangi lg.

  22. Wong kok aneh.lebih sayang rambut drpd nyawa.lha kalo saya yg jd ridernya udah sya omelin tu cewek..pilih rambut berantakan dikit apa isi kepalamu moncrot??

  23. harus lebih tegas sama para tebengers. mereka nebeng motor kita kudu ikut aturan main kita. kalo g mau ya udah ga usah nebeng

  24. Ilustrasi ini adalah :
    kejadian nyata dulu pernah ku alami semasa kuliah.
    Sewaktu ngantar teman cari onderdil motor, ada operasi kecil2an, tp dah lewat 2 x tp aku koq gak diberentiin. Pas liwat yg ke 3 x meskipun gak dibrentiin, ku putuskan utk brenti dan minta diperiksa, kbetulan rada kenal ama pulisinya (teman sekantor ama sodaraku).

    Polisi : “ngopo kowe mandek?”

    Kuclux : “pak aku liwat 2x koq gak diperiksa?”

    Polisi : “endi surat2e?”

    Kuclux rogoh saku belakang, blaik……dompete ketinggalan dirumah

    kluclux : “waduh,…dompete ketinggalan pak…”

    Polisi : “bocah gendeng, untung wae sing mriksa aku, nek liyane aku wis keno tilang. Wis ndang lungo, nyepet2i wae.”

  25. maaf sebelumnya ,,mau tanya nih sama teman2 semua mumpung artikelnya soal tilang menilang,,

    kejadian di palembang,,di daerah sekip pangkal depan hotel sahid,
    saya mengemudi mobil..kebetulan lampu sedang merah dan saya ambil kiri, (karena memang mau belok kiri),,dan priit di ssuruh minggir sama pak pol,,stnk sim pajak plat g ada masalah,,ya saya berani2 aja,,

    saya tanya salah saya apa ya,, pak pol pun menjawab..bapak belok ke kiri pas lampu sedang merah,,lah saya jawab,,memangnya salah ya??
    pak pol bilang jelas salah karena tidak ada rambu belok kiri langsung…saya pun bingung ya walaupun akhirnya damai di tempat,,yg saya g tau sejak kapan dan pada UU berapa peraturan itu di berlakukan,, bagi yang tau tolong info nya ya

    terimakasih

    • UU No. 22 tahun 2009

      Hal itu tertuang dalam pasal 112 ayat 3 yang bunyinya, pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat jalan lalu lintas, pengendara dilarang langsung belok kiri. Kecuali ditentukan oleh rambu lalu lintas atau isyarat lalu lintas lain.

      Kalau di tempat ane biasanya di tiang sebelah kiri ada plang yg ada tulisannya ” belok kiri mengikuti isyarat lampu” or plang yg ada tulisan ” belok kiri langsung ” atau juga biasanya di lampunya ada bentuk anak panah

      Semoga menjadi pencerahan, kalau ada yg kurang mungkin yg lain bisa mengoreksi

  26. Inilah ciri orang jelek yang gak mau terlihat jelek.. Orang kalo dah jelek yah mau lagu apa juga tetep jelek.. Kalo orang dah dasarnya cakep ya mau rambutnya acak2an karena pake helm ya tetep aja keliatan cakepnya.. #OtakKopong

  27. Hahahahahahaha udah di revisi belum yah UU lalin nya? ” Setiap pengendara sepada motor wajib menggunakan helm standart” Pengendara loh yah,,,,

  28. Temen ane malah lbh horor bro, niat hati pgn nganter temen cewenya masukin lamaran di daerah ejib, perjalanan dari bekasi lewat jalan kalimalang ke arah cikarang, lah, sepanjang perjalanan itu helm malah dilepas mulu, alasan gerah, padahal masih jm 9an pagi.
    Tp apes masuk daerah tambun ada ibu2 bawa motor nyebrang ga nengok kiri-kanan, alhasil motor temen ane nabrak itu ibu2, pengendara jatuh ketiban motor sedangkan si cewe mental ke tengah jalan, langsung dilindas jupiter Z yg lg kenceng, itu jidat mulus beradu batang foot step motor, darah berceceran sampe ane kira udh wasalam itu cewe.
    Oleh warga setempat langsung dibawa pake taksi ke rs. Mitra bekasi timur, masuk ugd 1 mingguan, nginep di rs 2 mingguan abis sekitar 40jutaan pada waktu itu.
    Dan sekarang jidat si cewe walau tertutup kulit, tp tempurung tengkoraknya bolong, jd klo diteken bisa ambles kedalem, alhasil pake poni buat nutupin bekas operasi.
    sedangkan motor kawan ane ngandang di polres, buat nebus abis 1,5 jt.
    Niat baik tp berujung petaka karena kecerobohan yg dibonceng.

  29. Emang gayane wong wadon ki ngunu kuwi bojoku nggo jilbab yo sok angel jarene ngrusak tatanan jilbab lah.. Panas..lah tapi wes tak edukasi nganggo helem iku ihktir soko dungo kito njaluk keslametan maring gusti Alloh

  30. setuju sama sarannya arka..klo udah ngeyel gitu mestinya yang ditilang boncengernya..ato kasi ultimatum aja klo mesti lewat jalan utama, tetep ngebonceng pke helm atau pilih jalan kaki, atau ikut angkutan massa

  31. saya juga pernah bonceng teman gak pakai helm, eh ketemu razia plokis, si boncenger tau diri..do’i yang bayar 20 ribu..ngoahahah…

  32. Punya pacar/pasangan yang gak mau pak helm:
    Cow : Sayang, pake helm dong…
    Cew : Males ah yang, panas gerah rambut jadi acak-acakan
    Cow : Helm kan melindungi kamu biar aman di jalanan…
    Cew : Iya sih, tapi……
    Cow : Oke kalau kamu gak mau pake helm, nanti kalo kita “main” aku gak mau jg pake “helm”….. 🙂
    Cew : Eh, jangan dong sayang. Iya deh sayang ini aku pake helmnya

    Sekian Terima Kasih… Krik.. Krik.. Krik…

  33. Klo ane sudah nerapkan dari pertama punya motor, ane punya prinsip siapa pun yang mo nebeng harus pake helm biarpun jalannya dekat, dan alhamdulillah junior ane yang baru kelas 4 SD, kalo mau di bonceng naik motor yang dia cari helm dulu, kalo ngga ada ngga mau bonceng dia. Soalnya ane sudah pengalaman adu banteng sama motor lain, untungnya safety gear ane komplit. klo kagak kemungkinan besar ane sudah punya gelar Alm. atau paling ngga muka cacat ngegerus aspal.

  34. saya juga pernah ngalamin kayak gitu.untungnya gk ketemu polisi.waktu saya pulang kuliah ada teman,kebetulan cewek ya kayak gitu deh.saking sayangnya sama rambut.

  35. …tp mmng hrs tegas sih,wong helm mmng utk kslmatan diri sendiri.Jd kl gitu mmng yg nebeng aja ndak tau diri,ndak tau di eman,ato mgkn sok kcakepan ?,….ah embohlah pancen wong aneh,buak ae !!!

  36. Hidung ama jidat aja bisa pindah posisi,, akakakak baru kali ini ngakak baca blognya kang iwan,, logis but bs menghibur

  37. aku juga pernah kang,,ketilang gara2 boncenger (cwe) gak pake helm
    aku ngerti iku salah,,justru aku yg maksa turunnya smpe trminal,biar gk jalan kaki,mesakne
    ndilalah enek polisi jaga di pos dket trminal,,ya wis,,damai mawon
    gk nyalahin boncenger juga,,wong yg salah itu tetep rider kok

  38. Untung saiki aku luwih seneng mlaku wae.. Lha wong senenge ditebengi wong sing luwih tuwa ning ora gelem nggo helm. Alasane mung cedhak,lewat dalan sing ora ono pulisi,hadew… Arep nolak ora kepenak,aku isih curut mosok wani² karo eong lueih senior. Mending saiki mlaku wae…sehat tur ngirit dhuwit… 😛

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here