iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

Endro Nugroho_IWB

Bro dan sis sekalian…melakukan interview exclusive dengan Pak Endro Nugroho,?Marketing & Dealer Development Director, PT Suzuki Indomobil Motor & PT Suzuki Indomobil Sales saat meluncurkan New Satria F 115 serta Suzuki Asia Challenge season 2 di La Piazza Cafe, doi buka – bukaan perkara progres dan niat Suzuki untuk memberikan produk serius kepada para biker tanah air.? Seperti apa penuturan doi…?? Secara exclusive IWB akan jabarkan dalam interview berikut ini. Pokoke kudu moco (baca)…lek ora rugi tenan :mrgreen: . Check it out !!…..
IWB-TMC-Banner(1)

iklan iwb

bloger 2 photo kontes

IWB : Gimana tanggapan Bapak atas banyaknya komentar yang mengatakan Suzuki terkesan lambat dalam merespon keinginan para biker..??

EN (Endro Nugroho) : Saya lebih senang melihat industri dari fundamental dulu. Saya mau menang nggak cuma setahun. Saya mau menang atau naik peringkat untuk 5 – 10 tahun kedepan. Bahwa untuk itu saya perlu punya fundamental untuk di tata. Dulu saya di roda empat juga sama. Pertama kali saya masuk jualan nasional (suzuki) hanya 40.000 di tahun 2008. Lima tahun saya tugas meningkat menjadi 50.000…70.000…90,000 hingga 135,000. Terakhir ketika saya pindah ke roda dua tembus 165,000. Kuncinya adalah fundamental. Kalau hanya untuk tahun ini dan tahun depan tentu saya bisa habis – habisan. Tapi tahun ketiga mati…buat apa. Kita nggak mau itu…..

IWB : Gimana tanggapan bapak atas anggapan produk Suzuki terlalu monoton..???

EN : Itulah yang sedang kita perbaiki. Sebenarnya tidak monoton hanya keterlambatan meluncurkan produk – produk baru….

IWB : Suzuki identik dengan motor – motor kencang. Saya masih ingat dulu Suzuki sempat menjadi raja lewat RGR 150SS serta hadirnya FXR150. Biker rindu akan real sport 150 cc…bukan hanya ayago – ayago doang. Bagaimana respon Suzuki tentang hal ini..??. Adakah progress untuk kesana..??

EN : Pasti !!!. Jawaban saya satu…sabar saja sebentar…

IWB : Ada target Pak…apakah tahun depan..??

EN : Ada target…tapi saya nggak mau rilis ke temen – temen dulu. When the time comes…ketika saya buka semua, pasti kalian semua akan heboh. Itu saja. Silahkan catat omongan saya!!.. (mimik sangat tegas dan serius)

IWB : Bener yaaa…saya catat? nih pak..!!! (terkekeh)

EN : Silahkan catat omongan saya. Tapi sabar dulu yaa…saya tidak bisa ngomong besok atau lusa. Kenapa? Memperbaiki sesuatu setelah sekian tahun itu tidak ada yang ngopenin (merawat) bukan sesuatu hal yang gampang. Dan tiba – tiba saya datang langsung berubah semua…nggak mungkin bisa. Hanya malaikat yang bisa melakukannya. Saya harus benahi semua. Saya paham konsumen tidak bisa menunggu lama. Tapi ini bukan seperti bikin kue. Untuk meyakinkan pihak – pihak yang berhubungan dengan riset dan pengembangan membutuhkan argumentasi. Jadi pada intinya adalah kita sedang menuju proses kesana. Yang penting bersabar dan tunggu tanggal mainnya. Kita sedang terus berbenah…

Yup itulah interview exclusive dengan Pak Endro Nugroho yang menjabat sebagai Marketing & Dealer Development Director, PT Suzuki Indomobil Motor & PT Suzuki Indomobil Sales. Dari penuturan serta raut mukanya jelas IWB tangkap keinginan kuat dari Suzuki untuk berubah dengan langkah – langkah serius. Salah satu yang bisa kita ambil adalah kembalinya Suzuki berlaga diajang balap MotoGP. Yang kedua, konsistensi mereka untuk mencari para pembalap berbakat tanah air melalui Suzuki Asian Challenge yang kini menginjak ke season 2. Tindakan tersebut merupakan refleksi keseriusan mereka untuk bangkit baik secara nasional maupun internasional. Lah tapi kenapa begitu lama..??

Seperti yang Pak Endro katakan…mereka ingin memperkuat secara fundamental. Ketika komponen tersebut sudah matang yang diiringi dengan pengembangan produk baru maka secara otomatis semuanya bergerak secara harmoni. Mungkin kita juga merasa bahwa selama ini Suzuki terkesan PHP. Namun jika IWB perhatikan berdasarkan interview tatap muka kemarin…..entah kenapa IWB yakin masa itu akan datang. Apalagi Pak Endro secara tegas sudah berani menantang dengan ungkapan “catat omongan saya”. Wiiihhh…ngerihhh kang bro :mrgreen:

Last…..pergerakan Suzuki memang belum kelihatan tahun ini. Namun bukannya diam, kalau sampeyan perhatikan secara jeli PT. SIS mulai berubah. Beberapa petunjuk terendus mereka memang melakukan riset dan development dalam rangka mempelajari keinginan pasar. So…sepertinya kita tidak boleh lagi mencibir Suzuki.? Meracik produk baru memang tidak seperti nyeplok telor yang dituang langsung jadi. Mulai dari proposal, approval, prototype serta vendor bisa membutuhkan waktu bertahun – tahun. Jadi mari kita tampung dan catat omongan pak Endro sama – sama. Lek sik mlempem juga 2 tahun kedepan….tak jak dolanan enthik utowo kreweng wae wis pak Endro. Asli…..jian bikin penasaran ki bos satu ini. Suzuki???. Feeling IWB koq kali ini serius ya bro. Piye menurut sampeyan??……..(iwb)

246 COMMENTS

  1. sizuka sangwaria f150 tuh dohc,bukan sperti motor dangak2 tetangga sbelah..

    • Rombeng25=telor ceplok di hiasin parutan keju lalu di jual seharga hamburger.

      #kwalitas eksport kata FBY dongok

  2. Salut dan bolehlah bose suzuki tadi bicara menyiapkan amunisi ddengan mantapss……tap Klo mau nongole yang sudah ada versi sport adalah seperti gixer ya sama saja…..apalagi klo brojole masih tahun depan..tentune pihak YIMM dan AHM dengan diwakili R15 dan CBR150R tentu juga sudah punya pengembangan yang aduhai…….

  3. Kualitas suzumu emang satu tingkat di atas yamoped and honded khususnya fu series dpake gladakan n smbrangan aja msih tetep awet dan bandel

  4. Leng.. leng..
    Kapan koe obyektif leng..

    CeBong150SuckFucker
    Jgn terlalu berkhayal semangat lebih, bgitu muncul cempulek uelek’e puoooll..
    Mengko kemrosak..
    Suara merdu, stereo.. knalpot+klothok
    Tobat’o leng..

  5. Semoga aja produk barunya nanti emang bener2 joss..
    Dan semoga lini sparepartsnya dibenahin.. coz dari dulu asumsi sparepart suzuki tuh mahal2..

    Mungkin mahal coz emang ga ada yg common parts dengan tipe laennya. Nah itu yg harus dibenerin suzuki..
    Rembukan sama insinyurnya, perbanyak common parts agar ongkos produksi murah.. efeknya, ke konsumen pun lebih murah juga..

    • kata siapa gak bs commont part boz?
      Part suzu dr yg asli ampe kw ada, yg aftermarket jg ada macam indopart.
      Kampas rem bs substitusi punya bebek honda.
      Kampas kupling banyak kw-nya, mulai dr harga 10-an rb/lembar ampe indopart ada.
      Utk rantai malah lbh bagus indopart dibanding aslinya (dah ada yg menguji) dikombinasi gear asli, hasilnya lbh awet (5th br ganti).
      Kl cm fast moving gak perlu kuatir, but yg perlu dipikirkan cm pelayanannya. Ai aja kapok beli suzu cm krn pelayanannya yg gak memuaskan.

  6. Hehehehehe….bos jamil nyindir product yamaha=telor ceplok yg gampang keluarin product tapi mesinya itu2 aja.

  7. Mudah2 an heboh yg dimaksud adalah heboh dalam artian design, performa, dan pasar sasaran yang jelas. Jangan gak taunya heboh nya ternyata malah bikin motor sport tapi jadi2 an. Go suzuki

  8. Mantap mas bro , hehehe ,nunggu trailnya juga semoga rilis juga “rinduJamanTS”

  9. Bisa aja kok, suzuki udah punya bahan-bahannya kalo mau bikin sport 150. Mesin? Ada mesin satria tuh, mesin dohc paling top kalo menurut ane, walaupun produksi lokal tp minim masalah karena konstruksinya yg simple. Walaupun desain lama, mesin ini merupakan kontender berat bagi vixion/R15 sama cb/cbr 150. Selanjutnya, buat desain tinggal ngambil styling que dari gsx-rr series, yg tampaknya akan mudah diterima oleh pasar Indonesia. Untuk fitur, disini yg jadi daya tarik suzuki, mereka bukan pabrikan yg suka bikin fitur untuk dijadikan marketing gimmick, lebih basic daripada pabrikan lain, tapi ada pepatah “less is better” dimana makin mendasar suatu hal makin sedikit hal yg bisa salah. Nah skrng tinggal bagaimana suzuki meramu bahan-bahannya.

  10. Ditunggu biar persaingan rame, tapi jgn kelamaan krn yamaha sdh start dan sebentar lagi honda ngamuk di sport…

  11. SIS dr dulu gitu, php. Makna ‘heboh’ bisa jadi hasil yg extraordinarily great atau fully embarrassing. We’ll see.

  12. Yang jelas kualitas produk dari Suzuki itu diatasnya pabrikan AHM
    Produk Suzuki tidak ada yang rompal,klothok-klothok maupun tanki bocor
    Lain halnya produk AHM yang kualitasnya ala kadarnya,sebut saja rompal,klothok-klothok,tanki bocor,body tipis,swing arm prothol.
    Cebong contohnya

  13. ini dia calon cb150sf facelift killer…bruakakakakakakakakakakakakakakkk…

  14. shogun sp bisa meladeni old vixion, rem depan bagus sy pernah ngerem extrem bawa boncengan sampai roda blkg terangkat motor masih stabil

  15. Tapi sabar dulu yaa?saya tidak bisa ngomong besok atau lusa. Kenapa? Memperbaiki sesuatu setelah sekian tahun itu tidak ada yang ngopenin (merawat) bukan sesuatu hal yang gampang. Dan tiba ? tiba saya datang langsung berubah semua?nggak mungkin bisa. Hanya malaikat yang bisa melakukannya

  16. sabar….
    di tempat saya dulu ada 9 dealer cabang suzuki, sekarang tinggal 1 yang buka, lainnya udah jadi alfamart atau alfamidi :v

  17. Suzuki sebenarnya secara kualitas jos,tp klo masalah desain sama 3s ya gitu deh…

  18. Papa seumur2 pernah punya c70 supercub 700, astrea 800 dan astrea star. Scara ga langsung ane FBH,
    Skrg di rumah ada 1 unit smash, dan 2 unit vespa,
    tp dnger info sport suzie, saya naboong,,
    Dan di kelas premier masih nge idolize MM 93

  19. Ya elah,ini orang hari gene masih mikir boros&irit,ketauan klo fby itu ternyata kismin2,mau irit?kesot saja sono!

  20. Honda & Suzuki, jauh kemana-mana soal kualitas dan kuantitas SUZUKI nomor wahid.

    Gak percaya? Tanya orang vendor…

    Ngoahahahahahahaha.

    • Tp knyata’any bgtu..awet dan bandel part’y,meski agak brjuang lo ada yg bth d ganti..mtor tua lari’y jg msih knceng bisalah imbangi mtor bru yg skelas..dan itu lho mesin’y mnim gtaran..

  21. dulu fxr pengeen banget tapi gada uang…. sisi buruk suxuki adalah bikin produk bagus tapi kelamaan upgrade jadj ketinggalan sama yg laen, atau bikin produk tidak pada musimnya…. wkwkk buah kale

  22. isih mangsan dolanan benthik karo kreweng toh, sekalian bae unclang lan liayane
    rossi para pesaingnya setelah motogp Le Mans
    goozir.com/2015/05/rossi-dan-para-pesaingnya-setelah-balap-le-mans.html

  23. Tau tau susuki ngeluarin motor cros.. ngga kaya dua merek raksasa yg merebutin tai ayam

  24. pak.endro tak sawang_sawang koyok celengan yo lek ….

    jian mirip tenan …

  25. omongin pak endro ya lek kalo bikin dohc jangan loyo kek Ahm …

    aku arep tuku tenan ki …

  26. lek pesen ke pak endro kalo bisa jangan pakai rangka kandang pitek …

    ekekekekek…

  27. ah ra ngandel aku
    orongorong.com/2015/05/20/apakah-suzuki-biplane-hanya-sampai-pada-motor-konsep-saja/

Comments are closed.