iklan iwb
iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

Endro Nugroho_IWB

Bro dan sis sekalian…melakukan interview exclusive dengan Pak Endro Nugroho, Marketing & Dealer Development Director, PT Suzuki Indomobil Motor & PT Suzuki Indomobil Sales saat meluncurkan New Satria F 115 serta Suzuki Asia Challenge season 2 di La Piazza Cafe, doi buka – bukaan perkara progres dan niat Suzuki untuk memberikan produk serius kepada para biker tanah air.  Seperti apa penuturan doi…?? Secara exclusive IWB akan jabarkan dalam interview berikut ini. Pokoke kudu moco (baca)…lek ora rugi tenan :mrgreen: . Check it out !!…..
IWB-TMC-Banner(1)

iklan iwb

bloger 2 photo kontes

IWB : Gimana tanggapan Bapak atas banyaknya komentar yang mengatakan Suzuki terkesan lambat dalam merespon keinginan para biker..??

EN (Endro Nugroho) : Saya lebih senang melihat industri dari fundamental dulu. Saya mau menang nggak cuma setahun. Saya mau menang atau naik peringkat untuk 5 – 10 tahun kedepan. Bahwa untuk itu saya perlu punya fundamental untuk di tata. Dulu saya di roda empat juga sama. Pertama kali saya masuk jualan nasional (suzuki) hanya 40.000 di tahun 2008. Lima tahun saya tugas meningkat menjadi 50.000…70.000…90,000 hingga 135,000. Terakhir ketika saya pindah ke roda dua tembus 165,000. Kuncinya adalah fundamental. Kalau hanya untuk tahun ini dan tahun depan tentu saya bisa habis – habisan. Tapi tahun ketiga mati…buat apa. Kita nggak mau itu…..

IWB : Gimana tanggapan bapak atas anggapan produk Suzuki terlalu monoton..???

EN : Itulah yang sedang kita perbaiki. Sebenarnya tidak monoton hanya keterlambatan meluncurkan produk – produk baru….

IWB : Suzuki identik dengan motor – motor kencang. Saya masih ingat dulu Suzuki sempat menjadi raja lewat RGR 150SS serta hadirnya FXR150. Biker rindu akan real sport 150 cc…bukan hanya ayago – ayago doang. Bagaimana respon Suzuki tentang hal ini..??. Adakah progress untuk kesana..??

EN : Pasti !!!. Jawaban saya satu…sabar saja sebentar…

IWB : Ada target Pak…apakah tahun depan..??

EN : Ada target…tapi saya nggak mau rilis ke temen – temen dulu. When the time comes…ketika saya buka semua, pasti kalian semua akan heboh. Itu saja. Silahkan catat omongan saya!!.. (mimik sangat tegas dan serius)

IWB : Bener yaaa…saya catat  nih pak..!!! (terkekeh)

EN : Silahkan catat omongan saya. Tapi sabar dulu yaa…saya tidak bisa ngomong besok atau lusa. Kenapa? Memperbaiki sesuatu setelah sekian tahun itu tidak ada yang ngopenin (merawat) bukan sesuatu hal yang gampang. Dan tiba – tiba saya datang langsung berubah semua…nggak mungkin bisa. Hanya malaikat yang bisa melakukannya. Saya harus benahi semua. Saya paham konsumen tidak bisa menunggu lama. Tapi ini bukan seperti bikin kue. Untuk meyakinkan pihak – pihak yang berhubungan dengan riset dan pengembangan membutuhkan argumentasi. Jadi pada intinya adalah kita sedang menuju proses kesana. Yang penting bersabar dan tunggu tanggal mainnya. Kita sedang terus berbenah…

Yup itulah interview exclusive dengan Pak Endro Nugroho yang menjabat sebagai Marketing & Dealer Development Director, PT Suzuki Indomobil Motor & PT Suzuki Indomobil Sales. Dari penuturan serta raut mukanya jelas IWB tangkap keinginan kuat dari Suzuki untuk berubah dengan langkah – langkah serius. Salah satu yang bisa kita ambil adalah kembalinya Suzuki berlaga diajang balap MotoGP. Yang kedua, konsistensi mereka untuk mencari para pembalap berbakat tanah air melalui Suzuki Asian Challenge yang kini menginjak ke season 2. Tindakan tersebut merupakan refleksi keseriusan mereka untuk bangkit baik secara nasional maupun internasional. Lah tapi kenapa begitu lama..??

Seperti yang Pak Endro katakan…mereka ingin memperkuat secara fundamental. Ketika komponen tersebut sudah matang yang diiringi dengan pengembangan produk baru maka secara otomatis semuanya bergerak secara harmoni. Mungkin kita juga merasa bahwa selama ini Suzuki terkesan PHP. Namun jika IWB perhatikan berdasarkan interview tatap muka kemarin…..entah kenapa IWB yakin masa itu akan datang. Apalagi Pak Endro secara tegas sudah berani menantang dengan ungkapan “catat omongan saya”. Wiiihhh…ngerihhh kang bro :mrgreen:

Last…..pergerakan Suzuki memang belum kelihatan tahun ini. Namun bukannya diam, kalau sampeyan perhatikan secara jeli PT. SIS mulai berubah. Beberapa petunjuk terendus mereka memang melakukan riset dan development dalam rangka mempelajari keinginan pasar. So…sepertinya kita tidak boleh lagi mencibir Suzuki.  Meracik produk baru memang tidak seperti nyeplok telor yang dituang langsung jadi. Mulai dari proposal, approval, prototype serta vendor bisa membutuhkan waktu bertahun – tahun. Jadi mari kita tampung dan catat omongan pak Endro sama – sama. Lek sik mlempem juga 2 tahun kedepan….tak jak dolanan enthik utowo kreweng wae wis pak Endro. Asli…..jian bikin penasaran ki bos satu ini. Suzuki???. Feeling IWB koq kali ini serius ya bro. Piye menurut sampeyan??……..(iwb)

iklan iwb
Previous articleKenapa Yamaha new Vixion facelift disebut menganut shroud dual layer??. Nih dia jawabannya….
Next articleGeber edukasi tentang racing….AHM terus asah skill pembalap mereka !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!