iklan iwb
iklan iwb

460x110Honda_2

pertamaxBro dan sis sekalian….seperti prediksi kita sebelumnya, bensin terus mengalami kenaikan. Kegembiraan kita saat bensin turun hanya sementara sebab dengan alasan minyak mentah dunia terus naik….Pertamina kembali akan berancang-ancang menaikkan harga Pertamax. Beda dengan sebelumnya….kenaikan kali ini termasuk signifikan. Emange piro???….
IWB-TMC-Banner

iklan iwb
iklan iwb

bloger 2 photo kontes

Rp. 800/liter mzbro. Nyaris 1000 rupiah. Artinya….harga Pertamax bakal dijual dengan banderol Rp. 9600/liter. Lumayan nampol tenan. Entah apakah hal ini ada hubungannya dengan Pertalite supaya nangkring diposisi ideal??. Entahlah. Tentu saja hanya Pertamina yang tahu. Tapi mereka beralasan kenaikan karena tekanan minyak mentah dunia yang cenderung naik….

Last….surat edaran sudah disebar keseluruh SPBU. Dan kenaikan memang tidak merata. Contohnya PertamaxPlus yang lebih kecil yakni hanya Rp. 500/liter. Dan kenaikan tersebut tergantung region alias bisa lebih besar diwilayah lain. So….harga baru Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex di region III (Jakarta dan sekitarnya) bisa sampeyan intip terlampir dibawah. Wisss….siap-siap full tank ki. Ediann tenan mundake horaaa umum :mrgreen: …..(iwb)

1. Pertamax: Rp 9.600/liter (sebelumnya Rp 8.800/liter)
2. Pertamax Plus: Rp 10.550/liter (sebelumnya Rp 10.050/liter)
3. Pertamina Dex: Rp 12.200/liter (dari sebelumnya Rp 11.900/liter)

IMG-20150514-WA0001 Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

141 COMMENTS

    • Yg punya honda nggk usah khawatir, motor honda irit irit
      Vario 2015 yg item mat blek. Irit bgt

      Beda sm yahomo m3 masak teknologi aja BUOCOORRR ?

      Ngoahahahaha

      • Beda sm yahomo m3 masak teknologi aja BUOCOORRR ?
        ———————————–
        ohhh, maksud ente TEKNOLOGI “TANGKI BOCOR” ala AHM

        TEKNOLOGI PALING MUTAKHIR MASA KINI & TAK LEKANG OLEH WAKTU itu ya yg di SEMATKAN di SPORT AHM wkwkwkwk

  1. Stok minyak mentah dunia melimpah,harga turun,,lah ini Pertamina malah naikin harga Bbm Pertamax .
    Semoga Spbu tetangga gk ikut naikin hrga Ron 92 ,biar mikir tuh Pertamina.

  2. Kasian yang mentok 150 cc, kaga bisa bikin 250 cc apakagi 2 silinder Dohc mimpiii hahahahaha

    maap ye cung.

    • Kan msh ada vartech150 cooYyy……
      Irit itu motor, nggak usah 250 twin sport, bikin boros dan nggak ekonomis

      Ngoahahahahaha

    • Luh baca berita wak iwan dong……
      Kbnyakan melarat itu fby / yahomo! Tuh ada mmxKing buat jualan,vix-oon jadi bentor(becak motor),lagilagi mmXKing buat angkut kambing ke pasar , dll

      Makanya sbnrnya perekonomian fby yg melarat

      Ngoahhahahahahaha

  3. Hahahahaha

    para gay sales kacung fBHomo semakin dhuafa

    maap ye cung kalau merasa

  4. yang penting kata FBH di artikel sebelum nya

    DOHC 150CC > DOHC 250CC 2 Silinder 🙁

    fbh tulul 🙁

    tulull akut kronis 🙁

  5. Kasian fBHomo maHonda bikers gay yang kredit skutik tanpa dp, semakin ditarik leasing deh hahahahaha

    maap ye cung kalau merasa

    • Beat rajanya MS matic cooyYyy …..
      Kalau miong m3 gt BUOCOR rajanya geal geol matic bantet bugel nunduk kyk babi lemot ngeedennn ! Malu sama kucing cooYyyy, meong-meong-meong

      Ngoahahahaha

  6. What,, Yamamah gak bisa bikin pigsen DOHC???
    Padahal katanya cangging bisa bikin 2cyl.. kasihan penboynya udah ngidam,.

    Ekwkwk

  7. Oooooo ternyata pertalite itu cuma buat mengerek biar pertamax bisa naik rada jauh? Koyo kasus mobil LCGC biar yg kemarin mobil “sejuta umat” bisa naik banyak gitu? #Edan Indonesia mafia thok

  8. walah akhire nglirik kerang super juga
    eh kerang super naik ora kang?
    padahal aku konsisten pertamina lho
    kita buntung pertamina untung hehe

  9. Isi pasal 33 ayat 3 UUD 1945 ;
    Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

    Kira2 presiden paham gak ya? Apalagi dengan kondisi sekarang

  10. wah di tempatku sekarang pertamak udah 10450+kenaikan nanti berapa jadinya ya?..lokasi pasaman barat .sumbar…

  11. trik hbs naikin pertamak muncul deh pertalite biar harga nya ngak beda tipis biar laku pertalite nya. cieilah trik trik trik lagi di negara ku yang hrs ku cintai.

  12. R15 muka tikus clurut laknaatt !
    R25 muka lele laknaatt !
    Emang desain yahomo setan iblis laknatt

    Ngoahahahaha

  13. Yg jawab ntar yg nama @menteri perdagangan motor …..

    Awas kalau ngajak ngajak tukang gali sumur,tukang gorengan,tukang sedot wc,tukang sate,tukang sate wong wedok,tukang ngaduk semen,pemerkosa,polisi,hansip,satpam,satpam komplek,mahasiswa,anak tk,anak paud,anak sekolah,presiden,menteri,wakil presiden,tni,abri,suku suku pedalaman ….

    Dasar menteri somplak !

  14. Your comment is awaiting moderation.

    Gak usah rame koyok wong susah wae… lawong cangkoke tuku bensin premium wae kok melu rame…

    😀

  15. sohc aja masih sanggup 🙁

    kenapa mesti bikin dohc? 🙁

    fbh tulull 🙁

    mesti dikasih kartu sakti jokowow 🙁

    biar tmbah tulull 🙁

    jiahahaha 🙁

    • Katanya Pabrikan loyal sama konsumen..??? Untuk loyal sama konsumen contoh itu honhon.
      Ngapain DOHC? Yaiyalah masih laris fbyek mau dikibulin. Ngapain susah2 buat DOHC. Sadarlah cung…

      Ekekeek

  16. Fbh kambing cukup minum premium..

    Gak usah Beli pertamax tar mangap mangap

    Kasian tar tekor gak bisa mbyar angsuran mbitt

    Mueheheheheheheh

  17. Cemen lah naikin lagi Pak Jokowi rakyat masi mampu cuma harga segitu.. ayo pak mumpung masi jadi presiden..

  18. Ra masalah bozzzz

    Bedha sm fbh kambing,boro2 make pertamax,angsuran sohc beat aj pd nunggank dikejar2 leasing

    Ngoahahahaha

  19. Pantes,sport honhon gk laku pd nyungsep digudang

    Orang fbh kambing itu tukang ngirit

    Maklum,kismin identik dengan ngirit

    Ngoahahahaha

  20. Pantes cebong gk laku gara2 mesinya pd rompal

    Salah sendiri sih pake acara kibul2 premium ready

    Ngoahahahahaha

  21. Wkwkkwkwkw

    Pantes sport honhon gk laku pd jd penunggu gudang uji nyaliii

    Orang fbh kambing kismin make premium

    Premium kan buat orang kisminnn

    Fbh kambing emang kismin coyyy

    Ngoahahahaha

  22. Tiap fbh kambing isi bensin ϑ¡ SPBU,selalu diledek sm petugas_nya

    “Dimulai dari 0 unit Чα”̮ mbing”

    Ngoahahahahaha

  23. Biarin lah di naikin aja percuma..Wong FBH kambing mampu belinya premium.
    Mbitt kalo dikasih pertamax bikin kantong bolong
    Uang saegitu kan sayang buat embekha..mending dipake tambahan angsuran

    Ekekekekekeke..

  24. Fbh kambing kismin kalo isi bensin ϑ¡ eceran pinggir jalan bozz

    Kalo ϑ¡ SPBU,mereka trauma

    Masa selalu ϑ¡ ledek petugas spbu

    “Dimulai dr 0 unit Чα”̮ mbing”

    Ngoahahahahahaa

  25. INGAT !!!

    PRESIDEN RI di partai PDI-P itu BUKAN SIAPA-SIAPA, jd GAK BISA BERBUAT APA-APA.

    *Notes : Di Partai PDI-P yg BERKUASA adalah MEGAWATI

  26. Pertamax buat orang mampu coyyy

    Fbh kambing kismin penunggang sohc beat diharap minggir

    Ngoahahahahaah

  27. bukan cuma beli dipinggir jalan kadang sering nemuinfbh kambing beli bensin cuman setengah liter dengan dalih ‘sudah cukup irit ampe tujuan .’Irit atau gak punya duit

    Ngahahahahahahaha

  28. unyu2 on May 14, 2015 at 12:48 pm

    Isi pasal 33 ayat 3 UUD 1945 ;
    Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

    Kira2 presiden paham gak ya? Apalagi dengan kondisi sekarang.

    Aku setuju karo komentar iki. Kon do melek pejabat negara.

  29. Semprot Sohc minum premium yo wajar

    Semprot dohc minum premium yo kurang ajar

    Iso ngerusak mesin..

    Seperti fbh kambing numpak cebong series

    Mehehehehehehehehhe

  30. Ben tambah sugih pertamina…tambah gendut2 pegawene..penting motore nginum bensin wae…nasibe wong cilik…

  31. Emang suek nih jokower, nyesel gue pilih jokowi

    saaatnya turunkan jokower dan megapro dari bumi indonesia!!!!

  32. Gimana mesin cebong ndak rompal wong bengsin ae pake premium..

    Mosok mongtor balap pake premium

    Ngahahahahahahahah

  33. macam udah kaya kali yg pake yamaha ini. tolong ya kalau komentar yg sopan jgn bilang pemakai merk lain dhuafa segala macam. yg punya blog tolong diperhatikan jgn mentang mentang blog anda udah terkenal komentar sampah anda biarkan.

  34. Ini sangat kelewatan pertamax naik..lama lama bakal premium naik juga..

    Ini bisa bikin fbh kambing nangis darah..

  35. lo katanya wes non subsidi n wingi proses e ndak kluar duit banyak malah yg kluar duit banyak premium katanya koq mau dinaikkan?ap harga minyak dunia naik…pertamina2 maling tok isi ne..sorry ya sama agan2 yg kerja dipertamina dgn jujur, amanah ndak maling tapi kena juga..soalnya temen anda yg sma2 jujur dikit..

  36. Iya fbyek emang kaya2 sampai2 yamaha harus menarapkan strategi buanting harga biar mau beli…. FAKTA didepan mata coyyy… eh lupa fbyek kan katarak

    Ekekekek

  37. Dikata kaya katanya karna sportnya laris, padahal yg banyak dijual ya metik..
    Yg penting sombong duluan..

    Siapa dia??? Fbeyek

  38. D banjarmasin pertamax biasa aja RP.10.800,00 kang.. Apa lg kalau mau naik bisa tembus 11rb. Saya pemakai pertamax. Seandai ny d sini harga ny cuma 9rb’n pasti sangat laku. Sayang pemerintah kurang peka. Masih lebih peka saya yg tamatn stm.

  39. Saya sangat heran, kenapa rekan fby begitu congkak dan merasa kaya, itu atas dasar apa ya?? Fby pasti malu mau jawab pertanyaan saya.

    Ekekekk memalukan

    • Mungkin fby yg merasa kaya yg sering koar2 punya 2 boil yg paling smart bisa jawab.. kalo gak bisa ya memalukan
      ekekekek

  40. Kaum celengers udh brisik aja..
    Artikel bbm kok nyambit2 ke honpret irit karna tangky bocor..

    Col.. udah bisa ngetik skrg col..

    • Diobral cBr Dp500k+KTP+KK*#*bintangmotor.c*m/kredit-motor-honda-dp-500-ribu/*#*

      • Lek, kmaren ane isi full pertamax, trus ane tanya ke pegawainya, pda kgk tau lek, pom nya ada sepi, ane dari daerah bogor..

  41. Maaf bukannya saya gak cinta tanah air, tapi kemang kualitas & kuantitas produk dalam negeri kita untuk bahan bakar masih di bawah tetangga sebelah.

    Mending pake V power ajah, asli garing tarikan ok & bener2 terasa lebih irit nya.

    • Kalo cbr dp 500k itu gmn ya rasanya?

      Syarat ktp+kk+500k
      Bisa bawa pulang CiBurukRupa

      Cepet fbh, ud murah tuh..
      Kbangetan klo ga di ambil
      Kliatan dhuafa nya

      Akakakakakakka

      • Gak tau juga tuh pada beli apa engga, la wong ane ajah baru beli Mio M3 buat bini tiap hari di kasih V Power di Sheell 4 Soekarno Hatta Bandung.

        Ngoahahahahahaha…

  42. Liat perbandingan harga sm shell

    Klo murah shell berarti pertamini kemaruk ,kebanyakan mafia gas

    Soyo suwe kok negoro soyo tambah bosok

    Penake Pindah kewarganegaraan tahiland opo brunei wae ki …

  43. bukti nya masih laris kan 🙁

    ampe bertahun2 gara kill sohc itu 🙁

    kalo mau dohc silahkan beli 250cc 2 silinder 🙁

    ga mampu? nabung lah 🙁

    jangan kyak orang tulul dehh 🙁

    oya lupa fbh itu tulul 🙁

    KIP mana KIP 🙁

  44. Alhamdulillah punya motor revo sesuai kebutuhan.motor bukan hasil lesing ataupun riba …gak usah nenggak pertamak
    minumannya premium yah lancar lancar aja….
    legowooo legowoo gak usah pana ma motor baru
    beli motor sesuai kebutuhan dan keperluan

    • Revo nya udah DOHC blm pak Warso?
      Udah 6 speed blm pak?
      Rangkanya ud teralis blm pak?
      Top speed tembus 151km/jam blm pak Warso?

      Tolong beri tw sm rekan fbh lainnya ya pak..
      Smoga bs jadi masukan buat reka fbh lainnya

  45. Wasro dasar koplok ente, Hasil RIBA, jadi lu nampang, lu keren bisa beli cash, mikir guoblog, kasihan orang yang hanya bisa beli kredit, lu nyombong bisa beli cash, dasa kunyuk, ngga usah pak sok agama, sok suci, sok orang paling baik dunia akherat….. alhamdulilah ketemu ama si wasro kunyuk…. yang mnyombong karena bisa beli cash… dosor goblig

  46. artikel pertamax ya pada ribut…kl mau ribut silahkan di lapangan…ngomong langsung ke joko** jgn dimarii…coment nyampah masih lolos z heran..gmn lek keamananya? bac*t kaya ember pda ribut mllu….kl kalian merasa jago ekonomi knp ngga nyalon jadi caleg?giliran jd caleg juga korupsi lo pada…nikmatin z….ambil hikmahnya z bro…

  47. ane pernah kerja ditambang kasian bumi indonesia disedotin perusahaan asing, hrsnya pemerintah gunakan sendiri buat rakyat. heran gw.

  48. kenapa pada ribut soal ini . makanya jadi orang kaya biar ga pada ngeributin . percuma lo orang pada ngeributin . kenyataannya naek2 juga . beli rokok harga 15 ribu bisa lo . beli bahan bakar segitu aja ngeluh lo . MIKIR…..

  49. pak joko… bagaimana ini…. ???

    $1=+/-13.800
    beras 1ltr=+/-10.000an
    bensin 1ltr=+/-10.00an
    kenaikan upah gak berimbas/ ada efeknya…!!!

    segera lakukan Redominasi rupiah…
    khawatir dilain waktu bensin 25.000/ltr

  50. Segera redominasi Rupiah….

    tp tetep masih kalah sama dolar…
    $1=Rp.13.000
    redominasi
    $1=Rp.13

  51. itu minyak dunia blm 100$/barel wes mlambung tinggi.pemerintahan jaman skrg cm modal karbitan alias karbitan

  52. Semakin melarat…
    Jualan t*mpik aja besok2 80 jeti om
    Hhhhhhh
    Mau dibawa kemana bangsa ini ama jokowow bingitz kebijakan politiknya

  53. Mari semua menjadi sales berjamaah…
    Komisi selangit…
    Makin bobrok bangsa ini
    Udah ga perlu munafik lagi jadi manusia…

  54. Kalau mau pencitraaan jangan jadi presiden om jokowow.
    Jadi artis aja.
    Janji2 tinggal janji…
    Mari bangun kasino dan tempat lokalisasi prostitusi terbesar di asia di indonesia.

  55. Ketahuan ni siapa yg tajir beneran… pke pertamax.
    inget tuh nvl pke pertamax jgn pke bensin eceran plus campur oli.

  56. seharusnya masyarakat indonesia berpikir:
    APA YG DAPAT AKU PERBUAT UNTUK NEGARAKU….

    bukannya apa yg negaraku dapat perbuat untukku….

  57. harga bbm naik = harga sembako naik = kemiskinan ikut naik.
    hayo naikin aja terus, negara kaya sumber daya tp miskin akal n akhlak.

  58. Wahh murah dimalesia ternyata..
    bbm tanpa subsidi disono dijual rp7000 ron95 sedangkan ron97 dijual dg harga rp9000

  59. region 3 tuh dmna? djkrta 9600..dkota penghasilnya skaligus refinery malah 10rb lbih…utk pertamax…ckckck…koq bs yah…distribusi ksna nurunin ongkos kali yah..atw gua yg kurang paham…ad penjelasan???

  60. [Al-Islam edisi 737, 11 Rabiul Awal 1436 H – 3 Januari 2015 M]

    Tahun 2015 sudah menghampiri. Sebagian pihak berharap tahun 2015 akan membawa perubahan bagi negeri ini ke arah yang lebih baik, tentu di bawah rezim pemerintahan baru. Sayang, semua itu hanya sebatas mimpi.

    Liberalisasi Total Migas

    Pemerintahanan Jokowi-JK telah memutuskan menaikkan harga BBM jenis Premium RON 88 dan Solar masing-masing Rp 2.000 perliter per 18 November lalu. Keputusan itu diambil hanya 27 hari sejak pemerintah baru ini dilantik.

    Kenaikkan harga BBM itu untuk makin menyempurnakan liberalisasi hilir migas. Liberalisasi hilir migas itu kuncinya bertujuan agar swasta termasuk asing bias ikut mendistribusikan dan berdagang eceran BBM dan gas. Agar hal itu berjalan, harga BBM harus dilepas mengikuti harga pasar.

    Kebijakan itu sebenarnya sudah “dijanjikan” sejak sekitar 2004 lalu seperti yang pernah diungkapkan oleh Menteri ESDM kala itu Purnomo Yusgiantoro. Dengan kebijakan menaikkan harga BBM itu, liberalisasi migas makin mendekati sempurna.

    Namun, rezim ini tampaknya tak bisa menahan diri untuk segera menyempurnakan liberalisasi migas itu. Pemerintahan Jokowi seolah tak mau menyisakan PR. Untuk itu Pemerintah bertekad untuk segera menyesuaikan harga BBM mengikuti harga pasar.

    Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan, Pemerintah mematangkan kebijakan baru terkait subsidi BBM. Mulai 1 Januari 2015 masyarakat akan membeli BBM dengan harga yang baru (Detikfinance, 29/12/2014).

    Menteri ESDM Sudirman Said (29/12) menjelaskan rencana bentuk kebijakan itu. Pemerintah akan menghapus subsidi untuk Premium RON 88 dan mempertimbangkan pemberian subsidi tetap (fixed subsidy) perliter pada BBM diesel atau Solar senilai Rp 1.000/liter. Dengan begitu nantinya harga solar bisa naik-turun tergantung harga pasar (Detikfinance, 29/12).

    Kebijakan baru itu menjadi hadiah pahit tahun baru dari Pemerintah bagi rakyat, lebih pahit dari kebijakan sebelumnya. Dengan kebijakan itu, sempurnalah liberalisasi migas. Dengan satu kebijakan itu saja, Pemerintah baru telah menegaskan diri sebagai rezim liberal, tak ada bedanya dengan rezim-rezim sebelumnya bahkan mungkin lebih liberal!

    Liberalisasi Makin Menjadi-Jadi

    Pada penghujung 2015 mendatang, kesepakatan Masyakarat Ekonomi Asean (MEA) atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku. MEA ini bertujuan menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang ditandai dengan aliran barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil dan perpindahan barang modal secara lebih bebas.

    Kerjasama yang disepakati di KTT Asean di Bali 2003 itu meliputi integrasi sejumlah sektor yakni produk pertanian, otomotif, elektronik, perikanan, produk turunan dari karet, tekstil dan pakaian, produk turunan dari kayu, transportasi udara, kesehatan, dan pariwisata serta logistik. Pelaksanaan MEA itu menuntut adanya liberalisasi perdagangan, investasi, finansial, jasa, industri, pertanian, perikanan dan sektor-sektor lainnya. Dari sini saja sudah bisa ditebak, liberalisasi pada tahun 2015 akan makin menjadi-jadi, melanda semua sektor.

    Sebelumnya, Indonesia pun terbukti tak berdaya ketika produk Cina membanjiri pasar Indonesia sejak perdagangan bebas ASEAN-China (ACFTA) dimulai tanggal 1 Januari 2010. Data statistik menunjukkan, perdagangan bebas ACFTA ini tidak menguntungkan Indonesia, sebaliknya menguntungkan Cina. Ini bisa dilihat dari neraca perdagangan antar kedua negara; Indonesia selalu defisit. Indonesia juga terjerat perjanjian kerjasama Asia Pasifik yang dikenal sebagai APEC. Kesepakatan itu mengharuskan bea masuk barang impor hingga nol sampai 5 persen.

    Pemerintah melontarkan berbagai kebijakan yang bisa dianggap sebagai bagian dari pelaksanaan liberalisasi itu. Di sektor jasa tenaga kerja, misalnya, tak tanggung-tanggung, orang asing akan diberi peluang untuk menjadi pejabat BUMN hingga posisi direksi. Hal itu telah dilontarkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. “Bisa saja orang asing jadi bos BUMN, tetapi kita ambil dari dalam terlebih dahulu,” ujar Rini dalam jumpa pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (15/12). Ia beralasan, pemilihan direksi BUMN harus melihat persaingan global. Apalagi Indonesia bakal menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

    Sebelumnya, Menteri Rini Soemarno juga mewacanakan untuk menjual gedung BUMN yang kini menjadi kantor Kementerian BUMN. Rini berasalan, Gedung BUMN lebih besar dibandingkan dengan jumlah pegawainya. Sejauh ini gedung itu ditawarkan ke Pemda DKI Jakarta, tetapi belum sepakat.

    Keinginan mengundang asing juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia mengusulkan menyewakan pulau kepada Singapura. “Saya pernah usulkan, lebih baik kita sewakan satu pulau ke Singapura, daripada pulau kita tenggelam,” ujar Susi saat berbicara dalam Rapat Pimpinan Nasional Kadin, Jakarta, Senin (8/12). Menurut dia, Indonesia akan untung mendapatkan pemasukan pajak dari hasil penyewaan pulau tersebut.

    Liberalisasi investasi nantinya akan membuka pintu lebar-lebar bagi masuknya investasi asing. Untuk menyambut itu, di beberapa lawatan ke luar negeri, Presiden Jokowi telah mengundang para investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Jokowi menawarkan proyek-proyek infrastruktur antara lain rel kereta api, jalan tol, bandara, dan pelabuhan.

    Hal itu disampaikan oleh Jokowi di Forum Perdagangan Investasi dan Ekonomi Indonesia-Cina di Beijing, Cina. Tawaran itu juga disampaikan dalam forum Infrastructure Summit di Bali, dan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Sydney, Australia. “Inilah kesempatan Bapak-Ibu semuanya untuk masuk ke investasi ini,” kata Jokowi. “This is your opportunity!” begitu ungkapan berulang-ulang Jokowi kepada para investor asing.

    Untuk menjamin kemudahan bagi investasi asing itu, Jokowi berjanji menyelesaikan masalah yang selama ini menjadi kendala investasi. “Kalau Bapak-Ibu semuanya mendapatkan kesulitan, saya akan menyelesaikan,” ujarnya.

    Korporasi Makin Mendominasi

    Liberalisasi itu akan membawa sejumlah bahaya bagi negeri ini dan penduduknya. Apalagi Indonesia dinilai belum siap menghadapi pasar bebas itu. Selama ini nyaris persiapan untuk itu minim sekali. Pada saat liberalisasi itu berjalan makin luas dan sempurna, maka Indonesia akan menjadi bulan-bulanan. Indonesia akan menjadi pasar, sumber bahan baku, sumber buruh murah; sementara posisi manajemen, jasa dan banyak profesi akan diserbu oleh orang asing.

    Liberalisasi perdagangan akan membuat harga produk luar lebih murah dari produk dalam negeri. Akibatnya, arus impor akan makin deras, sementara arus ekspor tidak sebanding dengan peningkatan impor. Neraca perdagangan pun akan terus defisit.

    Sebelumnya, asing telah menguasai pengelolaan sumberdaya alam negeri ini. Liberalisasi finansial dan investasi akan membuat asing makin leluasa menguasai semua sektor kehidupan negeri ini. Penguasaan asing yang besar di sektor SDA, perdagangan, industri, kehutanan, perkebunan, perbankan, telekomunikasi, dan sektor lainnya akan makin dalam. Pembukaan ruang yang lebar bagi investor asing untuk turut membangun infrastruktur baik jaringan kereta api, jalan, pelabuhan, transportasi dan sebagainya akan memperdalam penguasaan asing di negeri ini. Dengan itu, berbagai pelayanan publik akan berada di bawah penguasaan swasta (asing).

    Dengan semua itu negeri ini akan makin dicengkeram oleh korporasi/perusahaan (asing). Karena itu ada risiko besar pada tahun 2015. Korporasi-korporasi asing akan bisa semakin dalam memengaruhi kebijakan negeri ini mulai dari perumusan hingga penerapannya. Semua gambaran itu menunjukkan penjajahan atas negeri ini akan terus terjadi bahkan makin dalam.

    Segera Terapkan Syariah Secara Total!

    Semua itu terjadi karena adanya kerangka legal melalui berbagai UU, apalagi sejak masa reformasi. Semangat dan keinginan kuat Pemerintah Jokowi-JK atas liberalisasi itu bertemu—dan dibingkai—dengan kerangka legal itu. Akibatnya, proses liberalisasi makin cepat dan sempurna.

    Semua itu adalah akibat dari penerapan sistem kapitalisme-demokrasi. Karena itu untuk menghentikan liberalisasi dengan berbagai dampak buruk dan bahayanya secara total harus dilakukan dengan menghentikan penerapan sistem kapitalisme-demokrasi itu. Terus mempertahankan penerapan sistem kapitalisme-demokrasi sama saja dengan mempertahankan kerusakan yang selama ini terjadi.

    Penghentian sistem kapitalisme-demokrasi itu hanya bisa dilakukan dengan menerapkan syariah Islam secara total. Cengkeraman asing itu di antaranya bisa dicegah dan dihentikan dengan menerapkan hukum Islam terkait kepemilikan individu, kepemilikan umum dan kepemilikan negara. Kepemilikan yang saat ini menyimpang harus dikembalikan sesuai dengan hukum kepemilikan dalam syariah. Begitu pula dengan pengelolaannya. Semua itu harus dibarengi dengan penerapan sistem ekonomi dan politik Islam. Sistem Islamlah yang akan memupus cengkeraman asing atas negeri ini. Pengelolaan negeri dan kekayaannya dengan sistem Islam akan membawa keberkahan, kemakmuran dan rahmat untuk seluruh individu rakyat. Penerapan syariah Islam secara total itu hanya bisa sempurna dilakukan dalam institusi pemerintahan Khilafah ar-Rasyidah yang mengkuti manhaj kenabian. Inilah yang harus segera diwujudkan.

    Karena itu sudah semestinya kaum Muslim serius dan sungguh-sungguh untuk saling bekerjasama berjuang dan berusaha mewujudkan semua itu guna menjawab pertanyaan di hadapan Allah SWT kelak.

    ]أَفَحُكْمَالْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ[

    Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki? (Hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (TQS al-Maidah [5]: 50).

    WalLâh a’lam bi ash-shawâb. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here