iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110pxHonda_2

Honda_CBR250R (1)

Bro dan sis sekalian……banyak pertanyaan mampir tentang absennya Honda dalam ajang Kejurnas sport 250cc Sentul kemarin. Seperti yang kita tahu……..kita hanya menemukan tim pabrikan dari Kawasaki serta Yamaha. Mengandalkan Ninja 250 FI dan R25 kita tidak melihat CBR250 dalam kompetisi tersebut. Pertanyaannya ada apa gerangan..??. Ketimbang berspekulasi IWB langsung kontak ke Bos Motorsport AHM, Anggono Iriawan. Dan berikut jawabannya…..
IWB-TMC-Banner

iklan iwb

bloger 2 photo kontes

Ketidak ikutan Honda disana bukannya tanpa alasan. Mereka melihat masih terjadi pro kontra regulasi antara mesin 1 silinder dan 2 silinder. Hal ini mengacu pada pengalaman masa lalu yang menganggap aturan menguntungkan single silinder engine. “Masih terjadi komplikasi antara mesin 1 vs 2 silinder. Walau pihak pembuat regulasi sebenarnya sudah memperhitungkan sedemikan rupa polemik masih saja terjadi. Khususnya jika yang menang mesin 1 silinder dianggap tidak wajar. Sebaliknya jika 2 silinder juara hal itu dipandang wajar. karena itu kami memutuskan tidak ikut berkompetisi supaya pro kontra tidak terjadi” ujar Anggono kepada IWB. Ealahh…ngono to….

Apa yang dikatakan Bos Motorsport Honda cukup dimaklumi. Ibaratnya buat apa bersusah payah mengeluarkan biaya besar jika menangpun dianggap tidak fair. Polemik antara mesin 1 silinder vs 2 silinder memang seperti tidak pernah habis. Kondisi serupa juga terjadi pada ajang AARC beberapa waktu lalu. Bahkan dari rumor yang IWB terima, salah satu pabrikan besar sampai protes ke pihak AP Thailand karena dianggap tidak adil. Mereka menuntut kubikasi seimbang yakni 250 cc. Polemik ini membuat pihak AP HOnda Thailand akhirnya menurunkan kubikasi CBR300 menjadi hanya 285 cc. Benar tidaknya isu ini memang sulit dibuktikan. “Mesin satu dan dua silinder akan sulit disatukan karena karakter engine sendiri juga berbeda. Jika karakter single silinder bertenaga diputaran bawah maka paralel lebih powerfull pada putaran atas. Cukup sulit mendapatkan formula regulasi yang pas supaya dianggap adil..” tutur Anggono lagi…..

Last…polemik antara engine 1 silinder vs 2 silender tidak akan pernah habis selama kedua kelas dipaksakan bertarung diatas lintasan yang sama. Sepertinya kondisi tersebut disadari betul oleh AHM sehingga mereka memutuskan tidak turut serta dalam kejurnas 250 yang saat ini hanya diisi paralel engine yakni Ninja vs R25. Mungkin suatu hari nanti jika Honda memiliki spek mesin sama kompetisi baru bisa dibuka kembali. Yah…ngarep wae K64A segera brojol mzbro. Kalau udah gitu sih bakal seru. Nah…..sekarang sudah tahu kan kenapa Honda nggak ikut kejurnas 250 cc..??. Jadi nggak ada kamus takut mzbro namun lebih kepada menghindari polemik yang akan membuat suasana panas. Begitu kira-kira…….(iwb)

Honda_CBR250R (2)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!