iklan iwb

banner-460x110pxHonda_2

Block head Honda K56_Sonic150 (1)

Sugeng enjing bro-bro…sis-sis sekalian (anyar maneh ki greeting-e? :mrgreen: ). Apa kabar semua….moga-moga makin lancar aktifitasnya. Btw…anyway busway….berkat dukungan sampeyan…..para pembaca dan telik sandi plus informan (haiyahhh), IWB akhirnya berhasil menyodorkan sebuah bukti tentang sosok block head K56 (kode terlampir). Disebut lebih mirip dengan konstruksi engine CBR250R dibanding CB150R….jelas versi K56 ini memang pengembangan dari gen engine DOHC 150cc yang telah dulu hadir. Byuh…emang apanya yang beda??…..
blog-460x120-altiwb(1)

iklan iwb

bloger 2 photo kontes

Informasi cukup mengejutkan datang dari telik sandi yang menegaskan perbedaan engine K56 alias Sonic reborn yang dikatakan lebih mirip sistem milik CBR250R.? Dari luar mesinnya memang nggak jauh beda dibanding kakak-kakaknya yang 150cc. Tapi jika sampeyan perhatikan sisi block head terlampir…..terdapat perbedaan signifikan. Yup…..didalamnya ada lubang pin penahan rocker arm. So….dari analisa awal base on picture bisa disimpulkan DOHC-nya Sonic 150 mirip model CBR250R…..pakai dual cam tapi tidak direct menekan payung klep. Melainkan melalui rocker arm. Hal ini cukup unik brosis. Kenapa??….

Karena menurut informasi dari engineering mesin……CBSF serta CB150R sendiri spek DOHC-nya sama seperti Suzuki Satria FU150 yang direct dari cam ke klep (monggo dikoreksi kalau salah). Sedang CBR250R paling beda dimana doi bubungan cam nya cuma 1 terus neken ke rocker arm yang bercabang 2 untuk menekan 2 klep nya per inlet dan ex. Entah apa keunggulannya tapi honda sudah mem-patenkan ini dan bisa dibilang untuk model tersebut merupakan pengembangan alias penyempurnaan dari mesin K15A yang notabene lebih mirip dengan CBR150 lawas. Weleh…..juozzz juga ki K56. Mantappp!!!…..

Last…..satu yang membuat IWB rada mengerutkan dahi adalah ukuran bore yang dikatakan cukup kecil yakni 56 padahal baik CB/R mencapai 64. Soal ini memang masih perlu diverifikasi ulang. Yang jelas dari beberapa suguhan informasi bisa dikatakan ayago Honda memang memiliki potensi yang cukup besar secara performa. Prediksi IWB motor ini bakal memiliki akselerasi jempolan sebagai ciri khas ayago bike yang sporty, performa tinggi serta gesit. Monggo ditampung saja dan bantu IWB buat para ahli mesin menganalisa….kira-kira apa keunggulan engine dengan konstruksi diatas plus ukuran bore yang cukup membuat garuk-garuk kepala. Honda K56??. Byuh….koyone ngeri ki akselerasine 🙄 . Ngamukkk tenan AHM :mrgreen: ….(iwb)

Block head Honda K56_Sonic150 (2)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

202 COMMENTS

    • jangan ngomong dulu kang….
      itu kan baru ukurn bore nya…..emang dah bisa di prediksi karakternya…tapi soal top speed dlosor ….gak deh…
      kan belum tau kombinasi rasio transmisi..belom lagi perbandingan rasio sprocket depan-belakang..
      salam …puekok…

  1. Kang Iwan, dengan rocker arm memudahkan setting klep. Saat menginginkan camshaft untuk dimodif pun juga memudahkan dalam menyeimbangkan settingan.
    Karena dengan satu lobe dalam satu cam untuk mentrigger dua klep maka hanya dengan satu pengerjaan modifikasi klep sudah bisa mengubah lifting dua klep.

  2. Itu ga salah tulis apa mas?
    Klo bore 56 strokenya jd 60 dong?? Mgkn mksdnya stroke 56 kali mas iwan..
    Menurut ane rocker arm buat memperingan kerja n membantu putaran atas jd yahud,cz klep ex akan ada kterlambatan menutup akibatn beban rocker armnya pd gasingan tinggi,buatpembuangan lbh edan..

  3. ngejar akselerasi. Klo standaran pasti gak lebih kenceng dari batangan. cuman akselerasi nampol. tpi klo dioprek dikit mak jrot. Juozzz koyok cbr250 yang gampang banget gampar 2 silinder. Honda pancen Juozzzzzz

  4. waduh bos pusing lihat lelangan motor. sebar nasi aking dulu ah di jalan biar sales semangat nyebar brosur.

  5. Keuntungan lain tentunya dengan rocker arm adalah untuk bisa menerapkan Roller rocker arm(RRA). Sehingga meminimalisir terjadinya gesekan, mengurangi noise, meringankan kerja mesin, juga memaksimalkan settingan klep.
    Sebelumnya rocker arm hanya ditemui di mesin sohc lalu ada peningkatan teknologi RRA. Tapi timbul keinginan bagaimana membuat mesin DOHC yang minim friksi.
    Kemudian muncullah konstruksi mesin seperti di CBR250 / CBR500. Sebenernya nggak cuma honda sih.

    • Klotok2 kui suoro mesin sinchanmu pistone oblag kentekan oli,maklum ringpiston+bloksilinder murahan kw3
      *salam ngebul

  6. Mungkin itu tekhnologi pesawat tempur yang diaplikasikan di motor bro. Motor honda menyuguhkan kenyamanan bro..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here