banner-460x110pxHonda_2

Block head Honda K56_Sonic150 (1)

Sugeng enjing bro-bro…sis-sis sekalian (anyar maneh ki greeting-e  :mrgreen: ). Apa kabar semua….moga-moga makin lancar aktifitasnya. Btw…anyway busway….berkat dukungan sampeyan…..para pembaca dan telik sandi plus informan (haiyahhh), IWB akhirnya berhasil menyodorkan sebuah bukti tentang sosok block head K56 (kode terlampir). Disebut lebih mirip dengan konstruksi engine CBR250R dibanding CB150R….jelas versi K56 ini memang pengembangan dari gen engine DOHC 150cc yang telah dulu hadir. Byuh…emang apanya yang beda??…..
blog-460x120-altiwb(1)

bloger 2 photo kontes

Informasi cukup mengejutkan datang dari telik sandi yang menegaskan perbedaan engine K56 alias Sonic reborn yang dikatakan lebih mirip sistem milik CBR250R.  Dari luar mesinnya memang nggak jauh beda dibanding kakak-kakaknya yang 150cc. Tapi jika sampeyan perhatikan sisi block head terlampir…..terdapat perbedaan signifikan. Yup…..didalamnya ada lubang pin penahan rocker arm. So….dari analisa awal base on picture bisa disimpulkan DOHC-nya Sonic 150 mirip model CBR250R…..pakai dual cam tapi tidak direct menekan payung klep. Melainkan melalui rocker arm. Hal ini cukup unik brosis. Kenapa??….

Karena menurut informasi dari engineering mesin……CBSF serta CB150R sendiri spek DOHC-nya sama seperti Suzuki Satria FU150 yang direct dari cam ke klep (monggo dikoreksi kalau salah). Sedang CBR250R paling beda dimana doi bubungan cam nya cuma 1 terus neken ke rocker arm yang bercabang 2 untuk menekan 2 klep nya per inlet dan ex. Entah apa keunggulannya tapi honda sudah mem-patenkan ini dan bisa dibilang untuk model tersebut merupakan pengembangan alias penyempurnaan dari mesin K15A yang notabene lebih mirip dengan CBR150 lawas. Weleh…..juozzz juga ki K56. Mantappp!!!…..

Last…..satu yang membuat IWB rada mengerutkan dahi adalah ukuran bore yang dikatakan cukup kecil yakni 56 padahal baik CB/R mencapai 64. Soal ini memang masih perlu diverifikasi ulang. Yang jelas dari beberapa suguhan informasi bisa dikatakan ayago Honda memang memiliki potensi yang cukup besar secara performa. Prediksi IWB motor ini bakal memiliki akselerasi jempolan sebagai ciri khas ayago bike yang sporty, performa tinggi serta gesit. Monggo ditampung saja dan bantu IWB buat para ahli mesin menganalisa….kira-kira apa keunggulan engine dengan konstruksi diatas plus ukuran bore yang cukup membuat garuk-garuk kepala. Honda K56??. Byuh….koyone ngeri ki akselerasine 🙄 . Ngamukkk tenan AHM :mrgreen: ….(iwb)

Block head Honda K56_Sonic150 (2)

Advertisements