iklan iwb
iklan iwb

460X100Honda_2

Circuit Log Viewer 2015

Bro dan sis sekalian…..pada ajang Yamaha Sunday Race kemarin YIMM memperkenalkan alat edukasi balap khusus bernama CLV atau Circuit Log Viewer. Teknologi untuk mengetahui “riding skill” (kemampuan mengendarai) ini mulai diaplikasi tahun ini dan ternyata cukup canggih mzbro. Jadi buat para racer yang sok pinter nyalahin motor ogah mengakui kekurangannya bisa dibongkar dari alat ini. Weleh….emange gimana cara kerjanya??…..

iklan iwb

blog-460x120-altiwb(1)

bloger 2 photo kontes

Menurut bro Disep (Motosport PT YIMM)…..sejatinya CLV adalah alat untuk membantu melakukan edukasi pembalap agar tahu kesalahan dan poin-poin yang perlu diperbaiki mereka. Jadi tepatnya adalah alat untuk analyzer riding skill. Untuk mendapatkan data tersebut….ada beberapa sensor yang dipasang pada motor. Diantaranya sensor rem depan dan belakang…suspensi (front & rear)…steering (stang) dan bank angle atau sudut kemiringan. Selain itu alat ini juga bisa membaca TPS (throttle position sensor) alias bukaan gas. Khusus TPS…..sensor dipasang di ECU. Terus cara kerjane piye??….

Seluruh sensor akan bekerja saat pembalap melaju disirkuit. CLV bakal membaca racing line, gerak suspensi, posisi stering, sudut kemiringan, titik pengereman, racing line, bukaan gas bahkan kecepatan tiap motor tiap tikungan. Jadi ketika suspensi terlalu lembut atau keras terlihat juga disana mzbro. Seluruhnya ditunjukkan dalam bentuk grafik kecuali speed dan braking yang bisa sampeyan intip dari video terlampir dibawah. Setelah usai….secara auto CLV mencatat tiap sensor…..diterjemahkan dalam bentuk data yang bisa diunduh via memory Card……dan kemudian diintip via laptop. Semua terbaca dengan jelas serta gamblang. Jadi nggak ada ceritanya bohong…..

Yup….gaya balap sampeyan akan tertangkap tanpa bisa dibohongi. Pecicilan…agresif….sering melebar atau kalem….terbaca dikomputer. Cara bawanya….racing lainnya gimana bakal terbuka gamblang. Yamaha khusus mendatangkannya dari Jepang untuk membantu para komunitas mengasah skill mereka. Jadi mana yang kurang bisa diperbaiki setelahnya. CLV sangat berguna sebagai supporting skill bagi rider yang ingin terampil melibas tikungan dan terbuka menjadi pembalap pro nantinya. Piye…mantap to. Wis koyok Motogp rek…juoz. CLV??. Canggihhhh :mrgreen: ….(iwb)

Beberapa sensor yang dipasang pada R25 (CLV)

Circuit Log Viewer (1)Circuit Log Viewer (8)Circuit Log Viewer (7)Circuit Log Viewer (6)Circuit Log Viewer (5)Circuit Log Viewer (4)Circuit Log Viewer (3)Circuit Log Viewer (2)

Video presentasi dan cara kerja CLV

[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=YXPAwgvlODQ&feature=youtu.be]

Klik disini

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Previous articlePertamina mengaku merugi karena harga Premium masih terlalu murah. Lah…lah….piye ngitunge yak?
Next articleMotogp mencatat record yang pecah diLosail Qatar 2015…….Italia vs Spanyol !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!