iklan iwb

460x110 (12)

Viar CrossX Supermoto (3)

iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..banyak yang bertanya apakah mungkin trail Viar Cross X200SE diirubah menjadi Supermoto bike??. Jawabannya sangat mungkin !!. Hal ini dibuktikan oleh bro Oman dari Batam yang secara terperinci menerangkan ke IWB via email. Asyiknya tidak banyak biaya yang kudu kita keluarkan sebab secara basis desain…Cross X200SE memang sudah ganteng dari sononya. Emang apa aja yang diubah??. Monggo lanjutkan bacanya…..
460x110(1)

Viar Cross X200SE sejak lahir sudah memiliki komponen mumpuni khususnya untuk sisi visual. Sebut saja suspensi upside down (USD)….swing arm gambot serta lingkar roda lebar yang bisa kita rombak sesuka hati. Jangan heran tampangnya bisa membuat siapapun leleh. Nah….untuk versi standart….pabrikan berbasis di Semarang ini memberikan ring depan 21inch dan belakang 18 inch (khusus versi SE). Sisi itulah yang harus kita ganti jika ingin melakukan transformasi menjadi Supermoto bike. Berikut detil yang dijabarkan oleh bro Oman kepada IWB…..

Kang Iwan… Semoga sehat dan sukses selalu. Kenalin saya Oman dari Batam, Kebetulan saya penggemar Blog Kang Iwan dan termasuk Silent Reader hehehe…..

Sekedar sharing kepada Kang Iwan & Rekan-rekan rider pengguna Cross X 200 SE, walau sudah terlambat pengen sharing (akibat kesibukan pekerjaan). Mungkin juga bisa buat referensi Modifikasi temen-temen rider Cross X 200 SE. Berikut beberapa part yg harus di ganti :

1. Batok lampu di ganti dengan model Virus (sesuai selera agan-agan…..bisa pakai KLX punya, atau Zombie). Untuk mengganti batok lampu sangat mudah sekali & tidak perlu bikin dudukan lagi (mungkin sudah dipikirkan oleh bagian desainernya Viarmotor)

2. Handle bar ( stang) menggunakan variasi semi trail include dengan stabilizer. Sedangkan handguard bisa pake yang variasi (banyak di jual ditoko-toko accesories)

3. Pelindung block mesin di bawah, hanya di cat orange atau bisa sesuai selera sih…

4. Kaki- kaki:

– Velg depan menggunakan ring 17″ merk Rossi (saya biasa menggunakan velg ini karena dari segi range harga & ketahanannya lumayan baik?), lebar 3″ ukuran ban 120/70 merk Zeneos type ZN 62 (ban bisa pilih sesuai selera red)

– Velg belakang menggunakan ring 17″ merk Rossi juga, denga lebar 3,5″ ukuran ban 150/60 merk zeneos type ZN 62.

Kalo mau main di mesin biar tarikan lebih galak bisa ganti karbu dengan PE n CDI BRT… itu sudah cukup lumayan signifikan perbedaan dari yang standard. Untuk exhaust ( knalpot) saya masih menggunakan bawaan pabrikan…

Sekian Kang Iwan…semoga bisa di share ke temen-temen di Blog Kang Iwan (Amin). Matur suwun…

Salam dari BATAM….

Juozzz gandozzz kang Oman….suwun sudi berbagi. Minimalis namun tetap cakep. Ketika IWB perhatikan….modifikasi juga cukup rapi. Kelebihan Viar Cross X200SE adalah body yang lumayan jangkung sehingga kesannya Eropa banget. Hhhmm…..btw, mantep juga ya ban belakang 150 tapi akselerasi masih nampol. Selain sharing perkara modifikasi, bro Oman juga memberikan tips untuk mendongkrak performa standart dengan penggantian karbu serta CDI. Yup….kini trail berubah menjadi Supermoto. Kalau sudah begini….coba sopo sing ora ngiler??. Emberrrr-emberrrr :mrgreen: ……(iwb)

Viar CrossX Supermoto (4)

Viar CrossX Supermoto (1) Viar CrossX Supermoto (2)

99 COMMENTS

  1. Ga dipake kotor kotoran lagi,, shock guardnya dilepas keren kali ya, biar lebih keliatan USD nya

  2. Yimm punya WR250

    Kmi punya klx 250

    Viar punya crossX

    Honhon cuma punya sohc beat,fbh kambing dh serasa naik RCV

    Ngoahahahahaa

  3. Wkwkwkwkw

    Ada beberapa ekorr fbh kambing yg koar

    Gk punya malu apa,honhon gk punya trail sendiri

    Ngoahahahahaah

  4. Yg gk punya trail diharap mingkem coyyy

    Malu coyyyy

    Naik sohc beat udah serasa naik RCV

    Pantes sport_nya nyungsep gk ketulungan

    Ngoahahahahaa

  5. Ngomongin ban gambottt,cebong lgsg gemeteran coyyy

    Ngaku dohc teknologi mongtorgepeh kok beraninya make ban motor bebek

    Ngoahahahahahaha

  6. Viar jozzzz sport coyyy ada passbeam n engine kill

    Masak cebong motor bebek ngaku2 motor sport.make ban motor bebek,gk ada passbeam n engine kill

    Ngoahahahahaaa

  7. wuihh sadis ini gimana kalau yg 250nya bakalan berdarah2 kayaknya.
    sayang honda mesinnya gampang protol kalau ngga mungkin bisa bikin motor kayak gini. sangat di sayangkan

  8. salam kenal kang iwan…sy siswadi, suka baca blog sampean,kususnya mengenai viar cross X200se..mau nanya nih, klo cross x200 se dirubah jadi supermoto, apa gk sebaiknya merubah komposisi final gear depan n blakang, secara d jalan raya butuh top speed, selain akselerasi tentunya..
    kira2 ukuran gear yg pas brapa ya??
    trus swing arm jg perlu dinaikkan.biar jok blakang agak nungging ke atas.itu menurut sy sih..lg ngidam super moto..apik tenaan je…heee;););)

  9. Salam kenal kang iwb,setelah membaca artikel tentang viar saya jadi bener” galau,,segalau galau,,,secara ane baru 3 bulan meminang appktm powertrex150,,sekarng marak berita tentang viar yang katanay jos gandoss,,,hemmm…mesti di lego neh motor baru demi viar crosx200,,,galaune gak ketulungan,,,

  10. mas broo salam rider viar, ane mau tanya nih itu untuk trombol depan sama depannya di ganti pake apa ya??soalnye biar ane puny 2 pasang sih buat di aspal sama buat ngelumpur juga..
    thanks.

  11. mencibir adalah orang iri …! mantab kang iwb , cuocok jalanan indo nih pakai suspesionnya lubang lubang libas . kang iwb bahas VSR donk ..

  12. boleh nanya mas bro….. saya punya viar cross x 150, baru sih, tapi saya rasakan shock belakangnya kok keras sekali ya jika di bandingkan punya honda crf 150. misalnya saya mau ganti pakai shock apa ya yg lebih lembut dan cocok di pasang di cross x 150? terima kasih

  13. Beuh tampang nya msh kalah sm Viar Cross-X 200ES ane coz udh twinspar, digital, upsidedown, lampu belakang & lampu sen smua nya sdh led + monoshock sdh tabung pantas di bandrol 30jt. Apalagi klo di banding klx 150 jauhhh bgt ini lbh besar & gagah. Awal nya ane mau bl mtr trail klx 150 tp ane lht kecil trus coba ke viar asal nya mau ambil yg 200SE hrga lbh bersahabat tp pas di dealer nya ada yg type 200ES lsng gw sikat, pertama dtg gw tes brg bokap yg pake TS125 manteppp akselerasi di tanjakan nya gak ngoyo kaya KLX150. Akselerasi mirip2 kaya 2 tak TS125 maka nya jgn heran mtr ane 200ES slalu minta isi bensin padahal tangki nya bsr ampe muat 6,5L tp mungkin itu sesuai dengan tenaga nya. Gw berani ambil karena dulu pengalaman pertama msk kuliah pake kawasaki AR125 sblm ninja 150, beralih ke 4 tak pake pulsar 200 ini bukti pertama gw pake mtr di luar prod jepun tangki pulsar lbh kokoh daripada tangki honda tiger lo coba pukul sekeras mungkin biar tau mana yg penyok, pake satria fu utk kerja repot cpt pegel & kurang stabil klo kenceng, ganti supra 125 helm in paling pas utk kerja bensin super irit, nah yg ini cross-X 200ES utk menemani wkt weekend/liburan. Mdh2 han part nya & kualitas nya jangka panjang. Amiennn

Comments are closed.