iklan iwb

460x110 (12)

bengkel SYm BaliBro dan sis sekalian…..tidak mudah untuk bangkit dan bersaing dalam industri roda dua tanah ditengah himpitan pabrikan Jepang. Butuh kreatifitas, kualitas, konsistensi serta dana besar. Salah satu kunci untuk membuat sebuah pabrikan mampu eksis adalah jaringan. Dan ini super sulit. Seperti nasib pabrikan Taiwan berikut ini…..
460x110(1)

iklan iwb

Siapa tidak kenal Sym. Secara kualitas brand ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Berdiri sejak tahun 1954 di Taipe dibangun oleh Huang Chi-Chun dan Chang Kuo An…..brand mereka mengusung nama Sym. Headquarters sendiri saat ini berlokasi di Hsinchu Taiwan….dengan basis produksi tersebar di Cina serta Vietnam. Pabrikan ini menjual motor jenis skutik, sport serta ATV plus truk kecil dibawah brand Hyundai Korea. Hanya sampai disitu?. Tidak….

Prestasi mereka juga cukup mencengangkan sebagai pabrikan non Jepang. Sejak berdiri…Sym sukses menjual 800 ribu roda empat dan 16 juta motor. Pendapatan pertahun mereka juga cukup bagus yakni lebih dari 1 Milyar dolar dengan jumlah produksi 600 ribu unit motor dan 20 ribu roda empat pertahun. Tercatat saat ini….Sym memiliki 2,300 karyawan yang bekerja dipabrik mereka di Taiwan. Namun ternyata semua belum cukup untuk masuk Indonesia…..

Ditanah air….mereka masih pemain gurem dan lumayan terseok-seok. Hal ini kontras dengan pabrikan Jepang yang jauh lebih establish dan mapan. Seperti penampakan gambar yang dijepret bro Gus Jaya dari Bali terlampir. Sebuah ruko kecil yang mirip bengkel rumahan menjadi autorize dealer Sym. Berlokasi di jalan Gatot Subroto Barat, tepatnya sebelah utara Tiara Dewata Gatsu….tentu kita juga heran….benarkah pemandangan didepan mata??. Cukup memprihatinkan sebagai pabrikan yang memiliki revenue diatas 1 Milyar dolar. Namun itulah kenyataan dilapangan. Sulitnya meyakinkan mitra bisnis menjadi partner dalam proses perluasan jaringan membuat semua makin sulit. Kompetisi memang kejam……(iwb)

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

120 COMMENTS

  1. padahal mocin laku keras juga..knp tutup karn pihak jepang sekarang memproduksi motor mereka dicina..brand tetap honda jepang tapi olahan cina…hah capek… jepang rakus ingin menguasai indonesia..mau kawak yamahlu honda

  2. Pcx punyaku aja sering dikepreti maticnya sym ….
    Tapi gimana lagi mau tak jual cuma di tawar 10jt …
    Yaa aku rawat aja dah … Walau sering buat jemuran keset basah …

  3. Mas Iwan, jangankan Pabrikan China-Taiwan, Sekelas suzuki pun Dealer dan Bengkelnya sudah Morat-marit, Contohnya Bengkel Besar Suzuki Saharjo, Tutup karna Penjualan gak mencapai target, hanya mengandalkan Satria Fu akhirnya Bubar serta Kendala Sparepart yg rada susah dan lebih mahal di banding Honda dan Yamaha, Kasian para karyawan dan montir nya..

    Suzuki harus inovasi launcing produk baru di kelas Sport tulen 150cc dgn sparepart yg murah, jangan cuma main aman di matic dan bebek super

  4. berarti ini cocok head to head sama produk yimm…
    mesin sama-sama kw 9
    sama-sama mudah ambrol
    sama-sama pake fitur meleduk
    sama-sama gak laku
    sama-sama kismin teknologi

    ngibul paling oke
    kualitas rengginang buatan mak ijah
    lagi asyik ngebut tiba-tiba mesin ambrol jeroan muncrat kemana-mana…

  5. apa dikasih hadiah sama iwb kalau kamu cetak sejarah pertama komentar?
    aku aja sering pertamax gk sumringah amat.

  6. lek IWB..

    entah kenapa,konsumen motor susah menerima brand Korea,ini tidak terjadi pada konsumen mobil, Hyundai dan Kia cukup berkibar di sini dan diterima pasar,u know Kia Picanto itu laris manis loh di jateng-diy

    padahal, Hyundai-Kia tidak main di F1

    untuk brand Korea, SYM dan Kymco sebetulnya pemain tangguh dikelas skutik,hanya saja momentum itu lewat saat Kymco Lippo memutuskan bubar (kasian tuh karyawan gak dapat pesangon sampe memblokir pabriknya di kawasan Ejip selama berbulan-bulan),sehingga kepercayaan konsumen pun luntur.

  7. klo Indonesia itu merek minded,.. kalo bukan Honda ya berarti jelek. pas ane test ride apache, ane tendang spakbor depannya gak patah. giliran biker verza ane tantangin gitu gak berani.

    sempet balapan juga ama NVL…

    TVS bagus kok secara kualitas,… SYM juga sama, di tempat kerja gw ada yang pake metik SYM dan KYMCO Jetmatic

  8. Karena mayoritas konsumen Indonesia itu termasuk “Brand Minded” mas Iwan..
    Bisa di cek paling cuma sekian persen yg milih buat berbeda dan ga mau mainstream..
    Dan satu lagi alasan mungkin karena rata-rata pabrikan alternatif seperti ini, layanan 3S nya belum mumpuni. Jadi ibaratnya cari aman sajalah dengan memilih brand Jepang..

  9. IMHO..
    1. SYM mungkin ga pernah ngiklan di TV nasional.. atau di mana gitu.. Jadi orang blum banyak tau. Promosi juga sepertinya ga gede2an.

    2. Orang Indonesia itu rata2 pengen yg pasti2 saja, terutama kemudahan dan jaminan dalam hal aftersales. Jadi ketersediaan suku cadang, jaringan bengkel yg banyak dan luas, sampai mungkin part KW nya ada atau engga, jadi salah satu point utama.

    3. Mungkin berkaca dari tahun 2000an lalu, saat harga motor2 jepun melambung, banyak merk2 negeri tirai bambu masuk dengan harga lebih murah dari merk jepun. Sebut aja Jialing, Zongzhen, Hokkaido, dsb. Dikira kualitasnya setara dengan merk yg udah ada (jepang), eh ternyata cuman KW2. Dari sini mungkin masyarakat agak trauma dengan kualitas motor dari china.

    4. Rata2 pendapat dan sifat orang Indonesia, beli kendaraan/motor kalau bisa juga sebagai alat nabung. Jadi beli, dipake normal, kalau butuh uang, bisa dijual dengan cepat dan dengan harga yg tinggi.
    Nah disini, kepercayaan jadi salah satu yg utama. Kepercayaan akan suatu produk ditopang oleh hal2 teknis diatas (aftersales, kualitas produk, harga, dsb) dan tentu saja ini butuh waktu lama untuk pembuktian.

    CMIIW.. sok tau saja saya.. 😀 😀

  10. Sebenarnya produk SYM bagus sayang kurang dicustom buat konsumen Indonesia….misalnya di beberapa produk minus key shutter yg wajib hukumnya disini….walau demikian SYM jadi satu2nya pemain dikelas 250cc ke atas paling saingannya Suzuki Burgman doang….salesnya juga mesti ditingkatkan lagi

  11. kapok ah beli motor non jepang. masa depannya gak jelas.
    kymco aja bubar.
    produk bagus aja gak cukup lek iwan.

  12. Nah,, tugas sebagai blogger harus mendukung merk yg terhimpit itu bukan menggiring opini bahwa yg di bahas 3s,3s,3s nya gimana.

    konsumen sudah jenuh dgn dua merk yg itu itu saja di tambah fansboy dan sales yg semakin vulgar dlm berkata.

  13. gak ada bedanya sama minverva mas iwan…. satu persatu bengkelnya tutup… yg dijalan panjang, kebon jeruk aja dah lama tutup…. mereka dah gak punya pasar lagi… dulu honda gak main motor di harga 17 jt… skrg dah ada verza… habis sudah….

  14. Karena brand mindset.
    Selain itu sudah banyak yang kecewa.
    Contoh yang merusak kepercayaan:
    1. kymco, bubar
    2. Bajaj, kabur
    3. Mocin (waktu saya sekolah ya), kualitas……….
    Tentu untuk mendapatkan kepercayaan ya susah

  15. kang iwan
    sing komen nek warungmu wes keterlaluan kang
    sampun mboten lucu meneh tapi wes ngece tenan iku
    rada di atur kang

  16. Kalo kasus Suzuki sih kayaknya itu salah mereka sendiri boss.. Kurang agresif menggarap pasar dengan produk2 yg tokcer.

    Sebenernya moment yg bagus tuh dulu, pas Suzuki keluarin Shogun FD110 (yg lampu segitiga/diamond), disitu penjualannya moncer, produk bagus, sementara merk tetangga yg sekelas kurang greget.

    Nah entah kenapa, begitu pindah ke 125cc, koq tiarap penjualannya.. Produk2 motor batangannya juga dibiarkan sengsara. Ngandelin Thunder 125 doank? Weleh..

  17. ah, suzuki sekarang juga turun jauh.
    dibanding dealer honda+yamaha yang ngejrengg dan rame juga dealer kawasaki yang unik dan mewah, dealer suzuki sepi nan suram

  18. Janganlah.
    Kasihan teman saya yang baru beli (kerja di semarang).
    Eh, ada yang tahu piagio semarang ga? yang kalibanteng sudah tutup.
    Kasihan teman saya ini, mo servis karena endut2an dan kadang mati sendiri. Sudah cari2 ga ketemu.

  19. kl harganya murah jg bakal moncer
    la jualnya mihil dan aftersales nya meragukan ya udah tinggal tunggu waktu….

  20. Dulu Suzuki terkenal dgn motor kenceng misal bebek SatriaRU 120 dari awal sampai model hiu , lalu Suzuki shogun 110 bebek 4Tak mesin Overbore . Semuanya kenceng tarikannya Kharisma125 aj keok lawan Shogun110 apalagi SatriaRU 120 (Tiger aj Keok lawan RU120). Dulu wktu muda suka motor Suzuki buat trek2an cz kerap menang. Tapi skr entahlahh manajemen Suzuki itu bagaimana..

  21. Dealer dan bengkelnya seuprit, siapa yg berani beli? Pada takut mendadak tutup. Saya yg berani beli aja ogah beli, males mau service hrs jauh2. Harusnya buke dealer dan bengkelnya di daerah strategis yg deket perumahan elite, krn ini motor biasanya dijadiin motor hobby atau life style. Benelli jg sama aja tuh.

  22. -masih- dijajah & diperbudak jepun, lihat saja ulah para sales yg komen di bawah sebagai buktinya.

  23. Semoga semua merk jepang dan semua merk kendaraan luar negeri tumbang di sini…
    Biarkan merk lokal yg berjaya disini…
    Disini indonesia…

  24. 86. Baby cheetah – March 24, 2015

    Semoga semua merk jepang dan semua merk kendaraan luar negeri tumbang di sini?
    Biarkan merk lokal yg berjaya disini?
    Disini indonesia?
    ————————————————–
    Motor sampeyan merknya apa mas??

  25. Kabarnya LML gimana ya kang..?? ada nyang tau gak..??

    ane masih ngiler ama jeroan sparepart mesinnya.. kalo masih ada yang jual lumayan lagh buat di cangkok di odong2 ijo ane..supaya bisa ngebut en irit lagee.. 😀 😀 ;D

  26. itu bukan menggiring opini bro,tp kenyataan.urusan motor 3s sangat penting.kalo sekedar jual motor tapi dukungan 3s gak memadai konsumen yang akan dirugikan.

  27. 3s nya Honda sih ada yg bagus ada yg jelek..
    Tapi setidaknya dengan banyaknya bengkel resmi yg menghandle..
    dan banyaknya bengkel tidak resmi yg juga bisa menservis Honda, maka konsumen punya banyak pilihan..
    Mo deket rumah ada.. mo jauh dari rumah banyak..
    mo resmi oke.. mo tak resmi oke..
    Spare part fast moving di bengkel pinggir jalan juga ada.. 😀

  28. Ayo banyakin silindernya biar bisa nandingi keganasan si honda 1silinder!! Udah silindernya banyak msh aj kalah ama 1silinder, dasar motor banci kyk peminatnya hahaha…

Comments are closed.