iklan iwb

460x110 (12)

tes_ride_Jupiter_MXKing

iklan iwb

Bro dan sis sekalian…tuntas sudah menggarap seluruh aspek tentang new MX150. Mendapatkan ksempatan betot langsung disirkuit Sentul kecil….IWB bisa menyimpulkan, motor ini jauh meningkat dibandingkan versi 135LC. Baik handling ataupun performa….semua bukan omong kosong untuk ukuran bebek. Seperti apa??. Monggo lanjutkan bacanya dan kita akan kupas secara gamblang…..

460x110(1)

Ergonomi

Posisi riding tidak banyak berbeda dibanding generasi sebelumnya. Santai dengan posisi umumnya bebek. Stang sedikit ditekuk kedalam ciri khas moped sporty. Untuk tinggi badan 165an….IWB yakin MX150 tetap nyaman. Yang membuatnya berbeda adalah display didepan mata….

Yup…tampilan speedometer jauh meningkat. Sporty habis mzbro. Apalagi tendangan RPM sesekali bergerak saat kita memainkan gas. Wihhh….kayak sport tulen ki. Btw….ergonomi nyaris tidak banyak berubah dibanding MX135. Santai dan rileks namun mantap….

Engine

Menyalakan engine…..suara knalpot cukup halus. IWB mulai memasukkan persneling….tarik kopling dan upshift……empuk juga ki tuasnya. Oh ya…pola pengoperan gigi mirip motor batangan yakni 1-N-2-3-4-5. Khusus MX King….tidak ada tuas belakang. Jadi oper gigi hanya mengandalkan cungkil dan injak untuk up dan downshift. Ekplorasi dimulai…..

Gear 1 dibetot……wihhh, lumayan juga akselerasinya. karakter engine ternyata cukup powerful. Lupakan MX135…..mid dan high RPM MX 150 lebih ngisi. Perbedaan kubikasi 15cc ternyata membuat sosok MX berbeda. Saat melibas tikungan…..IWB terus gantung RPM diangka kisaran 8000-an. Main hanya digigi 1-2….IWB seperti lupa diatas motor bebek. RPM bergerak cepat dan power digear ini cukup berisi. Tikungan melengkung hiperbolic kiri dan kanan memaksa engine menjerit. Semuanya bisa dilahap secara presisi. Masuk tikungan hard braking….downshift…..keluar tikungan….upshift…..jiann juozzz tenan. Tercatat dilintasan lurus IWB hanya menggunakan gear 3 dengan speed kisaran 85 km/jam. Lahhh…koq cuma segitu??. Selain memang pendek banget lintasannya…..

Jupiter MX King-5

Kendala lain adalah visor helm yang digunakan test ride bawaan memiliki daya pandang kurang baik. Dibalik helm….IWB seperti meraba titik braking tiap tikungan. Iki wis belok apa belum??. Jian tunuk-tunuk koyok wong tuwo :mrgreen: . Lha piye….obyek jadi terlihat aneh. Seperti dibalik mika nggak rata sehingga IWB hanya bisa mengira-ngira. Wah….tepat juga rekan lain pada bawa helm sendiri ki. Namun secara general…..tidak heran Yamaha berani menyebutnya “King of Street” untuk ukuran moped. Sampeyan bakal lupa diatas motor bebek. Akselerasi dengam limit cukup tinggi yakni 10.000RPM membuatnya gampang mengail power secara sambung menyambung….

Handling

Nahhh….disini nih para biker banyak yang meragukan. Dengan komposisi ban cukup jomplang yakni 120 belakang dan 70 depan kita semua berpikir….piye kuwi handlinge??. Saat IWB buktikan dilapangan ternyata tidak ngaruh. Yup…dengan ban 120….buritan belakang jauh lebih anteng. Hal ini bisa IWB rasakan ketika melakukan braking. Namun herannya…walau wheelbase termasuk panjang….MX150 gampang banget masuk dan keluar tikungan. Tidak ada gejala limbung atau ngebuang…..

Serebah apapun posisi motor…IWB tidak menemui gejala slide. Jangan disamakan dengan motor kompetisi bersuspensi stiff. Sebagai motor harian….MX King mampu membuat IWB terpesona soal handling. Ciri khas Yamaha yang “sharp” saat entry corner dan out the corner memberikan gambaran kepada kita bahwa motor ini ternyata tetap lincah. Inilah alasan Yamaha memilih ban depan jauh lebih kecil…..

Sebagai total balance untuk mempertahankan ciri bebek yang lincah. Wheelbase panjang dengan ban besar kudu dikompensasi ban depan rada kecil. Kalau depan belakang besar biasanya hanya anteng dilintasan lurus tapi manuver kelincahan berkurang. Jadi total balance…semua sudah diperhitungkan” ujar pak Abidin (GM service PT YIMM). Traksi dilapangan tidak ada keluhan. Foot step sampai gasruk dua kali diaspal, grip depan tetap terjaga dengan baik. Padahal lumayan ngeri sama tambalan sirkuitnya. Maklum kangbro…..rata-rata dilapis ulang dengan semen bukan aspal. Tentu traksi tiap area berbeda sehingga kita kudu awas dan bisa mengukur limit traksi ban tunggangan. Tapi semua bisa dilibas sempurna….

Braking

Wis…IWB nggak banyak khutbah soal ini. Kendati tanpa ABS….pengereman cukup presisi dan pakem. Mau hard braking……bebek ini tidak IWB temui kedodoran. Kombinasi ban besar serta double disk brake membuat semuanya cukup mudah. Betot tuas dan deselerasi bisa diakomodasi denga baik oleh rem. Oh ya….yang unik, IWB menemukan satu fakta tentang master rem sang moped. Namun detilnya akan IWB kupas via IWBspeed biar lebih fokus….

Kualitas material dan fitur

Nyaris tidak complaint. Seluruh casing dan sepuhan painting ciri khas Yamaha yang solid serta cukup apik. Begitu pula fitur. Dengan banderol 19 jutaan….sampeyan sudah dijejali segudang fitur modern termasuk seting nama sapaan pada konsol speedometer yang bisa sampeyan buka lagi diartikel sebelumnya….

Kekurangan

Satu yang menjadi catatan IWB hanya bagasi. Yup….kalau boleh bilang memang tanpa bagasi lawong isinya cuma cukup untuk tool kit thok. So…lupakan fungsi jika sudah nunggang MX 150 sebab pabrikan menganggap motor ini lebih dari sekedar bebek yang cenderung mengusung konsep stylish, sporty serta premium.

Kesimpulan

Jupiter_MX_king_IWB

Impressi total saat test ride Yamaha Jupiter150 MX King cukup positif. Walau tendangan RPM bawah masih kalah agresif dibanding New Vixion….namun secara general motor ini cukup pantas dijuluki sebagai bebek super. Memang cukup sulit menyimpulkan secara IWB hanya njajal dilintasan sirkuit kecil yang hanya mengumbar gear 1-3 dengan lay out super ketat. Tapi secara umum….performa dan handling cukup mengesankan…

Hanya saja patut diingat….pada rentang banderol tersebut bertengger Suzuki Satria FU150 dengan kekuatan DOHC engine-nya. Mungkin pada praktek dilapangan…..perbedaan performa mesin DOHC vs SOHC 4 klep era modern tidak berbeda signifikan (secara standart pabrikan). Hanya mindset double cam lebih superior dibanding single cam sangat kuat dikalangan para biker tanah air. Apalagi setelah ini muncul ayago Honda berlabel K56 yang diprediksi lahir sebentar lagi. So…MX150 ??. Sulit mencari celanya untuk species moped. Memang super tenanan rek. Berikut video onboard test MX saat disirkuit Sentul kecil. Wah…penasaran diadu head to head ama Satria ki :mrgreen:? !! (iwb)

Video onboard Yamaha Jupiter150 MX King-IWB (HD quality)

HP klik disini


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

172 COMMENTS

    • Jelek tanda ga sanggup beli
      DP 0%
      Kredit seumur idup
      Kaum FBH bikin macet aja, dikarenakan dpt motor murah kualitas tiongkok

  1. Klo yamaha soal rem & kualitas material plastik serta cat bs diacungi jempol..
    Gk kyk sebelah remnya serasa rem sepeda, baru dicuci 3x aja cat udh mulai buram.

  2. ga kebalik ya ban besar pede buat nikung, tapi klo kecil ya lurus asik.selain ringan juga permukaan ban lebih luas menapak aspal klo yg kecil. Ah balancing sih bahasa sales, buat saving cost kali

  3. awas penyakit turunan dari piksen bosok nular pada bebek goreng MX ini,, ciri khas mesin yamaho yang haus akan oli

  4. nah.. tugas selanjutnya ayo garda terdepan segera mangkal dilampu merah.
    jangan lupa pakai wig biar gak ada sodara yang ngenalin
    akakakakakakakakk

  5. Di garut Dp nya masih mahal, kemarin udah ada 10 unit di salah satu dealer. Abis abis nego kena 4jt Dp nya. Kayanya jadi minang, jadi ane punya 3 generasi MX. Bismillah lancar lancar lancar…

  6. Yang jelas pabrikan sebelah semakin meriang panas dingin dengan munculnya sang bebek super dari YIMM ini.
    Meskipun engine SOHC saja tapi berani pakai ban gambot,masa yang ngaku-ngaku engine DOHC belum berani pakai ban gambot,takut rompal dan klothok-klothok kah ?
    Dari sisi kualitas material dan finishing,produk YIMM ini sudah pasti jos gandos,tidak seperti pabrikan sebelah yang materialnya ala kadarnya,tipis dan gampang pecah,cat gampang buram atau yang biasa kita sebut dengan cat bunglon.
    Cebong alias CB150R contohnya

    Salam DOHC palsu
    Salam ban cungkring
    Salam rompal
    Salam klothok-klothok
    Salam tanki bocor salam rantai berisik

    • Udah pasti skok rompal kaya nvl
      Udah pasti mesin haus oli kaya nvl
      Udah pasti mesin loss gigi R15
      Salam montor diatas bosokkkkk semua
      Salam ngebul
      salam oli habis
      salam mesin ambrol
      salam komstir oblag
      salam ngeden
      salam kepala lele
      salam pemecah biji
      salam mesin metik 155
      salam cat nglotok
      Salam rongsok15 ditarik beat

      • Kang Iwan tolong tanyakan kepada AHM,mengapa semua tanki motor buatan AHM itu tipis dan gampang bocor ?
        Misal pada Megipret,Tigor,Cebong dkk !

        Itu saja yang ingin saya ketahui.

        • Kalo kualitasnya bagus ya ga mungkin lah dari jaman purb sampe sekaranh penjualan kalah dari honda. Tanya kenapa

  7. oo ini toh motor yahuudd
    anti rompal
    anti klotok
    anti cat kusam
    anti rantai berisik
    dan yg pasti anti pecicilan kayak yg sebelah itu lohh
    wuaasyem

  8. tukang fotocopy berani nongol….setelah 4 artikel ngumpet…disinyalir kolornya kejepit mesin fotocopy….

    • Wkwkkw..kmaren dia libur karna mesin fotocopy nya lg di pasang knalpot om..biar suara mesin nya stereo..

  9. Bebek depan montok, belakang semok aka bahenol… alamat jalan endel aka Gheal gheol… wkwkwkwkw

  10. Akhirnya dari bebek kembali lagi ke alam bebek.. bebek SOHC Operstruk komuter gigi ganjil 5 biji aka Bapak bapak jangkauan cukup antar kelurahan…. wkwkwkwkw

  11. Roda traktor belakang buat menarik minat FBY Maho ngaku ngaku sport, roda cacing depan buat narik konsumen alay… jadi kl di gabung ridernya adalah Maho Alay…. wkwkwkwwkwkwk

  12. Ringsek25 heboh kill Ninja itu penipuan. Data penjualan palsu cara curang lawan Ninja. agagagagag.

  13. awas kena stiker cat nglotok khas yaMaho yang umum terjadi di motor premiumnya Rhoembeng Plastik 25…

  14. Mesin SOHC Operstruk idealnya pake 2 klep. nah karena maho gk penua mesin sport ya terpaksa dkasih 4 klep.. alamat getaran mesin bergetar getar maut Coy… mengetarkn biji bijian… wkwkwkwkwk. nah kl di paksa ngeden.. yo ngebul, piston oblak coy.. MuoooooooooooooooDhar..Moo

  15. mx king milik berukers bikin motor sejenis bebek kakinya kekar

    kambingers tetangga sebelah bikin motor sejenis ayam,entah ayam tiren,ayam kampus,ayam babon,ayam sori entahlah ayam yg kurang gizi kakinya cungkring” biar kesannya kenceng…

    semoga ga ada kasus kampanye gratis a.k.a recall,sunatan masal,rompal,ringtone helikopter dll

  16. Wihhhhhh
    Brewoknya ilanggg
    Tmbh gantenggg..
    Tinggal rajin fitnes ud jozzz lek iwb.
    Lupakan mx.

  17. Tanya kang
    Itu ban depan bisa di naikin 2 tingkat ga (misal 90/70)
    Dan ban belakang turun 2 tingkat (100/80)

    Biar gak keliatan cungkring depan

    • @hoyasuka bapia
      lebih baik diturunkan/dinaikan 1 step aja bro
      kalau mau ganti ya ganti ukuran velg+bannya sekalian…

  18. semoga tidak blunder karena tidak memproduksi autoclutch/tanpa kopling tangan..sebab kodrati bebek adalah tnp kopling tgn..posisi bimejebek adalah di tengah matik dan sport.baik fungsi atau konsumsi bbm.
    imej matic:praktis perawatan susah +boros
    bebek:simple .harga terjangkau.perawatan lbh mudah..sparepart mudah
    sport..keren .tenaga gede.mahal.sparepart mahal..

    itu imej masyrakt umum yg tidak sepenuhnya benar.

  19. Dari alam bebek kembali ke alamnya.. SOHC operstruk emang khas Bebek.. motor ban traktor tp rantai standard Maho aka rantai sak uprit khas bebek.. buat narik roda traktor yo guampang kendor coy. wkwkwkw

  20. Lapor Pak, Ada pembuatan Oli Palsu skala besar di lingkungan kami, jl. Kalibata Tengah XVI No 21 Rt 002 Rw 03 di kediaman Ref. Donal, pembuatan produksi sudah berjalan lama dan diperkirakan omsetnya milyaran? Mohon ditindak lanjuti pak laporan saya, karena warga disini sudah sangat diresahkan, karena suaranya sangat menggangu jika malam hari produksi dan buang limbahnya sembarangan?

  21. Lho kok banyak fby bangga ama bebek mx…? Katanya fby gk doyan bebek ama matic? Katanya fby cuma mau naik motor sport? Katanya bebek untuk tante berkumis? Katanya matic untuk pria berdaster? Bingung….

Comments are closed.