iklan iwb
iklan iwb

460x110 (10)

klx150 vs crossX200

iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu….Viar menggebrak pasar dengan produk mengejutkan yakni model trail. Keputusan tentu cukup berani sebab untuk kelas gasruk tanah dibutuhkan produk dengan material jempolan. Lha piye…..masuk kategori heavy duty je. Nah…..walau mereka sudah merilis versi special engine 250cc berlabel Cross X250SE…..IWB akan membahas versi  200 dahulu yang kebetulan sukses IWB sandingkan head to head melawan Kawasaki KLX150. Nah…..siapa yang paling unggul saat diajak nerabas hutan??. Berikut impressinya….
460x110(1)

Ergonomy dan posisi riding

Viar Cross X200 dibuat rada jangkung dengan body cukup bongsor. Stang baplang plus jok empuk membuatnya nyaman saat melaju dijalanan rusak. Begitu pula KLX150. Dengan body-nya yang termasuk mungil….motor ini cukup menyenangkan. Terus gimana feelingnya??. Berkendara dijalanan aspal…..IWB merasakan stang Viar Cross sedikit membuat pegal saat kita melaju pada jarak jauh. Hal ini dikarenakan posisinya yang lumayan tinggi. Sedang stang KLX150 lebih bersahabat karena posisi rada dibawah. Namun….beda saat betul-betul dipakai menerjang jalanan rusak yang butuh kontrol maksimum…..

CrossX200 terasa lebih mantap. Desain stang memberikan kontrol optimum pada roda depan. Begitu pula ground clearance yang cukup tinggi. IWB berani melewati gundukan-gundukan ekstrim tanpa takut gasruk penghalang. Sedang KLX150….akibat bodynya yang cukup mungil harus lebih memilih jalan. Secara ergonomy…..KLX150 sepertinya cocok untuk biker dengan body rada mungil. Sementara Cross X200…..IWB merasa pendekatan yang dilakukan pabrikan terasa mengena sehingga gerak tubuh baik ketika kita berdiri diatas foot step serta memegang stang menjadi lebih terkontrol. Soal ini memang disesuakan biker yang nunggang diatasnya. Postur pendek cocok dengan KLX…maka postur tinggi jelas pilih Cross X….

KLX150 vs Viar CrossX200 (3)KLX150 vs Viar CrossX200 (1)

Mesin atau engine

KLX150 menawarkan torsi khas trail Jepang….agresif dan padat. Sejak dari bawah hentakan akselerasi IWB acungin jempol. Sedang CrossX200……walau sama-sama kuat, torsi awal agak landai nggak mengagetkan. IMHO….hal ini bisa berpengaruh dari maping serta setingan knalpot bawaan CrossX200 yang membuat power terasa loss. Kendati demikian…karakternya santai tapi pasti. Terbukti digunakan menanjak seekstrim apapun…trail Viar tidak kalah dengan KLX. Cingcai  tenan mzbro. Kabar bagus……muffler versi baru kabarnya sudah berbeda dan membuatnya lebih yahud…..

Uniknya…..saat dipakai dijalanan, engine trail Viar lebih santai dibanding KLX150. Jika trail Kawasaki 25 jutaan ini sedikit stres dan nafas pendek….Viar terbilang lebih nyaman tanpa gejala tercekik. Hhhmmm…mungkin ini yang membuat torsi kalah nendang. Maklum mzbro…saat speed tinggi biasanya akselerasi dikorbankan. Sebaliknya….akselerasi nampol biasanya top speed memble. Jadi memang kudu mencari balancing yang pas. Kelebihan lain dari KLX150 adalah “heat” atau panas engine. Karena knalpot dibungkus dengan cover solid, hawa panas dari mesin terasa adem dibanding CrossX200 yang telanjang. Masalah vibrasi….keduanya ternyata cukup berimbang…..

Braking

Ciri khas Kawasaki adalah perangkat rem yang handal. Artinya….KLX150 masuk didalamnya yakni super pakem. Justru karena terlalu pakem saat digunakan melibas jalanan dengan konstur tanah liat kita hanya berani menggunakan engine brake dan sesekali rem belakang. Sedang CrossX…..rem termasuk standart. Namun malah memberikan keuntungan tersendiri karena ketika digunakan berlumpur ria….kinerja rem cukup menyenangkan. Boso kerennya….ora was-was ngesot :mrgreen: ….

Suspensi

KLX150 vs Viar CrossX200 (6)

KLX150 vs Viar CrossX200 (7)

Nahhh….ini nih yang menarik kangbro. Suspensi harus IWB akui….Viar CrossX200 cukup mengejutkan. Kinerjanya diluar dugaan sebab baik IWB dan pak Dudung (kepala kebun yang biasa nunggang KLX150 dan dilibatkan dalam pengetesan) sepakat memberikan nilai tertinggi soal suspensi. Ayunannya lembut dan mampu bekerja sempurna. Tidak bisa diingkari….ukuran shockbraker segaban dengan model upside down bagian depan plus monoshock Unitrack dipadu swing arm gambot membuat tubuh terasa dimanjakan. Lha piye kangbro….nggak banyak goncangan je…..

Sensasi ini cukup terasa ketika hentakan-hentakan dari benturan ban diredam dengan baik dan tidak sampai membuat tangan serta bok*ong kelimpungan. Sumbangsih ukuran ring (21 depan 18 belakang) juga menjadi penyumbang signifikan. Bukan berarti KLX150 kurang mantap….juoz juga mzbro. Tapi ketika diadu sama-sama pada kondisi jalan bergelombang dan ekstrim….trail Viar lebih mampu meredam hentakan sehingga memberikan sensasi lembut dan anteng pada pengendara diatasnya….

Kesimpulan

Viar_crossX200SE

Dalam testing head to head antara Viar CrossX200 vs Kawasaki KLX150 (IWB sengaja nggak menyandingkan KLX250 karena jauh beda kelas…lawong banderol juga dua kali lipat lebih) dirute dan lokasi yang sama….masing-masing memiliki plus minus. Jika KLX150 kuat soal torsi engine dan braking….maka CrossX200 unggul soal suspensi serta ability menerjang lintasan lebih ekstrim akibat ground clearance yang cukup tinggi. Kubikasi yang lebih besar 50cc dibanding trail Kawasaki juga memberikan keuntungan tersendiri ketika kita melaju dijalanan yang butuh high speed. Raungan mesinCrossX200SE terasa lebih rileks dibanding KLX150….

Dengan banderol 25 jutaan untuk KLX150 dan 21 jutaan CrossX200….praktis membuat posisi produk Kawasaki terlihat overprice. Namun…..statusnya sebagai pabrikan Jepang tetap memberikan keuntungan tersendiri walau pada prakteknya spare part KLX termasuk mahal serta sering dilanda penyakit inden. Sedang Viar….masih butuh waktu bagi mereka untuk membuktikan kualitas jangka panjang…..durability produk mereka plus 3S yang menjadi tantangan tersendiri untuk meyakinkan konsumen. So…siapa yang unggul diantara keduanya??. Monggo sampeyan sendiri yang menyimpulkan. Yang jelas……sebagai pemain baru, banyak pujian dilemparkan pada trail Viar khususnya soal suspensi karena cukup bisa diandalkan serta tidak kalah dibanding produk Jepang sekalipun dalam menaklukkan rute ekstrim. Sebagai gambaran….berikut video testing sang kuda besi saat melibas pegunungan gunung putri Bogor. Rumputnya sereemmm kangbro, tinggi banget :mrgreen: …...(iwb)

Video testing Kawasaki KLX150 vs Viar Cross X200SE

[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=Neb-3g-AOeY]

HP klik disini

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

83 COMMENTS

  1. Haiiitttssss….ciaaaatttt…….werrr…werrr..werrrr……sueeettttt…..sales..sales….jurus tebar brosur & fitnah alias BC…

  2. Mungkin pada kurang puas ya karna lupa minta L di requestnya… Jadinya KLX mini beud….
    Wah ternyata mahal dan indent?
    Pantesan pada banyak yg jual nih KLX di Bali khususnya… Padahal ga ada stahun… 🙁
    Tpi viar bisa subtitusi ke merk H kalo ga salah…
    Kirim ke Bali kena berapa ya?

  3. Ini dia artikel yg sudah saya tunggu tunggu lek. Mau bayarin cross x 200 tapi msh cari artikelnya. Makasih lek iwb. Sukses.

  4. Bro Iwan, membandingkannya kurang pas
    bandingkan yg body nya setara
    KLX150 L vs Viar X200

    kalau KLX 150 jelas minis, gak imbang
    coba KLX 150 L (y)

  5. uAasyemmm,,,, koplak ,,josssssss gandozzzzz
    keren bgtzzzs kang,, tp smpean perlu nyoba blusukan di hutan kalimantan kang,, ntu kelihatan sampean kesusahan milih jalan krn wa4na tanah yg cokelat ditambah rimbun’y ilalang ? buehhhhhhhh ,,,.,,,..
    kalo di kaltim nh kang wlpn hutan’y lebat krn di pupuk PENTENE SUNSILK dll dll ,, tp tanah’y brwarna merah ,, jd pede z betot gas ,,wong ban’y napak jelad ko ,,,, kerennnnnn

  6. Mas Iwan, Sampeyan kudu tanggung jawab, karena saya sudah beli Cross X 200 SE gara gara lihat blog e sampeyan, dan saya menyesal karena motore terlalu gagah, sampe dikira KLX 250 motor…

  7. lik iwan… mbok ya sekali waktu artikele di publish dinihari… pengin tau ja jam kerja para kacunggg di atas…

  8. kemarin di group fb ada yang baru beli cross x 250 baru beberapa hari mau dijual lagi. katanya kurang memuaskan.
    kalau klx pasti ada yang mau beli lagi, kalau mesin china ya mikir dua kali.

    kesimpulannya masih lebih ‘aman’ beli motor dengan harga sedikit mahal tapi kualitas terjamin daripada kehilangan puluhan juta untuk produk china yang identik dengan kualitas ringkih.

    • Viar nyemplung kesungai, tenggelam,… diangkat distater jreeng langsung hidup

      Kalo kawasaki itu trail injeksi, cocoknya buat mejeng

      jatuh error
      abis bensin error
      masuk air/debu error
      buat free style ngangkat2 lama2 error

      injeksi mah cuma ngejar irit doank, tapi tenaga letoy

  9. kira-kira gampang karatan kayak motor roda 3 nya gak ya kang. soalnya didaerah saya banyak pemakai viar roda 3 yang kecewa karena katanya mudah timbul kerak/ karat

    • biar ga karat ya di kasih anti karat dong seperti sasis mobil, sasis viar roda tiga kan besar dan yang pakai rata rata males nyuci. mobil pickup yang lebih mahal saja kalau jorok dan males ngerawatnya, pada karatan sasis dan baknya.

  10. emngnya gampang nemu motor klx L?
    langka tu motor kayak nyari kentut wangi
    kentut bau banyak
    KLX L buat yg jangkung bingo
    lah org indo rata2 tumbuh ksamping
    mau gimana?
    cariin gih klo mau

  11. Mau ambil viar cross 200cc SE nech soalnye gagah, tp postur tubuh tdk mndukung long hanya 155cm,terpaksa ambilnya cross 150,.viar trail.,mantap n gagah.!

  12. Mengecewakan. Motor tes ride ternyata mengunakan upside down yz85 dAn monoshock cr85.. sedangkan yang resmi dijuAl bantinganya keras alot dan kenyal.. barusan hari ini saya tes di acara adventure wonosalam jombang jatim..

  13. kalau sama klx 150 L gimana mas iwan? saya masih bingung mau ngambil klx 150 L atau viar cross 200 SE? minta penjeramahannyasob

  14. tidak kalah dari produk jepang…, kalah apanya bro, menang telak itu, harga lebih murah, mesin lebih besar, tenaga lebih besar, swing arm lebih gede, sasis lebih kuat, blum lagi klx itu penyakitnya aneh aneh. merk langka pula, mirip datsun, jualan mati idup mati idup.

  15. ga sekalian di bandingin sama mercy bro, bandingin barang ya harus dengan range harga yang sama dong, keluar duit sekian dapetnya apa? kalah spek trus menang merk gitu? klau gitu mending bli viar trus tempel merk kawasaki. valuenya dapet merknya juga dapet.

  16. memangnya kawasaki klx bikin mesin dimana masbro?

    pabriknya di china kok, rakitnya saja di sini sama philipina dan thailand.

    ga percaya?

    klx 250 yang di jepang itu harganya 528.000 yen x 120= Rp. 63,6 juta rupiah!

    kalau ga bangun pabrik di china, bisa bangkrut itu pabrik, ga ada yang sanggup beli kecuali negara maju, wong dinegara asalnya saja sudah segitu, belum ditambah biaya import pajak dll

  17. kawasaki klx sasisnya kok kecil banget? bener tuh bisa buat trail di indonesia ? buat bawa pupuk 100 kg patah ga tuh ? sudah mahal kalau cuma buat gaya doang buat apa, harus bisa dipakai di kebon sesuai habitat motorcross.

  18. gua sering liat klx di pake buat ngantor, menang gaya doang tuh motor, beraninya cuma buat wara wiri dalam kota .

  19. Nih motor cmn buat gaya sekarang.. sama buat godain cewek dijalanan oh.. fuk man :V, banyak yang beli klx sama ninja gara-gara sinetron anak jalanan hahaha… oh my god.. mau dibawa kemana hubungan kita :v eh maksudnya mau dibawa kemana nama besar dunia MOTOCROSS klo kayak gini caranya…

  20. Bro kita harus bangga dengan motor Viar karena motor Viar adalah motor Indonesia yang spesifikasi nya mendunia, pokonya enak dah pake motor Viar cross x 200 GT mantap, tapi yang saya alami biar itu sudah besic Enduro bro jadi engga usah banyak custom terus mesin nya juga sudah bawaan untuk nanjak jadi kalo di pecut lagi nanjak tidak engok tenaganya ???? suport terus buat motor indo #viarmotorindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here