iklan iwb
iklan iwb

460x110 (10)

tukang_tamball_ban

Usia yang masih kanak-kanak tidak membuatnya canggung membantu orang tuanya merasakan pahit getirnya mencari nafkah. Tangannya yang mungil memegang gunting berusaha menyayat karet yang cukup alot. Secara telaten….doi tetap sabar melakukannya. Setelah sukses….potongan kecil tersebut ditempel pada permukaan ban bocor yang sudah dibersihkan. Luar biasa mzbro…..
blog-460x120-alt

Gambar kiriman pembaca IWB dari Kalimantan Timur ini (suwun bro), memberikan bukti bahwa masih ada anak-anak dinegeri yang bisa berbakti kepada orang tuanya. Tidak jelas berapa umur sibocah namun dari foto terlampir harus kita akui……sangat jarang kita jumpai pemandangan seperti diatas. Walau terkesan kejam….namun jika sejak kanak-kanak sudah ditempa untuk mencari uang secara halal, pantang menyerah dengan keadaan….insyaallah hasilnya akan bagus…..

Sebaliknya…ketika sejak kecil sering dimanja…apapun keinginan dituruti tanpa bimbingan yang membuatnya matang serta mengerti hakekat “halal”….bisa jadi setelah dewasa mudah terjerumus dalam pergaulan negatif seperti para pelaku begal akhir-akhir ini yang ternyata banyak dilakukan anak-anak SMA dengan back ground ekonomi cukup mampu. Seharusnya mereka malu dengan anak ini. Baju boleh lusuh…namun akhlak jauh lebih mulia dibanding sosok yang katanya terpelajar ternyata malah memiliki perangai kriminal. Luar biasa nak…baktimu akan membawamu pada kesuksesan duniawi dan akhirat nanti. Amin YRA……..(iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

68 COMMENTS

  1. Ini baru joss lek..aku yo terhenyak lek dmn skrg lg musim begal ni anak se kecil ini malah bntu ortu nyari penghasilan.mesake negri ini

    • Saya takutkan ketika kelak, Tidak sampai anak itu dewasa dan belum meraih kesuksesan nya, negara ini udah bakal hancur duluan..akibat tangan tangan asing yang mau menghancurkan negara ini

  2. Udah berapa kali ganti presiden tapi masih ada contoh yang kayak gini, bukti valid bahwa kenaikan ekonomi masyarakat daerah hanya data satu pihak…
    Sabar nak, kamu di jadikan budak di negara sendiri…

    Tanah yang kaya ini, yang konon katanya lempar kayu pun jadi singkong, telah dikuasai penghianat negara yang mebjadi menjadi centeng asing

    Lawan kapitalis kapitaliS beserta komprador nya

  3. Bilamana nanti ada komentar yang mengaitkan kondisi bocah ini dengan segala hal berbau fbh, fby, fbs,fbk dipastikan otak orang yang mengeluarkan komentar itu gesrek

  4. Dr badannya sh kayanya baru 7-10 tahunan kang. Subhanallah, moga gedenya sukses jd pemilik bengkel. Lanjutken, Nak.

  5. Oh berarti kalo kite kite ntar punya anak kudu disuruh kerja cari duit sendiri sejak kecil gitu ya kang, mengajarkan yang ada di otaknye isinya duit bukan disuruh sekolah,belajar,ngaji, dibimbing utk jadi orang baek gitu ya. …

  6. Anak-anak Kaltim memang pekerja keras,jadi tidak heran tindak kriminal disini sangat kecil sekali.

    Salam dari Samarinda.

  7. Tiba2 saya merasa sangat malu, kita yg punya kerjaan layak kadang masih mengeluh dan malas,.

    Mudah2an cpt sukses yo le, biar gak melarat kayak embekha tapi ya jangan suongong kayak fby beruk,.. Ciahahahaa

  8. smoga kau selalu diberi kesehatan nak.
    Stlh besar nanti, moga kau jd orang sukses dlm bekerja, banyak rejekinya, menghargai sesama.

  9. bagai pisau mata 2 kang, dkmpung sy biasanya ank2 yg bkerja jd mls skolah krna udh pegang duit. trs mreka jg udh mulai ngrokok2 krna bs beli dr duit mrka sndri…

  10. lee.. besarlah. jadilah yang kau mau le.. jangan sombong dan jangan jd penipu le.. tak doain sampean le. mugo dadi wong luhur budi pekertine. amin

  11. klw di kampung anak udah biasa diajarin bekerja bantu orang tua tp klw di kota takut KPAI disamping gitu lebih banyak dibeliin mainan PS, laptop, komputer buat main game seharian

  12. Untuk membantu orang tua sepulangnya dari sekolah itu gpp, dan itu harus untuk mendidik anak mengenal lebih jauh tentang pendidikan karakternya.

    tapi kalua orang tuanya menyuruh si anak membantu full time dan meninggalkan bangku sekolah itu namanya menghilangkan sebagian hak-hak anak,

    hak-hak anak diantaranya :

    Hak atas perlindungan

    Setiap anak berhak dilindungi baik secara fisik, psikis, spiritual, dan moral. Anak perempuan dan anak laki-laki harus dilindungi dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, eksploitasi, dan perlakuan yang merugikan diri anak dan berdampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Termasuk pemberdayaan anak untuk produktif secara ekonomi sebagai pekerja anak.

    Hak atas pendidikan

    Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak.mulai dari SD-sampai SMA, sengaja dalam hal ini pemerintah mengratiskan sekolah2 negeri dari SD-sampai SMP atau SMA

    Hak bermain

    Masa kanak-kanak identik dengan masa asyiknya bermain. Bermain bagi anak merupakan bentuk pembelajaran juga. Pastikan anak memiliki waktu bermain setiap harinya.

  13. Maju trus nak jangan menyerah..yg penting sekolah jalan terus …. buat cermin bagi mas brow yg bisanya cuman nodong ortu harus malu sm anak ini.

  14. kondisi hidup keras membuat si anak lebih menghargai arti hidup, menghargai usaha orang tua dan orang lain, dan anak tidak punya gaya hidup tangan di atas, dan mereka secara mental lebih joss, pantang menyerah, korelasinya ama fb nganu ama nganu ..#ehem..berbanding terbalik..

  15. Bagus sekali anak ini bantu orang tua…. mudah2 an anak ini tetep sekolah…. sampe perguruan tinggi… Amien.

  16. masa lalu ane pernah itu lik,.
    bapak handle motor, klw ane sih speda, wktu tu utk buka ban motr ane blm bsa, trakhir ngalkuin kyanya klas 4 atw 5 sd,
    pas lagi nambal dgn cara dibakar prnh hampir mbakar, apinya gde.
    kna tmpeleng sama bokap sndiri,
    ga msalah dri situ ane blajar dewasa

    trmsuk nge maintenance rem speda dll dst
    haha jaman susah bin pait itu,.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here