iklan iwb
iklan iwb

460x110 (10)

new Honda Vario150 (2)

iklan iwb

Bro dan sis sekalian….banyak dari para pembaca merasa kebingungan dengan perbedaan merk pelk yang dicangkokkan pada new Vario series khususnya versi 150. Berpatokan pada artikel IWB disini  dimana asumsi kita kala itu yakni Vario 150 dibekali pelk merk Enkei sedang Vario125 dicangkokin brand Pako….ternya tidak demikian!
Banner-nmax

Yup….butuh beberapa lama bagi IWB untuk memastikan sebelum IWB merilis artikel ini. Dan setelah mengumpulkan berbagai informasi kini bisa disimpulkan bahwa AHM memang menggandeng 3 vendor berbeda untuk menyuplai pelk varian skutik terbaru mereka new Vario 125/150. Artikel sekaligus berusaha menjawab banyaknya kebingungan dari para biker yang merasa mendapatkan komponen tidak sesuai spesifikasi. Seperti bro Tri berikut ini contohnya….

Selamat sore mas Iwan, apa kabar?
Mas, cuma mau tanya aja. Apa benar Velg Vario 150 merk nya Enkei?. Sedangkan Vario 125 (new) merk nya Pako?. Sebab saya beberapa hari yang lalu beli Vario 150 buat istri. Tapi saya lihat koq velg Pako ya mas?. Maaf belum sempat foto, nanti saya email kan lagi fotonya. FYI, saya beli Vario 150 type sporty warna putih mas. Apa saya harus komplain ke dealer mas? mungkinkah bisa ditukar mas?

Thanks b4 atas pencerahannya mas…
– Tri Haryanto-

Selain bro Tri….diujung kota lain kang Dadang juga mengeluhkan hal serupa…..

Malam mas Iwan, Senin kemarin kebetulan Vario 150 dah datang, tapi saya baru perhatiin peleknya merk “Pako”…dan kalo saya tidak salah baca, di artikel dibilang “pelek Vario 150 merk Enkei, utk vario 125 merk Pako”….koq malah vario 150 saya kebalik ya mas? Apa memang Vario 150 juga merk Pako? Terima kasih mas Iwan

– Dadang Yoga –

vario150

Tidak hanya bro Tri dan kang Dadang…..namun beberapa pertanyaan sama dilempar pengunjung warung dengan kebingungan serupa. Tidak ada yang salah disana karena patokan kala itu adalah unit tes pabrikan saat peluncuran. Dan memang kita membandingkan langsung posisinya seperti itu. Vario125 merk Pako dan Vario150 Enkei. Dan ternyata tidak mzbro…..

Tidak ada patokan khusus bagi pabrikan karena sebenarnya memang ada 3 vendor yang menyuplai part cast wheel new Vario. Yakni Enkei, Pako dan ZCW. Ketiganya dianggap memiliki standart kualitas setara sesuai yang dipatok AHM. Mungkin sampeyan bingung….Pako dan ZCW ki opo secara kita semua memang lebih familiar dengan Enkei??….

Jadi gini mzbro. Pako sendiri sebenarnya sudah kerjasama dengan grup Astra sejak 2013. Mereka fokus memproduksi besi serta alloy wheel rims atau pelk. Mereka bukanlah pabrikan kemarin sore sebab Pako sudah digandeng Toyota, Mitsubishi, Isuzu, Daihatsu, Suzuki, Honda dan Nissan untuk menyuplai pelk OEM produk mereka. Didirikan tahun 1974…..kini kapasitas produksi sudah diatas 2 juta pelk dengan porsi motor mencapai 500ribu set wheel rims. Sedang ZCW…..

Berpusat diCina singkatan dari Zhejiang Wanfeng Auto Wheel Co.Ltd…..perusahaan mereka sudah tersebar keseluruh dunia (salah satunya Inggris disini). Sama dengan Pako, ZCW juga dipercaya oleh para produsen roda empat dunia seperti BMW, Fiat, Ford dsb menjadi komponen OEM masspro product. So….tidak semua merk Cina jelek mzbro. Tidak salah sih kita keder. Reputasi produk yang suka mengkloning memang membuat mindset terhadap produk racikan Cina jadi negatif. Padahal banyak sekali produk bonafit didunia ini disuplai oleh negara mereka…..

Last….untuk mendukung derasnya produksi, AHM sepertinya sengaja menggandeng 3 vendor sekaligus agar proses produksi berjalan lancar. Begitupun ban…dimana ada FDR serta IRC. Mereka tidak mau hanya mengandalkan satu vendor karena takut keteteran dan ujung-ujungnya berpengaruh terhadap lamanya inden. Nah…..jadi gitu brosis. Kira-kira wis mudeng yo. Kualitas sih pasti sama karena pabrikan memiliki standart yang kudu dipatuhi tiap-tiap vendor. Mau Pako, ZCW ataupun Enkei…..sami mawon. So…sampeyan nggak mungkin klaim minta tuker pelk kedealer gara-gara pengen merk tertentu. Iso jenggot sariawan gulung koming mlumah murep tenan rek petugase :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Previous articleMega gallery trail Viar Cross X200SE…..speedometer dijejali gear indikator!!
Next articleSsssttt, Yamaha 2SX sudah mulai produksi sejak kemarin bro….tahap pertama 100 unit!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!