iklan iwb
iklan iwb

460x110 (10)

Nmax_iwb

iklan iwb

Bro dan sis sekalian….akhirnya kelar juga IWB mempesiapkan dan meracik artikel test ride Yamaha NMax150. Skutik yang disebut sebagai global produk ini secara fisik memang membuat mayoritas terpukau. Body bongsor dipadu dengan seabreg fitur teknologi modern….percayalah skutik ini kurang fotogenik. Namun jika melihat secara langsung…..shape desain jauh lebih enak dipandang mata. Pertanyaannya….apakah semua sinkron saat dilakukan test ride??. Mari kita kupas dan monggo persiapkan wedang jahe karo pisang goreng…soale rada panjang ki. Langsung wae mzbro…

Banner-nmax

NMax memiliki desain rada unik dibanding beberapa skutik lainnya. Berusaha mengamodasi selera seluruh region…..Kenji Ootonbe sang desainer NMax menyebut, konsep menganut European Maxi Design. Awal sebelum melihat….kita akan merasakan kaku karena shape kurang meruncing. Khususnya sisi stoplamp….weleh, kotak ora galak. Tapi setelah melihat langsung….lho, jebule koq apik :mrgreen: . So…bisa IWB katakan, NMax 150 masuk kategori nggak fotogenic. Lha piye…..gambar sama aslinya bagusan melihat langsung. Piye jal. Terus gimana saat jajal diatasnya??….

Ergonomi

Rileks tenan. Rasa lega sangat kuat karena dimensi yang bongsor. Jok cukup lebar dan ternyata panjang juga mzbro. Saat kita duduk diatasnya…..bagian belakang banyak tersisa. Ketipu lagi rek….kirain kecil. Jebule karena jok memiliki bentuk rada melebar sehingga terkesan bantet. Padahal tidak. Busa juga empuk. Stang dalam posisi yang pas….dan yang istimewa adalah….bagian dek!

Sikil (kaki) sampe dlujur juga bisa……posisi nyaris lurus. Saking leganya celah antara jok dan dinding dek depan kayaknya bisa untuk bawa botol Aqua nih :mrgreen: (kudu dites dulu). Kenji Ootonbe ternyata memberikan pijakan yang cukup panjang sehingga posisi telapak kaki menapak santai. IWB menganalisa…NMax sepertinya tetap akan nyaman bagi rider dengan tinggi tubuh 175cm. Melirik dashboard…..speedometer digital juga mampu memberikan informasi secara jelas khususnya monitor speed. Jian gede bener ki angkanya. Asyiknya lagi tidak ada efek glare walau matahari sinar menimpa display. Harus IWB akui….feel diatas NMax150 memang beda….

Maxi Scooternya begitu kuat. Dengan tinggi tubuh 170an…..NMax tidak membuat kita kesulitan saat diam sekalipun. Untuk sisi ini…..NMax IWB berikan nilai tinggi. Enak tenan posisinya kangbro. Kelebihan lain adalah desain tebeng depan. kelihatannya mungil namun ternyata saat kita nongkrong diatasnya…..jebule lebar….malah cenderung lebih lebar dibanding skutik berdek rata yang bertebaran ditanah air. Keuntungannya desain ini akan melindungi pengendara dari terpaan angin depan. Hhhmm…emang musuhnya PCX ki rek πŸ™„ …..

Engine dan performa

Yamaha memilih Sentul besar….dan akhirnya IWB tahu apa alasannya mereka pede melakukannya. Menyandang teknologi Variable Valves Actuation (VVA) dikawinkan dengan mesin Blue core 155cc 4 stroke 4 katup, forged piston diasil silinder…tumble flow serta optimisasi sistem FI…..power motor ini seperti tidak pernah kehilangan nafas. Ketika IWB geber disirkuit Sentul….torsi rata sejak bawah keatas. Vibrasi juga alus kangbro. Awalnya IWB mengira motor ini akan lelet. Kenapa??…..

Ban tubeless dengan ukuran 110 (depan) serta 130 (belakang) masuk kategori gambot. Lha piye…..segede motorsport lho. Kendati ditopang ring 13inch….tentu beban yang disandang jauh lebih besar karena permukaan karet bundar banyak menapak keaspal. Herannya puntiran gas IWB rasakan terus berisi. Power pick up saat buka tutup gas tidak IWB temui gejala ngedrop. Mungkin akselerasi bawah secara feeling sedikit dibawah new Vario150 yang pernah IWB jajal….namun NMax memiliki perbedaan cukup drastis yakni saat masuk zona diatas 90 km/jam…..

nmax_150Top speed Yamaha NMax 150 ABS

Memasuki speed 90 km/jam…..IWB menduga akan berat bagi NMax150 menembus 100 km/jam. Posisi badan IWB yang sengaja sedikit tegak karena ada kamera action Gopro (recording rek) didada plus bobot pribadi yang mencapai 84kg ditambah kencangnya angin sirkuit Sentul ternyata gagal mengebiri performanya. Mesin seperti tidak pernah kehilangan tenaga. 95 km……100……105….110….115…..dan speed 117 km/jam menjadi kecepatan terbaik yang sukses IWB lakukan. Mencengangkan dan diluar dugaan brosis. Penyimpangan speedo terhadap GPS juga cukup kecil. Berdasarkan referensi alat race logic dari wak haji Taufik….117 km/jam versi speedo NMax setara dengan 111,1 km/jam GPS. Banter tenan untuk ukuran skutik 150…..

Handling dan pengendalian

Yamaha menjejali NMax 150 dengan sasis baru (terlampir). Selain dibantu sektor mesin….sasis menyumbang bobot sehingga menjadikannya cukup ringan. Jangan terkecoh dengan besarnya body. Saat nongkrong diatasnya….lho koq enteng??. Sensasi “light” ini tidak mengagetkan akibat berat kosong NMax 150 hanya 120kg. Gimana saat digeber dilapangan??. Sing jelas ora wani pecicilan brosis…..

sasis NmaxNmax_iwb

Permukaan sirkuit yang basah….ditambah kerikil aspal Sentul yang berguguran awalnya IWB sikapi dengan berkendara santai. Tapi…..sedikit demi sedikit IWB dibikin dlongop. Koq….anteng banget ki skutik 😯 . Eksplorasi makin berani dan benar saja mzbro……tikungan demi tikungan bisa dilahap dengan sempurna. Hasilnya…..handling NMax150 IWB acungin jempol. Antengggggg puolll!!. Ringan tapi anteng nggak goyang sama sekali. Tikungan melengkung hiperbolic bisa dilibas dengan kecepatan 100 km/jam tanpa kendala berarti. Beberapa kali IWB buat rebahan sampe body gesek aspal untuk mastiin paket handling yang ditawarkan. Proven….skutik ini tidak hanya kencang namun pengendalian mantap. Lah…..koq apik kabeh ki opo cacate??. Tobat tenan ki…..

Braking atau pengereman

Embohlah….males bahas sisi ini. Lha piye…..susah dicari kelemahan disektor pengereman karena NMax150 dibekali perangkat rem ABS. Efeknya??. Yo jelas beda kangbro. Pakem dan terukur. Mau sampeyan tarik tuas rem sekuatnya…sang skutik bisa berhenti secara aman. Kondisi sirkuit yang basah bekas hujan menjadikan proses testing berjalan sempurna. Berkali-kali IWB betot rem dengan kuat….NMax hanya mringis santai saking pakem dan amannya. Sensor ABS membantu membaca posisi kaliper agar tidak membuat ban kehilangan traksi. Teknologi anti lock brake system mencegah ban terkunci akibat panic brake. Piston akan mencengkram dan melepas selama lebih kurang 25 kali dalam satu detik sehingga roda tidak akan slide atau lost grip. Canggih mzbro….makanya mahal. Versi ABS biasanya lebih mahal 5 jutaan dibanding non ABS sistem. Semua makin sempurna setelah Yamaha menjejali double disk brake depan belakang…..

Kualitas material

Tiada gading yang tak retak. Yup….Yamaha dituntut memberikan harga fantastis untuk sebuah maxi scooter low end. IMHO berhasil….no doubt 1000 persen berhasil. Disini pabrikan memang kudu putar otak agar banderol istimewa tersebut mampu mereka realisasikan. Dan efeknya….entah kenapa IWB masih kurang puas untuk sektor material khususnya cover stang yang terkesan tipis. Saat ditekan feel “thin” ini membuat kesempurnaan NMax sedikit tercederai. Casing body okelah….tapi bagian tutup stang perlu diperbaiki. Memang kalau menilik banderol yang hanya 27,4 jutaan……rasanya kurang fair jika menuntut semua sempurna. Hanya saja sisi tersebut bisa ditingkatkan….kenapa nggak?….

yamaha_nmax150 (40)

yamaha_nmax150 (28)

Fitur

Untuk fitur NMax150 termasuk komplit. Dibekali bagasi 23 liter dan tanki BBM 6.6 liter…berikut fitur yang disematkan pada sang skutik….

bagasi nmax

1. Speedometer full digital
2. LED stop lamp serta headlamp
3. MID atau fuel economy control yang ditunjukkan dalam panel speedometer
4. Jadwal service via speedometer
5. Jam digital
6. ABS.
7. Side swich stand
8. SKS (shutter magnet key)

Sayang….karena bukan termasuk skutik low end, IWB tidak menemui ada cantolan belanjaan didek depan. Begitu pula cantolan helm…ora ono kangbro :mrgreen: …..

Kesimpulan

NMax 150 cocok bagi sampeyan yang mencari skutik gambot dengan kenyamanan, performa dan fitur maksimal. Walau tidak lepas dari kekurangan casing…..jujur susah untuk menolak kehadirannya. ABS, sensor V-belt, penggantian aki, sensor komsumsi BBM (MID), double disk brake, ban tubeless ukuran besar…..piye jal ora bikin ngelu. Mungkin dua hal yang belum bisa IWB simpulkan yakni respon suspensi saat menghajar jalanan berlubang serta komsumsi BBM. Nah…dua hal tersebut kudu test harian ki….

Last……NMAX adalah motor keempat Yamaha yang berteknologi Blue Core setelah Nozza Grande (Vietnam), Grand Filano (Thailand), dan New Mio M3 125 (Indonesia). Diembel-embelin teknologi VVA…..harus IWB akui iming-iming performa bukanlah omong kosong. Monggo sampeyan coba sendiri untuk membuktikannya. Begitu pula pengendalian yang masuk kategori ringan, lincah dan mantap. Lupakan skutik gambot kedodoran….NMax tidak masuk kedalamnya. Feelnya sebagai skutik Yamaha yang memiki handling tajam tetap dipertahankan oleh pabrikan garputala. Produk yang digarap langsung secara keroyokan oleh YMC Jepang yakni Mr. Gotanda (chief machine Nmax)….Toshiaki Umetani (test rider development) serta Kenji Ootonbe…..NMax 150 bisa menjadi batu pengganjal bagi Vario150 jika garap dengan baik oleh Yamaha. Untuk melengkapi artikel ini…IWB lampirkan video pengetesan sang skutik dibawah ini. Gocekan kursi tahan iman rekkk soale gleserrrr tenannn :mrgreen: …..(iwb)

Video testing NMax 150

[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=ZRFIwg9TWCQ&feature=youtu.be]
HP klik disini

Spesifikasi Yamaha NMAX

Mesin

– Tipe 4 Langkah, Single Overhead Camshaft (SOIHC) berpendingin cairan
– Kapasitas silinder: 155cc
– Jumlah silinder: single cylinder
– Daya maksimum: 11,1 kW/ 8.000 rpm
– Tenaga maksimum: 14,4 Nm/ 6.000 rpm
– Sistem bahan bakar: fuel injection (FI)
– Pemantik: starter elektrik
– Tipe transmisi: V-Belt automatic

Ukuran
– Panjang-lebar-tinggi: 1.955mm-740mm-1.115mm
– Jarak sumbu roda: 1.350 mm
– Jarak terendah ke tanah: 135mm
– Tinggi tempat duduk: 765 mm
– Berat isi: 127 kg
– Kapasitas tangki: 6,6 liter

Rangka
– Tipe rangka: underbone
– Suspensi depan: teleskopik
– Suspensi belakang: unit swing
– Ban depan: 110/70–13 M/C 48P
– Ban belakang: 130/70–13 M/C 63P
– Rem depan: single disc brake (ABS)
– Rem belakang: single disc brake (ABS)

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!