iklan iwb

Viar_cross X200_ibam

Bro dan sis sekalian…..sejauh ini banyak yang berasumsi bahwa Viar adalah produk Cina. Menjadi pabrikan lokal yang paling tua dan tetap eksis….memang diawal kemunculannya, motor ini masih mengandalkan komponen dari Taiwan. Namun kini….dengan makin maju serta banyaknya vendor lokal mumpuni membuat pabrikan asal Semarang ini terus memperbanyak material lokal. Pertanyaanya….berapa persen porsinya??….

iklan iwb

Sudah mencapai 70 persen mzbro. Konfirmasi diberikan bro Frenky yang mengisi posisi strategis diViar sebagai divisi Marketing dan komunikasi (Markom). Doi mengungkapkan bahwa Viar sudah menggunakan bahan baku lokal hingga 70 persen. “Mayoritas sudah Vendor lokal mz….yah, mungkin sekitar 70 persen. Seperti shockbraker USD juga lokal. Sasispun kita yang mengelas termasuk swing arm. Kita beli material mentah dan pabrik kita diSemarang yang mengerjakan. Mesin-mesin semua sudah buatan vendor lokal termasuk knalpot kita menggandeng anak bangsa dari Purbalingga” tuturnya. Lah…terus sisanya yang komponen luar apa saja??….

“Karburator masih impor dari Cina karena untuk lokal belum terlalu bagus. Begitu juga pelk kita masih mengambil dari sana. Yang jelas kita bandingkan jika kualitas lokal diatas Cina kita pasti lebih prioritaskan buatan lokal” tuturnya lagi. Wah…bagus nih prinsipnya. Tidak heran Cross X200SE termasuk kokoh bener. Yang IWB sukai lagi adalah tiap masukan yang IWB utarakan ditulis oleh Viar…..dan langsung ditembuskan kebagian R & D. Memang harus begitu dan Viar sangat terbuka soal ini. Terus pertanyaannya…..kenapa Viar nggak sudi menggandeng vendor Jepang yang sudah terbukti kualitasnya alias nggak perlu riset jlimet???. Jawaban ternyata cukup menarik mzbro….

Viar Cross X200

Vendor merk Jepang memiliki agreement khusus yang sudah diikat oleh mereka. Artinya sangat sulit merk non Jepang memesan komponen untuk menyuplai sebuah brand diluar itu. Apalagi brand yang dianggap kecil. “Nggak bisa mz….mereka memiliki regulasi kuat. Makanya kita harus berusaha dengan kaki sendiri” tutur Viar. Byuh-byuh, gitu to. Pantesan produk lokal megap-megap susah bangkit ya bro. Padahal kalo boleh jujur vendor “branded” sebenarnya sudah full lokal namun dengan lisensi dan pengawasan dari brand yang disandang….

Last…..perjalanan Viar memang masih panjang. Mereka harus bisa mengambil hati para biker. Satu yang patut dicatat…dinegeri ini kualitas saja tidak cukup. Bisa kita intip sepak terjang TVS yang makin meredup. So….komunikasi serta pengembangan jaringan atau 3S agar konsumen semakin yakin membeli produk Viar adalah utama. Kalau produknya sendiri sih sudah lumayan oke…apalagi yang SE…..gagah bener wis. Suspensinya kuwi lho…..maut tenan. Lha piye….poldur tingginya kayak jerapahpun dilibas dengan gampang. Asli….nggak terasa saat melintas menggunakan Cross X200SE. Pokoke sampeyan kudu jajal biar percaya. So….Viar Cross X200SE??. Lha jebule karya anak bangsa beneran ki. Mantap!!. Eh…ngomong-ngomong, USD-nya lokalan mana sih?. Naksir mau buat modikasi ki :mrgreen: ….(iwb)

Cuplikan video aksi motor trail Viar Cross X saat digunakan melibas jalanan rusak dari? Sabang-Merauke (25,000 KM)

HP Klik disini


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

109 COMMENTS

  1. Klo pengen motor bak pengangkut barang boleh pake viar
    klo buat touring ato kebut kebutan
    pilih motor jepun aja
    sorry viar

    • seharusnya kamu jangan bilang gitu, kasihan tu karyawannya.
      masak susah-susah ngrakit+berdoa supaya laku eh malah di bilang sorry.

  2. Sorry Bro hidup adl pilihan
    emang kenyataan gitu
    kebanyakan viar yg diminati konsumen yaaaa motor dgn bak pengangkut Barang
    klo buat motor harian ato touring
    masih jauh dr pabrikan jepun
    apalagi buat kebut kebutan
    tp memang patut diberi apreasiasi buat viar

  3. Produk produk dlm negeri emang buanyakk yg keren mulai sepatu baju garment
    kacamata dll
    tp klo motor maaf yaa
    masih buaanyyakk yg perlu ditingkatkan buat menyamai jepun

    • setuju om… wong suzuki yang berasal dari jepun aja kurang diminati, apalagi viar.

      bukan bermaksud merendahkan viar ya…namun viar harus buat suatu gebrakan yang bisa mengambil hati para konsumen indonesia dan ane yakin pasti bisa 😀

      liat aja di india sono, merek lokal lebih berjaya daripada merek jepun..semoga viar bisa lebih maju lagi

  4. khusus buat offroad kira2 mumpuni gak ya? drpd KLX mahal ??a”?.??a”?.??a”?.??a”?.??a.. dari grup viar di FB, udah ada yang mengeluh masalah kaki2nya… nunggu artikelnya bang iwan, barngkali juga mo dipake ikut event adventure trail.

  5. ra popo… kalo bisa jaga kualitas, bertahun tahun yg akan datang bakalan dapet kepercayaan publik juga. viar bakalan kayak merk lokal kualitas A+++ kyk polygon, brodo, hnr, dan msh banyak lagi. pokoknya hidup itu harus optimis!! :iloveindonesia

  6. Org indonesia uda di cekoki jepang,, pokoknya merk yg ga pernah dia kenal, ttp dianggap jelek, meski itu merk premium (misal ebr, triumph, dll) , blum liat (apalagi nyoba) tapi uda nada miring,
    Org indonesia bli barang biar mahal yg pnting sparepartnya melimpah , bgkel nya dimana2, ini kan aneh, udah mahal mudah rusak (lah buktinya spareaprtnya banjir di pasaran) ,
    semangat viar,,, buktikan kamu bisa,,,

  7. kang iwb,. ini cross apa aja fiturnya?

    punya ymjet macem sebelah gak?
    masih pake gigi gak?
    ban bisa geol2 gak?

    kalo gak cemen masih kalah sama cross metik ngeXred maho,
    ngoahahaa

  8. Lek model piringan cakram belakang mengurangi kegantengan 5%…at bentuk tromolnya ya yang kurang aduhay…minimal klo beli viar cross x setelah beli g modif2 lagi deh yaaa

  9. kemaren ada pameran deket rumah mau nyobain yg 200se dg tinggi 165gak nyampe kang, akhirnya nyobain yg 200tanpa se cukup bersahabat dg tinggi saya kaki napak sempurna di jalan.

  10. Mantab ulasannya Bang IWAN.. 😀
    Tolong diUpdate terus artikel ttg Viar/produk lokal lainnya bang..
    Insya Allah kalau tabungan udh cukup, saya mau nebus 1 Cross X-nya tahun ini bang.. 😀 (Amin..)
    “Mau Indonesia Maju?? Mulailah Mencintai & Bangga dgn Produk Lokal”

    • 3s diperbanyak dan sparepart murah… menurut ane itu yang menjadi pertimbangan krusial oleh konsumen
      namun yang paling utama ya tetap daya tahan motornya :mrgreen:

  11. Oh ternyata viar ini pabrikan lokal toh kang, ane kira pabrikan cina…. berarti ada yg salah dengan nama viar dan kemasan brandingya, karena teman ane juga mikir viar itu china, perlu rebranding khas indonesia ini biar lebih ngangakt namanya,…. kalau tau ini buatan indonesia ya jelas pingin belinya, kalau cina nggak deh…

    • brarti hp u mesti di buang, motor u jg mesti dibuang, jam u mesti dibuang, tv u jg mesti dibuang,kulkas u jg dibuang. Coba cek psti tertulis made in cina.
      Pusing apa ora.

  12. Semoga aja harga 16 – 18 jeti….trus 3S’nya minimal tiap kota ada…walau gk sebnyak AH*SS ..hahahaha..
    #Ngarepp….

  13. Biar awet sebagian komponennya Jepun wannabe, viar join aja sebagian misalnya biar awet. Pake velg enkei & shock showa biar awet lalu kaca lampunya stanley biar tidak cepat buram. Satu lagi warna pake cat Sikken biar waktu gencet maka cat laen yg ngelupas & buram, bukan cat montor viar.
    Kan merk H, Y, S hampir semua pake itu mungkin.

  14. Motor Viar dibuat di Indonesia, begitu juga dengan honda AHM dan yamaha YIMM. jadi so Indonesia banget. merk hanya lisensi doang. bisa jadi kualitas 11 12, gak perlu ragu. ayo sikaaaaat….!

  15. KLX 150 ???>:/ ada apa2nya,cuma menang merk lisensi aja,kalau org pintar pasti pilih Viar ,buat tentara cocok ini buat di hutan2,harga terjangkau kualitas ???>:/ kalah ama merk Jepang,maju terus made in indonesia

  16. wih mantab.. perlu diapresiasi nih..
    “Motor Nasional”..
    dari pada Mobil Nasional yg ga pernah jelas..
    uppsss 🙂

  17. kang !
    Motor yamaha,suzuki,honda,kawasaki, hp nokia,samsung,kulkas,tv,,, kok dibuku panduan tertulisy made in cina.
    Hayo. . . ,sing bener piye jal.

  18. Pabrikan Viar kualitasnya memang jos gandos,tidak pernah rompal ataupun klothok-klothok,tankinya pun tidak gampang bocor. Tidak seperti pabrikan AHM yang kualitasnya amburadul,misal pada Cebong yang semakin nyungsep itu.

    Jika saya memberi peringkat tentang kualitas,maka pabrikan Viar ini dua tingkat diatasnya pabrikan AHM.

Comments are closed.