iklan iwb

sang-idola-rossi-marquez

Bro dan sis sekalian….mempunyai kesempatan ngobrol bareng dengan mekanik HRC bernama Nori san saat diNusa Dua Bali…IWB dan wak haji banyak menggali informasi akan persaingan musim ini. Memberi pandangan bahwa persaingan makin berat….Nori san ternyata cukup kuatir. Dengan makin berkembangnya Yamaha serta gap yang makin dekat…..Honda tahu…..mereka harus kerja lebih keras. Dan doi menyebut Rossi adalah lawan penting yang patut diwaspadai musim ini. Lho….koq bisa??. Berikut rangkuman interview singkatnya brosis…

iklan iwb

Q : Berapa lama anda bergabung diHRC?

A : Tidak lama sih….baru 16 tahun. Saat era 500cc. Tapi saat itu saya belum full incharge diHRC

Q : Apakah betul mesin Motogp sekarang lebih rumit dan mahal dibanding mesin 2 tak 500cc?

A : Tentu lebih rumit karena elektronik. Pada mesin 2tak 500cc tidak banyak komponen elektronik. Semua sangat sederhana dibanding sekarang yang serba komputer. Dulu mekanik utak-atik karburator secara manual. Sekarang jauh berubah. Engineering sangat penting khususnya bagian elektronik dan ini vital…..

Q : Kalau boleh tahu…berapa budget atau biaya yang anda keluarkan untuk sistem elektronik ini. Secara total keseluruhan?…

A : Hhhmm….aku tidak tahu (berpikir sejenak). Mungkin lebih dari 30 persen. Sebenarnya tidak hanya untuk elektronik. Namun seluruh data analize. Dan ini sangat mahal. RC213V sekarang memiliki 50 sensor yang harus senantiasa kita monitor. Kita juga memiliki engineering yang mengurusi khusus masalah G-Force. Mungkin untuk versi ini belum….kedepan rencananya begitu. Tapi dalam pengetesan kadang-kadang kita gunakan….

Q : Bagaimana kans Honda untuk mempertahankan juara dunia tahun ini. Optimis??

A : (Terdiam) Hhmm…..sejujurnya kita sedikit kuatir musim ini. Sebab Yamaha pada awalnya mengalami kesulitan dengan engine power. Dan sekarang tenaga mesin mereka lebih kurang sama dengan kita. Diluar itu….aku juga kuatir karena Rossi kembali kompetitif. Rossi betul-betul sulit dipercaya….

Q : Apakah anda terkejut dengan performa Rossi dimusim 2014?

A : Saat kita tahu dia akan kembali (ke Yamaha)….kita tidak pernah menyangka dia bisa mencapai level seperti sekarang. Apalagi dia punya tahun buruk sebelumnya. Yang kedua…menurut pengalaman kami, pembalap setelah mengalami kecelakaan hebat dia akan merasa sedikit takut. Bisa kalian lihat Randy De Puniet. Dia adalah pembalap bagus. Namun setelah kecelakaan keras….grafiknya menurun….

Selain itu bisa kalian lihat juga Abraham. Walau bukan pembalap kencang….tapi terus menurun setelah kecelakaan yang membuat cedera. Jadi ada ketakutan tersendiri…secara mental berpengaruh. Herannya tidak pada Valentino. Dia mengalami kecelakaan hebat diMugello (Rossi patah kaki) dan ternyata kini dia kembali. Dan itu sangat sulit dipercaya…

iwanbanaran_HRC

Q : Apakah itu artinya jika dibandingkan antara Lorenzo dan Rossi….bagi anda Rossi lebih berbahaya??….

A : Tidak diragukan….ya!

Q : Kalau nggak salah dia juga merubah riding style dan lebih mirip Marquez??….

A : Secara spesifik demikian….dia memang merubah gaya berkendara lebih mirip Marquez. Tapi jika kalian perhatikan lebih teliti dia merubah semuanya…disegala kondisi. Kurang traksi…..banyak traksi…dia merubahnya. Dia bisa beradaptasi disegala trek…

Q : Bagaimana dengan record top speed yang biasanya mampu dilakukan oleh Dani serta Marquez??

A : Top speed penting namun bukanlah segalanya. Yang paling penting adalah “total balance”….

Yup…itulah interview singkat dengan Nori San…mekanik HRC yang juga datang keBali menemani bos besarnya Shuhei Nakamoto. Nori san mengungkapkan….lawan yang harus diwaspadai adalah Valentino Rossi. Dengan usia yang menuju 36 tahun…..Honda ternyata cukup terkejut dengan performa The Doctor. Byuh…wis tuwo wae nggegirisi lawan. Piye kalau masih muda dulu ya bro. Juozzz wis Vale :mrgreen: …..(iwb)

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!