iklan iwb

460-x-110-rev

278463_ilustrasi-lalu-lintas_663_382

Bro dan sis sekalian….kebijakan pelarangan kendaraan roda dua dijalur protokol terus menuai kritikan serta protes. Salah satu yang cukup menarik adalah surat terbuka dari wartawan senior yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Bernama Bro Willy Pramudya……doi menggaris bawahi betapa? Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan dan pujian dan acungan jempol atas kinerja yang ditunjukkan. Kecuali kebijakan satu ini yang dinilai tidak pro rakyat. Berikut isi suratnya yang dimuat dibeberapa media besar tanah air….
460x110(4)

iklan iwb

Gubernur Ahok Ydh,

Di alam maya ini, saya lebih sering memuji Anda karena Anda layak dipuji dalam banyak hal. Tapi tidak kali ini. Saya harus menyampaikan kritik, khususnya soal kebijakan lalu lintas (lalin).

Kalau Anda mau menata lalin Jakarta, maka carilah konsultan yang tidak bias dan menguasai masalah baik dari sisi perencanaan kota maupun sosiologi perkotaan. Kalau kebijakan yang diberlakukan saat ini adalah hasil pemikiran Anda sendiri, tolong dipikirkan lagi agar tidak bias kelas.

Melarang sepeda motor memasuki suatu jalan raya tertentu dan membiarkan moda kendaraan lain dengan alasan apa pun jelas bias kelas. Tidak adil.

Pertanyaannya: setelah motor dilarang masuk apakah ada penguraian titk-titik kemacetan secara signifikan? Coba kalau yang Anda larang adalah mobil-mobil pribadi dan angkutan umum yang selalu bermasalah dengan aturan, saya jamin akan banyak kemacetan terurai dan tercipta kelancaran secara signifikan.

Cara mengukurnya juga mudah. Saat ini Anda tidak pro rakyat, terutama rakyat kecil, yang hidupnya mandiri/tidak menjadi benalu negara. Apalagi menurut saya salah satu sumber kemacetan adalah mobil pribadi dan angkutan umum yang tidak tertib berlalin karena negara tidak menyiapkan dengan cukup fasilitas angkutan umum.

Selama ini Anda banyak melahirkan kebijakan yang cerdas dan berani. Saya berharap dalam membenahi lalin di kampung bengkak ini Anda bersikap cerdas dan adil juga.

Yup….cukup dalam dan apa adanya. Isi surat adalah rintihan batin yang sepertinya tahu betul kondisi jalanan. Doi tahu betul pahit getirnya dijalanan. Dan IWB tahu seperti apa wartawan yang banyak berinteraksi dengan berbagai elemen masyarakat. Memburu berita…..mobilitas yang cukup tinggi. Tentu bro Willy bukan asal bicara. Sayang……sepertinya pak Gubernur tetap bersikeras. Terbukti mulai per tanggal 17 Januari 2015…..jalur dilarang buat motor diperluas hingga Sudirman. Ditanggal tersebut polisi juga sudah menerapkan tilang dari sebelumnya hanya peringatan. Dan bakal terus ditingkatkan hingga 4 tahap meliputi Rasuna Sahid serta jalur protokol lain……(iwb)

rpms-banner

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog alternate : IWBspeed.com

185 COMMENTS

    • Ahok figur pemimpin tegas yang dibutuhkan bangsa ini agar maju. Tanpa pandang bulu sikat semua yang melanggar aturan. Indonesia maju jika Ahok presiden, rakyat makmur sejahtera. Tidak sprti Jokowi yg klemar klemer blusukan tanpa kerja nyata. Go koh AHOK!

      • Koh Ahok… ente lebih cakep jaga toko tiban ngurus2 DKI Jaya. Balik aja koh, toko ga ade yg jaga noh

    • Yang kasih komentar nentang Ahok rata rata pemotor berpendidikan rendah tidak tahu aturan. Bagaimana negara ini mau maju? Diatur biar tertib saja susah.

  1. Ahak sengaja gak jelasin alasan yg sebenarnya, yaitu kl mobil yg dilarang lewat, tentunya mereka bakal pakai motor atau beli kalo blm punya.
    Tapi kl motor yg dilarang lewat, tentunya mereka sulit kl harus beli mobil.

    • lha pakai motor kan gak bikin macet masbro, malah bagus jalan jadi lancar. mobil segede gaban yang tadinya cuma diisi 1 atau 2 orang doang dimensinya mengecil menjadi motor yang diisi 2 orang juga.

  2. ahok ga pas pas aturan ini; coba gantian ruas jln d jakarta dilarang buat roda 4. nah coba liat yg jdi biang keladi siapa…motor/roda 4. mikir mode lontong

  3. Yang membuat aturan kalo kerja naik angkutan umum coba, jgn pake pengawal buat kosongin angkotnya tapi,,, sebulan aja

    • Ahok si pemakan babii ini ,,,harus d incer kepalanya terus pecahin ,,,,,,dasar orang diskriminatif nyari solusi yg gampang” doang ,,,gak kreativ blaasss

  4. emang nggak adil kalo soal ini.mobil pribadi dibiarin.padahal lebih banyak menggunakan space jalan..emang dinegeri ini yg kaya makin enak .giliran yg rakyat biasa makin diinjak..

  5. tegas tapi gak adil.gak semua pemotor yg melanggar peraturan.pengguna mobil pribadi jg ada.pemimpin gak adil mana bisa mensejahterakan rakyat.emang rakyatnya cuma yg bermobil.

  6. Sing terganggu opo mung wartawane iki tok opo yo? Kok liane mung do meneng2 wae.
    O iyo. Siji meneh, sing ngomong nek aturan iki patut diacungi jempol / memuji si ah** mergo aturan iki uteke patut diresiki nganggo HF ben waras mikire.

  7. 1 yg jelas apabila seseorang punya Taring (kekuasaan) dia siap memangsa siapa saja ga peduli pendukung ataw rakyat jelata yg cukup di kasih janji manis waktu kampanye. Wes di cuci aja motornya para biker sekalian trus di poles ama di elus” lah wong HAK kita sudah di rampas sama sang PENGUASA… Migreeeen bangets..

  8. Percayalah dgn Ahok krn dia jujur, tegas & berani. Biarkan dia bekerja terlebih dahulu & kita lihat hasil dr perubahan yg dia lakukan. Biarkan dia berusaha memperbaiki angkutan umum di Jakarta terlebih dahulu & kita lihat hasilnya. Wartawan yg nulis surat di media pastilah sdh menerima manisnya amplop dr petinggi kedua pabrikan motor Jepang terbesar yg ada di Indonesia krn mrk tdk mau omzet penjualan bebek skutiknya anjlok gara2 aturan dr Ahok. Indonesia memang telah merdeka namun kemerdekaan yg semu. Sejatinya Indonesia msh tetap terjajah sampai saat ini namun terjajah secara ekonominya bukan penjajahan fisik kayak jaman dulu. Inilah bentuk penjajahan modern. Amerika telah mengubah bentuk penjajahan & Jepang pun mengikuti hal tersebut. Orang Jepang saja di negaranya sendiri lbh milih naik angkutan umum drpd naik motor buatan pabrik mereka sendiri. Yakinlah kalo Ahok sbg etnis Tionghoa yg cerdas & ulet akan mampu memajukan rakyat Jakarta. Sama halnya dgn RRC yg mampu berjuang sendiri sehingga akhirnya saat ini disegani oleh USA, Jepang & seluruh negara di dunia ini. Jangan mau dipecah belah sm orang2 kyk wartawan itu atau blogger ternakan yg suka mengatasnamakan rakyat kecil padahal mereka sdh dpt amplop dr pabrikan motor. Berapa ratus triliun uang dr masyarakat kita yg telah dihabiskan hanya utk beli motor Jepang. Mendingan pabrik motornya ada di Indonesia, sdmnya jg dr Indonesia tp jualan motornya di luar negeri saja. Jd gantian kita yg bs jajah ekonomi negara lain sementara kita disini beli moge2 saja. Jgn beli bebek skutik yg cuma bikin macet, tabrakan & habisin bbm. Jd kita beli motornya cm buat hobi sj.

    • Etnis tionghoa mane bisa dipercaya koh Tino. Bisanya bikin kw kw an doang. Masa yg gitu dibilang cerdas sehhh.

      • Daripada manusia taek asu kayak lo, Banyak bacot doang. Dasar bajingan pengkhianat bangsa.

    • Koh Tino.. ada kebiasaan atu lagi nyang ane lupa nyebutin… yaitu kebiasaan nilep duit orang lalu kaboorrr…. wkwkwkwkwk

  9. Dy lagi yang bikin sensasi……
    Gubernur g mau kenal orang nih…..
    Pendapat orang aja g mau di dengerin……
    Pemilu berikut’a jangan harap w pilih u lg…..
    Gubernur payah……..

  10. masyarakat kecil pemakai motor brp jml vs masy kelas atas yg make mobil.orang kecil setiap hari berjuang mencari sesuap nasi sama kelas atas yg u memenuhi ketebalan rekening ato dompetnya.masy kecil lebih spontan vs masy yg me…… gugat kebijakan yg tdk pro rakyat kecil ato gulingkan

  11. seharusnya di uji coba dulu selama sebulan mobil pribadi gak boleh lewat, trus gantian motor, mana yg bikin macet?

  12. buat yg sok kaya sok suci sok benci ma bikers..

    jgan slalu mengambinghitamkan pemotor kawan…
    jgan selalu menyalahkan mtor..

    hrusnya lu pda bersyukur krena dah bsa beli mobil tp bukan brti lu harus bsar kpala dgn mncaci pemotor.. lu yaqin lahir lgsug sukses dan make mobil .?
    lu jga ngrsain mke mtor.. bhkan ada yg trlahir miskin dan besar sukses punya mobil..
    emng lu punya mobil duang..? dan lu yaqin ke atm jarak 1km mau naik agkot..?
    pa jga mau bawa mobil..? justru itu biang msalah kmacetan yg sbemary krna ngater anak sd pke mobil ke alpa pke mobil ke atm jrak 1km pke mobil..
    dan gw yaqin lu jga butuh mtor.. dan lu ngrasain perbandingan naik mtor dan mobil..okeehh

  13. Dengan peraturan itu maka ahok telah memperjelas sekat antara kelas bawah dan kelas atas, maka jangan salahkan rakyat ketika mereka berbuat anarkisme karena merasa HAKnya dirampas sementara sama2 berkewajiban bayar pajak..dan itu melanggar sila ke 2 & ke 5.

    • Tolol nya anda kalau mengatakan kelas atas dan bawah.
      Ga semua yang naik roda 2 kelas bawah. Tidak semua yang naik roda 4 jg kelas atas.

      Kalau kalian punya otak. Lebih baik berpikir memperbaiki diri daripada protes tidak jelas yang tidak bakalan digubris.

      Gw rider roda 2 dan memang gw melihat kebanyakan roda 2 tidak ada otaknya. Tidak tau etika berkendara.
      Walaupun mobil ada juga yang tidak tau etika di jalan raya. Lebih banyak sepeda motor.
      Fxuk

      • Woy bro sntai komen’a jgn maen katain begitu………
        Jgn sok jadi orang beriman kalo u naek motor ga pernah salah..? Benahin dulu cara berkendara u dh bener apa blm. Baru koreksi pengendara laen. W sbagai pngndara roda 2 g terima di katain begini. Coba jadi pengomentar yang baik……..
        Sesama bikera kok ngomng gitu……
        Koplak

        • Ga usah sewot. Ane emang rider baik2. Ane ga langgar lampu merah, selalu pakai helm.

          Emang sesama biker ga boleh membuka aib biker roda 2?
          Emang kenyataannya begitu.

          Sudah ada jawabannya tuh apa yg dilakukan gubernur kita = berhasil. Berarti emang dasar pemakai roda2 yg ga pake otak.

          Sewaktu bbm naek yg naek roda2 semua mencak2 dgn alasan mahal. Rokok sehari sebungkus kalian bisa beli. Yg naik roda 4 Santai 2 aja. Kelihatan bukan hanya harta yg miskin. Tp otak kalian jg miskin.

          Ane naik bebek cuman 4 liter itupun bs tahan seminggu. Apa susahnya seminggu lebih mahal 6rb?

          Malu ane sbg rider roda 2.

  14. Selain bukti ketidakmampuan memimpin Jakarta, pelarangan sepeda motor melintasi jalan protokol adalah utk kepentingan para pemodal alias kapitalis untuk melancarkan program ERP yang di bangun atas kerjasama swasta dan pemerintah.

  15. fasilitas umum seperti jalan raya itu dibangun menggunakan uang dari pajak, dan sepeda motor juga membayar pajak, jadi otomatis sepeda motor juga punya hak yang sama atas fasilitas umum tersebut… mksh…

  16. ane bs komen dkit. kebijakan ini di ambil tentu berdasarkan pemikiran yang matang. jika kembali ke problem sebelumnya. dimana ada ormas yg menentang kepemimpinan dki. yg baru . sebagian besar ormas mrmnggunakan sepeda motor. buruh.l demo pakai sepeda motor.. dll.. pemandangan ini dirubah secara perlahan oleh pak gub. agar para pendemo dan ormas tdk dpt melintas di jalan protokol menggunakan motor ..

  17. Mana pemikiran IWB sbagai bloger trkenal, tentang pelarangan motor di jalur protokol, jangan diam ajja bung….!!! Dan jangan cari aman, suarakan nasib biker yang hrs mngeluarkan dana tmbahan untuk parkir dan naik bus, tukang ojek yang mnyusut pndapatannya akibat pelarangan ini, para mesenjer atau kurir yang brdampak pada mslah produktifitas bkerja….

    • dan warga setempat yang tidak bisa keluar rumah menggunakan motor, dengan terpaksa menggudangkan motor mereka.

  18. Saya termasuk yg menentang keras kebijakan tidak adil ini tapi please ya komentarnya jangan menyerang pribadi dan SARA mohon yang punya blog ikut ngawasin dan di remove yang kelewatan. Tunjukan kalau kita pengguna motor tidak seperti yg distereotipe-kan.

    Saya lihat upaya meluaskan kawasan bebas motor datanya banyak disuplai dari razia polantas yg sekarang selalu dikawani oleh orang sipil yg mendokumentasikan pelanggaran lewat handycam. Entah siapa dia apakah konsultan swasta atau bagian dari pihak kepolisian. Semoga data-data dan metodenya valid tapi kok curiganya dari dokumentasi itu akan di-highlight untuk menjustifikasi perluasan ya….

  19. Gimana kalo uji cobanya dibalik, mobil yg dilarang lewat jalur2 tersebut, trus hasilnya dibandingkan dgn uji coba sebelumnya. Sala yakin pasti kemacetan akan lebih mudah diurai kalau yg dibatasi aksesnya mobil dan kendaraan umum yg sebagian besar sopirnya otaknya gak berfungsi.

  20. bukannya tgl 17 januari baru evaluasi tanpa penambahan area bebas motor? bukannya yg lempar bola panas kemaren pak polisi itu tuh…. ah sudahlah.
    #bukan orang jakarta

  21. Mari para biker..buktikan bahwa kita tdk seperti yg pak gubernur katakan, bahwa pemotor ga tahu aturan, main potong jalur seenaknya, melawan arus, putar balik sesuka hati, jln sempit krn macet tetap maksa masuk shg makin macet, kendaraan lain beri tanda belok bkn memberi jalan malah main sodok ga mau ngalah, trotoar di libas, lampu merah di trabas, garis marka di lewatin cb lihat di perlintasn kereta ps minggu yg melawan arus bahkan sy pernah stuck di lintasan kreta krn pemotor lawan arus padahal kreta sdh terlihat mau lewat.. dan msh byk lagi..sy pemotor..sehari2 pakai matic sabtu minggu riding pk R series sy berusaha utk tertib..dan sy jg pake mbl, sgt memahami klakuan pemotor yg ga tahu aturan..mbl sy di hajar oleh pemotor yg lawan arus n kabur..jd jgn cm nuntut perlakuan adil, tp diri kita jg hrs adil terhadap pengguna jalan lain..ga smua mbl pake ac mas iwan, jd yg beralasan kpanasan trus melanggar rambu adalah salah..ayo kita ubah prilaku baru bicara ke gubernur..mulai dr diri sendiri, mulai dr skarang..maaf kl ada yg tersinggung..trima kasih

  22. Aku mung wong cilik, aku ‘ra iso opo opo’ kejobo keluh kesah lan ndungo supoyo dilimpahaken rizki kanggo tuku mobil sing apik ben iso liwat dalan sing dilarang kuwi mau. Narimo ing pandum.

  23. kami selaku bikers..
    gak kberatan mau motor di larang kek.. mobil di larang kek.. terserah sak jebole ahok..
    cumaaaa…
    cumaaaaaaa… 1…

    angkutan umum di benaaaahi bung…

    agkutan tak layak jalan sperti mtromini dn bus aseb ganti pke bis yg bner..
    TJ yg smbungan pedot.. TJ yg rodanya copot..
    TJ yg mesinnya mleduk..buang semua..
    dan perbanyak semuaa angkutan.. byar jalur busway ngak ngowoh doweh bin mlompong..nunggunya gak smpe karatan..
    dan siagakan petugas lebih.. buat mnghidari kjahatan dlam agkutan..
    ITU BARU DEHH ANE IKHLAS GK BAWA MOTOR..
    paham kawan bermobil yg sok bergaya..?

  24. namanya juga LOOSE CANNON yang GEDE BACOT doang. Jangankan Jakarta. Jalanan di Muara Karang saja sudah kek KUBANGAN KERBAU dan Jembatan antara Pluit dan Muara Karang saja sudah SETAHUN LEBIH TIDAK SELESAI2 juga kebanyakan NGANGGUR PROYEKnya.

    • walah gan, sampai sekarang jembatan itu belum selesai juga ?..AMPUNN..DAH..
      dulu saya sering lewat situ tu.

  25. Komen disini HARUS, WAJIB, PRO/DUKUNG & BELA BIKERS SPY DISENENGIN DAN DIBELA DGN YG LAIN. BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD LAH,SENASIB LAH,BERSATULAH. Jgn lupa klo ada sesuatu yg gak berkenan buat bikers PAKAI JURUS PAMUNGKASNYA YAITU MENGATASNAMAKAN ORANG KECIL (biar org pd kasian dg bikers). Ingat… Jalanan umum MILIK BIKERS DAN BIKERS WAJIB, SAH & HARUS berbuat sesukanya tanpa ada yg larang plus kendaraan lain gak boleh niru2 cara & gaya berkendara dijalan. HARAM BAGI BIKERS UTK BISA TERTIB RAPI & SOPAN DIJALAN SPT DRIVERS MBL PRIBADI. (fakta). Malahan Blogger, Club/Komunitas motor GAK MAMPU & GAK SANGGUP utk ngajarkan anggotanya spy mau TERTIB RAPI SOPAN SPT DRIVERS MBL PRIBADI (fakta).

    Dgn adanya peraturan itu para biker KEBAKARAN JENGGOT DGN DALIH PEMERINTAH MERASA GAK PRO KE BIKERS atau dgn bahasa halusnya GAK PRO RAKYAT KECIL.

    Mari kita budayakan KOMEN YG BERSIFAT BELA DUKUNG DAN PRO BIKERS SPY DISENENGIN DAN TOLAK MOBIL DIJALANAN atau 100% TANPA KECUALI SEMUA ORG (PRESIDEN, PEJABAT, PENGUSAHA, DLL) HARUS PAKAI MOTOR. Ini maunya bikers spy dpt DUKUNGAN & BIAR KATANYA DIBILANG MAU MERAKYAT ATAU MAU BERGAUL KEBAWAH (fakta)

  26. Mari kita TOLAK PERATURAN BARU LARANGAN MOTOR BIAR DISENENGIN BIKERS, BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD LAH, PRO LAH, SEPENDAPAT LAH, DLL. Dijamin 100000% DISENENGIN BIKERS PLUS GAK BOLEH KONTRA.

    Mari kita liat komen org2 yg gak terima dgn komen gw, yukk diliat, ckckck

  27. Naikkan pajak kendaraan roda 4 sebesar2nya, untuk roda 2 kontrol lagi surat2 yg bodong/yg ga jelas sita/angkut/musnahin/bakar sekalian, batasi tahun pemakaian untuk R2&R4, perbanyak Polisi yg siaga sepanjang jalan kalo perlu 24jam jangan cuma dr pagi sampai sore doang, perbaiki sistem dan para pelaku termasuk supir+kenek angkutan umum dari 0, perbaiki kenyamanan dan keamanan angkutan massal. Yakin deh ini solusi mengatasi macet yang keren. .

  28. Naikkan pajak kendaraan roda 4 sebesar2nya, untuk roda 2 kontrol lagi surat-surat yg bodong/yg ga jelas, sita/angkut/musnahin/bakar sekalian, batasi tahun pemakaian untuk R2&R4, perbanyak Polisi yg siaga sepanjang jalan kalo perlu 24jam jangan cuma dr pagi sampai sore doang, perbaiki sistem dan para pelaku termasuk supir+kenek angkutan umum dari 0, perbaiki kenyamanan dan keamanan angkutan massal. Yakin deh ini solusi mengatasi macet yang keren…

  29. Emang enak hidup di jekerte.. makan tu MACET… hahahaha usia sampe tua abis di jalan jengot sampe putih

  30. Maaf nih bukan maksud SARA, kalo ahok gak mau kaum dan sukunya gak di diskriminasi oleh warga, seyogyanya jangan bikin peraturan yg diskriminatif. Berani gak si ahok bikin peraturan melarang mobil pribadi lewat jalan protokol, dengan alasan sama untuk mengurangi kemacetan. Dan dikasih solusi yg sama, suruh parkir dan naik kendaraan massal yg tidak aman, tidak nyaman, tidak tepat waktu…

  31. Heran kan? kenapa masih ada yg bela ahok mati2an?
    Mereka gk mau pujaan’a dikritik . .
    Anti kritik!
    .
    Mungkin dia anggota jasmev!

  32. Kl menurut gw si sumber kemacetan ya manusia nya itu sendiri, terutama angkutan umum yg tidak bisa antri,pemobil jga ikut2 an,mau belok kiri tapi ambil posisi di kanan,bgt jga pemotor antri di lampu merah sampai maju bngt ke depan jdi nya malah mengganggu kelancaran kendaraan yg seharus nya lg berjalan..

    Jdi inti nya semua kembali ke watak manusia nya itu sendiri…

    Gw ini pemotor dan jga pemobil yg cukup tau aturan di jalan.

  33. Tidak menguasai medan, jakarta penuh variabel yg beda dgn kampung halamannya, hasilnya kebijakan mentah.

    • Kebijakan itu hrs dicoba , ga bisa cuman teori saja.
      Ente kalau merasa lebih cerdas dr Ahok, ane yakin ente dah jd gubernur tahun lalu.
      Mari lah didukung dulu, dan cb tunggu bbrp wktu. Lihat hasilnya.
      Ane yakin klau hasil ga max, Ahok psti akan cr solusi.

  34. Motor dilarang lewat, jika 50% saja diantara para pemotor itu ganti pake mobil pribadi lewat jalan tersebut saya yakin jalan akan tambah macet, macet bukan karena motor.

  35. Ora tau nunggang pit montor dadi ora ngerti susahe dadi bikers :'( Wis ndang dhukke pejabat sing ora pro wong cilik!!

Comments are closed.