iklan iwb

460-x-110-rev

278463_ilustrasi-lalu-lintas_663_382

Bro dan sis sekalian….kebijakan pelarangan kendaraan roda dua dijalur protokol terus menuai kritikan serta protes. Salah satu yang cukup menarik adalah surat terbuka dari wartawan senior yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Bernama Bro Willy Pramudya……doi menggaris bawahi betapa? Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan dan pujian dan acungan jempol atas kinerja yang ditunjukkan. Kecuali kebijakan satu ini yang dinilai tidak pro rakyat. Berikut isi suratnya yang dimuat dibeberapa media besar tanah air….
460x110(4)

iklan iwb

Gubernur Ahok Ydh,

Di alam maya ini, saya lebih sering memuji Anda karena Anda layak dipuji dalam banyak hal. Tapi tidak kali ini. Saya harus menyampaikan kritik, khususnya soal kebijakan lalu lintas (lalin).

Kalau Anda mau menata lalin Jakarta, maka carilah konsultan yang tidak bias dan menguasai masalah baik dari sisi perencanaan kota maupun sosiologi perkotaan. Kalau kebijakan yang diberlakukan saat ini adalah hasil pemikiran Anda sendiri, tolong dipikirkan lagi agar tidak bias kelas.

Melarang sepeda motor memasuki suatu jalan raya tertentu dan membiarkan moda kendaraan lain dengan alasan apa pun jelas bias kelas. Tidak adil.

Pertanyaannya: setelah motor dilarang masuk apakah ada penguraian titk-titik kemacetan secara signifikan? Coba kalau yang Anda larang adalah mobil-mobil pribadi dan angkutan umum yang selalu bermasalah dengan aturan, saya jamin akan banyak kemacetan terurai dan tercipta kelancaran secara signifikan.

Cara mengukurnya juga mudah. Saat ini Anda tidak pro rakyat, terutama rakyat kecil, yang hidupnya mandiri/tidak menjadi benalu negara. Apalagi menurut saya salah satu sumber kemacetan adalah mobil pribadi dan angkutan umum yang tidak tertib berlalin karena negara tidak menyiapkan dengan cukup fasilitas angkutan umum.

Selama ini Anda banyak melahirkan kebijakan yang cerdas dan berani. Saya berharap dalam membenahi lalin di kampung bengkak ini Anda bersikap cerdas dan adil juga.

Yup….cukup dalam dan apa adanya. Isi surat adalah rintihan batin yang sepertinya tahu betul kondisi jalanan. Doi tahu betul pahit getirnya dijalanan. Dan IWB tahu seperti apa wartawan yang banyak berinteraksi dengan berbagai elemen masyarakat. Memburu berita…..mobilitas yang cukup tinggi. Tentu bro Willy bukan asal bicara. Sayang……sepertinya pak Gubernur tetap bersikeras. Terbukti mulai per tanggal 17 Januari 2015…..jalur dilarang buat motor diperluas hingga Sudirman. Ditanggal tersebut polisi juga sudah menerapkan tilang dari sebelumnya hanya peringatan. Dan bakal terus ditingkatkan hingga 4 tahap meliputi Rasuna Sahid serta jalur protokol lain……(iwb)

rpms-banner

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog alternate : IWBspeed.com

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

185 COMMENTS

    • Biarkan onta arab cari nama, Koh Ahok tetap berlalu. Pemotor biang keroknya, go Koh Ahok kami dibelakangmu. Ada wartawan koplak cari nama. Yang kasih komentar nentang Ahok rata rata pemotor berpendidikan rendah tidak tahu aturan. Ahok figur pemimpin tegas yang dibutuhkan bangsa ini agar maju. Tanpa pandang bulu sikat semua yang melanggar aturan. Indonesia maju jika Ahok presiden, rakyat makmur sejahtera. Tidak sprti Jokowi yg klemar klemer blusukan tanpa kerja nyata. Go koh AHOK!

      • ai biker, termasuk yg tak setuju dg kebijakan ahok kali ini.
        Tp dr komentar ai n sampeyan, bs ditebak kl pendidikan you lbh rendah dr ai.
        Dr nick namenya aja dah keliatan.
        Kl you orang berpendidikan, mustinya bs menempatkan diri, mana nick utk blog roda 2, mana nick utk kepentingan politik.

        • Kita lihat saja… jokowi dan ahok mulai menjalankan rencananya… sedikit demi sedikit kebijakannya yg salah sasaran dikeluarkan… jika memang dirasa cukup, kudeta pasti tak terelakan… ngoahahahaha

      • T*i kucing lu ah,otakmu dimana toh?punya otak g?kalo punya buat mikir ya,gitu kok ngaku berpendidikan,ngomongin pemotor berpendidikan rendah?caramu berfikirmu itu masih kayak bocah tk..

      • Koh Ahok… ente nikmatin aja jabatan turunan dari om Jokowi. Ente bukan orang yg terpilih koh. Abis masa jabatan ini, paling pulang kandang koh. Maap ya, babi dah banyak noh di kampung ente nunggu dibikin jadi minyak.

    • kenapa anda semua ga bikin aksi MOTOR SE JAKARTA MOGOK BAYAR PAJAK DIMUAI JANUARI 2015. Saya kira itu lbh nyata dr dpd yg lain. menurut sy seehhhh…… 😀

  1. Memang harus dikaji lagi lebih dalam, tidak cukup hanya mengambil kesimpulan dari hasil test selama sebulan duabulan….kembali ke pertanyaan awal MENGAPA HARUS MOTOR ???

    • Kurang apa untuk pengendara mobil??
      Jalan tol didirikan khusus mereka.
      Jika motor biang kemacetan, kenapa jalan tol justru paling sering terkena macet??

      • Alasan klasik. Kenapa jalan tol macet? Karena akses keluar jalan tolnya yang notabene jalan biasa & dilalui motor juga macet! Otomatis macetnya mengular sampe kebelakang2.

        Kenapa motor yang dilarang? Karena pengendara motor paling susah diatur.

      • Ente masuk dalam golongan mata s***t doyan b**i yee? Atw ente orang berada bisa beli mobil hasil dari korupsi atw sogok sana sogok sini? Atw bisa hidup nyaman hasil jilat sana jilat sini?

  2. saya setuju pembatasan sepeda motor di jakarta

    asal peraturannya harus berimbang dengan pemakai kendaraan lain,
    misalkan jalur three in one diberlakukan diseluruh wilayah jakarta (untuk mobil)

    jangan hanya roda 2 saja yg terus didiskriminasi

    • Mulai dari jokowi ampe ahok mengeluarkan kebijakan buat mengurai kemacetan tidak ada yg substansial… sifatnya selalu sementara dan hanya dipermukaannya… motor dilarang, tp penjualan mobil masih terus tinggi, angkutan umum masih kumuh dan tidak memadai… ujung2 nya kemacetan tetap saja tidak terurai.. jikalau berani, batasi penjualan kendaraan bermotor (mobil dan motor) seperti disingapura… tp perbaiki dlu sarana angkutan umum.. itu baru solusi…

    • Peraturan 3 in 1 itu percuma lantaran masih ada joki 3 in 1
      seharusnya peraturan 5 in 1
      biar pemilik mobil yang mau pake jasa joki jadi mikir2 lagi

    • fby ndasmu..!
      gua pemakai merk y. tapi tidak merasa sok pintar….
      periksa kembali kapasitas cocot anda.sebelum memeriksa kapasitas otak anda. apalagi membodoh2kan orang lain…
      all bikers are brother. k.y.s.h. dll .salam 1 aspal!!!!!!!!!

      • i like ur comment.walaupun gua gak dijakarta.emang kali ini ahok gak adil mengorbankan kepentingan pemotor dgn dalih penyebab kemacetan.

    • pemerintah yg mana maksud ente?
      Yg ai tau, di indonesia ini baru jakarta yg punya kebijakan spt itu.
      Apa jakarta bs mewakili indonesia??

    • Kalo lo liat mentah2 ya pasti keliatannya tetep macet.
      Cuman pasti pemerintah punya data statistiknya. Mengurangi kemacetannya berapa %, dll.

      • bisa tolong ditampilkan mas datanya, referensinya pemerintah punya statistik kemacetan, sampe sekarang saya dapat informasi, pemerintah cuma ‘rasa-rasa’, ngk ada data, tapi kalo sampean bisa ngasih data valid, referensi yang valid, ane sebagai biker bakalan setuju dilakukan pembatasan sepeda motor

  3. Sebaiknya Ahok harus hati2 kalo lewat jalur kampung, krn bisa jadi ada peraturan warga yg melarang mobil dinas melintas jalur kampung sbg tanda kekecewaan rakyat kecil, wong jalur kampung juga asalnya dr tanah warga yg diambil pemerintah utk kepentingan umum,
    😀

  4. ha,, ha,,kang IWB, pura pura gak tahu,,, Willy Pramudya itu khan wartawan yg dibayar pabrikan sayap sengkleh, ya jelas efek ke penjualan sayap sengkleh jadi berkurang je, menguasai market je,,, motor gak bisa lewat protokol, jumlah motor di DKI bisa nyusut deh ama pak ahok. kacian kacian..!

    • Sok tau lu, emang potential market honda di jakarta doang apa???…gak ada vidio berati hoax!!! Begitu kan kata2 FBY…sekarang makan tuh kata2…status anda menunjukkan kebodohan anda bung!!!

  5. tenang sodara sodara setelah motor dilarang,,,,menyusul kemudian mobil2 pribadi tidak boleh lewat jalan protokol dari hari senin sampai jumat, jadi cuman hari sabtu minggu doang, ha ha ha,,, emang susah tuh atur Jakarta, metropolitan, makanya sapa suruh datang jakarta.

  6. saya setuju dgn pak ahok. Itu jg krna ulah kalian. Pak ahok nglakuin itu biar fbh dan fby pada akur insyaf ga pd bc ,ga pd adu speed dijalan. Krna pak ahok jg baca forum ini.
    Saya yakin, jika fbh dan fby bisa damai. . .maka jalur motorpn akn dibuat.

  7. tanya pak polisi tuh, berapa nyawa melayang karena motor, lebih besar brow dari bencana alam, makanya sekali sekali biar kapok nyahok. SDM nya susah diatur,, buang sampah saja pake motor,, ke indomaret jarak 10 meter pake motor, gak pake helm lagi, jangan salahkan kebijakan dan pak polisi dunk, polisi dilapangan tuh yg meneruskan ke ahok, gak asal asal keluarkan kebijakan, bukan alasan rakyat miskin lah, tapi krn alasan keselamatan dong,, motor disenggol saja langsung terhempas, mak kress, disikat mobil, rawan kan,,,dipikir broww. dipikir..!

  8. Kendaraan bebas melintas: Ribut macet dimana2,
    Motor dilarang melintas: Engga adil. R4 biang macetnya,
    Mobil juga dilarang melintas: Angkutan umumnya kurang & lama,
    Angkutan umum ditambah: Tarif angkutan umum mahal & ga nyaman.

    Orang sini itu selalu punya alasan buat membenarkan sesuatu.
    Sebagus apapun gubernurnya, kalo mental masyarakatnya masih kelas teri sampe kiamatpun permasalahan macet di DKI ga akan beres.

    • Emang begitu adanya brow!, kalo alasannya motor biang kecelakaan ya tinggal polisinya aja disiagain setiap jalan protokol setiap waktu utk menindak pengendara motor yg tidak tertib, jangan malah melarang motor lewat jalan yg pajaknya kita bayar tiap bulan/tahun. Sama2 bayar pajak brow..jadi tidak adil.

  9. udah kang iwan dan bro bro semua.
    Trima ajah dulu kurang lbh setengah taunan.
    Kalo emang macet jg.
    Saya yakin pak akhok akn cri solusiy lg.
    Solusi blm tentu menguntungkan, ,tp dicoba itu perlu.
    Kalo baru ada solusi lngsung protez, ,stiap ada solusi psti ga kan jalan.
    Siki, trima dulu lah.

  10. kalo pemotor dikurangi haknya menggunakan jalan protokol, berarti pajak kendaraan motor DIKURANGI..!!
    kira2 berani gak ya ahok mengurangi pajak motor..?

      • dasar bego ya gua tinggal beli motor second. problem solved. lagian klo gitumah sama aja bayar pajak harga normal. cuman nominal pajaknya dikurangin trs dialokasiin ke harga jual yg naek.. hahaha trus apanya yg dikurangin? kalo berani motor gaboleh lewat tapi pajak dimurahin dah harga jual motor baru tetep. berani gak ahok? dasar pekok! nickname lu aja wongdeso.. sok sokan setuju lu cihh

  11. Kang iwan, mo nanya. Penasaraaaan bner neh. Kan kang iwan punya bo’il (vios ato altis ya klo ga salah). Ko kang iwan bersikeras menentang aturan itu? Ga kaya saya yg cm punya 1 moda, kang iwan msh bisa lewat kan sepanjang jalur pelarangan.

    • ya jelas donk bos kang kang iwb juga biker tau betul buat nyelip2 d kmacetan tu pling enak pke mtor trutama klo telat enak naik mtor coba klo naik mobil nungguin lampu merah mah lama pke mobil.

    • memangnya kalau pemobil pasti setuju dengan aturan diskriminatif gitu ?
      saya juga pemobil mas, dan gak setuju serta sangat menentang aturan diskriminatif dan gak ada manfaatnya , serta banyak mudaratnya ini.

      menghalangi jalan orang banyak adalah dosa yang sangat besar.
      melancarkan jalan orang banyak pahala luar biasa.

  12. Kalo ane sih setuju saja ahok melarang kendaraan roda dua melintas dijalan protokol,tp benahi dulu transportasi secara mikro dan makro..setelah itu giliran roda empat yg dibatasi melalui erp atau umur kendaraan!

    • nah disinilah letak tidak adilnya. supaya adil seharusnya motor dan mobil pribadi dikenakan ERP semua.
      misalkan mobil 100 ribu, motor 25 ribu sekali lewat. makin mahal makin bagus, agar semua kendaraan pribadi ogah melintas.
      dijamin lengang tuh jalanan dari kendaraan pribadi.
      tercapai kan tujuannya agar jalanan gak macet lagi.

  13. Di sini sy ingin melakukan analisa untuk membandingkan 2 opsi mengurangi kemacetan.
    Opsi pertama, melarang motor masuk jln protokol. Ini bisa mengurangi kemacetan, namun secara statistik, jumlah penumpang yg bisa diakomodir lebih sedikit krn mobil memakan lebih banyak space badan jalan tetapi faktanya, mobil pribadi kebanyakan hanya mengangkut rata2 dua orang per mobil, bila dibandi gkan dg konsumsi bbm dan emisi yg lebih besar, jelas kurang efisien.
    Opsi kedua, kebalikannya. Melarang mobil pribadi masuk dn mengijinkan motor masuk. Ini bisa mengurangi kemacetan lebih banyak, sekaligus mengakomodir lebih banyak pengguna jalan, krn motor hanya memakan space yg sgt sedikit, selain itu lebih lincah dan lebih cepat. Ini lebih efisien.

  14. ayo bergerak para biker. Jumlah yg besar kekuatan para biker. Serbu jalan yg dilarang dilewati roda dua. Ratusan ribu biker harus unjuk kekuatan! Jangan mau ditindas oleh penguasa yg hanya memihak orang kaya! Ayo bergerak para biker!

  15. mksud ahok emg baik, tp trlalu dini mnerapkanya,,, g mw ambil pusing dg kbijakanya tnpa memikir akibatnya, baiknya ahok benahi dl infrastruktur yg ada trmasuk angkutan msal yg murah, yg trjangkau msyarakat ekonomi bwah tuk harian, dgn byaya hdup d jkarta yg g murah d tmbah beban tuk transportasi yg d rasa sngat mmbebani kiranya ahok hrus brfkir ksitu,
    g smua org yg krja d jkrta punya mobil, d tambah amburadulnya sstem transport umum, apa g tmbah bkin sengsara kaum bawah,,,
    kl ahok bilng transjakarta stiap 1menit mlintas mbok ya dya cek sndiri d lapangan knyataannya kyak apa,,
    dan dmi keadilan pngguna motor yg d larang mlintas harusnya ahok juga melarang mobil” pribadi yg cm d tumpangi satu dua org,,, krn mobil” pribadi yg hnya d tumpangi satu dua org inilah yg ssungguhnya mmenuhi volume jln pnyebab kmacetan,,,

  16. Menanti broder yoga di sini,

    Atau beliau sudah berkamuflase dengan salah satu nick di sini

    Komet we mah, boleh aje lu batesin tu motor liwat, tapi begimane dengan mobil peribadih yg liwat, apa cukup teri in wan, yg banyak di akalin,

    Coba ente kasih konklusion ber peri keadilan bang ahok, jangan motor aje lu bates batesin
    Mbil juga perlu lu batesin

    Ya minimal ngemeng lah, bakal di begini in dengan mobil peribadih, misal, ERP mulai tgl sekian, teri in one di semua perotokol, atau apalah

    Jangan motor aja di gerusukin,

    Tapedeh

  17. Bilangin juga tuh ke gubernur, jalan sepeda suruh netralin dari motor, klo perlu kasih pos polisi..
    ane pernah ngelerang orang masukin motor ke jalur sepeda eh malah ane yg kena pukul..

    • Eh satu lagi, trotoar netralin dari pedagang kaki lima, terlalu banyak PKL di trotoar sampe2 pejalan kakai harus lewat aspal klo lagi jalan, itu juga bikin macet cz rasanya jalan itu makin sempit and itu juga bahaya buat pejalan kaki.

  18. halo bang IWB dan semua pembaca blognya, mau nanya buat modifikasi agar seperti motor ini cocoknya basis dari motor apa ya (motor sport yang dijual pabrikan di Indonesia kelas 200cc ke bawah)?, thank’s.

    bikeadviceusa.com/wp-content/uploads/2010/12/2011-MotoGuzzi-Stelvio-NTX-2.jpg

    • Dari yamaha scorpio (walaupun 225) ataupun dari honda tiger. CBSF juga bisa, yang penting pilih yg ramping namun bermesin kekar.

  19. Saya setuju apabila pak Ahok mau melarang motor untuk masuk jalan protokol di jakarta tetapi dengan syarat:
    1.) naikkan upah buruh/karyawan min.7 juta /bulan( supaya karyawan/buruh semua juga punya mobil pribadi)
    2.) pak Ahok WAJIB memakai motor/sepeda/busway/angkot disemua aktifitas nya kerja maupun pribadi tanpa dikawal atau di khusus kan dan berbaur dengan masyarakat umum( supaya merasakn rasa nya dicopet, desak2an, panas dan di begal)
    3.) Jalan yang telah menjadi larangan(protokol) sepeda motor berarti sepeda motor yang mengawal presiden/menteri/orang khusus juga tidak boleh masuk seperti motor polisi/patroli( Supaya semua adil)

  20. Yg mesti ditertipkan penggunanya bkn motor yg dilarang misal anak sekolah yg rsta2 blm boleh bw motor dan pengendara yg berpotensi penyebab kecelakaan maka jmlh motor dan mobil akan berkurang dijalan

  21. Disini bukan dibicarakan masalah pemobil atau pemotor atau pemobil lebih hebat labih septy trus pemobil lbih ngerti aturan..semua itu cancu..masbro masbray orang kita cenderung masih standaran aj soal aturan mau pemobil pemotor…disini yg mau disampaikan oleh mas iwb.. Ajas keadilan dari hasil pembangunan saya yakin pemotor maupun pemobil orang taat akan pajak..tpi dmna hak kita sebagai warga negara yg dimata uud45 punya hak dan kewajiban yg sama…namun disini…adanya sekat dan pengkotak kotakan akan hak sebagai warganegara untuk menikmati hasil dri pembangunan…cri solusi mr.ahok dlm mengeluarkan aturan hrus bisa brat sama dipikul ringan sama dijinjing (intinya hrus ada ajas keadilan)..ingat kita negara berkembang pemotor itupun menyumbang besar akan kegiatan ekonomi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here