iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

2010519macet-jakartaBro dan sis sekalian….kedepan sepertinya nasib motor mirip dengan becak yang dilarang beroperasi diibukota. Sinyal begitu kuat datang dari gubernur DKI yang menegaskan cita-cita tersebut didepan para jurnalis saat diwawancarai di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa kemarin. Lemes wis……
460x110(4)

iklan iwb

Menyambung artikel sebelumnya…..kemarin Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Ahok kembali menegaskan cita-cita mereka untuk menyetop eksistensi kendaraan bermotor dijalan-jalan protokol skunder DKI. Perluasan zona lambat atau cepat akan segera diberlakukan. “Tunggu busnya cukup. Kita sih pengin seluruh jalur protokol distop untuk motor,” kata Ahok seperti dilansir detik. Artinya…..

Pelarangan akan diperluas hingga keJalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hingga ke Jalan Sudirman, Jakarta Selatan dari sebelumnya hanya di Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin. Pak gubernur berdalih….lalu lintas Trans Jakarta kini sudah semakin cepat yakni per 1 menit ada…..”Kita mau terusin sampai ke Ratu Plaza. Kan bus koridor 1 sudah baik, ini mau tambah lagi bus tingkat, TransJ juga tiap 1 menit sudah ada,” tuturnya. Rasa optimis semakin besar karena menurutnya percobaan membuat jalanan lebih sepi tanpa kehadiran motor…

Sudah pasti lebih kosong,” tuturnya. Adapun jalur yang masuk target mereka setelah jalur yang telah di sebutkan yakni protokol Rasuna Said, Jakarta Selatan. “Nanti baru diperluas sampai ke Kuningan kalau bus sudah cukup. Kita tunggu busnya siap. Hitungannya menurut polisi siap, kita jalan,” tambahnya…..

yuddy-chrisnandi-sambangi-ahok-di-balai-kota-v0RCukup sulit bagi IWB memahami opini yang mengatakan motor adalah biang kemacetan. Kemungkinan pendapat lahir dari sosok yang memang belum pernah merasakan naik motor atau memang tidak tahu betul kondisi jalanan. Kebijakan yang ingin menerapkan pelarangan motor keseluruh jalan protokol juga sukar dimengerti. Kenapa?. Kendati memiliki alat transportasi masal handal……diJepang sendiri motor masih melenggang bebas dijalan-jalan besar Tokyo. Malah mobil pribadi cenderung minim. Dibebani pajak super nggilani….mobil akhirnya mundur teratur. Bagaimanapun motor dipilih karena ketepatan waktu, kondisi, serta efisiensi…..

Yup…..IWB ada mobil dan motor. So secara pribadi tahu banget dan mengakui…soal efisiensi mobil jauh dibawah roda dua. Body yang memakan jalan membuat IWB lebih demen mengendarai motor jika tidak terpaksa sedang membawa keluarga. Lawong lebih lincah dan luwes. Apalagi mobil juga boros. Seliter bensin cuma bisa untuk 10-13 km. Bandingkan motor yang rata-rata bisa tembus 40km. So…heran aja jika ada sosok yang kekeuh pakai mobil pribadi hanya untuk kepasar. Ada lho. Dan walau sampeyan mau ngotot sampe dower membela diri….mobil memang seringkali membuat jalur jadi tersendat. Dan itupun terjadi dipasar yang IWB maksud…..

Last…..Satu yang IWB takutkan…ketika DKI dianggap sukses, kebijakan ini akan dicontoh dan diikuti daerah-daerah lain. Persis seperti AHO yang awalnya diterapkan diJawa Timur saja. Wis….bisa sampeyan bayangin betapa makin berat beban keuangan yang harus kita tanggung untuk angkutan umum. Ongkos parkir…..biaya angkot….plus waktu yang banyak terbuang tentunya. Yah…semoga seluruh ketakutan kita tidak terbukti dan pemprov DKI bisa menyediakan angkutan umum yang aman, murah serta tepat waktu. Jangan hanya menjadi kelinci percobaan tanpa hasil yang membuat kita jadi lelah. Aminn YRA…..(iwb)

rpms-banner

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

294 COMMENTS

  1. teman teman bikers,,sebenarnya apapun bentuk kebijakan ahok bisa digugat didepan hukum kok.. jadi kalau cuma ngedumel ya percuma. Saya biasa bawa mobil juga tapi saya juga bikers sejati..kalau opini saya gampang kok, diberlakukan 1 minggu pelarangan motor dan 1 minggu pelarangan mobil di jalan protokol gampang kan?? nanti akan ketahuan yang bikin macet mobil atau motor…baru deh diambil keputusan finalnya.. jangan asal ngejeplak aja,,, yang 1 mengain mobil yang lain mengin motor.. dan diharapkan sistem ini juga melibatkan pengamat publik yang fair… gampang kan?
    itu opini saya

    • setujuh itu om, aye yakin hasilnya macet jg 😆
      cuma yg ngeyel bilang mobil penyebab kemacatan mesti mempertaruhkan motornya jg atau KTP nya gitchu 🙄
      😈 😈 😈

  2. Semua tujuannya baik om, supanya pengendara motor kaya kita ini angka kecelakaannya menurun. contohnya di HI, kita kan tau kalo malem jalanan di sana lengang banget. jadi mobil-mobil fortuner, jaguar, merci yang suka NYEMPLUNG ke HI itu bisa ngebut dan kita pengendara sepeda motor nggak ketabrak sama dia.

    Jadi sebenernya pak Ahok ingin menyelamatkan kita dari penghuni kolam HI yang suka ngebut sambil mabok kalo malem. Oleh sebab itu aturannya berlaku 24 jam.

  3. Emang b*****an ini orang. 😀 Bisanya cuma ngelarang, tapi kagak ada hasil kerja. 😀 Merem kali yak… 😀

  4. kalo begitu pengguna motor gausah bayar pajak lagi, kan udah ga boleh lewat jalan lagi toh? ane setuju kang yg buat peraturan pasti belom pernah ngerasain kondisi riil dilapangan, mereka pasti selalu enak di mobil pribadi tanpa pernah ngerasain sumpeknya naik angkutan umum.

    • Bayar pajak motor 100 ribu minta lebih. Yg bermobil bayar pajak jutaan wajar minta lebih. Ingat kebijakan Ahok akan terasa bagus kedepannya. Anda jg akn merasakannya nanti.

      • kebijakannya mungkin bagus tp belom tepat dilakukan saat ini. sarana, prasarana, dan faktor2 lain masih belum menunjang untuk kebijakan itu. bukan masalah besaran pajak kita bung tp kita sama2 bayar pajak dan harus sama2 pula menikmati hasilnya.

  5. Atau kalo mau demo caranya gini aja, bikers yang punya mobil semuanya kompak bawa mobil ke kantor. kita macetkan jakarta sampe gak bisa terurai 24 jam lebih kalo perlu 3 hari macet. Pasti kepala suku kita bakal #mikir.

    PS: sebelumnya siap-siap dulu bawa makanan biar gak kelaperan di jalan.

  6. Memang motor itu murah,, tp tdk safety. Mau murah maut mengintai. Ingat nyawa tdk bisa dibeli.

  7. Ow ow ini web motor,, pantesan pada protes, sorry salah sasaran. Good Job Koh Hok, lanjutkan!

    • Tanpa motor biaya hidup makin tinggi, ongkos delivery tinggi, bayar warteg juga mahal karena pegawainya pake mobil semua, trus cleaning service juga mahal, soalnya pake mobil juga, office boy juga, security….

  8. 52. kuciwaw – January 7, 2015

    Atau kalo mau demo caranya gini aja, bikers yang punya mobil semuanya kompak bawa mobil ke kantor. kita macetkan jakarta sampe gak bisa terurai 24 jam lebih kalo perlu 3 hari macet. Pasti kepala suku kita bakal #mikir.

    PS: sebelumnya siap-siap dulu bawa makanan biar gak kelaperan di jalan.

    __________

    Bener banget, ane kepikiran begitu juga. Ini kota padet penduduk dipaksa hidup layaknya di singapur yang orangnya cuman sebiji dua biji.

    Sebagai negara berkembang, tak layak motor dilarang melintas.. spt kuala lumpur dan bangkok.

    Ini dasar gubernur picik, kaga ngerti urusan orang susah… Tak jamin kaga bakalan kepilih lagi lo jadi gubernur…

    • Iya lah tak akan terpilih jd gubernur lg. Nanti beliau ikut capres 2019. Lihat saja gebrakannya Koh Ahok yg tegas tanpa pandang bulu. Ahok presiden, Indonesia maju!

  9. si Ahok lupa atau pura pura lupa kali ya..kalo banyak Transjakarta yg meledug atau mogok..dia lupa kalo di depan kantor DKI jl kebon sirih parkir kary PNS nya pada semrawut…dia lupa kalo Jam 2 an bis bis besar Dept Perhubungan di jl Abdul muis pada parkir di pinggir jalan yg ada letter S nya buat antar karyawan PNS yang mulia nya pulang …dia lupa kalo kita sebagai warga negara yg membayarkan GAJI mereka

  10. kalo motor bnr2 dilarang d indonesia oleh pemerintah, dgn amat terpaksa akan saya gulingkan pemerintahan tsb

  11. sebagai orang yang beriman kita harus selalu bersukur, untung saya tinggal didesa terpencil bukan dijakarta yang banyak aturan tidak berguna, aturan yang paling berat didesa adalah tidak boleh nyerobot kue bolu basah tetangga.
    ngoahahaa

  12. Kalau motor di larang bakal banyak pengguna mobil murah, mobil sekeN seharga motor sport entri level jg bnyk, bukanya mobil yg makan bnyak tempat, sperti mobil pribadi cuma di naiki 1/2 orang. Blom lg blum tersedianya transportasi yg memadai sperti monorel..

  13. Paling kesal lihat pemotor dijalan selap selip antara mobil, pemandangan sangat mengganggu.

  14. silahkan nikmati pemimpin pilihan kalian. dari awal ajarn islam sudah mewanti2 untuk memilih pemimpin. slahkan buka hadits n quran ny. selamat menikmati.

  15. dipikirin dulu perbaikan sarana umum supaya nyaman dengan tarif yg rasional,
    jangan asal larang motor doang, pemerintah pada gak liat para dewan sama orang kaya naik mobil tapi dewean di satu mobil.

    otak udang pemerintah !

  16. Ya Allah… Laknatlah si ahok, pemimpin kafir yg dzalim. Adzablah dia dan hinakanlah dia dunia akhirat.

  17. astaga, semua menuntut pemerintah yang baik dst dst,
    ada ga yang pernah menyerukan agar menjadi warga yang baik?? siapapun pemimpin nya, apapun kebijakannya, kalo rakyatnya ga ikutin ya sampe kapan juga ga bakal beres nih negara!

  18. mungkin mksud ahok adalah menembak kalangan menengah kebawah untuk segera pindah ke angkutan umum,mengapa demikian mungkin karena kalangan menengah kebawah nggk bakal banyak mengeluh untuk keadaan transportasi umum saat ini.
    dan ini nggk adil,seharusnya ada juga kebijakan untuk masyarakat menengah ke atas entah itu kebijakan seperti apa.

  19. Sampah emang ni orang… Ngambil keputusan ga jelas gini… Dulu gw respect tapi sekarang jijik lihat si tolol ini… Kapan bikers pada mo demo lah.. gw ikut………

  20. Ini kebijakan tidak adil selama angkutan umum belum aman, nyaman dan terintegrasi..alasan motor bikin macet jg tdk masuk akal..

  21. biar Prof jelaskan rencana jangka panjangnya Sang Gubernur DKI:
    1. para pemotor dibikin tidak nyaman dengan rute yg makin ribet plus jalur protokol relatif lebih rapi..
    2. para pemotor akan dipaksa untuk memilih +> naik mobil atau naik bis/angkot umum..
    3. yg milih naik mobil akan dipaksa bayar lebih lewat rencana ERP. plus pendapatan DKI naik krn pajak mobil dan biaya parkir naik..
    4. yg naik umum, sebagiannya akan pake Bus TransJakarta => pendapatan DKI naik..
    5. ada juga yang bakal naik MRT dan Kereta +> pendapatan DKI naik..
    6. karena permintaan naik tajam maka keekonomian bisnis transportasi umum bakalan naik? maka pengusaha bis mau investasi lebih dengan peremajaan bus bahkan nambah armada..
    7. setelah armada bus dan angkutan umum semakin banyak, maka motor akan dilarang di semua jalan protokol… bahkan lebih…

    jadi begitu?

  22. Kalo mau nglarang.. larang semua lah.. jgn motor doang.. gratisin smua tranportasi.. kalo perlu dijemput drumah.. jgn enak yg pake mobil bebas kmana2.. emg nya jalana dki yg bayar pajak cuma yg pake mobil. Harus adil mpbil dan motor dilarang.. naek kendaraan umum smua.. kalo gak mau.. ya udb,biker gak usa bayar pajak.. modar koe hok.

  23. alasan buat keselamatan pemotor itu cuma alasan dibuat2… tujuan ahok jelas, dia ingin agar semua orang cuma punya 2 pilihan, [1] naek mobil dengan segala macam dibuat mahal, atau [2] naek transportasi umum. motor adalah saingan terberat transportasi umum… harganya murah meriah, pake dp 500 rb aja bisa dapet motor… makanya inilah yang dilarang. karena, melarang “musuh motor” alias mobil adalah percuma… dilarang naik mobil yah tinggal beli motor… dan akhirnya sami mawon. makanya motor lah yang dilarang duluan. abis ini kelar, mobil akan dicekik juga lewat ERP, parkir mahal, dan lain2.

  24. dia lupa kalo di depan kantor DKI jl kebon sirih parkir kary PNS nya pada semrawut?dia lupa kalo Jam 2 an bis bis besar Dept Perhubungan di jl Abdul muis pada parkir di pinggir jalan yg ada letter S nya buat antar karyawan PNS yang mulia nya pulang ?

  25. gimana bro ……nyamankah anda dipimpin *********…….?, yg anda rasakan itu hanya baru sedikit saja kedengkian tsb dlm hatinya lbh besar lagi makar yg dia perbuat

  26. Negara maju pasti angkutan masalnya maju ( banyak .nyaman dll). Mana ada negara maju alat tranportasinya motor..? Di kota2 besar china motor jg di larang. Padahal china adalah produksen motor besar dan pasar motor paling besar di dunia…kalau jakarta mau berubah ya harus berbenah angkutan umumnya dan berubah dari penggunaan mobil dan motor ke angkutan umum…dng catatan angkutan massalnya harus baik

  27. beginilah indonesia..mau diajak maju susahhh benneerrr..padahal jalan protokol..kecuali motor dilarang beredar di seluruh jakarta..kalo gak mau maju silahkan hengkang dari jakarta..kalo perlu hengkang dari indonesia..di timor leste bebas..dulu becak dilarang juga pada mencak2..coba kalo boleh ambil pendapat..apa sekarang pada mau kalo pelarangan becak dicabut??..mana mauuu..apa pada setuju kalo pelarangan TRUK beredar di jalur protokol selain malam hari dicabut??..mana setujuuu…ckckckckckck..typical..di atur demi kebaikannya sendiri gak mau..pemikiran hanya jalan ditempat..

  28. tinggal lobby nya petinggi2 yg punya pabrik motor dah ini si, jujur aja kalo ada wacana gini saya jadi mikir2 mau upgrade motor, make motor lawas aja yg penting jalan dulu lah 😀

  29. selesaiken dulu transportasi massal yg baek dan bener, baru larang.

    kalu mau contoh negara maju, yach jgn setengah-setengah.

    di jepang , mobil ngak boleh masuk kota pada saat polusi naek. jakarata?

  30. Ayo rame2
    plat jakarta “B”
    ga usah bayar pajak….
    Wong ga bisa kemana-mana…
    Kasian orang kecil yg masih tinggal d tengah jakarta.
    Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai….
    Mereka lebih tersiksa lagi..

  31. Menerima aturan baru emang susah pasti ada pro-kontra.
    Suatu saat anda akan berujar “enakan naik angkutan busway kesana” seperti halnya sekarang “dari depok ke jakarta lebih cepet naik KRL/komuterlain”.

    Komennya panjang-panjang bingits.
    #tepok jidad

  32. “sosok yang memang belum pernah merasakan naik motor atau memang tidak tahu betul kondisi jalanan.”
    Ini yang paling tepat menggambarkan si AHOK.

    JAKARTA SIAL BANGET DAPAT PEMIMPIN BEGINI.
    Jokowi lengserkan ajalah si AHOK ini, kami gak pilih dia, kami pilih sampean Jok, kebetulan aja dia nempel sampean.

  33. Jalan Tol ngga ada motor yang melintas tapi tetep macet tuh, apa bener motor biang kemacetan?

  34. Naik Motor, Dilarang
    Naik Mobil, Belum Punya
    Sudah Punya Mobil, Macet+boros BBM
    Naik Busway, Kelamaan Nunggu, pegal2x+dongkol
    Sudah didalam Bus, Penuh sesak
    Naik metromini, ngga nyaman+bonus intaian copet
    Jalan Kaki, kejauhan

    Mending dirumah… Tidur

Comments are closed.