iklan iwb
iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

2010519macet-jakartaBro dan sis sekalian….kedepan sepertinya nasib motor mirip dengan becak yang dilarang beroperasi diibukota. Sinyal begitu kuat datang dari gubernur DKI yang menegaskan cita-cita tersebut didepan para jurnalis saat diwawancarai di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa kemarin. Lemes wis……
460x110(4)

iklan iwb
iklan iwb

Menyambung artikel sebelumnya…..kemarin Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Ahok kembali menegaskan cita-cita mereka untuk menyetop eksistensi kendaraan bermotor dijalan-jalan protokol skunder DKI. Perluasan zona lambat atau cepat akan segera diberlakukan. “Tunggu busnya cukup. Kita sih pengin seluruh jalur protokol distop untuk motor,” kata Ahok seperti dilansir detik. Artinya…..

Pelarangan akan diperluas hingga keJalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hingga ke Jalan Sudirman, Jakarta Selatan dari sebelumnya hanya di Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin. Pak gubernur berdalih….lalu lintas Trans Jakarta kini sudah semakin cepat yakni per 1 menit ada…..”Kita mau terusin sampai ke Ratu Plaza. Kan bus koridor 1 sudah baik, ini mau tambah lagi bus tingkat, TransJ juga tiap 1 menit sudah ada,” tuturnya. Rasa optimis semakin besar karena menurutnya percobaan membuat jalanan lebih sepi tanpa kehadiran motor…

Sudah pasti lebih kosong,” tuturnya. Adapun jalur yang masuk target mereka setelah jalur yang telah di sebutkan yakni protokol Rasuna Said, Jakarta Selatan. “Nanti baru diperluas sampai ke Kuningan kalau bus sudah cukup. Kita tunggu busnya siap. Hitungannya menurut polisi siap, kita jalan,” tambahnya…..

yuddy-chrisnandi-sambangi-ahok-di-balai-kota-v0RCukup sulit bagi IWB memahami opini yang mengatakan motor adalah biang kemacetan. Kemungkinan pendapat lahir dari sosok yang memang belum pernah merasakan naik motor atau memang tidak tahu betul kondisi jalanan. Kebijakan yang ingin menerapkan pelarangan motor keseluruh jalan protokol juga sukar dimengerti. Kenapa?. Kendati memiliki alat transportasi masal handal……diJepang sendiri motor masih melenggang bebas dijalan-jalan besar Tokyo. Malah mobil pribadi cenderung minim. Dibebani pajak super nggilani….mobil akhirnya mundur teratur. Bagaimanapun motor dipilih karena ketepatan waktu, kondisi, serta efisiensi…..

Yup…..IWB ada mobil dan motor. So secara pribadi tahu banget dan mengakui…soal efisiensi mobil jauh dibawah roda dua. Body yang memakan jalan membuat IWB lebih demen mengendarai motor jika tidak terpaksa sedang membawa keluarga. Lawong lebih lincah dan luwes. Apalagi mobil juga boros. Seliter bensin cuma bisa untuk 10-13 km. Bandingkan motor yang rata-rata bisa tembus 40km. So…heran aja jika ada sosok yang kekeuh pakai mobil pribadi hanya untuk kepasar. Ada lho. Dan walau sampeyan mau ngotot sampe dower membela diri….mobil memang seringkali membuat jalur jadi tersendat. Dan itupun terjadi dipasar yang IWB maksud…..

Last…..Satu yang IWB takutkan…ketika DKI dianggap sukses, kebijakan ini akan dicontoh dan diikuti daerah-daerah lain. Persis seperti AHO yang awalnya diterapkan diJawa Timur saja. Wis….bisa sampeyan bayangin betapa makin berat beban keuangan yang harus kita tanggung untuk angkutan umum. Ongkos parkir…..biaya angkot….plus waktu yang banyak terbuang tentunya. Yah…semoga seluruh ketakutan kita tidak terbukti dan pemprov DKI bisa menyediakan angkutan umum yang aman, murah serta tepat waktu. Jangan hanya menjadi kelinci percobaan tanpa hasil yang membuat kita jadi lelah. Aminn YRA…..(iwb)

rpms-banner

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

294 COMMENTS

  1. dilihat aja gimana jadinya lek

    yg jelas kebijakannya merugikan penikmat riding

    tapi aturan adalah aturan, sebagai warga yg baik cuma bisa nglaksanakan aja
    mw protes?? boleh..
    asal lewat jalur yg resmi ya..

  2. kurang asem…. biaya transportasi jadi bengkak kalo naik kendaraan umum. bayangin aja naik motor isi bensin 20ribu bisa buat seminggu bolak-balik kantor lha kalo naek angkot cuma bisa 2 hari doang…. kutu kupret tenan

    • lho kan sudah om.
      * rakyat pengin kaya dah terwakili,
      * mau korupsi dah terwakili,
      * mau naik mobil mewah dah terwakili,
      semua yg enak2 dah terwakili, tinggal yg kagak enak yg belum terwakili.

  3. alhamdulillah aku tinggal di desa bukan di jakarta…
    mo naik motor sepuasny jg boleh di desa…
    yg merasa biker merasa di zolimi neh critanya???
    sapa suruh pilih jok#_ #hok jd gubernur dki…
    dl dah diingetin ma rhoma irama pd ngeyel seh, br skrg pd nyadar..tnyata mrk ga berpihak ma wong cilik tp berpihak ma orkay yg bantu (pake duit) mereka waktu kampanye istilahny balas budi….

    • dki itu kunci bro. klo sukses penerapan larangan di dki. siap siap semua darah bakal dilarang, so sebenernya dibutuhin kepedulian semua biker ga cuma dki. karena efeknya bakal kerasa meskipun nanti

    • mau presidennya mau gubernurnya sama aja, ga ada yang enak buat rakyat kecil, emang bener sih kemiskinan mau dibasmi, eh premium di turunin lho pertamax juga tapiiiiiii harga2 udah kadung naik, dimana2 kalo udah naik mana ada yang mau turun kecuali kegiatan naik turun yang asoyyy kalo dah lemes baru dah mau turun

    • Emangnya si Budi salah apa dalam kasus ini? Kenapa harus dibalas? Kasihan si Budi sering jadi sasaran pembalasan walaupun tidak tahu apa salahnya.

  4. Kalau berani rombongan motor yg seperti air bah di pagi hari , protes seperti demo buruh, paling jg ndak berani, cuma ngedumel dalam hati

    • saya di Riau aja geregetan,
      kenapa pilih yang memilih non muslim sebagai wakilnya,
      # Semoga ada jalan keluarnya yang terbaik.

  5. bukan masalah bentuk kecil dan efisiennya menurut saya. tapi karena mentalitas pengendara motor yang kurang memahami aturan berlalu lintas. memang kecil bentuknya. tapi buanyak plus kebuanyakan dari pengendaranya tidak tertib lalu lintas. percuma dibuat jalur pemisah motor dan mobil, lah wong jalur bus way juga dilalap. sebagai contoh dari hasil operasi zebra kemarin, tercatat Pelanggar terbanyak yang terjaring Operasi Zebra masih pengemudi sepeda motor, yakni 58.012 orang. Pelanggaran terbesar adalah mereka melawan arus, yakni 19.964 orang. mungkin itu salah satu yang membuat “terbit”nya kebijakan ini. bahkan mungkin nanti jika angkutan umumnya sudah memadai, mobil pun akan ketiban nasib yang sama, kalau pengendaranya tidak tertib lalu lintas. maap lek nek keakean cangkem. hehe. semoga bisa diambil manpaatnya. mari tertib lalu lintas.

    • Sebenarnya klo ngomongin mental pengendara sami mawon lek. Hanya saja karena keterbatasan manuver maka pengendara mobil nggak bisa pecicilan. Mau melawan arus pakai mobil?. Digebuki wong sekampung :mrgreen: . Kenapa mobil bisa lebih sabar?. Karena kenyamanan yang diberikan. Ac dan ruang kedap suara. Secara psikologis memang sangat beda. Hal ini juga saya rasakan. Tp klo ketemu sopir yang koplak juga bikin ngelus dada. Sedang Naik mtr bawannya png cepet alias buru2 krn panas, cuaca luar ekstrim. Blum lagi jaket lepek keringat klo udah panas ekstrim. Artinya….klo bicara disiplin dan mental kita semua harus banyak belajar

      • betul banget lek Iwan, saya pemotor sekaligus pengemudi sekaligus pesepeda. saya paham banget perbedaan ketiga jenis angkutan manusia ini. masalahnya si AHOK cuma pengemudi, bahkan mungkin gak mengemudi kali, ada sopirnya. Jadi do’i gak paham sama sekali.

      • Minta Jalann Khusus Motor aja supaya bisa masing masing sampai tujuan jangan diparkir di tempat jauh dan harus jalan kaki lagi gak ribet kasihan pengendara motor jakarta, kan yang padat itu mobil besar dan berpenumpang sedikit kalau mobil sedang dan kecil pribadi,

    • tak apa kl you kakean “cangkem”, malah nunjukin tingkat kepandaian you.
      Tp apa you tak pikir, knapa banyak pemotor yg melanggar lalin khususnya langgar jalur? Mereka melanggar krn ruang geraknya dihabiskan mobil, shg mereka berusaha cari jalan alternatif.
      Kl soal moral & etika berkendara, semua user jalan ada plus minusnya. Ada biker baik, ada biker reseh. Ada pengemudi baik, ada pengemudi reseh. Ada pejalan kaki baik, ada pejalan kaki reseh.

  6. Maklum kang, ini gubernur yg paling butuh sensasi. Sebisa mungkin bikin sensasi biar media pendukungnya bisa munculin doi terus, pdhl banyak hal yg lbh krusial lainnya. Adeknya aja lg dikipas2 biar namanya naik…maklum negri ini dikuasai siapa

      • mesakno… tukang politik salah masuk kamar…
        gak pernah pakai motor ya di jalan2 dki… ketauan mas kalo sampeyan nggak peduli sama wong cilik, gayane wae merakyat… tapi nggak bisa peka sama wong cilik

    • Kita sih ogah ngomongin politik kang. Hanya kebijakan yang cukup menyita perhatian karena berhubungan dengan ongkos harian yang makin mencekik serta terkesan main shortcut. Semoga saja nggak salah perhitungan

      • motor adalah alat transportasi yang perlu dipertimbangkan jika ingin dilarang.

        mau niru cina yang ngelarang motor? di cina, laju mobil dalam 10 menit cuma 5 meter, ini akibat bertambahnya jumlah mobil. jadi apa menolong kemacetan? kagak juga, cuma perpindahan kemacetan.

        apakah ERP membantu pembatasan mobil? no way, berapapun biayanya pasti dibayar mas bro kalau udah punya kendaraan.

        apakah ganjil genap akan sukses pembatasan kendaraan? no way, produsen kendaraan makin nambah pesanan kendaraan dengan jasa khusus nopol ganjil genap mas bro.

        saat ini, pemerintah harus jujur bahwa mereka bukan sedang melakukan pembatasan, melainkan pelarangan sepeda motor.

        seharusnya:
        motor dilarang, maka mobil pun harus dilarang, biar semuanya pindah ke angkutan umum.

        mobil disuruh bayar, maka motor pun disuruh bayar aja, jangan dilarang. itu baru namanya keadilan. berapapun biaya bayarnya pasti ada yang berani bayar!

        ini bukan soal perbedaan selera politik dengan ahok, tapi kalau ada keputusan yang kurang cocok maka warga wajib mengingatkan dan menegur. saya sendiri dulu pilih ahok, tapi bukan berarti saya gak boleh gak setuju terhadap pelarangan motor di protokol. saya tetap perlu membantu mengingatkan dan menegur pemerintah, meskipun sementara ini wadahnya adalah blog kang iwan. ke depannya mungkin kita bisa rame2 bikin petisi.

        • ga usah takut, emang si ahok dan jokowi banyak bener media pendukungnya sedangkan yang anti mereka medianya cuma sedikit, jadi jangan harap bisa lawan mereka di media, tapi paling ngga buat kita2 yang anti pejabat karbitan ga usah takut menyuarakan isi hati..kita anti mereka karena mereka anti kita..

      • Kalo mau nglarang.. larang semua lah.. jgn motor doang.. gratisin smua tranportasi.. kalo perlu dijemput drumah.. jgn enak yg pake mobil bebas kmana2.. emg nya jalana dki yg bayar pajak cuma yg pake mobil. Harus adil mpbil dan motor dilarang.. naek kendaraan umum smua.. kalo gak mau.. ya udb,biker gak usa bayar pajak.. modar koe hok.

  7. ane lebih setuju kalo nanti MRT atau monorel udah jadi baru
    dilarang motor,bus” udah bagus ga seruntulan aman ga ad penjahatnya tepat waktu dll.tp kalo mw adil mobil jg ga boleh lewat jg.
    kalo kyk gini kesannya jd berpihak ke mobil doank.
    kasian jg org yg mata pencariannya pake motor mw kemana” ribet,nambah beban biaya hidup,bknnya spekulasi tp ga lama lg kalo makin besar larangan motor pasti nanti ahok bisa didemo banyak org.
    apalagi pabrikan motor kyk honda,yamaha dll bakal ketar ketir gara” peraturan ini bikin motor ga laku.peraturan pak ahok sepertinya terlalu dini.
    dan jg kalo dilarang motor kyknya org bakal bebondong” beli mobil walaupun mobil murah :mrgreen:

    • Sekedar perbandingan, saya di Guangzhou China hampir setahun, di sana motor juga dilarang. Menurut teman saya yg orang asli sana, alasannya dulu waktu motor boleh masuk kota, banyak kecelakaan pengendara motor. Terus dibikinin Busway ama MRT yg ongkosnya setara ama Bus Kota di Jakarta. Setelah busway dan MRT jalan lancar, baru motor dilarang.

  8. ayo dhemo lek kalo gitu.. punakawan blogger yg bawa panji, kita blong knalpot sebanyak biker yg dizolimi .. kita cossss pipinya di knalpot kitaaa .. jihancoooooookk tenaaan

  9. nasib negara berkembang… kaya abg alay… penuh coba2 dan kelatahan… biar kaya Negara luar.. latah nasib negara akan maju… truss yang untung jepang disana ga macet-macet coz jual mobil susah dia di Indonesia jual mobil dan motor sepuasnya.. pake dalih Low cost Green Car.. nasib negara berkembang paling gampang di BODOHI… kaya Ahok sok PINTER… gue yakin lama2 kebelinger..

  10. betul kali wak, padahal bila di estimasi dijalan 1 mobil=4 motor.mungkin mereka yg bilang motor adalah sumber kemacetan belum pernah merasakan efisienya naik motor, dari pada mereka yg cuma cenderung ngadem duduk rileks di dalam mobil

  11. Ingat bro ahok kami warganegara indonesia punya hak dan kewajiban yg sama dgn warga lainnya juga..jgn bkin aturan dgn mengkotak kotakan kebijakan..bkin dan cari solusi aturan yg menguntungkan semua pihak jgn pincang…kamu tau kenapa kmi pemotor pke motor…pertama jlas kami baru mampu bli alat transportasi sesuai dgn kantong kmi ya itu motor…kecepatan…kenyamanan…kembli lgi penghematan…kamu coba tanya hok brapa pengeluaran yg hrus dikeluarkan pemotor bla pke angkutan umum…(bagimu dan para kurcacimu mungkin tdk brat karna gajimu bsa..tapi kami ini ! )…ingat kami warganegara indonesia kami pun bayar pajak dlm sumbangsih pembangunan bangsa ini…tapi sudahlah bila parapemimpin tdk adil dlm memberi keadilan hidup dinegri tercinta ini indonesia…mungkin saatnya kita angkat senjata gantung para pemimpin jolim yg tdk berpihak pda rakyatnya…

  12. beginilah kebijakan yang tak adil,rakyat kecil yang hanya punya kendaraan motor harus tersisihkan.
    sungguh kebijakan yang aneh,

  13. kemungkinan ini sdh terencana mengurangi dampak kepadatan penduduk yg exodus ke ibukota, kalo sperti ini mau gk mau lama” jg balik kekampung semua, lha wong motor gk blh trus semua dbikin rumit n mahal, ini pembodohan rakyat kecil hok!!!

    • Anda orang yamaha? Pantas mendukung motor! Jng rasis, tanpa orang cina negara ini tak maju! Pikirlah sendiri.

      • Lebih tepat tionghoa bro…
        Menurut gw malah yg rasis kebanyakan org pribumi..org tionghoa mah rata2 mau bersosialisasi dgn org manapun..
        Dan tanpa org tionghoa indonesia mmg susah utk berkembang jd harap.jgn rasis thdp suku tertentu

  14. Saya kecewa dengan pak ahok dengan kebijakan ini sama sekali tidak fair buat apa saya bayar pajak coba di balik mobil ga boleh jaut protokol pasti ga macet wahahahaha

  15. ahok orang bebal kepala batu arogan lagi wes komplit, percuma ente ngoceh sampek ndoweh keweh keweh peduli setan!!! Seberingas efpe i saja dilawan ,mngkin gk tedas senjata kali ya badannya !!

  16. Tiap satu menit dari mana itu. Ketauan gak pernah naek busway. Saya pernah nunggu busway dari karet ke kota sampe 3 jam baru dapet. Terakhir naik busway tgl 24 Des 2014. Pagi2 byk yg complain isi ulang bca kaga bisa. Saya dtg ke stasiun kota jam 7 kurang lima dari posisi saya paling dpn, sampai jam stgh 8 busway baru ada posisi antrian di belakang sudah mengular. Jadi 1 menit itu sama dgn 30 menit org normal apa cuman asbun yah? Blm lagi copet di jemb penyebrangan dsb nya, ongkos yg gak masuk diakal utk angkot2 lainnya yg dr rumah ke stasiun utama dan seringnya diturunin di tgh jalan karena byk angkot yg sepi trus muter balik. Cobain idup sebulan pake angkot dlu deh baru ngemeng hehehe.

  17. BOLEH! ASAL mobil juga diberlakukan 3in1 di jalur yang sama. 24 Jam! Pelanggar ditindak tegas! Dijamin, Ahok ngantor harus bawa tukang kebunnya !!!

  18. rapopo mas mau dihilangkan jalannya sekalian juga nggak ngaruh , lha wong saya di kaltim…. hee,,heee setuju pajak 10% baru mikir pake mobil, angkutan pajak 0 %, kalo ada eskalator kayak di bandara malah aman , dipasang disepanjang protokol dan ada kanopinya ,…, gimana kang ?

  19. itu maksudnya biar jangan banyak yang MATI bro, liat statistik nya bro
    Pertumbuhan kendaraan tidak bisa diimbangi lebar jalanan ya senggol2an-kecelakaan-pada mati. utk mengatasi itu perlu sarana transportasi massal, memang untuk permulaan itu sangat sukar tetapi emang harus dilakukan! bercermin lah pd kota2 besar di dunia

  20. sbg orang luar jakarta (daerah) “kita sih penginnya seluruh daerah distop untuk mobil pribadi plat jakarta”.
    Gimana pak ahok?

  21. Pak ahok sih blm pernah jd tukang parkir. 1 mobil bisa buat 6 motor, ya skrg isi mobil kebanyakan satu orang, jd yg hrus di larang tuh mobil yg penumpangnya cuma satu doang, itu yg bikin boros tempat sama boros bbm

  22. Pak, jangan membandingkan dgn negara maju dong, di Jepang orang suka naek transportasi umum jadi buat apa naik motor & mobil, naik subway lebih nyaman & cepat & on time.

  23. Di desa aka kampung saza udah trlalu byk mobil/motor yg bikin gak nyaman di jalan apalagi di kota besar mgkin penjualan mobil dan motor harus di batasi agar tercipta situasi yg kondusif

  24. teman teman bikers,,sebenarnya apapun bentuk kebijakan ahok bisa digugat didepan hukum kok.. jadi kalau cuma ngedumel ya percuma. Saya biasa bawa mobil juga tapi saya juga bikers sejati..kalau opini saya gampang kok, diberlakukan 1 minggu pelarangan motor dan 1 minggu pelarangan mobil di jalan protokol gampang kan?? nanti akan ketahuan yang bikin macet mobil atau motor…baru deh diambil keputusan finalnya.. jangan asal ngejeplak aja,,, yang 1 mengain mobil yang lain mengin motor.. dan diharapkan sistem ini juga melibatkan pengamat publik yang fair… gampang kan?
    itu opini saya

    • setujuh itu om, aye yakin hasilnya macet jg 😆
      cuma yg ngeyel bilang mobil penyebab kemacatan mesti mempertaruhkan motornya jg atau KTP nya gitchu 🙄
      😈 😈 😈

  25. Semua tujuannya baik om, supanya pengendara motor kaya kita ini angka kecelakaannya menurun. contohnya di HI, kita kan tau kalo malem jalanan di sana lengang banget. jadi mobil-mobil fortuner, jaguar, merci yang suka NYEMPLUNG ke HI itu bisa ngebut dan kita pengendara sepeda motor nggak ketabrak sama dia.

    Jadi sebenernya pak Ahok ingin menyelamatkan kita dari penghuni kolam HI yang suka ngebut sambil mabok kalo malem. Oleh sebab itu aturannya berlaku 24 jam.

  26. kalo begitu pengguna motor gausah bayar pajak lagi, kan udah ga boleh lewat jalan lagi toh? ane setuju kang yg buat peraturan pasti belom pernah ngerasain kondisi riil dilapangan, mereka pasti selalu enak di mobil pribadi tanpa pernah ngerasain sumpeknya naik angkutan umum.

    • Bayar pajak motor 100 ribu minta lebih. Yg bermobil bayar pajak jutaan wajar minta lebih. Ingat kebijakan Ahok akan terasa bagus kedepannya. Anda jg akn merasakannya nanti.

  27. Atau kalo mau demo caranya gini aja, bikers yang punya mobil semuanya kompak bawa mobil ke kantor. kita macetkan jakarta sampe gak bisa terurai 24 jam lebih kalo perlu 3 hari macet. Pasti kepala suku kita bakal #mikir.

    PS: sebelumnya siap-siap dulu bawa makanan biar gak kelaperan di jalan.

  28. 52. kuciwaw – January 7, 2015

    Atau kalo mau demo caranya gini aja, bikers yang punya mobil semuanya kompak bawa mobil ke kantor. kita macetkan jakarta sampe gak bisa terurai 24 jam lebih kalo perlu 3 hari macet. Pasti kepala suku kita bakal #mikir.

    PS: sebelumnya siap-siap dulu bawa makanan biar gak kelaperan di jalan.

    __________

    Bener banget, ane kepikiran begitu juga. Ini kota padet penduduk dipaksa hidup layaknya di singapur yang orangnya cuman sebiji dua biji.

    Sebagai negara berkembang, tak layak motor dilarang melintas.. spt kuala lumpur dan bangkok.

    Ini dasar gubernur picik, kaga ngerti urusan orang susah… Tak jamin kaga bakalan kepilih lagi lo jadi gubernur…

  29. si Ahok lupa atau pura pura lupa kali ya..kalo banyak Transjakarta yg meledug atau mogok..dia lupa kalo di depan kantor DKI jl kebon sirih parkir kary PNS nya pada semrawut…dia lupa kalo Jam 2 an bis bis besar Dept Perhubungan di jl Abdul muis pada parkir di pinggir jalan yg ada letter S nya buat antar karyawan PNS yang mulia nya pulang …dia lupa kalo kita sebagai warga negara yg membayarkan GAJI mereka

  30. sebagai orang yang beriman kita harus selalu bersukur, untung saya tinggal didesa terpencil bukan dijakarta yang banyak aturan tidak berguna, aturan yang paling berat didesa adalah tidak boleh nyerobot kue bolu basah tetangga.
    ngoahahaa

  31. Kalau motor di larang bakal banyak pengguna mobil murah, mobil sekeN seharga motor sport entri level jg bnyk, bukanya mobil yg makan bnyak tempat, sperti mobil pribadi cuma di naiki 1/2 orang. Blom lg blum tersedianya transportasi yg memadai sperti monorel..

  32. silahkan nikmati pemimpin pilihan kalian. dari awal ajarn islam sudah mewanti2 untuk memilih pemimpin. slahkan buka hadits n quran ny. selamat menikmati.

  33. dipikirin dulu perbaikan sarana umum supaya nyaman dengan tarif yg rasional,
    jangan asal larang motor doang, pemerintah pada gak liat para dewan sama orang kaya naik mobil tapi dewean di satu mobil.

    otak udang pemerintah !

  34. astaga, semua menuntut pemerintah yang baik dst dst,
    ada ga yang pernah menyerukan agar menjadi warga yang baik?? siapapun pemimpin nya, apapun kebijakannya, kalo rakyatnya ga ikutin ya sampe kapan juga ga bakal beres nih negara!

  35. mungkin mksud ahok adalah menembak kalangan menengah kebawah untuk segera pindah ke angkutan umum,mengapa demikian mungkin karena kalangan menengah kebawah nggk bakal banyak mengeluh untuk keadaan transportasi umum saat ini.
    dan ini nggk adil,seharusnya ada juga kebijakan untuk masyarakat menengah ke atas entah itu kebijakan seperti apa.

  36. Sampah emang ni orang… Ngambil keputusan ga jelas gini… Dulu gw respect tapi sekarang jijik lihat si tolol ini… Kapan bikers pada mo demo lah.. gw ikut………

  37. Ini kebijakan tidak adil selama angkutan umum belum aman, nyaman dan terintegrasi..alasan motor bikin macet jg tdk masuk akal..

  38. biar Prof jelaskan rencana jangka panjangnya Sang Gubernur DKI:
    1. para pemotor dibikin tidak nyaman dengan rute yg makin ribet plus jalur protokol relatif lebih rapi..
    2. para pemotor akan dipaksa untuk memilih +> naik mobil atau naik bis/angkot umum..
    3. yg milih naik mobil akan dipaksa bayar lebih lewat rencana ERP. plus pendapatan DKI naik krn pajak mobil dan biaya parkir naik..
    4. yg naik umum, sebagiannya akan pake Bus TransJakarta => pendapatan DKI naik..
    5. ada juga yang bakal naik MRT dan Kereta +> pendapatan DKI naik..
    6. karena permintaan naik tajam maka keekonomian bisnis transportasi umum bakalan naik… maka pengusaha bis mau investasi lebih dengan peremajaan bus bahkan nambah armada..
    7. setelah armada bus dan angkutan umum semakin banyak, maka motor akan dilarang di semua jalan protokol… bahkan lebih…

    jadi begitu…

  39. Kalo mau nglarang.. larang semua lah.. jgn motor doang.. gratisin smua tranportasi.. kalo perlu dijemput drumah.. jgn enak yg pake mobil bebas kmana2.. emg nya jalana dki yg bayar pajak cuma yg pake mobil. Harus adil mpbil dan motor dilarang.. naek kendaraan umum smua.. kalo gak mau.. ya udb,biker gak usa bayar pajak.. modar koe hok.

  40. alasan buat keselamatan pemotor itu cuma alasan dibuat2… tujuan ahok jelas, dia ingin agar semua orang cuma punya 2 pilihan, [1] naek mobil dengan segala macam dibuat mahal, atau [2] naek transportasi umum. motor adalah saingan terberat transportasi umum… harganya murah meriah, pake dp 500 rb aja bisa dapet motor… makanya inilah yang dilarang. karena, melarang “musuh motor” alias mobil adalah percuma… dilarang naik mobil yah tinggal beli motor… dan akhirnya sami mawon. makanya motor lah yang dilarang duluan. abis ini kelar, mobil akan dicekik juga lewat ERP, parkir mahal, dan lain2.

  41. dia lupa kalo di depan kantor DKI jl kebon sirih parkir kary PNS nya pada semrawut…dia lupa kalo Jam 2 an bis bis besar Dept Perhubungan di jl Abdul muis pada parkir di pinggir jalan yg ada letter S nya buat antar karyawan PNS yang mulia nya pulang …

  42. gimana bro ……nyamankah anda dipimpin *********…….?, yg anda rasakan itu hanya baru sedikit saja kedengkian tsb dlm hatinya lbh besar lagi makar yg dia perbuat

  43. Negara maju pasti angkutan masalnya maju ( banyak .nyaman dll). Mana ada negara maju alat tranportasinya motor..? Di kota2 besar china motor jg di larang. Padahal china adalah produksen motor besar dan pasar motor paling besar di dunia…kalau jakarta mau berubah ya harus berbenah angkutan umumnya dan berubah dari penggunaan mobil dan motor ke angkutan umum…dng catatan angkutan massalnya harus baik

  44. beginilah indonesia..mau diajak maju susahhh benneerrr..padahal jalan protokol..kecuali motor dilarang beredar di seluruh jakarta..kalo gak mau maju silahkan hengkang dari jakarta..kalo perlu hengkang dari indonesia..di timor leste bebas..dulu becak dilarang juga pada mencak2..coba kalo boleh ambil pendapat..apa sekarang pada mau kalo pelarangan becak dicabut??..mana mauuu..apa pada setuju kalo pelarangan TRUK beredar di jalur protokol selain malam hari dicabut??..mana setujuuu…ckckckckckck..typical..di atur demi kebaikannya sendiri gak mau..pemikiran hanya jalan ditempat..

  45. tinggal lobby nya petinggi2 yg punya pabrik motor dah ini si, jujur aja kalo ada wacana gini saya jadi mikir2 mau upgrade motor, make motor lawas aja yg penting jalan dulu lah 😀

  46. selesaiken dulu transportasi massal yg baek dan bener, baru larang.

    kalu mau contoh negara maju, yach jgn setengah-setengah.

    di jepang , mobil ngak boleh masuk kota pada saat polusi naek. jakarata?

  47. Ayo rame2
    plat jakarta “B”
    ga usah bayar pajak….
    Wong ga bisa kemana-mana…
    Kasian orang kecil yg masih tinggal d tengah jakarta.
    Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai..Pedurenan, kembangan, benhil, manggarai….
    Mereka lebih tersiksa lagi..

  48. Menerima aturan baru emang susah pasti ada pro-kontra.
    Suatu saat anda akan berujar “enakan naik angkutan busway kesana” seperti halnya sekarang “dari depok ke jakarta lebih cepet naik KRL/komuterlain”.

    Komennya panjang-panjang bingits.
    #tepok jidad

  49. “sosok yang memang belum pernah merasakan naik motor atau memang tidak tahu betul kondisi jalanan.”
    Ini yang paling tepat menggambarkan si AHOK.

    JAKARTA SIAL BANGET DAPAT PEMIMPIN BEGINI.
    Jokowi lengserkan ajalah si AHOK ini, kami gak pilih dia, kami pilih sampean Jok, kebetulan aja dia nempel sampean.

  50. Naik Motor, Dilarang
    Naik Mobil, Belum Punya
    Sudah Punya Mobil, Macet+boros BBM
    Naik Busway, Kelamaan Nunggu, pegal2x+dongkol
    Sudah didalam Bus, Penuh sesak
    Naik metromini, ngga nyaman+bonus intaian copet
    Jalan Kaki, kejauhan

    Mending dirumah… Tidur

  51. yg jelas kalo gini modelnya, bisa dipastikan mustahil buat cinong2 jd wakil apapun lg yg ngekor popilaritas calon nya. . .
    keras kepala, sok tau, anti masukan, dan cm ngorbanin org susah

  52. Bener bener ni si ahok ya salah sendiri yg milih ahok, sadar tidak negara ini sudah dikuasai mereka semua dari pertanian hingga industri pasar, mereka bilang rasis diskriminasi maaf masih banyak saudara indonesia ditimur sana butuh bantuan dan perhatian, apa tidak cukup harta yg dimiliki mau nguasaiin birokrasi juga ckck? Sadarlah indonesia jangan takut dibilang rasis lah memang kenapa ini sebuah bobrok yg sudah umum diketahui, memang tidak semua tapi mayoritas mereka begitu… Saling kuat kuasai pasar… Dan indonesia dilemahkan dengan kata kata rasis ini itu, kritiklah mereka orasikan semua, suarakan lantang bung!

  53. mgkin alasan pak gub agar terlihat lebih pride aj kang alias gak semrawut utk jalan protokol so diharapkan semua biker yang pakai motor berganti dengan mobil walau seadanya dan melakukan riding full tiap hari dan parkir di depan balaikota biar pak gub isa melek….

  54. bingung lek kita harus gimana menanggapi ini semua, serasa terkekang, dimana orang menengah ke bawah harus terpaksa mengikuti jalan cerita mereka para petinggi yang sudah jelas sangat meyudutkan.
    oiya gimana pendapat IMI tentang kebijakan ini yh ?

  55. yah… ini nih….

    sebenarnya ahok ga salah, jakarta kan emang semrawut dari jaman dulu… (untung ane udah di desa)

    coba kalo yg protes jadi gubernur, planning ke depannya gimana?
    memang untuk suatu perubahan ga gampang… ya sudah terbiasa macet, mau diubah spy lancar pasti susahlah….

    di jakarta butuh jalan baru, tapi kendaraan harus dibatasi.
    tapi memang susah, lha bikin jalan baru malah macete nambah..

    awalnya ahok ngelarang motorkan krn fpi demo pake motor bawa bawa pedang… coba dipikir dulu….

    kita lihat dulu mazbro, kasi waktu paling ga setahun lah… kira kira kalo dah setahun boleh lah kita demo, kalo memang kebijakan ahok ga menghasilkan apa apa….

  56. yg gua ga setuju bahwa diblg “lalu lintas Trans Jakarta kini sudah semakin cepat yakni per 1 menit ada”. Gua sering naik transjakarta ketika tugas kantor. Yang ada nunggu lumayan lama lebih dari 10mnt dan itu bbrp kali terjadi dlm wkt dekat ini.

  57. Sangat memberatkan skali bagi pribadi saya yg stiap hari kerja lewat jalur sudirman. Di tambah pekerjaan saya sbagai kurir yg notabene kantor2 yg saya datengin kebanyakan daerah tersebut . Semoga para penguasa bisa memahami dan ada jalan lain yg lebih adil selain mengucilkan orang keci.

  58. tiket APTB dan Kopaja AC sudah tidak dijual di loket trans jakarta.
    Otomatis penumpang APTB dan Kopaja AC membayar dua kali.
    Apakah kebijakan diatas menggambarkan kepedulian terhadap angkutan massal?

  59. dasar sinting..
    tiap hari gw naik motor dari pondok kelapa ke thamrin PP, dan selalu di basuki rachmat dan kampung melayu pasti tersendat karena mobil.
    Pernah sekali gw perhatiin rasio kendaraan di jalan itu adalah motor:mobil 10:1… tapi nga macet. giliran mobilnya banyak pasti macet dan rata rata isinya 1 orang 1 mobil.

    daripada dilarang gw lebih setuju kenaikan pajak….

  60. ini baruu pemimpin baguss…gak usah mikir rakyat kecillll mau mati …mau hdp apa gak? yg ptng orang kaya yg bisa hdp dijakarta!pendapat pribadiii(kl bisa jangan hanya motor kendaraan pribadi harusnya juga dilarang melintas kalau bisa bayar biar gak ada gesekan dibawah gt pakkkk gubernurr…siwuunn

  61. Saya setiap hari membaca tulisan Mas Iwan bahkan sudah berjalan sekian tahun saya tidak pernah memberikan komentar di blog ini.

    Tulisan Mas Iwan kali ini cukup bagus dan juga berhubungan langsung dengan pengguna roda dua yang saya sendiri termasuk didalamnya.

    Namun akan lebih elok jika blog yang sudah baik ini dibersihkan dari komen negatif yang tidak membangun apalagi rasis.

    Saya percaya dan yakin dalam hal ini Mas Iwan mampu dalam penerapannya agar kedepannya pembaca dapat lebih tercerahkan dengan komen yang membangun dan mencerahkan.

    Terima kasih.

  62. khusus untuk teman yang bilang sosok pemimpin ini menguatkan pengusaha coba kembali dipahami bahwa penjualan sepeda motor sayap kepak dengan market share terbesar adalah untuk daerah jakarta

    sedang dengan kebijakan ini pasti pengusaha dan atpm roda dua dirugikan apakah lantas apa yang disampaikan itu menguatkan pengusaha benar?

    saya sendiri pun tidak setuju dengan kebijakan ini namun akan lebih manis jika kita dapat menelaah lebih lanjut apa yang akan kita komentari sehingga menimbulkan solusi bukan memperkeruh keadaan.

    Daripada sibuk komen yang ga jelas, apakah teman sudah mengisi petisi ketidaksetujuan yang telah di sampaikan dalam tulisan beberapa waktu lalu?

    Saya sudah, ayo tuliskan petisi Anda sehingga pendapat Anda bisa lebih jauh bermanfaat.

    Salam.

  63. yah payah ini pak Gub,

    mending Gubernur yang dulu-dulu deh..mau kurus kek,mau kumisan kek,mau ex jendral kek..tapi yang jelas gak pernah ngelarang motor masuk protokol..!!!

  64. ini dosa rame-rame.
    SIM nembak: gak perlu belajar aturan lalulintas.
    melanggar marka jarang ditindak: jadi kebiasaan.
    jalur motor disatukan dg jalur bus: banyak yg tewas.
    motor ikut antri dibelakang mobil malah diketawain: budaya jelek.
    motor harganya murah, sangat irit, pajak murah: paling ekonomis gak ada lawan.
    pendapatan dki dari pajak motor yg 623 milyar/thn tidak dikembalikan ke sarana jalan untuk motor: motor gak dianggap.
    gubernur yg sekarang gak pernah naik motor: gak punya empati ke motor.
    angkutan umum biayanya 3x motor, berdesakan lebih padat dari jalan raya, tukang ngamennya ampun deh, copet jangan ditanya, tidak 24 jam.
    jalan kaki dari/ke angkutan umum berbahaya, tidak ada pedestrian.
    dinegara maju jumlah motor sedikit, kenapa? karena angkutan umumnya lebih ekonomis.
    pendapat ane: ahok di belitung aja. biar orang jakarta yg ngurus jakarta. lebih sehati dan semakin didepan……

    • rasis?? coba itung ya anak kecil, dari jaman ENDONESIA MERDEKA, sampe DETIK INI, berapa mentri yang kerjanya ga beres? apa suku dan agama mereka?

  65. Kang Iwan, dan yang lain-lain, catet ya. Kalo jadi itu seluruh jalan protokol ditutup buat motor, w bakal bawa ngebut vixion putih w ngelewatin jalur sudirman ke monas di malem hari. Cz kalo siang macet je. Haha. W ngebut sampe pak pol ngejar ato heli peliput berita nge-highlights w dan motor w. Geger ga ya? Haha. W dah eneg ma aturan yg dibuat sama orang yg ga pernah ngerasain susahnya jadi orang susah. Kenapa tinggal di Jakarta? Lah wong w asli jakarta ko. Kampung halaman tercinta w yg udah diubah paksa ma satu pihak. Hihi, inget ya. Vix sinchani putih, sudirman – monas. Kejar? Monggo kejar.

    • sekarang aja mas, thamrin-monas kan lumayan. jangan tengah malam, gak ada yang ngejar. sekitar jam 20.00 aja, plokis masih aktif.

      • jalurnya pendek om. Ibaratnya peliput dan pengejarannya ga bakal geger. Sudirman monas itu impian w buat ngebut tanpa gangguan biker lain. Kalo ada kesempetan kaya nanti, hahaha, w ga yakin bisa nolak.

    • ato mungkin bisa aja. Larang motor sesuka hatinya. Pi tiap hal pst ada dispensasinya kan? Kaya orang beli kfc, pepsi gedenya abis, diganti frestea 2 botol. Haha. Ada added value dr kebijakan itu. Apa? Pajak. Pajak motor w kurang lebih 300rb + progresif 50rb = 350rb. Andaikata dipotong 150rb buat dispensasi ga boleh lewat jalur protokol, wih w setuju. Sisa duite bisa buat perawatan injektor. Kenapa komennya pada panjang? Kenapa ga bisa ambil sisi positipnya? Kenapa ga bisa terima aja? Ya karena yg kena cuma 1 pihak. Kenapa ERP ga diterapin aja sekarang? Toh AHO, jalur lambat, JLNT, sampe tol udh efektif dr jauh” jaman ko. Kenapa ga mobil jg yg dilarang? W yakin pst biker ga bakal bersuara kalo udah sama” dilarang.

  66. Ini yg mesti diperbaiki sebenarnya mental biker, bukannya pelarangan. Sayang aja kegoblokan sebagian biker berimbas ke biker lain. Biker2 yg bodoh yg melanggar marka, jalur, nyelonong, lampu merah, yellow box junction. Yg beginian lah yg mestinya ditertibkan.

  67. Gubernur siapkan fasilitas Park and Ride dengan parkiran Rp.2000 Seharian dan Bis gratis… klo ga mau pelarangan dijalan protokol juga diikuti dengan pemotongan pajak motor, buat apa kita bayar pajak tp tidak menikmati jalanan yg dibangun oleh pajak kita… diskriminasi golongan ini namanya.. bisa digugat ke MK atas perlakuan tidak adil pemerintah atas fasilitas negara dan jalan umum…

  68. yg id nya ahok presiden, dia bilang negeri ini gak maju kalo nggak ada china, minggat aja sana ke mainland bawa kroni2 lu sekalian

  69. motor aja kan??
    bisa diakali tuh
    orang jakarta naik aja sepedah, trus penuhi jalan protokol jakarta
    ente harus bales dendam, buat macet aja Jakarta dengan memenuhi jalan dengan naik sepedah nanti yang naik mobil (org kaya) perjalanannya terhambat karena banyak yg makek jalan pakek sepedah soalnya sepedahkan jalannya lambat juga, toh ada keuntungannya selain gk polusi, terus sekalian olahraga

  70. ini yang pada komentar belain mati-matian naek motor, belom pernah naek angkutan umum yang rapih ya?
    coba lihat negara laen, prioritas nya itu di ANGKUTAN UMUM. jangan bilang tunggu angkutan umum nya beres, lah wong busway aja isinya motor semua. bayangin kalo jalur bus transjakarta itu STERIL. berapa waktu tempuh dari kalideres jakarta barat ke harmoni? ga sampe 20 menit.

    • Iye bro, tapi jadi sarden di halte kaleng, gw sebenernya capek naik motor, tapi naik angkutan umum bikin lebih capek lagi….

  71. @ All
    Tolong jangan rasis dan bawa2 suku bro. Komen sesuai konten dan diharapkan tidak memaki satu figur. Bantu saya agar nggak harus nyortir komen satu persatu. Suwun atensi dan supportnya.

    Salam
    iwb

  72. Itu tandanya gubernur menyuruh kita untuk beli boil, koh Ahok doain kita2 ini yg belum punya boil supaya bisa kebeli ya 🙂 , sekalian subsidi LCGCnya digedein lagi.
    Tp gw heran kalo dia meeting di TSO yang dibahas apaan ya? perasaan sering bgt ke TSO

  73. “So…heran aja jika ada sosok yang kekeuh pakai mobil pribadi hanya untuk kepasar. Ada lho. Dan walau sampeyan mau ngotot sampe dower membela diri….mobil memang seringkali membuat jalur jadi tersendat. Dan itupun terjadi dipasar yang IWB maksud…..”

    Jangankan ke pasar Mas
    Buat nganter anaknya kesekolah aja padahal itu anak baru TK bahkan Preschool. Padahal halaman sekolahnya aja kagak luas2 banget.

    Buat yang bilang ane bohong ya bisa cek ke sekolah2 elite.

  74. wah kalau sampe jadi, ane ngga mau bayar pajak motor ah .. biarin aja bodong lha wong mau ngantor aja susah, jalan2 susah ..klo motor ngendon di rumah terus lha ya ngapain bayar pajaknya di jual juga susah

  75. Para pejabat kan taunya di supirin, naik mobil pribadi, gak mesti tepat waktu, doski lewat jalur protokol pakai PATWAL, ya pasti cepat, la wong cilik seperti kita, yang kerja di Ibukota, harus tepat waktu sampai tempat kerja, telat dikit di kenai sanksi, kalau motor didiskriminasi gak boleh lewat jalur protokol, ya di buat lah jalur khusus motor untuk ke Ibukota, yang sebenernya bikin macet kan pengendara mobil, ya badan mobil besar, angkot yang suka ngetem, gmn mau diilangin motor dari ibukota kalau alat transportasi aja masih amburadul

  76. tambah parah aja ni aturan, kemaren ane baca di koran warta kota lupa terbit tanggal berapa soalnya dah nyesek duluan ni dada karna jalan sehari2 lewat dket rumah pengen kena wacana tanpa motor juga, kalo ga salah inget ini nama jalannya.
    1. jl sahardjo
    2. jl soepomo arah pancoran
    3. jl minangkabau
    4. jl angkasa
    5. jl bungur
    selebihnya ane lupa, asyem bgt dah ane org asli jak-sel manggarai-tebet mau lewat mana nanti kalo kerja, dah capek2 beli motor keringet sendiri, tpi klo gini mah ngelus dada bosss 🙁

    • KEMARIN SAYA BACA JALAN SOEPOMO DAN JALAN ANGKASA GA JADI KARENA GA ADA JALUR KELUAR BUAT YANG TINGGAL DI DAERAH SANA, ITU ARTINYA TIDAK MUNGKIN SI AHOK MELARANG MOTOR LEWAT DI SEMUA JALAN PROTOKOL DI JAKARTA, YANG TINGGAL DI DAERAH2 TERTENTU KALAU JALAN DILARANG LEWAT DAN GA ADA JALUR KELUAR APA GA NGAMUK? GA MUNGKIN ORANG2 DI JAKARTA YANG UDAH PUNYA MOTOR DILARANG GA BOLEH NAIK MOTOR LAGI, SIAP2 LU DI GOROK HOK! MENDINGAN LU TARIK ITU PERATURAN MOTOR GA BOLEH LEWAT DI JALAN2 PROTOKOL DI JAKARTA HOK! ATAU PALING MAKSIMAL SEBATAS THAMRIN, SUDIRMAN, KUNINGAN MASIH BISA TAPI DI JALAN2 LAIN SIAP2 AJA BAKALAN KACAU BALAU! LU BAKALAN DI GEBUKIN ORANG BANYAK HOK! LU JUGA PASTI SADAR AKAN HAL ITU. APALAGI INI ORANG2 INDONESIA PADA RASIS2 WALAUPUN GA SEMUA, CONTOH BUNG IWB BISA BERPIKIR JERNIH SEBAGAI MODERATOR.

  77. Ngga sekalian bypass dibatesin juga? jadi dari ujung bogor-ujung priok dibatesin juga biar orang2 ga bisa kemana2.
    Trus dari luar bumi (bekasi) sampe senen dibatesin juga, kan keren tuh.

  78. Semoga posting tema ini dibaca gub DKI. Banyakan yg tdk setuju drpd yg setuju.
    Dl sy setuju gub DKI beresin administrasi, birokrasi, yg tdk betul di Jkt,

    tp ini mau beresin macet dgn membasmi motor? sy tdk setuju, entah apa pertimbangan pengambil keputusan. Apa para rider roda dua diajak rembukan soal ini dgn koh Ahok? sptnya tdk. Ato apa ada rider yg merasa rapat dg koh Ahok sblm brita ini muncul? kl ada ya percuma, wong hasilnya tetep aja motor di kartu merah jg.

    Semoga pak gub DKI pertimbangkan lg keputusannya. Atau dibalik gantian uji coba tiga bulan, mobil dilarang di jalur yg sebelumnya motor dilarang, buktikan mana yg hasilnya lbh baik, baru diputuskan. Itu baru adil. mosok yg diujicoba cuma motor ? mobil jg dong dilarang.

  79. Yg bilang ahok for president keep on dreaming bro.dgb kebijakan model beginian,it will be his last period as a governor

  80. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil orang-orang yang di luar kalanganmu menjadi teman kepercayaanmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi.” [Ali Imrân/3:118)]

  81. bikin aja peraturan,MOBIL MINIMAL BAWA 5 ORANG KALO KURANG DARI 5 ORANG PER-ORANG DENDA RP.100Rb jadi misal bawa mobil sendirian dendannya RP.400Rb atau cabut SIM biar sama rata…
    hahahaaa….

  82. satulagi tindakan aneh pemimpin
    – katanya jangan parkir di jalan, dibuatkan parkiran malah di bongkar.
    – katanya PKL nggak boleh jualan, malah nyuruh ngasih space buat pkl.

    news.detik.com/bandung/read/2015/01/07/133057/2796381/486/langgar-aturan-parkir-basement-mal-pvj-dibongkar-besok?9922022

  83. mau dibikin kayak singapur, lengang, motor jarang, dan emang gak macret sih kl disana.
    ya tp kl sampe soal penghapusan sepeda motor sih ane gak setuju. lbh setuju kalo peraturan ganjil genep. masa iya, sepeda motor diapus. yg ada malah makin gede pengeluaran.

    • klo mo diterapkan ganjil genap, bisa bisa jereng tuh mata polisi liatin plat nomor, belum lagi ngejar buat nilangnya…… coba deh sampeyan seharian aja liatin plat nomor ganjil genap… pusing ga?

  84. Gulingkan aja kalo memang mahluk yg sekarang jadi gubernur DKI itu membuat kalian sengsara.

    Setiap perbuatan tentu ada balasan nya.
    Suatu hari dia akan tertolong nyawanya dgn yg namanya biker dan sepeda motor nya.
    Di saat orang2 mengejar2 untuk menghancurkan mobil mewah nya, dia akan ngibrit tunggang langgang naek sepeda motor.
    Saat itu dia akan sadar kekhilafan nya.

  85. saya tunggu realisasinya aja jgn cuma bacot doang,pengen liat aku roda ekonomi macam mana dgn tidak adanya motor dijln protokol.trus yg jd pertanyaan knp jl.gajah mada/hayam wuruk sampai st.kota g pernah masuk wacana ya,suudzon SARA kan jdnya aku.

  86. Wes wong cilik do mlongo , dah yg merasa miskin ga usah. Hidup di Jakarta,,, mending hidup di kapung aja. Mudah”an pak gub AHok, bisa lebih lama bertahan jadi gubernur DKI biar makin banyak peraturan ngawur. Biar nanti bajaj apa metro mini di larang beroprasi……

  87. bentar lagi gubernur mati ditabrak kontainer.
    yang gantiin wakilnya, jarot yang hobi motoran.
    peraturan dibatalkan.

  88. Pengen tau gimana metode ngitungnya motor gak ada, jalanan makin lancar? Jadi selama ini pengelola tol itu pembohong kalau bilang jalan tol macet….

  89. jgn pada cepat menyimpulkan apalagi sentimen politik, ini semua usaha pemerintah utk memperbaiki, apa kt ga tau selama ini kt tdk berubah dan makin terpuruk. kok pakai bawa2 kafir segala, lalu yg sblm ini bgmn perkembangannya? sebuah keputusan pasti tdk bs memuaskan semua pihak, dan sebuah keputusan hari ini pasti disebabkan kondisi pemerintahan sebelumnya, dan toh pelarangan ini hanya di jalan protokol yg bs dibandingkan dgn luas jalan 1 kota. sy bknnya membela membabi buta, tp perubahan mental msg2 pribadi kadang diperlukan. skrg saja byk yg sara, tlg mas IWB diperhatikan krn blog ini cukup dibaca oleh masyarakat “pintar” dan “tdk”. Terimakasih. salam.

  90. Kalo AHO sih saya setuju lek.. coz memang berasa bagi pengendara laen untuk mengenali kendaraan/motor di depannya..
    Tapi klo pelarangan motor ini.. walah.. Aseli saya juga belum ngerti alesan dan maunya pemprov DKI.
    Kalo masalah mental, sama aja, mobil juga ada yg urakan..
    Motor memang mungkin banyak urakan, tapi inget, itu terjadi juga karena populasinya yg banyak..
    Lebih baek yg urakan gitu ditindak tegas, mulai penilangan sampe sita motor.. daripada melarang semua motor yg blum tentu urakan semua..

    Salam,

  91. Jumlah pemotor di jakarta kan banyak, mulailah kumpulkan massa seluruh pemotor jakarta datang ke dprd minta batalkan peraturan pelarangan motor, jgn cuma koar2 tanpa aksi nyata, menurut pengamatan gw yg kontra thd pelarangan tsb jauh lebih byk dr pd yg pro, sudah waktunya suara mayoritas diwujudkan dlm bentuk tindakan.

  92. Kalau di Tokyo mungkin wajar wak mobil jarang di jalanan.
    Orang Transportasi disana udah mumpuni kok, buat apa beli mobil mahal2 kan ?

    Motor disana banyak tapi ga bikin macet juga kan ?
    Titik macet nya tidak sebanyak yang ada di Jakarta juga kok.

    Entah kenapa saya dukung program ahok, dipikir2 pegel juga bawa kendaraan sendiri.
    Apalagi yang jarak tempur nya jauh, dan medan perang nya berat hehehhehe

    • Sampean pake mobil / motor pak?kl cape & ga terlalu ga butuh kendaraan pribadi silahkan gunakan angkutan umum tp jgn larang yg butuh motor untuk kerja (kurir contoh’a ) dengan mendukung berarti anda ikut melarang motor.

  93. hehehehe…kalo gini FBY ama FBH 1 suara yah….untung saia kerja dah pindah ke utara…dan kelak bakal tinggal di luar bumi (bekasi)….jadi PP bisa lewat gargantua ( nonton interstelar yg belom tau)….aman deh…mudah2an gak melebar kemana2 deh pelarangan motor….tapi saya ikut temen2 biker supaya jalan sudirman tidak dilarang…biar nengok ponakan gampang……tapi semoga ini jadi “CAMBUK” !!!…..agar teman2 bisa keep safety dan gak banyak2 melanggar – setidaknya mengurangi …biar area laen gak diganggu gugat….

  94. Aslmlkm…wr.wb
    Kali ini gw gak sependapat ama Ahok, biang kerok macet tuh mobil karena makan banyak ruang sementara penumpangnya cuma satu dua orang. Motor ekonomis, tepat waktu dan gak makan tempat, harusnya Ahok nyoba brgkt ngantor naik motor jangan pake pengawalan biar bisa ngerasain juga bahwa gak semua yang hidup dan bekerja di jakarta tuh orang kaya semua dan punya mobil semua. Satu lagi rencana penghapusan APTB saya pribadi gak sependapat, karena saya adalah salah satu pengguna yang tinggal di Bogor. Gak bisa dibayangkan kalo semua penumpang APTB dipaksa naik kereta atau kendaraan pribadi masing2 untuk menuju ke Jakarta. Siapa bilang Busway tiap 1 menit ada, sy turun dr APTB untuk nyambung busway sering 30 menit baru ada. Silahkan anda coba dulu untuk menjadi rakyat dan merasakan apa yang kami rasakan sebelum anda menentukan kebijakan. Jangan sampai kebijakan yang anda buat hanya berpihak pada sekelompok masyarakat atau golongan saja. Saya sendiri pengguna Motor, Mobil, KRL, APTB, Busway sampai Ojek. Wasalam…wr.wb

  95. Halah kyk ga tau aja, anget2 ta* ayam
    Kalo mau kompak terobos aja kyk jalur busway,kl yg nerobos ratusan ga mungkin ditilang kl cm 2-3 org ya lgsg di priit lah.jadi monggo diterobos rame2 OK 🙂

  96. Udah salah dr awal…pdhl udh diingetin sm alim ulama tp dibilang mcm2 skrg kl udh bgni ga mau terima…dikata 5taun itu waktu yg sebentar? :v

  97. ALHAMDULILLAH…… Peraturan yg baik spy bikers KAPOK krn selama ini bikers klo dijalan susah diatur jd gak usah heran klo skr merupakan IMBAS DR PERBUATANNYA.
    Silahkan kita liat para PAHLAWAN KESIANGAN MENCARI DUKUNGAN BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD LAH, SALING BANTU LAH, SESAMA BIKERS HARUS SALING BANTU LAH.

    Btw jgn heran klo org2 dibawah gw pasti TERSINGGUNG/MARAH dgn komen gw yg bersifat REAL krn dianggap komen gw GAK DUKUNG BIKERS. Jd komen disini maunya HARUS DAN WAJIB BELA BIKERS.
    Yukk kita budayakan KOMEN ATAU BELA BIKERS DAN TOLAK DRIVERS BIAR DISENEGIN BIKERS DAN KOMENTATOR2 ckckckck

  98. Iki pancen otake ora beres kok. Sing do gunakke motor mbok yo ojo do meneng wae. Didemo po piye ngono lho siji iki, opo rame2 do nerobos lewat jalan sing dilarang. Nek mung do meneng suwe2 makin ngawur iki. Dipidak2 kowe kabeh.

  99. Ahok for Presiden 2019 on
    January 7, 2015 at 8:25 am
    Kalau anda bicara islam, pindah
    negara saja sana jadi TKI TKW
    diArab, tiap hari bisa naik onta.
     Reply

    mmg bkan ngra islam. tp lhat lah wkt yg akn menjawb siapa kalian n gmn akhr kalian.

  100. W nyesel nyoblos pemilu n milih dy……
    W kira dy beneran mau pro rakyat sm orng kecil ampe ikut blusukan wktu calonin jd Wakil gubernur tp ternyata hasil’a begini……
    Orang kecil pada di gusur tanpa di kasih lokasi pengganti, motor ga boleh lewat n gaji PNS mau di taekin lagi……
    Bener salah pilih ane……..

    • Pajak mau di taekin, jalan raya pada ancur, motor di salahin tnp ada solusi yg jelas…….
      Adeuh pusing ane sebagai rakyat kecil yg g punya apa2……
      Dulu ane salut sama beliau berani sama orang2 yg maenin uang rakyat n anti korupsi tp lama kelamaan kebijakan’a ga jelas n bikin sensasi mulu…….

  101. Bro, seperti gubernur DKI bilang, tidak ada yang mengalahkan enaknya naik motor. Tapi coba pikir, transportasi umum (Trans Jakarta) sudah ada dan cukup memadai. Kalau bukan mulai dari pengguna motor yang pindah, gimana Jakarta mau bebas macet? Jangan cuma mengeluh ingin enaknya sendiri, giliran susah ngga mau.
    Jalur Trans Jakarta HARUS Steril, jadi bebas macet. Silahkan yang masih mau menggunakan mobil pribadi macet²an. Tapi eks pengguna motor ga kena macet. Enak kan?
    Kalau mau jalan kaki atau naik sepeda sih silahkan 🙂

  102. Setuju lek!!! motor kok disalahin, lawong beli juga duit2 kita sendiri mau beli dua tiga motor pajak dibedain jg kita bayar, makenya juga satu-satu kok, infrastrukturnya(jalan) aja yg sempit dan gak juga dibenahin. Udah jalan sempit, diisi mobil-mobil yg segede hotel bintang 5, kursi berjejer supermewah eh isinya cuman 1 orang! Bocah lagi yg masih pakai seragam sekolah, wtf! belakang motor udah toet2 aja dikejar waktu demi memenuhi kewajiban kerjaan yang kalau telat absen kena sanksi. Ok, naik angkot yg gak kalah kerennya karena full AC, 20% elektronik 80% alami, pembayaran cukup dengan gesek-gesek kartu keren tanpa ribet ambil recehan dlm saku. 5 menit, 10menit and finally 25menit doi dateng dan mulai dengan sedikit jurus ‘ndusel, nyepak, njejeki disik’ baru bisa masuk kedalam dan berdiri, ya berdiri huft. Sampai dikerjaan turunlah dan musti olahraga sehat sekira 2Km untuk bisa sampai ke tempat kerjaan. Ojek? sorry mending buat beli nasduk bs buat sarapan. Sampai pintu kantor, absen dan.. ahh sudahlah, endingnya peringatan 1,2, dan PHK. Kesimpulanya pikir sendiri ye..

  103. Mas IWB, mari kita analisa lebih jauh. Penyebab kemacetan itu bisa dipisahkan menjadi beberapa faktor. Skill driving / riding, kesadaran pengguna jalan untuk berbagi (sabar dan tidak seenaknya sendiri apalagi petantang-petenteng) adalah beberapa faktor dari internal driver / rider. Untuk faktor eksternal dapat diambil contoh seperti berikut: kesigapan pengelola tempat usaha / kantor / institusi dll untuk menyediakan lahan parkir dan mengatur arus masuk keluar dari lahan parkir tersebut sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya bottleneck, kesadaran masyarakat untuk menghindari atau seminimal mungkin agar tidak menambah beban pada jalan raya seperti menutup sebagian jalan untuk hajatan dll. Pada prakteknya, kesadaran ini jika dihitung menggunakan persentase bisa dibilang sangat kecil to none! Semua ingin cepat, semua ingin duluan, ego tumbuh seketika yang menyebabkan kemacetan semakin menjadi-jadi. Haram hukumnya untuk melihat kondisi sebelum memutuskan untuk bertindak, konyol mas! Kontributor untuk kekonyolan ini? Driver dan rider, dan oknum-oknum yang merasa jalan itu milik keluarga buyuté. Hal ini bukan di DKI only, hanya saja mungkin yang terparah ada di DKI. Telor atau ayam duluan? Hehehe… Yang jelas kondisi saat ini adalah benang kusut, kenapa? Lihat saja, mobil berusaha menutup setiap celah yang possible, walaupun pada persimpangan berikutnya akan belok arah pada sisi yang berlawanan dari posisinya sekarang, motor karena lincah dan praktis malahan melakukan stunt yang kurang lebih juga mencengangkan karena “i think I can” dan juga disisi lain karena pengendara mobil yang membuat buntu semua jalur yang possible. Yang harus ditertibkan adalah mental, jauh melenceng dari text book anak SD! Tenggang rasa, mana tenggang rasa? Malu berbuat salah, mana ada? Asal ngga kena tilang, ora masalah. Ya to? Kusut ini sudah kronis, mungkin inilah kenapa diuji coba peraturan no bike di jalan protokol, kenapa motor? Kenapa bukan mobil aja dilarang melintas? Lha mas, ra mungkin to pejabat resmi numpak motor menghadiri acara resmi kan? Mau bawa barang / logistik berukuran relatif besar pada kantor yang berlokasi di jalan protokol pakai motor? Keputusan baru yang kontroversial seringkali diperlukan untuk mengatasi masalah yang kronis begini – yang berawal pada masalah mental, namun sebagus-bagusnya suatu keputusan, pasti ada yang puas dan ada yang tidak, ada yang diuntungkan ada yang dikorbankan, typical side effects. Jujur mas, saya prefer motor, SkuTik to be precise. Lincah, praktis, irit BBM, biaya parkir lebih murah tapi ngga termasuk naik trotoar dan stunt lainnya yang konyol, tapi ke pasar kadang-kadang saya prefer mobil kalau belanjaan banyak – ngga safety riding kan kalau belanjaan tumpuk tumpuk ngga aturan. Mau mobil mau motor, semua balik lagi ke faktor internal dan eksternal, jangankan mobil dan motor, sepeda gowes wae iso gawe macet kok…
    CMIIW…

  104. Pemerintah sendiri yg bikin macet

    Gak semua pemotor gak punya mobil
    Mereka males make mobil seperti yg iwb rasakan
    Adanya peraturan gitu bikin mobilnya pada keluar kandang

  105. AYOOO KELUARKAN MOBIL KALIAN SEMUA PARA BIKER… ISI MOBIL KALIAN HANYA SATU ORANG SAJA UNTUK MENAMBAH KEMACETAN.. AGAR PEMERINTAH DAN ORANG ORANG SOK TAU ITU JERAH… WAHAI PARA BIKER SEKALIGUS DRIVER.. JALANKAN MOBIL KALIAN DI JALAN LARANGAN MOTOR MELINTAS WALAU KALIAN SEDANG LIBUR KERJA. WALAU SEDANG ADA WAKTU SENGGANG, MUMPUNG BENSIN TURUN HARGA. WKWKWKWKWK
    SUMPEL MULUT ORANG ORANG SOK ITU PAKAI MOBIL MOBIL KALIAN.. WKWKWKWK

  106. img.antaranews.com/new/2013/08/ori/2013081172.jpg

    mungkin gambar ini akibat motor :v wkwkwkw (kata ohok) wkwkwk

  107. bos iwan, kalo mau bandingin jangan ke jepang..

    itu penduduknya khan ga banyak.. secara fasilitas juga lengkap banget di sana..mau mrt/shinkansen juga ada. motor juga mahal sih izinnya, apalagi parkirnya di sono bisa ratusan ribu rupiah per jam kalo di kurs kan.

    nah coba bandingin ke china, di sana motor sudah di apus kan.. tidak ada lagi motor di jalan selain polisi,
    semuanya pake speda /skuter listrik. itu pun kecepatannya sepertinya ga lebih dari 60km / jam
    motor cuman boleh di desa/perkampungan.

    nah jakarta, memang kalo mau selesaikan macet pertama MRT dan bus tingkat.
    bus2 semacam kopaja itu musti di ganti semua dengan bus tingkat, artinya okupasi jalan tidak bertambah tapi kapasitas penumpang bertambah kurang lebih 1.5x lipat.

    mengurangi akses sepeda motor ke jalan protokol memang akan sedikit membantu mengurangi kemacetan (terutama saat hujan) kita pengendara motor suka seenaknya berteduh di bawah jalan layang or jembatan layang… nah itu bikin macet juga..

    hal lainnya yg sangat sulit di ubah adalah polantas..

    itu banyak banget motor/angkot parkir tepi jalan ataupun ngetem tetap aja belum di bersihin..

    di jalanan banyak sekali motor yang lampu belakangnya ga nyala, tapi ga di tangkap, bahkan di jakarta sekalipun, banyak sekali motor tidak ber plat nomer belakang tetap aja di biarin…

    yg tilang adalah yg memang jalur JEBAKAN BETMEN..

    Bahkan satu lagi, negri ini kalo pake motor pake helm ga standar bisa di tilang tapi
    kalo pake kopiah warna putih meski sambil bawa bendera gede ataupun tongkat2, ga di tangkap…
    konvoi lagi rame…

  108. Yg terhormat bpk gubernur, jika bpk memang seorang pemimpin yg baik dengarkanlah aspirasi kami rakyat jelata. Jgn cuma rakyat Jeckardah (read:kaya)

    Peraturan yg hendak bpk buat terasa sgt memberatkan kami, karna kami blm mampu/gk akan mampu beli mobil. Terasa sangat diskriminasi (lbh baik dikiriminasi) peraturan ini.

    Jika memang bpk ingin memberlakukan pelarangan motor ke jln protokol, berikan kami solusinya. Jgn beri kami Busway yg mogok/gk on time/kebakaran, jgn biarkan nyawa kami melayang diatas metro mini/k*paja yg lg race di sirkuit jalan raya, belum resiko kecopetan/dijambret, berikan kami transportasi publik yg layak dan nyaman.

    Jika sarana transportasi sudah layak+nyaman sy kira masyarakat tanpa disuruhpun dgn sendirinya akan beralih dr kendaraan pribadi.

    Mohon ditinjau kembali kebijakan yg sudah ada dan yg akan diberlakukan. Jika memang bpk adl peminpin yg baik mohon ditinjau kembali dr segala aspek. Mintalah saran kepada para ahli dibidang terkait. Kami lelah pak, beban hidup kami sudah sgt berat jgn ditambah dgn kebijakan yg memberatkan.

    Buktikan kalo Bapak emg pemimpin yg baik. Jgn cuma pencitraan. Oke gw dah berusaha bicara sopan, gw harap lo dengerin aspirasi dr gw, coz suara gw yakin senada dgn rakyat kecil lainnya.

    Lo sih enak tiap hari naik boil dikawal pula. Gak semua biker kurang ajar, memang gw akuin bnyk rekan biker yg kurang disiplin. tp klo plokisnya tegas negakkin aturan gw rasa gk bakalan kyk yg selama ini kejadian

  109. BULLSHIT per satu menit ada bis, BULLSHIT bis semakin lowong, gua naik busway dari le meridien ke ratu plaza aja ampe 15 menit nunggu pas jam makan siang JING, sekalinya dateng bis dah desek desekan,ni orang matanya picek apa ya, ga bisa liat realitanya kayak apaan, klo ketemu pengen gue sumpel tuh mata pake pentolan korek, biar bisa liat kondisi lapangan kek apaan
    FAK lah BULLSHIT bgt omongan lu hok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here