iklan iwb
iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilayangkan keIWB, apa sih yang dimaksuk dengan eSP??. Dan apa yang membedakan mesin Honda new Beat eSP dibanding Beat FI sebelumnya??. Nah…ketimbang hanya menebak dan menganalisa…IWB akan coba jelaskan secara sederhana dengan boso santai tur ringan. Ora usah terlalu teknis tiwas botak sariawan bikin otak berpikir keras. Dalam catatan IWB….basic-nya ada 7 hal yang pilar utama mesin eSP. Apa saja?. Berikut detilnya…..
460x110(4)

Mesin eSP sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Power yakni penamaan mesin terbaru Honda melalui pengalikasian teknologi termutakhir seperti ACG starter sehingga lebih ramah lingkungan….berperforma tinggi serta efisien. Secara total ada 7 hal yang menjadi kunci mesin eSP terbentuk yakni….

iklan iwb

1. ACG starter starter dan ISS (kekuatan utama)
2. Roller rocker arm
3. Tumble & squish
4. Offset cylinder & Spiny sleeves
5. Light weight piston & pin
6. CVT (V-Matic)
7. Transmission case

Yup…pada akhirnya 7 hal tersebut disebut sebagai karakteristik eSP Beat generasi ketiga. Lha terus opo kuwi maksude….Inggris kabeh rekkk, ora mudeng. Bener….bahasanya emang teknis semua mzbro. Namun sebenarnya bisa IWB jabarkan secara singkat sebagai berikut….

ACG starter starter dan ISS (kekuatan utama)

Honda_all_new_beat_eSP (1)

Nah….ini yang paling keren dan menarik sebab ciri khas starter senyap menjadi kekuatan tersendiri. Pada ACG….Honda membuang starter model konvensional (boso Jowone dinamo) dan fungsi digantikan oleh altenator. Tidak heran walau mripat sampai “brebes mili” mencari dinamo nggak bakal nemu lawong starter ACG dicangkokkan menjadi satu bersama alternator. Dengan sistem yang sudah dipatenkan Honda….maka starter jadi halus, tanpa friksi atau gesekan serta awet….

Roller Rocker Arm

Honda_all_new_beat_eSP (9)

Walau sudah bukan part baru sebab Honda sendiri sudah menggunakannya sejak tahun 2002…..namun roller rocker arm pada eSP engine terus disempurnakan sehingga mampu mengurangi gesekan pada sistem katup atau klep. Dengan minimnya friksi maka komponen juga bakal lebih awet. So…jangan heran jika rata-rata mesin eSP getaran alus tenan. Buat kenceng “ngecesss” doang brosis (boso opoooo kuwi :mrgreen: )…..

Tumble & squish

Honda_all_new_beat_eSP (3)

Pada eSP….Honda melakukan modifikasi pada sistem pembakaran (combustion). Dengan rotasi vertikal untuk campuran bahan bakar dan udara agar merata (tumble) serta menciptakan aliran yang kuat dari bahan bakar dan udara kearah busi sehingga pembakaran lebih cepat dan sempurna (squish). Dengan sistem diatas, pembakaran lebih optimal serta efisien…

Offset cylinder dan spiny sleeves

Honda_all_new_beat_eSP (5)

Konstruksi eSP menganut sistem offset silinder sehingga gesekan antara piston dan silinder jauh lebih minim. Praktis efeknya tenaga tersalur lebih optimal ke crankshaft. Selain itu…dinding liner piston dalam juga menganut model spiny sleeves. Lek boso gampange permukaan jeruk purut brosis. Material ini diklaim lebih gampang melepas panas (increase cooling system), mengurangi distorsi lubang silinder serta mengurangi bobot sebab sleeves didesain lebih tipis namun kuat. Ujung-ujungnya….mendongkrak keiritan sang skutik

Light weight piston & pin

Honda_all_new_beat_eSP (6)

Pada new Beat eSP….Honda mengurangi bobot piston dari 68.2g menjadi 56.7g. Begitu pula pin dari 21g menjadi 17.7g dan terakhir L. pin piston dari 38.52 mm turun menjadi 32.90 mm. Dengan mengurangi berat pin & piston maka mesin berkitir lebih enteng serta irit…

CVT (Continuously variable transmission)

Honda_all_new_beat_eSP (8)

Honda berusaha mengoptimalkan desain CVT pada eSP engine untuk perpindahan daya serta pendinginan yang lebih baik…

Transmission case

Honda_all_new_beat_eSP (4)

Pada mesin Beat eSP….Honda mengoptimalkan Rib untuk mengurangi kerugian akibat pergolakan oli (agitation loss). Jadi kalau sampeyan intip….akan ada tatakan atau coakan (emboh….piye nyebute) pada cover transmisi untuk mengurangi adanya pergolakan oli. Dengan tindakan diatas maka mesin eSP lebih minim gesekan serta meningkatkan keiritan…..

Yup….itulah 7 hal atau bisa dikatakan pilar utama eSP engine pada new Beat FI. Diluar yang sudah IWB sebutkan tentu secara detil juga banyak yang berbeda (klik disini). Namun dasarnya 7 tersebut brosis. So…bisa diambil kesimpulan…..eSP merupakan paket satu kesatuan teknologi untuk meningkatkan efisiensi pembakaran…mereduksi gesekan guna meraih efisiensi pembakaran serta performa secara bersamaan. Wis…gamblang yo. Ojo takon maneh arti eSP :mrgreen: . Beat eSP??. Ancen beda brosis…….(iwb)

Honda Beat eSP (2)

rpms-banner

iklan iwb
Previous articlePemerintah wacanakan hapus Premium. Byuh….
Next articleYamaha klaim Mio M3 laris manis diJawa Barat….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!