iklan iwb
iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

Kawasaki Ninja150RR (1)

Bro dan sis sekalian….pemerintah akan segera mengaplikasikan aturan Euro 3 untuk mengatur emisi gas buang ditanah air. Sukses dengan Euro 2….kini regulasi akan melangkah ketahap yang lebih tinggi. Dan pada Euro 3 inilah biasanya mesin  2 tak rontok dengan sendirinya karena mahalnya cost jika tetap kekeuh mempertahankan. Artinya….umur Ninja 150L/RR disinyalir hanya akan bertahan hingga tahun 2015. Waduh…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

460x110(4)

Analisa ini didengungkan oleh sosok internal geng ijo. “Berat….sebab biaya untuk mengejar Euro 3 pada mesin 2 tak akan jauh lebih mahal. Material catalic converter atau penyekat serta beberapa modifikasi membuat harga Ninja150 juga melambung. Karena itulah Ninja150 2tak sepertinya tidak akan diteruskan saat Euro 3 berlaku” tuturnya. Euro 3 sendiri memang lebih ketat dibanding Euro 2. Simpelnya…Euro 3 adalah regulasi pengaturan ambang batas gas buang yang membuat tunggangan kita semakin kecil memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Emisi gas buang terkontrol maka polusi juga semakin bisa ditekan. Untuk Euro 3….nilai yang dipatok antara motor gede (150cc keatas) beda dengan kecil (dibawah 150cc). Semakin besar kubikasi tunggangan….maka tingkat toleransi juga diperkendor khususnya untuk hidrokarbon (HC). So, jika dijabarkan detil….

Kubikasi 150cc kebawah mengandung 2 gram/km CO (karbon monooksida), 0,8 gram/km HC (hidrokarbon), dan 0,15 gram/km NOx (Nitrogen Oksida). KM dibelakang gram artinya kilometer. So…setiap kilometer yang dilalui, emisi gas buang motor tidak diperbolehkan melewati angka-angka yang disebutkan. Sementara….untuk kuda besi 150cc keatas hanya beda pada pengukuran Hidrokarbon (NOx) yang mencapai 0,15gram/kilometer. Nah…untuk produk-produk yang sudah sudah siap dengan regulasi diatas cukup banyak. Namun mayoritas adalah mesin 4 tak….bukan 2 tak. Apakah ini artinya mesin 2 tak nggak bisa masuk ke Euro 3??….

Bisa tapi dengan satu syarat yang sudah IWB sebutkan diatas yakni permainan pada Catcon. Dan material tersebut tidak murah sebab semakin ketat emisi gas buang….cost-nya akan tinggi dan biasanya dengan penyekat performa juga makin dikebiri. Lak yo mumet rek. IMHO…aturan Euro 3 akan memaksa Ninja150 2 stroke tinggal nama. Dan indikasi tersebut sangat kuat. Nah….nyidam mesin 2 tak??. Kesempatannya tinggal Agustus tahun depan ki bro…wis cepet diboyong buat koleksi. IWB koq juga rada goyah yak :mrgreen: ……(iwb)

rpms-banner

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!