iklan iwb

460-x-110-rev460x110(2)

Bro dan sis sekalian…walau sudah cukup berumur….ternyata kedua motor yakni Ninja250FI serta Honda CBR250R masih menyisakan tanda tanya untuk komsumsi bahan bakar. Hal ini berdasarkan beberapa surel yang masuk ke IWB untuk bertanya atau sekedar cross cek atas boros atau tidaknya sang kuda besi. Maklum mzbro…..saat ini bertebararan barang bekas yang dijual dengan cukup menggiurkan khususnya CBR250R. Pertanyaannya….kira-kira berapa sih konsumsi BBM-nya??…….
460x110(4)

iklan iwb

Belum pernah ngetest langsung…..sharing info dan testimoni bro Bayu terlampir bisa menjadi acuan. Sebagai rider Kawasaki Ninja250 FI dan pernah melakukan turing bersama adiknya yang nunggang CBR250R…..doi menuturkan…

Halo Mas Iwan,

Perkenalkan nama saya Bayu, sudah beberapa tahun ini selalu mantau blog Mas Iwan tapi baru sebatas silent reader. Saya menulis email ini untuk sharing sekalian memberi komentar atas artikel Mas Iwan mengenai konsumsi bahan bakar CBR150R yang sudah di test dan mendapatkan hasil 45,xxKm/l. Menurut saya hasil test Mas Iwan adalah wajar dan saya tidak terkejut dengan hasilnya, kenapa saya bilang demikian?…

Saya sendiri adalah penunggang Ninja 250Fi ABS 2013 dan ini dipakai harian dengan jarak tempuh 42km per hari. Adik saya memiliki CBR250R 2012. Kita berdua pernah short touring bersama dari daerah Kb. Jeruk ke Puncak pas dengan tujuan mengetes konsumsi bahan bakar. Jarak tempuh PP adalah 198KM dengan rute Pos pengumben – arteri Pondok Indah- Tb simatupang – Jl Raya Bogor- Puncak.

Kondisi lalu lintas lumayan lancar saat berangkat dengan waktu tempuh 2 jam saat berangkat termasuk sarapan (no macet, cuma di Cijantung saja agak macet), bensin diisi full tank sampai bibir tangki dgn Shell (V power) yang jaraknya cuma 500m dari tempat kami start, gaya riding kita berdua sama krn selalu konvoi berdekatan dangan menjaga ritme di kecepatan 60 -90km/jam. Sempat beberapa kali sampai red line untuk menguji akselerasi 0-100km/jam, sayangnya saya selalu kalah dari CBR adik saya (dua motor ini standard cuma pakai ban Battlax 120 dpn dan 150 blkg). Ternyata betul akselerasi 0-100km/jam beda 1 detik (data tabloid otomotif ninja di 7.5dtk vs cbr 8.5dtk) tidak pengaruh/tidak terlihat di dunia nyata, karena dari 2-3 kali saya selalu kalah, maklum amatiran.

Singkat cerita ?jalur pulang melalui jalur yang sama dengan saat berangkat namun macet luar biasa di ujung jalan raya bogor yang dekat Cijantung, total waktu tempuh pulang adalah 4jam. Saat mencapai SPBU Shell yang sama dekat rumah kami isi lagi full tank, saya lupa tepatnya berapa namun hasilnya sangat membuat saya kaget. Dengan ritme berkendara yang sama dimana kami selalu mencoba menggunakan gear 6 dikecepatan konstan 60-90, Ninja saya hanya mencatat 30,xx km/l sedangkan CBR250 adik saya 40,xx km/l.

Satu hal yang membuat saya yakin mengapa CBR250 lebih irit 30% dari ninja saya dengan rute diatas adalah dikarenakan jarak dan kondisi jalanan, dan saya sempat cek saat di kecepatan 80km/jam rpm di ninja saya menunjukkan rpm 6000an (gigi 6) sedangkan di CBR adik saya dengan kecepatan sama dan gear 6 didapat RPM yg jauh lebih rendah, saya lupa tepatnya namun 1000-2000 rpm lbh rendah. Saya yakin ini salah satu penyebab mengapa adik saya lebih irit (tentu faktor 1 silinder jg pengaruh)

Sedangkan untuk konsumsi harian dimana lokasi rumah saya Pamulang ke kantor di Senayan (PP 42km) dengan waktu tempuh 35 menit pagi hari (jam 5 pagi) dan pulang 1jam (jam 4.30 sore) saya mendapatkan konsumsi yang selalu konstan (saya cek setiap minggu dengan metode full to full dgn V power selama 1thn terakhir), konsumsi bensin saya adlh 25-27km/liter. Lumayan irit untuk ninja dikarenakan saya rider yang tergolong sangat tidak agresif, konstan di pagi hari rpm 4000-6000, kadang red line di pondok indah saat lurus namun cm sesaat di gigi 2. jalur pulang yang sangat macet membuat mustahil untuk berkendara diatas 60km/jam (selalu dibawah 6000rpm).

Sedangkan konsumsi bensin motor adik saya dengan gaya kendara yang mirip namun dia memiliki rute berbeda, berangkat dari rumah di Pos pengumben Kb jeruk dan berkantor di gedung BRI dekat semanggi (PP 16KM) dia mendapatkan konsumsi “hanya” 28-29km/liter, gak jauh ternyata dari ninja saya. Namun ini lebih dikarenakan karena adik saya brkt kantor jam 8 pagi dimana puncaknya macet (saya brkt jam 5pagi). dan pulang juga puncaknya macet di jam 6 sore.

Demikian sharing saya Mas Iwan.

Salam

Bayu

Nah….gamblang tur juozzz tenan ulasannya (suwun bro Bayu). Artinya…boros atau tidaknya konsumsi BBM dipengaruhi oleh gaya berkendara serta macet tidaknya jalananan. Dan untuk luar kota ternyata CBR250R masih mampu nangkring diatas 40 km/liter sedang Ninin diatas 30 km/liter (wihhh…irit banget ya). Sedang didalam kota average pada kisaran 25-29km….tetap irit. IWB bisa melihat, bro Bayu kayaknya termasuk rider sabar dan ngurut saat buka gas. Soale kalo pecicilan rata-rata Ninja250Fi masuk kisaran 19:1 malah bisa lebih boros. Yup…setidaknya bisa dijadikan gambaran mzbro. Berikut tunggangan bro Bayu yang sehari-hari nemenin doi beraktifitas. Bukan Fansboy yang jelas :mrgreen: …….(iwb)


rpms-banner

106 COMMENTS

  1. Manstap juga ya cbr250. Tp kasian sllu dipndng sblh mata.
    Oh ya kang Iwan sorry OOT nih, dealer sekitaran jakarta yang ready stock new cbr 150 repsol edisi juara bernomor 93 dimana ya? Atau harus inden jg?
    thanks before…

  2. sini main ke solo..biar tahu dashyat nya cbr250..di sini cbr250 ga di remehkan..kalo mau tahu..ikut riding minggu pagi ke TW jam 5.30..rider nya campuran bbrp club..no offense

  3. Ternyata Yamaha Exiter alias MX King 140 Tembus 140 kph gan top speednya, di VIetnam sudah ditest dan terlihat lewat 135 kph! Wah jadi lawan berat FU nih!
    bonsaibiker.com/2014/12/14/top-speed-yamaha-exciter-150-aka-yamaha-jupiter-mx-king-tembus-140-kph-di-vietnam-videonya-weh-ngobrak-abrik-fu-nih/

  4. ini artikel kl dipikir2 malah lucu,
    1. lawong kompare konsumsi bbm Koq antara jomblo vs stereo, jelas menang jomblo, soal sebabnya silahkan kunyah2 sendiri.
    2. Mampu beli motor mahal kok msh mikir irit. Ibarat punya lamborgini kok msh mikir konsumsi bbm. Intinya mampu beli atau dipaksakan mampu beli?.
    3. Kalo mau irit, beli aja motor dg kapasitas mesin kecil misal supra fit ato yg lain.
    4. Ini motor 250cc om. Orang beli biasanya utk prestise (menurut ukuran masyarakat indo pada umumnya), jd mereka dah tau konsekuensinya.

    • Hahaha… mau gimana lg bro kl saya jg merasa setuju ama opini ente. Org Indonesia kdg emang lucu cara berpikirnya. Setau saya sih ini emang udah dari dulu kebawa2 sampe skrg, biasanya mereka2 itu pengguna bebeknya Honda AHM. Di thn 80an, gimana bebek Honda kaga jadi yg paling irit coba? Lha… bebek lainnya pada bermesin 2 tak, dan itu dikomparasi jg, wkwkwkwk…. Demi mempertahankan image itu, Honda kaga berani masukin motor2 2 tak-nya, walau ada satu wkt NSR 150R (type paling bontot) sempet mendarat di sini tp gak laku. Sebabnya ya pasti tau lah… Kok motor Honda ini boros amat ya? wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……… lha… mesinnya mesin 2 tak je… wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk………

  5. Ninja 250 konsumsi bahan bakarnya memang boros,pantasan saja penjualannya semakin hari semakin anjlok.
    Ninja 250 powernya dibawah R25,tapi kok lebih boros ya konsumsinya,ada yang bisa jelaskan ?

  6. CeBokeR ceboker riwayatmu kini ….
    jelas prestige nya beda naik ninja sama cbr …wkwkw
    mbok mlumah jengking dangak yaa CeBokeR itu not special..
    mau irit gak seberapa mau kencang juga gak seberapa mau suara stereo yaa gitu adanya mau keren apalagi …hahaha

  7. smoga di baca mas iwan..

    saya pake cbr 250 non abs lansiran taun 2011
    jarak dari rumah di mangga besar ke kantor di kuningan dengan rute yg saya lewatin pulang pergi skitar 31km.
    waktu itu harga vpower skitar 11.700/liter
    saya isi hari senin 50rb, hari sabtu biasanya baru ngisi lagi.
    kondisi mtor waktu itu full standar.
    sering kali mtor shifting di 6rb rpm saja. tp klo lg bosen brangkat kerja lwat sarinah bisa diatas 150kpj..

    irit jauh, soal performa brani jabanin dah lawan 2 silinder mah.
    asal sama2 250cc :v

  8. pilih sing irit, bensin makin larang..
    punya motor kenceng,tp ga brani betot diatas 120kpj,,buat apa? (buat gaya :p)
    pilih cc yg cukup,bisa kencang up to 120an bila diperlukan,tp tetap bisa diajak irit saat kantong kosong :p

  9. saya 2 tahun pakai ninin250 karbu average 1: 22-25
    palign irit dapet 1: 27 pas keluar kota
    sekarang pakai n650 1:18 average dalam kota, tenaga lebih joss…..
    hahaha

  10. emang sih kebanyakan orang ngomong kalau make motor 250 cc harga 50an juta itu kok masih mikir komsumsi bbm iritan mana , bisa beli motor mahal kok masih nyari yg irit …

    emang bener tpi di sini menurut saya bukan soal nyari irit atau engganya tpi nyari dimana motor yg efisiensi bahan bakarnya sesuai , di bawa kenceng ok di bawa kalem ok , bukan soal mau irit make bebek atau matic , kalau bisa kenceng tpi irit kenapa harus milih kenceng tpi boros ????

    kenceng di sini ok lah saya akui 2 silinder top speed emang pasti unggul di banding 1 silinder tpi mau ngebut dimana coba ? jalan raya paling dalam kota gak bakal bisa dpet top speed motor 250 cc …

  11. Tetep aja Ane kurang suka utk beli motor 250cc keatas itunganya ga efisien klo dipakai setiap hari. Beda klo buat Hobby lho ya . Harga mahal udah boros pake Pertamax klo hujan kehujanan klo panas kepanasan. Mending pake mobil sekalian 1 : 10 ga kepanasan ga kehujanan . Satu lagi Bro aman dari “Begal” pulang malem ga takut walau pake mobil seharga 400jutaan . Hahahaha..

  12. Semuanya tergantung gaya bawanya aja sih. Siapa bilang Ninja kaga bisa irit? Saya pake Z250 yg bermesin identik ama Ninja. Belakangan pernah saya tes nih motor bisa irit kaga, dan ternyata dgn merubah gaya bawanya saya bisa melihat tingkat keiritannya cukup baik, krn stlh 3x pp rumah-kantor strip indikator bbm-nya kaga turun2 tuh.Kdg2 saya suka ngetest semua motor saya dari Hayate, Z250 dan R25. Dan saya jg berhasil buktiin kl Hayate jg bisa diajak irit. Dgn gaya bawa yg flamboyan saya bisa melihat jarum bensinnya kaga turun, krn biasanya dgn sekali jln menuju ktr aja itu jarum bensin pasti turun tuh, hahaha…
    Kalo R25 emang lumayan irit walau saya kaga terlalu banyak merubah gaya bawa motornya.

  13. memang tergantung gimana penunggang motornya bisa merunut gas dan over gigi persneling.CC kecil blm tentu irit klo pengendaranya pecicilan dan gas tinggi ya.. boros juga, klo ninja 250 mau agak efisien bisa dgn menurunkan jumlah mata gear belakang 2-3 mata ya..supya rpm mesin tdk terlalu menjerit.

  14. alau punya uang memang sepertinya lebih mending naik motor laki daripada naik matic, toh konsumsi bensin bisa sama. Atau barangkali mobil JCGC.

    kupasmotor.wordpress.com/2014/11/28/hasil-uji-penambah-tenaga-the-hulleffect-sukses-bro/

Comments are closed.