iklan iwb

460-x-110-rev460x110(2)

Bro dan sis sekalian…walau sudah cukup berumur….ternyata kedua motor yakni Ninja250FI serta Honda CBR250R masih menyisakan tanda tanya untuk komsumsi bahan bakar. Hal ini berdasarkan beberapa surel yang masuk ke IWB untuk bertanya atau sekedar cross cek atas boros atau tidaknya sang kuda besi. Maklum mzbro…..saat ini bertebararan barang bekas yang dijual dengan cukup menggiurkan khususnya CBR250R. Pertanyaannya….kira-kira berapa sih konsumsi BBM-nya??…….
460x110(4)

iklan iwb

Belum pernah ngetest langsung…..sharing info dan testimoni bro Bayu terlampir bisa menjadi acuan. Sebagai rider Kawasaki Ninja250 FI dan pernah melakukan turing bersama adiknya yang nunggang CBR250R…..doi menuturkan…

Halo Mas Iwan,

Perkenalkan nama saya Bayu, sudah beberapa tahun ini selalu mantau blog Mas Iwan tapi baru sebatas silent reader. Saya menulis email ini untuk sharing sekalian memberi komentar atas artikel Mas Iwan mengenai konsumsi bahan bakar CBR150R yang sudah di test dan mendapatkan hasil 45,xxKm/l. Menurut saya hasil test Mas Iwan adalah wajar dan saya tidak terkejut dengan hasilnya, kenapa saya bilang demikian?…

Saya sendiri adalah penunggang Ninja 250Fi ABS 2013 dan ini dipakai harian dengan jarak tempuh 42km per hari. Adik saya memiliki CBR250R 2012. Kita berdua pernah short touring bersama dari daerah Kb. Jeruk ke Puncak pas dengan tujuan mengetes konsumsi bahan bakar. Jarak tempuh PP adalah 198KM dengan rute Pos pengumben – arteri Pondok Indah- Tb simatupang – Jl Raya Bogor- Puncak.

Kondisi lalu lintas lumayan lancar saat berangkat dengan waktu tempuh 2 jam saat berangkat termasuk sarapan (no macet, cuma di Cijantung saja agak macet), bensin diisi full tank sampai bibir tangki dgn Shell (V power) yang jaraknya cuma 500m dari tempat kami start, gaya riding kita berdua sama krn selalu konvoi berdekatan dangan menjaga ritme di kecepatan 60 -90km/jam. Sempat beberapa kali sampai red line untuk menguji akselerasi 0-100km/jam, sayangnya saya selalu kalah dari CBR adik saya (dua motor ini standard cuma pakai ban Battlax 120 dpn dan 150 blkg). Ternyata betul akselerasi 0-100km/jam beda 1 detik (data tabloid otomotif ninja di 7.5dtk vs cbr 8.5dtk) tidak pengaruh/tidak terlihat di dunia nyata, karena dari 2-3 kali saya selalu kalah, maklum amatiran.

Singkat cerita ?jalur pulang melalui jalur yang sama dengan saat berangkat namun macet luar biasa di ujung jalan raya bogor yang dekat Cijantung, total waktu tempuh pulang adalah 4jam. Saat mencapai SPBU Shell yang sama dekat rumah kami isi lagi full tank, saya lupa tepatnya berapa namun hasilnya sangat membuat saya kaget. Dengan ritme berkendara yang sama dimana kami selalu mencoba menggunakan gear 6 dikecepatan konstan 60-90, Ninja saya hanya mencatat 30,xx km/l sedangkan CBR250 adik saya 40,xx km/l.

Satu hal yang membuat saya yakin mengapa CBR250 lebih irit 30% dari ninja saya dengan rute diatas adalah dikarenakan jarak dan kondisi jalanan, dan saya sempat cek saat di kecepatan 80km/jam rpm di ninja saya menunjukkan rpm 6000an (gigi 6) sedangkan di CBR adik saya dengan kecepatan sama dan gear 6 didapat RPM yg jauh lebih rendah, saya lupa tepatnya namun 1000-2000 rpm lbh rendah. Saya yakin ini salah satu penyebab mengapa adik saya lebih irit (tentu faktor 1 silinder jg pengaruh)

Sedangkan untuk konsumsi harian dimana lokasi rumah saya Pamulang ke kantor di Senayan (PP 42km) dengan waktu tempuh 35 menit pagi hari (jam 5 pagi) dan pulang 1jam (jam 4.30 sore) saya mendapatkan konsumsi yang selalu konstan (saya cek setiap minggu dengan metode full to full dgn V power selama 1thn terakhir), konsumsi bensin saya adlh 25-27km/liter. Lumayan irit untuk ninja dikarenakan saya rider yang tergolong sangat tidak agresif, konstan di pagi hari rpm 4000-6000, kadang red line di pondok indah saat lurus namun cm sesaat di gigi 2. jalur pulang yang sangat macet membuat mustahil untuk berkendara diatas 60km/jam (selalu dibawah 6000rpm).

Sedangkan konsumsi bensin motor adik saya dengan gaya kendara yang mirip namun dia memiliki rute berbeda, berangkat dari rumah di Pos pengumben Kb jeruk dan berkantor di gedung BRI dekat semanggi (PP 16KM) dia mendapatkan konsumsi “hanya” 28-29km/liter, gak jauh ternyata dari ninja saya. Namun ini lebih dikarenakan karena adik saya brkt kantor jam 8 pagi dimana puncaknya macet (saya brkt jam 5pagi). dan pulang juga puncaknya macet di jam 6 sore.

Demikian sharing saya Mas Iwan.

Salam

Bayu

Nah….gamblang tur juozzz tenan ulasannya (suwun bro Bayu). Artinya…boros atau tidaknya konsumsi BBM dipengaruhi oleh gaya berkendara serta macet tidaknya jalananan. Dan untuk luar kota ternyata CBR250R masih mampu nangkring diatas 40 km/liter sedang Ninin diatas 30 km/liter (wihhh…irit banget ya). Sedang didalam kota average pada kisaran 25-29km….tetap irit. IWB bisa melihat, bro Bayu kayaknya termasuk rider sabar dan ngurut saat buka gas. Soale kalo pecicilan rata-rata Ninja250Fi masuk kisaran 19:1 malah bisa lebih boros. Yup…setidaknya bisa dijadikan gambaran mzbro. Berikut tunggangan bro Bayu yang sehari-hari nemenin doi beraktifitas. Bukan Fansboy yang jelas :mrgreen: …….(iwb)


rpms-banner

106 COMMENTS

          • yg 250cc aja bisa tembus 40 kmpj
            itu versi tabloid punya joni lontong bilang klo cbr 150 cuma 28kmpj
            ga tau cara bawanya gmn.. .
            padahal dr review para blogger rata2 bisa tembus 45kmpj lbh utk pemakaian normal
            joni lontong apa kabaar??

          • kebanyakan motor ini sudah di modif bahkan ada yang full racyng jadi tidak mikirin irit lagi
            orongorong.com/2014/12/15/bc-honda-ini-sangat-frontal-sekali/

        • Kalau ridernya santay saya percaya bisa 1:25 buat Ninin… Z250 dulu rata2 cuma 1:19… bawa santay? Pegel. Mau santay skutik aje 😛
          ===========
          Spakbor mio m3 miying miying lads
          kobayogas.com/2014/12/14/lagi-spakbor-miring-kini-dialami-mio-m3-standar-distribusi-wajib-diubah/

          Harga Mio M3 di Tasikmalaya dan Kebumen
          kobayogas.com/2014/12/14/harga-yamaha-mio-m3-di-tasikmalaya-dan-kebumen/

          • absen dini hari lek 😀
            ————–
            Ini dia super bebek dari Yamaha, calon raja jalanan baru nih!
            kobayogas.com/2014/12/15/yamaha-jupiter-mx-king-unjuk-desain-dan-power-yang-nampol-kapan-honda-dan-suzuki/

      • Joss

        ========

        Indonesia Hanya Dapat Jatah 20 Unit Kawasaki Ninja H2, Buruan Order! klxadventure.com/2014/12/14/indonesia-hanya-dapat-jatah-20-unit-kawasaki-ninja-h2-burun-order/

        • Wah mbah arno 93 iki ko pertamax trs iki resepe opo?…mosok resepe turu ngarepe komputer ato turu gwe hp android iki…jian g iso diselip blas..

    • Wow Ninja 2 silinder konsumsi BBM 1:19…. lumayan nh. Berbanding terbalik dengan Yamaho MIO Bantet aka Bugel sama sama kitaran 1:20… 250CC DOHC 2 silinder lawan 115CC SOHC Operstruk khas teknologi Maho Super Buorossss…

  1. Ninja 250 fi ane lebih irit kang apalagi kalo musim hujan kaya gini. Wkwk motor cuman keluar 1 bulan 3 kali aja makanya uirit dan jarang ke spbu. Tpi ane termasuk bikers yg ga sabar dan rata2 high rpm maklum iman sering goyah.

    • Stjuuuu sama situ Musim hujan Musim pengiritan krna motor Gapernah klwr

      Haram hukumnya kena becek pokoke lekkkk Hahahaaaa

    • Ngakak gua om

      Ngoahahahahahahahaa

      Satu lg om,,,fbh kambing jg tukang ngirit buat kredit beat

      Ngoahahahaahah

  2. Tiap rider beda gaya shg beda jg konsumsi bbmnya, klu saya prnah uji mlh plg irit ninjanya 1:25, cbrnya rata2 1:30 cuma selisih 5km/lt tp klu 1tanki ya puluhan km (jd 10lt cbr = 12lt ninin) untuk akselerasi ninin kalah mulu,gk tahu mgkn saya gk bisa bawa kali ya?

  3. Padahal paling irit loh

    Cebong ?????j? kalah irit

    Tp kenapa kok gk laku

    Apa fbh kambinggg terlalu kisminnnn
    Ngoahahahahahahaa

    • Sepertinya emang sia2 aja AHM jualan CBR 250. Tapi ya emang slh AHM sendiri yg gak sadar kalo jualannya cuma laku di segmen entry level. Gak slh juga sih kl ente singgung soal irit, krn emang begitu lah adanya, emang begitu lah ciri2 konsumen motor Honda AHM. Biar kata CBR 250 jauh lbh powerful letimbang N250FI dan R25, atau katakanlah pake mesin 2 silinder, tetep aja konsumennya AHM kaga beli, krn hrg motornya mahal, sparepartnya mahal, biaya perawatannya mahal dan pemakaian bbm-nya boros. Seandainya ntar VTR 250 jadi masuk, yg beli juga dipastiin bkn konsumen setia AHM, tp para penikmat dan penghobby motor yg mendambakan motor bagus.

  4. Wkwkwkwkwkw

    Cbr jones ?? stop produksi secara global

    Gara2 gk laku

    Skrg fbh kambingg suruh ngimpi V-TWIN 30hp

    Ngohahaahahahah

    • Rosok 25 gak masuk tes pirelli gan. Kan pakenya irc. Produk cina kualitas indoa. Yg di jual khusus orang goblok indonesia dengan embel embel 36 bhp. Tapi di sunat abis abisan

  5. Bro bayu kasusnya sama kayak saya ya .wkwk
    Tapi bedanya, saya CBr250ABS, kakak saya Ninja FI .
    Entah kenapa, dengan konsumsi yang beda tipis trsebut, CBR250 seperti nggak ada value-valuenya . Mending Ninja FI deh kemana-mana. Design lebih oke, suara, sensasi, dan klubnya lebih berkembang. Soalnya saya make CBR bener2 sepi komunitasnya. Tau kan rasanya kalo riding sendirian make motor sport250cc tapi nggak punya klub ? Toh konsumsi bbm beda tipis.

    Skrg rencana mau jual ni CBR

  6. gak kaget kang… sya boncengan ma temen dari pulogadung ke pekalongan full tank cbr 250.. dan nyampe kampung halaman gak isi sama x.. perjalanan 6+-jam kecepatan 100-120km/jam ssekali 70-80km/jam …
    dan masih sisa bnyak skali.. jauh prjlanan kira2 skitar 400an km lbih…
    perjlnan jam 5 pagi nympe setengah 12an..sudah sampai di lokasi.. betot gas kenceng daerah indramayu yg sepi .. cirebon timur.. dan tegal pantura- pmalang.. geber trus maximal..
    gmana kang jos gak..?

    • cbr250 punya siapa om…?

      kemarin di-post ini ngakunya punya blade…
      iwanbanaran.com/2014/12/13/harga-minyak-mentah-dunia-kembali-anjlok/#comment-639770

      ^coba inget2 lagi dahh komennya… :v :mrgreen:

      ?

  7. Setujuu bangeeett syy pribadi owner bianka n250fi, dengan metode top up Kalau dicompare 1L pertmax 92 bisa menempuh jarak 17miles. Atau 26-27km
    Dan itu selalu saya ukur pada saat pngisian fuel,
    Sudah termasuk mnggunakan 5″ rim + scorpion exhaust

  8. ane pake cbr250 gen2 full standar sampe ban2nya dapet 1:39 mz pake pertamax plus dengan riding style alus, speed rata2 60-90kmh runtuk menerobos lalu lintas nusa dua – sanur PP 😀

    • ente klo mw lebih irit lewatnya jalan tol bali mandara jangan lewat bypass jimbaran biar kagak kena macet dan lampu merah

  9. ane rider cbr250.. cuma mau sharing aja, touring ke solo via pp bawa santai,shifting selalu di 4000rpm,trs cruising di gear 6 kecepatan 60km/jam di 4000rpm,sesekali geber buat nyalip truk,di dapatkan hasil 1:38km.. dgn metode saat bar berkedip saya isi sampai fulltank,dan saat mulai berkedip,diisi lagi.. tidak sepenuhnya akurat memang,tapi cukup menjadikan gambaran.
    motor 250cc fairing dengan konsumsi paling irit dan tenaga yg irit pula.. hahaha
    sehari-hari kuliah jga dapet 1:36,kadang 1:35 kalau santai. kalau lg santai kombinasi agresif dpt 1:32 – 1:33,kalau lagi rolling agresif bareng club pas malmingan,dpt 1:28. semua dengan metode yg sama ..
    lek ra percoyo,yo tes o dewe..hohoho

  10. CBR tetangga saga irit bnget Dari jogja sampai tulungagung bensin utuh ga Berkurang La dinaikkan Mobil truck …

  11. Seperti sinetron, semua orang bisa mengarang bebas semaunya dengan klimak sesuai keinginan, testimoni kayak gini apa bedanya dengan orang yang ngaku nabi bahkan tuhan, it’s free wolrd for lips to say a word, that’s way the truth never show up by word, dig that.

  12. setuju ni artikelnya mas. saya uji bbm di 3 motor, salah satunya jupiter mx new saya dah coba 5 kali test dan hasilnya beda2, saya bawanya dgn style yg beda2, dan sekarang saya tau naik mx new supaya irit itu cmna walaupun ngebut. hasil terbaik atau teririt new mx saya adalah 52 km/l premium, dan terboros 41 km/l. ternyata konsumsi bbm new mx ini rata2nya beda tipis sama supra x 125 karbu mas. new mx ini akan sangat2 irit jika dikendarai di pagi dan sore hari/malam, tpi kalok siang boros mas. tpi untuk supra x relatif sama konsumsinya di pagi, siang dan sore/malam.

  13. guysss gw mau nanya dong, kalo honda beat karbu tahun 2010 itu ukuran standart roller brp gram ya ? per cvtnya juga berapa ? kalo mau main di atas terus enaknya diganti roller + cvt ukuran berapa ? thxx be4

  14. ngoahahahaa
    sempyuaaakk bercahaya irit luar dalam.
    irit diluar gudang dan lebih irit didalam gudang.

    • Sama aja ente nanya ngapain org beli emas batangan kalo kaga bisa dipake sebagai cincin, kalung atau gelang.
      Ini mslh kepuasan batin bro. Walau gak bisa top speed, tp setidaknya punya motornya. Emangnya kl punya motor cc besar harus selalu bawa hi speed? Justru yg sering kelihatan bawa kenceng itu motor2 cc kecil.

Comments are closed.