iklan iwb
iklan iwb

460-x-110-rev460x110(2)

Bro dan sis sekalian…walau sudah cukup berumur….ternyata kedua motor yakni Ninja250FI serta Honda CBR250R masih menyisakan tanda tanya untuk komsumsi bahan bakar. Hal ini berdasarkan beberapa surel yang masuk ke IWB untuk bertanya atau sekedar cross cek atas boros atau tidaknya sang kuda besi. Maklum mzbro…..saat ini bertebararan barang bekas yang dijual dengan cukup menggiurkan khususnya CBR250R. Pertanyaannya….kira-kira berapa sih konsumsi BBM-nya??…….
460x110(4)

iklan iwb

Belum pernah ngetest langsung…..sharing info dan testimoni bro Bayu terlampir bisa menjadi acuan. Sebagai rider Kawasaki Ninja250 FI dan pernah melakukan turing bersama adiknya yang nunggang CBR250R…..doi menuturkan…

Halo Mas Iwan,

Perkenalkan nama saya Bayu, sudah beberapa tahun ini selalu mantau blog Mas Iwan tapi baru sebatas silent reader. Saya menulis email ini untuk sharing sekalian memberi komentar atas artikel Mas Iwan mengenai konsumsi bahan bakar CBR150R yang sudah di test dan mendapatkan hasil 45,xxKm/l. Menurut saya hasil test Mas Iwan adalah wajar dan saya tidak terkejut dengan hasilnya, kenapa saya bilang demikian?…

Saya sendiri adalah penunggang Ninja 250Fi ABS 2013 dan ini dipakai harian dengan jarak tempuh 42km per hari. Adik saya memiliki CBR250R 2012. Kita berdua pernah short touring bersama dari daerah Kb. Jeruk ke Puncak pas dengan tujuan mengetes konsumsi bahan bakar. Jarak tempuh PP adalah 198KM dengan rute Pos pengumben – arteri Pondok Indah- Tb simatupang – Jl Raya Bogor- Puncak.

Kondisi lalu lintas lumayan lancar saat berangkat dengan waktu tempuh 2 jam saat berangkat termasuk sarapan (no macet, cuma di Cijantung saja agak macet), bensin diisi full tank sampai bibir tangki dgn Shell (V power) yang jaraknya cuma 500m dari tempat kami start, gaya riding kita berdua sama krn selalu konvoi berdekatan dangan menjaga ritme di kecepatan 60 -90km/jam. Sempat beberapa kali sampai red line untuk menguji akselerasi 0-100km/jam, sayangnya saya selalu kalah dari CBR adik saya (dua motor ini standard cuma pakai ban Battlax 120 dpn dan 150 blkg). Ternyata betul akselerasi 0-100km/jam beda 1 detik (data tabloid otomotif ninja di 7.5dtk vs cbr 8.5dtk) tidak pengaruh/tidak terlihat di dunia nyata, karena dari 2-3 kali saya selalu kalah, maklum amatiran.

Singkat cerita  jalur pulang melalui jalur yang sama dengan saat berangkat namun macet luar biasa di ujung jalan raya bogor yang dekat Cijantung, total waktu tempuh pulang adalah 4jam. Saat mencapai SPBU Shell yang sama dekat rumah kami isi lagi full tank, saya lupa tepatnya berapa namun hasilnya sangat membuat saya kaget. Dengan ritme berkendara yang sama dimana kami selalu mencoba menggunakan gear 6 dikecepatan konstan 60-90, Ninja saya hanya mencatat 30,xx km/l sedangkan CBR250 adik saya 40,xx km/l.

Satu hal yang membuat saya yakin mengapa CBR250 lebih irit 30% dari ninja saya dengan rute diatas adalah dikarenakan jarak dan kondisi jalanan, dan saya sempat cek saat di kecepatan 80km/jam rpm di ninja saya menunjukkan rpm 6000an (gigi 6) sedangkan di CBR adik saya dengan kecepatan sama dan gear 6 didapat RPM yg jauh lebih rendah, saya lupa tepatnya namun 1000-2000 rpm lbh rendah. Saya yakin ini salah satu penyebab mengapa adik saya lebih irit (tentu faktor 1 silinder jg pengaruh)

Sedangkan untuk konsumsi harian dimana lokasi rumah saya Pamulang ke kantor di Senayan (PP 42km) dengan waktu tempuh 35 menit pagi hari (jam 5 pagi) dan pulang 1jam (jam 4.30 sore) saya mendapatkan konsumsi yang selalu konstan (saya cek setiap minggu dengan metode full to full dgn V power selama 1thn terakhir), konsumsi bensin saya adlh 25-27km/liter. Lumayan irit untuk ninja dikarenakan saya rider yang tergolong sangat tidak agresif, konstan di pagi hari rpm 4000-6000, kadang red line di pondok indah saat lurus namun cm sesaat di gigi 2. jalur pulang yang sangat macet membuat mustahil untuk berkendara diatas 60km/jam (selalu dibawah 6000rpm).

Sedangkan konsumsi bensin motor adik saya dengan gaya kendara yang mirip namun dia memiliki rute berbeda, berangkat dari rumah di Pos pengumben Kb jeruk dan berkantor di gedung BRI dekat semanggi (PP 16KM) dia mendapatkan konsumsi “hanya” 28-29km/liter, gak jauh ternyata dari ninja saya. Namun ini lebih dikarenakan karena adik saya brkt kantor jam 8 pagi dimana puncaknya macet (saya brkt jam 5pagi). dan pulang juga puncaknya macet di jam 6 sore.

Demikian sharing saya Mas Iwan.

Salam

Bayu

Nah….gamblang tur juozzz tenan ulasannya (suwun bro Bayu). Artinya…boros atau tidaknya konsumsi BBM dipengaruhi oleh gaya berkendara serta macet tidaknya jalananan. Dan untuk luar kota ternyata CBR250R masih mampu nangkring diatas 40 km/liter sedang Ninin diatas 30 km/liter (wihhh…irit banget ya). Sedang didalam kota average pada kisaran 25-29km….tetap irit. IWB bisa melihat, bro Bayu kayaknya termasuk rider sabar dan ngurut saat buka gas. Soale kalo pecicilan rata-rata Ninja250Fi masuk kisaran 19:1 malah bisa lebih boros. Yup…setidaknya bisa dijadikan gambaran mzbro. Berikut tunggangan bro Bayu yang sehari-hari nemenin doi beraktifitas. Bukan Fansboy yang jelas :mrgreen: …….(iwb)


rpms-banner

iklan iwb
Previous articleVideo onboard circuit Bira test bersama Honda CBR300R dikawinkan dengan Pirelli…..torsi lebih nampol!!
Next articleHot….video teaser Yamaha Exciter 150 alias Jupiter150 MX king sudah muncul. Rilis tanggal 18 Desember??…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!