iklan iwb

460-x-110-rev460x110(2)

uji engine Mio m3 (13)

Bro dan sis sekalian…..melaporkang langsung dari DDS Pusat Cempaka Putih, Yamaha unjuk gigi untuk membuktikan ketangguhan mesin generasi terbaru Blue Core. Menggunakan alat dyno serta beban 60kg, Mio M3 digeber selama 30 hari atau setara dengan satu bulan non stop (jarak tempuh 24.675 km) Weleh…serius ki??…..

iklan iwb

460x110(4)

Itulah yang ada didepan mata IWB. Yamaha ingin membuktikan dilapangan ketangguhan engine mereka…..jadi bukan hanya teori belaka. Pembuktian ketahanan mesin sudah dimulai pada tanggal jam 8 pagi 13 November dan akan berakhir hari ini. Jadi saat IWB rilis artikel sekarang…..uji coba barusan kelar dengan hasil sukses. Adapun mekanisme uji coba yakni…..

1. Engine running selama 1 bulan nonstop.
2. Motor digeber pada RPM 4500 atau setara dengan kecepatan 35km/jam
3. CCTV merekam seluruh proses uji coba.
4. Silinder dibongkar setelahnya (overhaul) dan dilihat bentuk komponen diasil silinder & forged piston setelah 1 bulan nyala non stop. Sebagai informasi….oli selama 30 hari tidak diganti. Padahal standart oli Yamalube maksimal 3500 km harus ganti. Hal ini disengaja untuk ngetes kekuatan komponen disaat kinerja oli jauh menurun…..
5. Proses uji coba menggunakan mesin dyno pada roda belakang dan berputar seperti layaknya berkendara biasa.
6. Beban diberikan dengan tali pengikat yang ditarik kebawah (tie down). Bobot kekuatan tie down setara dengan 60kg.

Nah…dalam pengujian diperoleh hasil konsumsi BBM 61.76km/liter. Dari kalkulasi 24 jam (1hari) dikalikan 35 km/jam (standart kecepatan berkendara) diperoleh angka 840 km/hari. Dalam satu hari menghabiskan bensin 13.6 liter (3.4 liter/hari selama 4 kali isi). maka hasilnya 840km dibagi 13.6 liter menghasilkan 61.75km/liter…..speed konstan mzbro. Terus gimana dengan material setelahnya??. Engine baik-baik saja. Dibedah dihadapan kita……diasil silinder dalam kondisi mulus. Tidak heran pabrikan berani memberikan garansi hingga 5 tahun pada komponen tersebut. Untuk detil pasca testing bisa sampeyan intip dipenjabaran terlampir….

Last…..engine Bluecore bukanlah filosofi. Namun sebutan untuk teknologi paket keseluruhan yang diracik dalam satu kesatuan konstruksi yang diklaim lebih bertenaga, efisien, handal serta minim gesekan. Bluecore rencananya akan menjadi global engine untuk seluruh skutik Yamaha kedepan (sementara sport belum). Sayang…..presentasi tidak mengulas detil hingga kedalam. Mungkin kedepan mzbro. Btw…berikut video dan image saat Yamaha membedah ketangguhan mesin Blue Core setelah digeber selama 1 bulan nonstop……(iwb)

uji engine Mio m3 (11)

Video pengujian Mio M3

HP klik disini
rpms-banner

181 COMMENTS

  1. yg bener nih nonstop 1 bulan???bhn bakarnya ga hbs tuh???coba di jalan aja, riding 1 bulan nonstop ..pisss om..

  2. kelemahan metik itu biasanya pada cvt… kayak motor dirumah. beat ama x ride… beat udah bunyi berdecit dalam usia satu taun lebih… si xride bergetar saat tarikan awal dalam usia 8 bulan… urusanya duit lagi…

  3. kalo dulu Nipon njajah pake pluru besi
    sekarang pake kuda besi

    kalo dulu mbahku benci dijajah Nipon
    sekarang putu2ne malah bangga

    indon gawe iso ora brisik e puoll,mental dancuok Nipon tambah keplok2

  4. kalau di test keliling indonesia lebih mantab (Y) seperti suzuki jelajah negeri , di test dari sabang sampai merauke

  5. gampang sebenernya FBY udah lakuin ini 1 bulan non stop…. Tinggal FBH berani gak coba cara test sama kayak gini?? 1 bulan juga.. non stop… nanti kan kelihatan tuh mana yang bagus.. gak cuma ngmong doang ini itu….

  6. La klau tes jalanan ya tambah lebih awet kalau tes duduk sistem pendinginannya tidak sempurna bisa over head piston macet …. Logika

Comments are closed.